Masalah Pokok Ekonomi : Pengertian dan Perbedaan Teori Ekonominya

masalah pokok ekonomi

Masalah pokok ekonomi muncul karena kesepakatan yang dicapai antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sumber daya yang terbatas. Kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya beragam. Di sisi lain, ketersediaan sumber daya yang tersedia belum tentu memenuhi persyaratan ini.

Adanya sumber daya yang terbatas dapat menimbulkan masalah. Apa masalah ekonomi utama yang dihadapi umat manusia? Salah satu contoh permasalahan ekonomi yang dihadapi manusia dalam hidup adalah terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang dan kebutuhan hidup lainnya.

Bagaimana memenuhi kebutuhan pangan dengan produksi beras yang tidak bisa diselesaikan dalam sehari? Bagaimana cara memenuhi kebutuhan pakaian sehari-hari? Berbagai gagasan semacam itu menjadi dasar masalah pokok ekonomi.

Masalah pokok ekonomi terbagi dalam dua kategori, yaitu masalah pokok ekonomi klasik (tradisional) dan masalah ekonomi modern. Berikut penjelasannya.

Definisi masalah pokok ekonomi

masalah pokok ekonomi

Masalah pokok ekonomi adalah masalah yang muncul ketika sumber daya yang digunakan terbatas untuk memenuhi permintaan. Masalah ekonomi ini akan selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari. Intinya adalah kebutuhan dan kebutuhan manusia begitu banyak dan tidak terbatas. Pada saat yang sama, ketersediaan sumber daya yang diperlukan tidak dapat memenuhi permintaan ini.

Contoh masalah pokok ekonomi

Seperti telah disinggung sebelumnya, tunjangan bulanan yang selama ini kurang juga menjadi contoh masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya adalah keterbatasan sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Misalnya, Anda pasti pernah mendengar berita tentang kekurangan beras di Indonesia. Beras merupakan kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika kebutuhan dasar langka, apa yang akan terjadi dengan anda? Nah, ketimpangan antara kebutuhan beras masyarakat dengan sumber daya yang mereka miliki pasti akan menimbulkan masalah ekonomi.

Teori Ekonomi

masalah pokok ekonomi

Munculnya masalah karena tuntutan kepuasan yang tak terbatas merupakan salah satu masalah utama di bidang ekonomi. Menurut teorinya, masalah dalam ilmu ekonomi sebenarnya terbagi dalam dua kategori, yaitu masalah pokok dalam ilmu ekonomi klasik dan masalah ilmu ekonomi modern.

Masalah pokok ekonomi klasik

Sejauh ini, Anda sudah mengerti, bukan? Apa yang menjadi masalah pokok ekonomi. Untuk mempelajari lebih lanjut, Jojonomic akan mengajak Anda untuk memahami klasifikasi dan teori masalah ekonomi sebagai berikut:

Masalah pokok Ekonomi Klasik yang ada dalam teori ekonomi ini, masalah utama ilmu ekonomi klasik dibagi menjadi tiga bagian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Masalah produksi. Untuk memenuhi kebutuhan manusia, barang dan jasa harus disediakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, produsen harus mengetahui barang dan jasa apa yang dibutuhkan masyarakat. Alhasil, untuk memenuhi permintaan yang begitu besar, produsen harus mengetahui jenis barang dan jasa yang dibutuhkan konsumennya.
  2. Masalah distribusi. Masalah lainnya adalah bagaimana mendistribusikan produk dengan benar kepada konsumen. Distribusi adalah pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen, sehingga produk tersebut tersebar luas. Intinya, tujuan distribusi adalah agar produk produsen tersebar lebih luas dan menjangkau konsumen. Setelah produk dipasarkan, produk tersebut dapat dikonsumsi.
  3. Masalah konsumsi. Setelah barang dan jasa sampai ke konsumen, pertanyaan selanjutnya adalah apakah akan mengkonsumsi atau membuang barang karena harga yang tidak terjangkau. Ini adalah pertanyaan lain yang harus dijawab oleh pabrikan sebagai pabrikan produk. Di sisi lain, sebagai konsumen kita harus bisa meningkatkan pendapatan untuk mendapatkan produk yang kita inginkan.

Contoh dari tiga masalah pokok ekonomi klasik ini adalah masalah yang harus dipertimbangkan produsen saat memproduksi produk. Di sisi lain, konsumen juga dituntut untuk meningkatkan daya beli agar dapat menyerap setiap produk yang dihasilkan produsen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Masalah pokok ekonomi modern

Teori ini menyebut masalah ekonomi modern sebagai masalah mikroekonomi. Dalam ilmu ekonomi mikro terdapat teori yang dapat mempelajari perilaku konsumen secara lebih detail hingga dapat menentukan faktor-faktor pendorong harga pasar.

Teori ekonomi modern jauh lebih rumit daripada teori klasik. Oleh karena itu, Ada tiga masalah utama dalam ekonomi modern. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:

  1. Barang dan jasa apa yang diproduksi dan berapa banyak (apa?). Pertanyaan penting pertama dalam ilmu ekonomi adalah bagaimana produsen menentukan barang dan jasa yang akan diproduksi. Selain itu, jumlah produk juga harus diperhatikan. Mengapa? Tentu saja karena jika melakukan kesalahan maka produsen akan rugi, bahkan bisa bangkrut karena barangnya terbuang percuma.
  2. Bagaimana cara memproduksi barang (bagaimana?). Setelah menentukan jenis dan kuantitas barang dan jasa, pertanyaan selanjutnya adalah teknologi produksi. Dengan menggunakan sumber daya yang ada, produsen harus dapat menentukan teknologi produksi yang paling efektif untuk mereka. Berapa banyak karyawan. Teknologi apa yang digunakan. Selain itu, pabrikan juga harus bisa menentukan apakah akan mengandalkan manusia atau mesin produksi.
  3. Untuk siapa produk ini dibuat (Untuk siapa?). Pertanyaan ini menyangkut siapa yang membutuhkan barang / jasa dan siapa yang akan menikmati hasilnya. Pada dasarnya keuntungan dari barang dan jasa yang dihasilkan tidak hanya untuk konsumen. Namun, ada pihak lain yang diuntungkan. Misalnya karyawan mendapat penghasilan, pemilik bahan baku mendapat upah, pemilik modal mendapat bunga modal, dan tentunya produsen juga mendapat keuntungan dari hasil penjualan produknya. Oleh karena itu, masalah ini sangat erat kaitannya dengan “siapa yang diuntungkan” dalam produksi barang dan jasa, sehingga produsen harus mampu mengatasi masalah tersebut.

Kesimpulan

masalah pokok ekonomi

Siapa yang selalu merasa bahwa uang anda tidak cukup? Ketika Anda meminta lebih banyak kepada perusahaan Anda, mengapa tidak boleh lebih? Tunjangan bulanan Anda sepertinya tidak memenuhi kebutuhan Anda. Mengapa masalah ekonomi seperti itu begitu umum?

Padahal, Anda tahu bahwa banyak orang juga merasakan masalah ekonomi yang Anda hadapi. Bukan hanya anda, tetapi perusahaan pasti merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, Intinya adalah kebutuhan manusia begitu banyak dan tidak terbatas. Pada saat yang sama, ketersediaan sumber daya yang diperlukan tidak dapat memenuhi permintaan ini. Inilah masalah klasik yang sering kita jumpai.

Untuk itu perlunya mengawasi pendapatan dan pengeluaran dari perusahaan anda dalam memenuhi kebutuhan perusahaan secara otomatis dan dipantau secara Professional menggunakan software JojoExpense.

Jojo Expense dapat Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%. Dengan JojoExpense, Anda dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan finansial, dan dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan Anda sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan tidak repot.

Hemat waktu anda dan perusahaan melalui proses otomatisasi. Fokuskan energi dan waktu berharga Anda pada hal-hal yang benar-benar penting. Kirimkan setiap penarikan tunai dan proses aplikasi pengembalian dana ke JojoExpense dan biarkan proses tersebut berjalan secara otomatis tanpa kehilangan kendali atas proses persetujuan dan kebijakan khusus. Tidak lagi membuang-buang energi dan waktu anda yang berharga.

Tunggu apalagi, daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati uji coba gratis JojoExpense!