Pengembangan Karyawan Melalui Sistem Yang Lebih Terpadu

Pengembangan karyawan menjadi bagian yang penting di dalam sebuah perusahaan. Kegiatan ini dipandang baik mengingat bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas SDM. Dengan adanya produktivitas dan kualitas karyawan yang baik maka para karyawan ini dapat bekerja bersama-sama secara lebih maksimal untuk kemajuan dan perkembangan karyawan. Kegiatan pengembangan karyawan perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Kegiatan ini juga tentu memerlukan biaya yang bisa disebut tidak sedikit. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan mengadakan kegiatan pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya dengan efektif dan efisien. Gunakan konsep terbaik yang sekiranya dapat memberikan hasil terbaik pada karyawan namun tidak terlalu mengeluarkan jumlah biaya yang sangat banyak. Selain itu sebaiknya kegiatan ini bisa berlangsung dalamwkatu yang tepat sehingga tidak membuang waktu dan tenaga karyawan dengan sia-sia. Jika dilakukan dengan perencanaan dan persiapan yang matang maka pada akhirnya pengembangan karyawan bisa menjadi suatu upaya tepat untuk mengembangkan perusahaan.

Tujuan Pengembangan Karyawan

Umumnya saat sebuah perusahaan melakukan pengembangan karyawan, ada beberapa pokok hal yang menjadi tujuannya. Di antara tujuan tersebut meliputi yaitu:

1. Peningkatan produktivitas

Kegiatan pengembangan karyawan yang dilakukan oleh perusahaan dapat memberikan peningkatan produktivitas bagi perusahaan terkait. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam hal ini misalnya dengan penggunaan teknologi. Dengan adanya penggunaan teknologi ini maka kegiatan pelatihan atau pengembangan bagi seluruh karyawan ini bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga proses ini bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien. Jadi produktivitas karyawan bisa semakin meningkat seiring dengan kemajuan dan perkembangan perusahaan. Karyawan yang semakin ahli tentu akan semakin meningkat produktivitasnya sehingga bisa memberikan kemajuan bagi perusahaan. Keahlian dan ketrampilan serta kemampuan karyawan yang berkembang dan mengalami peningkatan ini akan memberikan kontribusi bagi perusahaan.

2. Perbaikan kualitas

Adanya pelatihan dan berbagai hal lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan karyawan pada akhirnya bisa berguna untuk memperbaiki kualitas kerja karyawan. Kualitas karyawan akan mengalami penigkatan sehingga produktivitas para karyawan akan meningkat. Dengan adanya kualitas yang baik dan meningkat maka seluruh karyawan dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya secara lebih maksimal. Kualitas pada dasarnya tidak hanya mengacu pada keahlian atau ketrampilan yang dimiliki oleh para karyawan saja. Tetapi yang dimaksud dengan kualitas disini termasuk pula pengembangan karakter dari setiap karyawan. Karakter baik yang dimiliki oleh para karyawan tentunya akan membuatnya dapat bekerja dengan diiringi sikap tanggung jawab dan jujur serta disiplin.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Loyalitas karyawan

Berbagai macam hal yang diadakan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas karyawan tentu saja merupakan suatu hal yang akan disambut dengan hangat oleh para karyawan. Setiap hal yang dirasa dapat memberikan keuntungan bagi karyawan serta bersifat peduli pada karyawan pada akhirnya akan membuat karyawan untuk bisa tetap memberikan loyalitasnya pada perusahaan. Karyawan akan merasa dihargai sehingga produktivitasnya akan semakin meningkat. Produktivitas yang semakin meningkat ini pada dasarnya merupakan bentuk atau hasil dari loyalitas para karyawan terhadap perusahaan. Oleh karena itu berbagai kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas karyawan sebaiknya selalu diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Transfer keahlian

Di sebuah perusahaan tentu ada karyawan yang merupakan karyawan senior. Ada pula karyawan baru yang perlu belajar banyak hal dari karyawan senior. Dalam melakukan pelatihan untuk karyawan maka karyawan senior bisa dijadikan sebagai mentor atau coach untuk para karyawan baru. Hal ini bisa bermanfaat untuk mengaktualisasikan ketrampilan dan keahlian para senior. Di samping itu kegiatan pelatihan dan pengembangan bagi seluruh karyawan juga bisa membantu karyawan baru dalam menerima dan mempelajari serta memahami tugasnya secara lebih lagi. Cara bekerja yang baik dan tepat bisa diperoleh dari parakaryawan senior yang bersedia untuk melatihnya. Hal ini juga pada akhirnya dapat menimbulkan jalinan hubungan kerja yang harmonis antara karyawan baru dengan senior.

Metode Pengembangan Karyawan

Tentu saja untuk melakukan pengembangan karyawan ada beberapa metode yang bisa dilakukan, misalnya yaitu metode di bawah ini.

1. Pelatihan karyawan

Pelatihan yang diberikan kepada para karyawan pada dasarnya merupakan suatu cara yang dipandang sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan karyawan. Pelatihan tidak hanya berguna untuk mengembangkan kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh karyawan saja. Tetapi pelatihan ini juga bisa berguna untuk membangun wawasan dan pengetahuan dasar yang sekiranya perlu dimiliki oleh para karyawan di suatu perusahaan. Sebab setiap karyawan pada posisi tertentu perlu mendapatkan wawasan atau pengetahuan dasar. Dengan adanya pelatihan ini maka karyawan dapat bekerja dengan semakin lebih baik lagi. Dengan dibekali wawasan atau pengetahuan dasar sekaligus keahlian dan ketrampilan tertentu maka karyawan dapat bekerja secara lebih efektif sesuai dengan tugas dan peranannya.

2. Coaching efektif

Coaching bisa diterapkan di sebuah perusahaan tentunya dengan penerapan berbagai langkah yang tepat. Jajaran manajemen di sebuah perusahaan atau para pimpinan dan atasan perusahaan dalam hal ini bisa menjadi coach yang efektif bagi para karyawan. Berbagai situasi dan kondisi yang mungkin pernah dihadapi oleh perusahaan juga bisa dijadikan sebagai studi kasus yang perlu untuk dipelajari secara lebih lanjut. Dengan adanya beberapa studi kasus inilah maka solusi terbaik bisa diambil sehingga setiap permasalahan yang ada. Beberapa permasalahan yang pernah ada bisa dijadikan pelajaran untuk ke depannya. Jadi untuk selanjutnya setiap permasalahan yang terjadi di perusahaan bisa dihadapi dengan cara yang tepat.

3. Mentoring kepemimpinan

Kegiatan mentoring tentu akan menjadi lebih efektif daripada Anda memarahi karyawan. Sebab berberapa hal seperti memarahi dan menegur karyawan serta mengkritik karyawan bisa menurunkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Jadi sebaiknya dilakukan kegiatan mentoring sehingga karyawan bisa bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan adanya proses mentoring ini diharapkan agar karyawan bisa lebih terbantu dalam bekerja. Karakter yang ada di dalam diri setiap karyawan juga diharapkan agar dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

Pengembangan karyawan pada dasarnya dibutuhkan untuk membantu mengembangkan visi dan misi perusahaan. Sama halnya dengan penggunaan absensi dan pencatatan potensi karyawan yang dilakukan melalui penggunaan JojoTimes. Sebagai salah satu produk yang membantu pengawasan absensi karyawan dengan efisien, produk ini juga dapat membantu mencatat kinerja serta potensi karyawan seutuhnya. Sehingga perusahaan lebih mudah merencanakan pengembangan apa yang pantas untuk diberikan pada masing-masing karyawannya.

Tentu saja manfaat yang menarik ini bisa diperoleh berkat adanya beberapa fitur pada JojoTimes. Misalnya yaitu fitur Monitor Team Location via Geotagging, Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, dan fitur-fitur lainnya. Karena itu segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Tingkatkan pengembangan potensi diri karyawan Anda bersama dengan JojoTimes.