Turn Over Karyawan di Perusahaan? Berikut Cara Menurunkannya!

Banyak pimpinan perusahaan percaya bahwa cara terbaik untuk mengatasi dan mengurangi perputaran karyawan adalah dengan meningkatkan upah dan tunjangan, jam kerja yang fleksibel, dan memberikan fasilitas tertentu. Hal ini memang benar, namun nyatanya perusahaan dapat menempuh berbagai cara untuk menekan tingginya angka turn over karyawan.

Pada dasarnya, mengurangi tingkat turn over karyawan tergantung pada lingkungan kerja yang Anda sediakan untuk karyawan Anda. Dengan dukungan lingkungan kerja yang baik dan positif, karyawan akan bekerja dengan baik dan produktif.

Pelatihan silang Hilangkan Turn Over Karyawan!

turn over karyawan

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mempelajari hal-hal baru melalui pelatihan lintas departemen. Karyawan ingin tahu apakah mereka dapat menyelesaikan tugas di berbagai bidang untuk karier mereka.

Peluang pengembangan karir karyawan

Untuk menyampaikan informasi kepada karyawan, perusahaan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mengembangkan karir melalui pelatihan dan pendidikan. Membangun dan mengembangkan karir dan kemampuan karyawan, misalnya dengan memberikan tugas-tugas yang menantang namun diimbangi dengan pelatihan yang sesuai.

Komunikasi yang baik

Pastikan Anda dan karyawan Anda berkomunikasi dengan baik, terutama dalam hal tujuan, peran, dan tanggung jawab masing-masing orang. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memahami harapan Anda dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari kesuksesan perusahaan.

Mendorong karyawan untuk menjalin hubungan persahabatan

Menurut penelitian, Anda harus mendorong karyawan untuk membangun hubungan dengan karyawan lain dan bahkan berteman di lingkungan perusahaan. Hal ini diyakini dapat meningkatkan komitmen karyawan untuk terus bekerja di perusahaan Anda.

Berikan komisi atau bonus hilangkan Turn Over Karyawan!

Jika perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendapatkan komisi atau bonus, mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi. Tentukan nilai dan parameter yang harus dicapai karyawan untuk menerima komisi atau bonus.

Rayakan keberhasilan karyawan

Rayakan keberhasilan karyawan yang berhasil menyelesaikan proyek berskala besar. Anda dapat makan bersama di kantor atau memberikan hadiah kecil kepada tim atau karyawan untuk merayakan kesuksesan mereka.

Jangan memaksakan lembur

Tidak semua karyawan dapat bekerja lembur, misalnya karena faktor seperti jauh dari rumah, memiliki anak di rumah, atau memiliki kepentingan lain di luar jam kantor. Jangan memaksa karyawan yang tidak diperbolehkan bekerja lembur. Ini hanya menekankan bahwa mereka harus menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

Ciptakan tradisi perusahaan untuk menurunkan Turn Over Karyawan!

Ciptakan budaya dan tradisi perusahaan yang menarik, seperti buka puasa bersama, saling tukar kado saat Natal atau Tahun Baru, bakti sosial atau gathering di setiap akhir bulan. Tradisi ini akan meningkatkan hubungan antara karyawan dan perusahaan dan menyegarkan karyawan yang sibuk.

Ciptakan lingkungan kerja yang menarik

turn over karyawan

Semua orang, termasuk karyawan Anda, ingin bisa bekerja dengan bahagia. Oleh karena itu, ciptakan suasana dan budaya kerja yang tidak kaku namun menarik. Mendorong karyawan untuk berpartisipasi, termasuk bakat pribadi mereka. Orang yang bekerja di lingkungan yang kaku atau terlalu sepi akan cepat bosan.

Jangan terlalu membatasi karyawan dengan peraturan yang ketat

Berikan karyawan kesempatan untuk menikmati kehidupan di luar pekerjaan. Jangan membuat aturan yang terlalu keras dan mengikat karyawan. Sebaliknya, misalnya, biarkan mereka memiliki waktu luang selama jam kerja agar mereka masih punya waktu untuk mengurusi urusan pribadi, terutama waktu keluarga.

Libatkan karyawan dalam pengambilan keputusan

Sebisa mungkin, libatkan karyawan dalam keputusan yang memengaruhi pekerjaan mereka dan seluruh perusahaan. Mintalah pendapat mereka saat membahas visi, misi, nilai, dan tujuan perusahaan.

Kenali kinerja karyawan employee

Dengan memastikan mereka tahu bahwa Anda mengetahui seberapa baik kinerja mereka, identifikasilah yang berkinerja terbaik untuk mengurangi pergantian karyawan. Jika upaya karyawan diakui, mereka akan termotivasi, apalagi dihargai.

Hormati karyawan bila ingin Turn Over Karyawan!

Sekalipun Anda seorang bos dan memiliki jabatan yang lebih tinggi, bukan berarti Anda bisa memperlakukan karyawan sesuka Anda. Manfaatkan setiap kesempatan untuk menghormati dan menghargai karyawan, seperti dengan mendengarkan keluhan, menggunakan ide mereka, dan tidak mempermalukannya di depan karyawan lain.

Umpan balik positif dan penghargaan kepada karyawan

turn over karyawan

Cara lain untuk mengurangi perputaran karyawan adalah dengan memberikan umpan balik dan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi. Pengakuan kontribusi karyawan adalah bentuk paling kuat untuk memperkuat dan mempertahankan karyawan. Karyawan ingin orang lain tahu bahwa mereka bekerja dengan baik.

Memberikan gaji dan benefit yang menarik

Berikan “paket menarik” seperti asuransi jiwa, jam kerja fleksibel atau bonus tahunan. Banyak karyawan muda atau milenial yang keluar dari perusahaan karena membandingkan benefit dan benefit yang ada di perusahaan lain. Penelitian menunjukkan bahwa kaum milenial tidak ingin mengulangi kesalahan orang tuanya, sehingga ingin menjadi lebih baik.

Memberikan pelatihan bagi karyawan

Memberikan kesempatan bagi karyawan yang ingin belajar wawasan baru dan berbagi ilmu melalui kursus pelatihan, seminar, kuliah atau kerja sama tim. Banyak karyawan yang ingin membagi ilmunya melalui coaching atau pelatihan. Ingat, membimbing orang lain juga merupakan cara untuk belajar menjadi seorang profesional.

Pilih karyawan yang paling menjanjikan

Sesuai bidang yang relevan, lulus tes untuk memilih karyawan terbaik dan lakukan wawancara untuk mengetahui apakah mereka cocok dan cocok untuk perusahaan Anda. Analisis hasil tes dan wawancara untuk menilai dan menentukan apakah mereka kompeten untuk pekerjaan yang Anda butuhkan.

Mencari karyawan berbakat agar tidak Turn Over Karyawan!

Merekrut kandidat dengan berbagai kemampuan di berbagai bidang pekerjaan. Pastikan Anda dan tim HRD memilih karyawan terbaik dan berkualitas untuk mengurangi tingkat turn over karyawan perusahaan. Karyawan yang menangani banyak tugas secara fleksibel adalah kontributor penting bagi perusahaan. Anda hanya perlu memastikan mereka tidak bosan melakukan hal yang sama. Pertimbangkan promosi atau pengembangan karyawan.

JojoTimes: Mengelola Karyawan Lebih Baik agar tidak Turn Over

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”