Opportunity Cost Dalam Bisnis Dan Perusahaan

Opportunity cost mungkin seringkali didengar oleh Anda yang pernah belajar tentang ilmu ekonomi. Istilah opprtunity costi ini seringkali juga disebut dengan biaya peluang. Istilah ini sebenarnya merupakan istilah dasar yang sudah seharusnya dipahami oleh para ahli ekonomi dan bahkan oleh para pembuat kebijakan. Opprtunity cost atau biaya peluang bisa diartikan sebagai suatu biaya yang harus ditanggung baik oleh individu maupun organisasi karena telah memilih salah satu peluang dan mengabaikan peluang yang lain. Dengan kata lain biaya ini ditanggung dengan disertai adanya pengorbanan untuk hal lainnya. Pada dasarnya setiap orang akan menghadapi apa yang disebut dengan pilihan. Suatu pilihan dihadapi bukan hanya oleh individu saja tetapi juga oleh sebuah organisasi atau lembaga atau perusahaan.

Dalam hal bisnis selalu ada peluang yang sekiranya dapat dipilih dan memang menuntut pemilik bisnis untuk memilih. Memilih salah satu peluang tentu akan disertai dengan sikap mengabaikan peluang lainnya. Oleh karena itu menghadapi berbagai peluang yang ada perlu disertai dengan adanya kesiapan yang matang terutama dalam dunia bisnis. Di dalam dunia bisnis tentunya ada berbagai peluang yang ditawarkan kepada pebisnis untuk semakin memajukan dan mengembangkan usahanya. Oleh karena itu seoang pebisnis harus benar-benar bisa melihat setiap peluang yang ada dengan lebih jeli agar tidak sampai melakukan kesalahan yang berakibat pada timbulnya kerugian.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Menghitung opportunity cost atau biaya peluang dapat dilakukan dengan cara tertentu. Sebenarnya cara untuk menghitung biaya peluang ini cukup mudah jika Anda memang bisa memahaminya. Cara menghitung biaya peluang yaitu dengan menghitung selisih antara pengembalian yang Anda harapkan dari setiap pilihan peluang yang ada. Jika dirumuskan maka menghitung biaya peluang dilakukan dengan cara mengurangkan CO dari FO.

Yang dimaksud dengan FO disini adalah nilai peluang yang tidak dipilih. Sedangkan yang dimaksud dengan CO adalah nilai peluang yang dipilih. Dalam hal ini jika CO bisa memberikan keuntungan maksimal dan bahkan lebih besar daripada biaya FO maka bisnis Anda bisa saja disebut telah memperoleh untung atau profit. Namun bila ternyata CO membutuhkan biaya pengeluaran yang cukup banyak namun memberikan keuntungan tidak lebih besar daripada biaya FO maka bisa saja pebisnis merasa menyesal karena beranggapan telah memilih peluang yang salah. Biaya peluang pada dasarnya dapat dijumpai dimana saja termasuk pula di dalam suatu lembaga.

Ada banyak contoh peristiwa yang bisa dijadikan sebagai contoh dari penerapan biaya peluang pada suatu lembaga. Salah satu contohnya adalah biaya peluang yang terjadi saat Anda lebih memilih untuk membeli peralatan baru daripada untuk memberikan dana sponsor. Membeli peralatan baru untuk mendukung kegiatan bisnnis yang sedang berjalan memang penting. Namun memberikan dana sponsor pada suatu event sebenarnya juga bisa menguntungkan bagi usaha atau bisnis Anda. Sebab melalui pemberian dana sponsor inilah nama perusahaan Anda akan dikenal oleh masyarakat. Di samping itu pemberian dana sponsor juga akan menimbulkan kesan bahwa bisnis Anda telah meraih kesuksesan.

Kondisi ini akan membuat para konsumen dan klien menjadi terus percaya dan yakin pada kualitas bisnis Anda. Sebenarnya baik membeli peralatan baru dan memberikan dana sponsor sama-sama bisa berguna bagi kelancaran bisnis. Namun dengan adanya keterbatasan modal maka tidak jarang seorang pebisnis dihadapkan pada kenyataan bahwa ia harus memilih salah satu peluang dan mengabaikan peluang yang lain. Jika Anda memilih untuk membeli peralatan baru dan mengabaikan pemberian dana sponsor maka Anda sudah menimbulkan terjadinya cost opportunity pada usaha Anda.

Manfaat Biaya Peluang dalam Bisnis

Biaya peluang atau opportunity cost dalam dunia bisnis ternyata juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Salah satu manfaat dari adanya biaya peluang adalah adanya modal dari biaya peluang tersebut. Biaya peluang tentu dapat membantu Anda untuk melakukan prediksi terhadap kisaran modal yang harus dimiliki sebelum Anda membangun sebuah bisnis atau memberikan inovasi pada bisnnis Anda. Modal memang menjadi faktor pendunkung dari kelangsungan suatu bisnis. Dengan adanya biaya peluang maka Anda bisa mempersiapkan modal untuk memilih peluang terbaik bagi bisnis atau usaha Anda.

Selain itu biaya peluang juga mengajarkan anda mengenai prioritas. Biaya peluang pada dasarnya terjadi saat Anda memilih satu peluang dari berbagai opsi peluang yang ada. Memilih peluang yang menimbulkan biaya peluang ini akan mengajarkan Anda untuk bisa lebih memahami tentang prioritas dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan utama bagi Anda dan bisnis Anda. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari biaya peluang adalah adanya kesempatan usaha yang lebih luas. Dengan memilih salah satu peluang yang ada maka Anda memiliki kesempatan untuk semakin mengembangkan usaha melalui peluang yang telah dipilih. Oleh karena itu sebagai pebisnis tentunya Anda harus bijak dalam meilih peluang yang ada.

Dengan adanya pemikiran bijak maka Anda diharapkan dapat memilih peluang yang tepat sehingga bisnis Anda ke depannya bisa lebih maju. Manfaat biaya peluang yang lainnya adalah adanya penghematan pengeluaran. Anda mungkin bisa memilih peluang terbaik bagi bisnis Anda dengan biaya yang terendah. Pilihlah peluang dengan biaya terendah namun bisa memberikan hasil yang masksimal bagi bisnis Anda. Kondisi ini tentu akan membuat pengeluaran Anda bisa semakin irit. Penghematan dalam perusahaan Anda bisa dilakukan sehingga biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu banyak. Selain itu dengan adanya biaya peluang tentu Anda dapat belajar untuk meminimalkan faktor resiko. Setiap pilihan dan peluang yang diambil sudah tentu memiliki resiko tersendiri. Oleh kaena itu Anda seharusnya memilih peluang dengan faktor resiko paling sedikit. Sebab peluang yang dipilih nantinya haruslah dipertahankan dan tetap dijalani dengan disertai rasa tanggung jawab.

Dari informasi di atas bisa kita lihat pentingnya opportunity cost untuk diperhitungkan dalam peningkatan bisnis. Sama halnya memperhitungkan sistem penggajian karyawan yang lebih optimal dan efisien. Sebaiknya gunakan produk yang tepat untuk hal tersebut, misalnya dengan menyerahkan pada JojoPayroll. Dimana produk yang satu ini mampu memberikan beragam manfaat mulai dari besarnya potongan pajak maupun BPJS yang terhitung secara otomatis, kemudian termasuk pula efisiensi dan sistematisasi penggajian karyawan secara bulanan. Bahkan cetak slip gaji jauh lebih mudah dan efisien.

Tentu saja semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat berbagai macam fitur menarik dari JojoPayroll. Beberapa fitur andalan produk ini di antaranya yaitu Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, Customized Allowance Component, Allowance by Organization Chart, Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu jangan ragu, segera dapatkan coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda. Lihatlah bagaimana nantinya produk ini bekerja mempermudah sistem pembayaran gaji sekaligus prosesnya.