Kenali Apa itu Market Share? Simak Penjelasannya

Market share adalah bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya (market segment). Penggolongan konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar atau market share adalah bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, umumnya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar adalah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam suatu industri tertentu.

Tujuan Market Share

Seringnya market share dikatakan dan dijadikan sebagai sebuah indicator utama daya saing pasar yang mencatat seberapa baik dan berkembangnya kinerja suatu perusahaan terhadap pesaing mereka. Metrik ini juga dilengkapi dengan pengukuran perubahan dalam pendapatan penjualan, membantu para manager untuk mengevaluasi permintaan primer dan selektif pada pasar mereka.

Dengan cara ini memungkinkan mereka untuk menilai banyak hal termasuk pertumbuhan dan penurunan pasar, trend pasar, pelanggan yang membeli maupun pesaing dibidang bisnis yang sama. Secara umum sebuah pertumbuhan penjualan yang didapat dari permintaan primer (total pertumbuhan pasar seluruhnya) akan lebih murah dan juga menguntungkan daripada pasar yang didapat dari mengambil bagian para pesaing yang sama.

Sementara kerugian yang diderita market share tentu menjadi indikasi permasalahan serius berjangka panjang yang memerlukan, menutut atau merombak strategi yang pernah digunakan. Usaha yang mempunyai market share yang berada di bawah tingkat rata- rata mungkin tidak akan berjalan lama. Hasil produk perusahaan dan tren market share masing- masing produk juga termasuk menjadi indicator awal adanya kemungkinan peluang atau masalah di kemudian hari.

Market Share Merupakan Aset

Penelitian juga menunjukkan bawah market share adalah berupa asset yang diperlukan dan diinginkan oleh perusahaan- perusahaan yang tengah bersaing. Meskipun begitu para ahli mengatakan tidak menjadikan market share sebagai kriteria atau tujuan yang menjadi dasar kebijakan ekonomi.

Penggunaan market share diatas yang dijadikan dasar untuk mengukur kinerja perusahaan yang bersaing telah membantu memupuk system di mana perusahaan membuat dan memutuskan keupuran yang terkait dengan operasi mereka berdasarkan pertimbangan yang cermat mengenai dampak dari setiap keputusan terhadap market share pesaing mereka.

Sebuah riset yang umumnya penelitian desk atau sekunder tetap akan menjadi penentu walau terkdangan seseorang dapat menggunakan penelitian utama untuk memperikirakan total ukuran pasar serta pangsa pasar perusahaan.

Mengukur Keberhasilah Perusahaan Dalam Market Share

Pangsa pasar adalah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibanding kompetitornya.

Sebagai contoh, suatu perusahaan pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp40 juta.

Jika ternyata pangsa pasar yang didapatkan lebih dari 10% (misalnya 12%), itu artinya kinerja perusahaan berjalan baik. Sebaliknya, jika di tahun tersebut pangsa pasar yang didapatkan hanya 9% maka itu menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi & efektifitas.

Adapun beberapa faktor yang perlu ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak mampu mencapai pangsa pasar adalah:

  • Besarnya pangsa pasar yang terlalu tinggi
  • Pesaing baru semakin banyak di industri yang sama
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran.

Sebagai contoh, suatu perusahaan yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya adalah minuman, tapi harus lebih fokus. Misalnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Market Share

Untuk mengenal lebih jauh terkait market share, maka sahabat Qwords harus mengenali jenis market share yang menjadi target perusahaan. Pasalnya, setiap perusahaan akan mengetahui pangsa pasarnya sebelum dan setelah melakukan analisis terhadap penjualan produknya selama ini.

Berdasarkan ilmu macam macam market share, Anda dapat menggolongkannya ke dalam dua jenis berbeda. Kedua jenis market share terbagi antara nilai dan volume yang mana memiliki tolak ukur tersendiri dalam setiap jenisnya.

Untuk jenis market share yang memiliki wujud nilai, berarti keseluruhan dari pangsa pasar tersebut dihitung berdasarkan total segmen penjualan. Dari sini, dapat difokuskan bahwa perusahaan menghitung seluruh data berdasarkan capaian harga.

Sedangkan pada jenis ini berwujud volume, keseluruhan datanya dihitung berdasarkan data penjualan yang mengacu pada jumlah unit. Jadi, jenis market share ini berfokus pada total barang yang saat ini sudah terjual di pasar.

Pada umumnya, kedua jenis yang telah disebutkan tadi tidak bisa berada di titik linier sejajar. Misalkan kemungkinan perusahaan memiliki nilai yang tinggi, namun bisa saja volume market share cenderung rendah.

Bagi Anda yang menggeluti dunia saham, sangat penting untuk mengetahui bagaimana market share pada sebuah perusahaan. Keseluruhan angka inilah yang akan berpengaruh pada pertumbuhan nilai dan volume pada perusahaan nantinya.

Cara Meningkatkan Market Share

Memahami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal yang penting. Alasannya, dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik maka suatu perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

Memahami kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Dengan begitu maka suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas, misalnya mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar saat suatu perusahaan memulai bisnis perdagangan. Berikut ini tips singkatnya:

  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Memahami kelebihan dan kekurangan Market Share

Ketahui informasi yang terkait dengan suatu bisnis yang diberika pangsa pasar. Pangsa pasar bukanlah hasil keseluruhan yang menyampaikan atau mewakili semua yang Anda perlu dan ketahui. Sebaliknya, market share adalah alat untuk mengawali analisis dalam merancang strategi maka dari itu perusahaan harus mengatahui kelebihan dan kekurangan market share sebagai sebuah indicator nilai.

Pangsa pasar adalah alat yang bagus untuk menjadi pembanding dua perusahaan atau lebih yang saling bersaing di pasar yang sama, juga dapat menam[ilka tingkat persaingan total semua perusahaan- perusahaan yang berada di dalam suatu industry.

Akibatnya pangsa pasar mampu mengindikasikan pertumbuhan suatu perusahaan, jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan pangsa pasar untuk beberapa kuartal secara bertuur, dapat disimpulkan perusahaan tersebut telah lebih kurang mengetahui cara membuat dan memasarkan produk yang diminita pasarnya, cara ini juga berlaku untuk kebalikannya.

Keterbatasan pangsa pasar sebagai indicator

Disamping mempunyai kelebihan, pangsa pasar juga memilik kekurangan dan keterbatasan sebagai alat yang membantu mengembangkan persepsi awal terhadap sebuah perusahaan. Nilai market share tidak berarti jika ia hanya berdiri sendiri.

Pendapatan dari jumlah total sebagai factor tunggal penentu pangsa pasar bisa memberikan sedikit informasi terkait pemasukan profit perusahaan. jika sebuah perusahan mencakup sebagian besar pangsa pasar tetapi laba yang didapat hanya sedikit (setelah dikurangi beban) dibandingkan dengan perusahaan lain di industry yang sama, maka pangsa pasar menjadi indicator yang kurang substansial terhadap keberhasilan perusahaan saat ini dan kemungkinn untuk seterusnya.

Pangsa pasar juga dapat lebih banyak memberikan informasi mengenai pasar dibandingkan oleh perusahaan sendiri karena beberapa pasar telah didominasi dengan konsisten oleh satu atau kelompok yang membuat perubahan yang terjadi beberapa tahun tidak banyak berubah atau berkembang.

Kuatnya monopoli nyaris mustahil untuk ditentang oleh perusahan kecil lainnya sehingga analisis pangsa pasar hanya akan menguatkan faktas tersebut meski perusahan kecil masih mampu meraih peluang sukses dengan profit yang diinginkan.

Cara pangsa pasar untuk membentuk strategi investasi

Dari informasi pangsa pasar yang mampu menampilkan sejauh mana perusahaan tertinggal atau memimpin di pasarnya. Informasi ini akan dapat mempengaruhi keputusan investasi sang perusahaan.

Perusahaan juga sebaiknya tidak berinventasi pada perusahaan yang menglamai pertumbungan pasar rendah dalam beberapa tahun terakhirnya. Perusahaan juga dapat memantau perusahaan yang memiliki pertumbuhan pasar yang membuat nilai perusahaan ini akan terus naik kecuali cara pengelolaan dan profitabilitasnya buruk. Semua data ini bisa dilihat dengan analisa laporang keuangan yang ada.

Market share pada dasarnya menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Sebab melalui metode ini maka perusahaan bisa mengetahui data permintaan akan produk. Data yang dihadirkan dalam hal ini terdiri dari seluruh jenis segmen pasar dan golongan tertentu yang ada di pasar. Market share sendiri sering pula disebut dengan istilah pangsa pasar. Dengan adanya pangsa pasar maka diharapkan agar proses pemasaran produk nantinya bisa lebih mudah dijalankan. Untuk itu perlu dipahami dengan lebih jelas mengenai fungsi dan manfaat pangsa pasar agar perusahaan bisa melakukan pengembangan dengan disesuaikan pada permintaan pasar. Tidak hanya itu saja tetapi melalui market share ini pula diharapkan agar perusahaan dapat mengukur kemampuannya dalam menghadapi persaingan bisnis.

Fungsi Market Share

Menguji strategi pemasaran

Fungsi market share antara lain untuk menguji strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh suatu perusahaan. Cara ini memang bisa dianggap sebagai suatu cara yang paling efektif untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan agar bisa memahami sampai sejauh mana strategi pemasaran yang diterapkan. Jika hasil prosentase dari pengukuran meningkat maka bisa dikatakan bahwa pemasaran produk cenderung mengalami keberhasilan yang lebih besar. Bahkan bisa saja perusahaan Anda mengalahkan perusahaan pesaing. Jadi dalam hal ini bisa diketahui seberapa besar efektivitas pemasaran yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Maka jika kegiatan pemasaran tidka efektif tentunya bisa dilakukan perbaikan dan peningkatan agar strategi pemasaran yang dijalankan bisa memberikan hasil maksimal.

Mengukur posisi pasar

Fungsi lain dari pengukuran pangsa pasar adalah untuk mengukur posisi pasar. Artinya pangsa pasar dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengetahui gambaran mengenai seberapa kuat posisi suatu perusahaan di sebuah pasar. Jika posisi perusahaan semakin kuat maka besar kemungkinan bagi perusahaan tersebut untuk memimpin dan menguasai pasar. Artinya perusahan pesai g atau kompetitor bisnis akan kalah di pasaran. Jika memang perusahaan Anda telah berhasil menguasai pasar maka sebaiknya kualitas produk yang dikeluarkan selalu dijaga kualitasnya.

Di samping itu tusak ada salahnya bisa tercipta berbagai macam inovasi sehingga produk yang dikeluarkan semakin bervariasi. Tidak hanya proses produksi saja tetapi proses pemasaran juga perlu dikembangkan. Misalnya seperti penggunaan strategi pemasaran dengan menggunakan berbagai media yang saat ini mungkin sedang trend atau populer. Seluruh hal ini bisa dilakukan untuk selalu mempertahankan posisi pasar agar tidak sampai dikalahkan oleh kompetitor bisnis.

Menjual banyak produk

Sebuah pasar yang telah berhasil menguasai atau mendominasi pasar tentu akan melakukan penjualan produk dalam jumlah yang cenderung lebih banyak. Sebab umumnya kebutuhan pasar akan produk tersebut tinggi sehingga permintaan pasar secara otomatis juga akan semakin meningkat. Penjualan produk yang lebih banyak sebenarnya memiliki fungsi yang penting. Dengan meningkatnya penjualan produk maka pencapaian skala ekonomi juga cenderung lebih tinggi. Tentu saja hal ini akan semakin menurunkan biaya unit sehingga harga produk yang diluncurkan bisa lebih rendah daripada harga produk milik pesaing.

Dengan harga jual produk yang rendah saja perusahaan sudah memperoleh untung. Maka jika harga produk sama dengan rata-rata harga produk milik pesaing tentunya perusahaan pendominasi pasar ini akan emndapatkan keuntungan atau profitabilitas yang lebih tinggi. Keuntungan ini bisa diperoleh dalam jangka waktu yang lebih lama jika perusahaan tersebut bisa terus mendominasi pasar dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu pengelolaan dan manajemen perusahaan perlu ditingkatkan.

Menghitung konsentrasi pasar

Pangsa pasar juga bisa digunakan untuk menghitung konsentrasi pasar. Perhitungan konsentrasi pasar ini bisa dilakukan dengan menggunakan rasio konsentrasi. Cara ini dinilai sebagai cara tepat yang bisa dilakukan untuk menghitung konsentrasi pasar. Rasio konsentrasi pada dasarnya merupakan statistik yang mengukur penguasaan pangsa pasar oleh beberapa perusahaan. Secara lebih jauh perhitungan konsentrasi pasar ini bisa juga bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana monopoli pasar berjalan. Tingkat persaingan di pasar juga bisa diukur dengan menggunakan rasio konsentrasi. Maka jika hasil perhitungan rasio semakin besar tentunya semakin besar pula tingkat konsentrasi.

Pemanfaatan Market Share

Menambah investasi

Dengan adanya pengukuran market share maka suatu perusahaan bisa mengetahui kekuatannya. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan perusahaan dalam mendominasi atau memguasai pasar. Bila perusahaan mampu menguasai pasar maka bisa dikatakan bahwa perusahaan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi dalam melakukan penjualan produk. Tentu hal ini akan berpengaruh pada .pertimbangan dan keputusan para calon investor yang ingin menanamkan investasi. Penjualan yang berhasil bahkan sampai mendominasi pasar tentu akan membuat investor semakin bersedia untuk menanamkan investasi. Terlebih lagi bila pemasaran atau penjualan produk bisa dilakukan secara lebih cepat hingga akhirnya bisa mengalahkan para pedaing atau kompetitor.

Ekspansi perusahaan

Pengukuran pangsa pasar juga bisa dilakukan untuk mengetahu kondisi perusahaan dari sebelumnya hingga sekarang. Jika memang hasil pangsa pasar menunjukkan bahwa perusahaan mampu menyaingi perusahaan yang lain maka bisa dilakukan peningkatan dalam hal penjualan produk. Peningkatan penjualan produk bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya memperluas pemasaran. Perusahaan yang sudah mendominasi pangsa pasar nantinya bisa melakukan ekspansi perusahaan. Dengan adanya ekspansi perusahaan ini maka penjualan produk bisa semakin meningkat. Maka nantinya perusahaan bisa mencapai skala yang lebih besar karena adanya pangsa pasar yang semakin diperluas

Peningkatan profitabilitas

Pada dasarnya semakin banyak jumlah permintaan pasar terhadap suatu produk maka berarti perusahaan telah dikenal dan diterima oleh pasar. Meningkatnya jumlah permintaan pasar terhadap produk ini secara otomatis akan meningkatkan proses produksi dan penjualan. Tentu saja pada akhirnya hal ini dapat berpengaruh positif pada hasil penjualan produk.

Semakin banyak permintaan konsumen maka penjualan produk akan semakin menongkat sehingga semakin besar pula keuntungan yang diperoleh perusahaan. Oleh karena itu perusahaan yang mendominasi pasar umumnya mengalami peningkatan profitabilitas. Jika hal ini terjadi secara konsisten maka untuk ke depannya perusahaan akan mengalami peningkatan pangsa pasar. Peningkatan pangsa pasar akan membuat perusahaan bisa semakin luas dan berskala besar.

Pentingnya Market Share

Market share atau pangsa pasar sebenarnya menunjukkan seberapa besar kekuatan sebuah perusahaan dalam mendominasi pasar. Oleh karena itu pangsa pasar ini perlu diukur oleh perusahaan. Cara mengukurnya pun bisa dengan menggunakan berbagai alat atau sarana. Mulai dari nilai penjualan dan volume penjualan hingga jumlah pelanggan. Pangsa pasar ini juga bisa diukur melalui perhitungan pendapatan perusahaan.

Pengukuran ini sudah seharusnya dilakukan agar perusahaan bisa memahami sampai sejauh mana kinerjanya selama ini. Apakah perusahaan sudah berhasil menguasai pasar atau mungkin masih belum bisa memenuhi seluruh permintaan dan kebutuhan konsumen. Melalui pengukuran inilah maka suatu perusahaan bisa mengadakan peningkatan mutu hingga bisa menjangkau target pasar.

Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka. Tetapkan aturan Anda sendiri tentang lembur dan pergi, biarkan proses otomatis mengurus sisanya. Karyawan Anda tidak perlu lagi mengisi dokumen yang membosankan dan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada passion mereka.

Tingkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR.