Marketing Mix Produk : Sejarah, Definisi, dan Bentuk Strategi

Apa itu strategi bauran pemasaran atau yang lebih dikenal Marketing Mix Produk? dan apa itu definisi bauran pemasaran? Blog Jojonomic akan mengulasnya di sini. Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Proses pemasaran ini memastikan bahwa setiap produk perusahaan dapat menjangkau konsumen.

Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran khusus untuk memastikan perusahaan memperoleh laba yang diharapkan. Sebenarnya mudah untuk menentukan strategi pemasaran. Namun, Anda tidak bisa sesederhana itu. Ingat, di dunia bisnis juga ada persaingan. Jika Anda tidak dapat menentukan strategi pemasaran secara akurat, pesaing Anda mungkin mendapat manfaat dari keputusan Anda.

Sejarah Marketing Mix Produk

Pada tahun 1950-an, Neil Borden mempromosikan istilah bauran pemasaran atau marketing mix yang mengandung lebih dari selusin elemen pemasaran. Yang paling mendasar adalah strategi pemasaran 4p. Kemudian pada tahun 1960-an, Jerome McCarthy merancang model 7 P untuk menyempurnakan elemen-elemen bauran pemasaran. Seiring waktu, banyak P yang mengkristal, seperti 5P, 8P dan seterusnya.

Tetapi strategi pemasaran 4P seperti kristal paling murni, dan merupakan inti dari pengembangan model pemasaran. Semua model P lainnya adalah ekstensi atau modifikasi dari 4P asli. Oleh karena itu, ini adalah dasar dari segala bentuk pemasaran. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan strategi pemasaran 4P dan mengapa 4P sangat penting bagi eksekutif pemasaran saat ini, dan bagaimana mereka masih menjadi faktor penting dalam pemasaran produk tidak berwujud dan berwujud:

Definisi Marketing Mix Produk

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix merupakan strategi pemasaran yang dapat menentukan apakah suatu perusahaan berhasil dalam mengejar laba atau laba yang maksimal. Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan yang disebut konsep 7P, yaitu produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik.

Konsep ini tentunya berbeda dengan bauran pemasaran 4P yang hanya memiliki empat konsep yaitu produk, lokasi, harga dan promosi. Dalam bauran pemasaran 4P, keempat konsep yang digunakan tampaknya berorientasi pada produk. Untuk membantu Anda memahaminya lebih detail, konsep 7P akan dijelaskan selengkapnya di bawah ini.

Menurut Ahli Marketing Mix Produk

Marketing Mix Produk

Menurut Kotler dan Armstrong, konsep bauran pemasaran adalah sekumpulan variabel pemasaran yang dapat digunakan perusahaan untuk melacak tingkat penjualan mereka. Dengan kata lain, bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang menggabungkan unsur-unsur internal dari bauran pemasaran itu sendiri dan mengeksekusinya secara komprehensif.

Ada beberapa elemen bauran pemasaran, yang disebut 4P. Anda harus akrab dengan pemasaran, bukan? Ya, 4P adalah produk, harga, promosi, lokasi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, strategi bauran pemasaran 4P telah berkembang menjadi 7P.

Promosi

Strategi bauran pemasaran ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana memasarkan produk dan media apa yang digunakan. Promosi adalah strategi pemasaran dengan tujuan sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi dan menarik pelanggan baru.
  • Tukar produk baru.
  • Meningkatkan jumlah konsumen produk terkenal.
  • Menginformasikan konsumen tentang peningkatan kualitas produk.
  • Mengajak konsumen ke tempat dimana produk tersebut dijual.
  • Mendorong konsumen untuk memilih atau membeli produk.

Price

Harga yang dimaksud adalah jumlah yang harus dibayar pengguna atau pelanggan Anda untuk mendapatkan produk yang Anda sediakan. Dengan kata lain, jika pengorbanan (yaitu, uang dan waktu) yang dilakukan konsisten dengan manfaat yang diinginkannya dari produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan, maka seseorang akan menggunakan layanan yang Anda berikan atau membeli produk yang Anda berikan. Pada titik ini, fokus Anda adalah bagaimana membuat calon pelanggan atau calon pembeli merasa bahwa pengeluaran mereka sesuai dengan apa yang mereka dapatkan. Dengan begitu, strategi bauran pemasaran akan lebih optimal.

Penampilan

Tampilan tempat usaha akan menjelaskan bagaimana bangunan perusahaan ditata. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, sistem petir yang menarik, desain ruangan yang eye-catching, dll. Perusahaan pasti akan menyadari bahwa tata letak bangunan internal perusahaan pasti akan mempengaruhi suasana hati pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan pasti akan membuat konsumen sedikit tidak nyaman dengan keadaan perusahaan. Bangunan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk memberikan pengalaman bagi pengunjung dan memberikan nilai tambah. Komponen visual sangat penting dalam strategi bauran pemasaran.

People

Sumber daya manusia merupakan bagian penting dari strategi bauran pemasaran. Faktor sumber daya manusia menentukan maju tidaknya suatu perusahaan. Tidak dapat kita pungkiri bahwa faktor ini memegang peranan penting dalam kemajuan bahkan kemunduran suatu perusahaan. Inilah sebabnya mengapa perusahaan berlomba-lomba mencari pelamar kerja terbaik, bahkan rela merogoh kocek lebih dalam untuk merekrut pelamar kerja independen. Mereka ahli dalam mencari pelamar kerja bagi perusahaan.

Pertanyaan terkait, apakah karyawan memiliki kinerja yang tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan loyal atau sebaliknya, apakah karyawan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen atau sebaliknya, yang akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan perusahaan jasa di pasar. Faktor penting lainnya dari SDM adalah sikap dan semangat karyawan dalam industri jasa. Sikap dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam ucapan, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan ucapan. Motivasi akan menentukan sejauh mana seorang karyawan ingin atau suka menyelesaikan pekerjaannya.

Place

Konsep ini berfokus pada lokasi atau lokasi perusahaan Anda. Semakin strategis lokasi bisnis Anda, semakin banyak keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menghubungi bisnis Anda, sehingga memudahkan transaksi penjualan.

Produk

Marketing Mix Produk

Secara teori, produk adalah segala bentuk hasil komersial yang diberikan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika Anda ingin berhasil menerapkan strategi bauran pemasaran, Anda harus mampu menciptakan dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan keunikan Anda sendiri. Dengan cara ini, produk atau layanan Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing pasar.

Proses

Proses disini meliputi bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan setiap pelanggan, mulai dari konsumen memesan (order), hingga akhirnya mendapatkan apa yang diinginkan. Perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus untuk melayani pelanggannya. Seperti halnya di restoran, ada beberapa restoran yang menyediakan fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen dapat melihat setiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan. Jenis jasa ini merupakan contoh penerapan strategi bauran pemasaran pada perusahaan kuliner.

Kesimpulan Marketing Mix Produk

Untuk mencapai semua strategi bauran pemasaran (7P) di atas, tentunya diperlukan rencana pembiayaan yang baik dan terencana. Jojopayroll adalah software untuk mengelola keuangan bisnis dan akuntansi untuk perusahaan jasa, perdagangan, ritel, katering, dan berbagai industri lainnya.

Marketing Mix Produk

Dengan fungsinya, Jojopayroll akan membantu perusahaan Anda membuat perhitungan keuangan yang benar untuk semua kebutuhan pembiayaan perusahaan. Dapatkan kemudahan menerapkan konsep bauran pemasaran untuk meraih kesuksesan bisnis melalui uji coba jurnal gratis selama 14 hari!