Pengertian Ambivert – Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing. Untuk itu, dalam berperilaku antara satu orang dengan orang lainnya tidak bisa disamakan. Ada orang yang santai dan lepas, bahkan ada orang yang sensitive dan mudah tersinggung. Termasuk sifat yang mungkin belum semua orang mengetahui apa Pengertian Ambivert.

Mengenal kepribadian orang memang tidaklah mudah. Jangankan orang lain, kepribadian diri sendiri aja terkadang masih tidak mengenalnya. Dalam bersosialisasi, tentu tidak semua orang bisa langsung supel dan humble kepada orang lain. Ada yang bisa memulai pembicaraan, ada yang langsung bisa berbaur, namun ada orang yang tidak mudah dekat dengan orang lain.

Dalam mengenal kepribadian, ada orang yang extrovert dan ada yang introvert, keduanya memiliki ciri yang berbeda bahkan bertolak belakang. Extrovert adalah orang yang cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar, orang dengan kepribadian introvert digambarkan lebih supel dan mudah berinteraksi meski dengan orang baru. Bertolak belakang dengan kepribadian introvert, sosok introvert digambarkan sebagai orang yang cenderung menutup diri dari dunia luar, mereka tidak mudah berbaur dan lebih suka menyendiri.

Namun, jika kita termasuk di tengah-tengahnya yang tidak begitu introvert atau extrovert maka bisa jadi kita termasuk orang yang ambovert. Lantas apa itu ambivert? Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan tuntas Pengertian Ambivert sebagai berikut.

Pengertian

Pengertian Ambivert merupakan kepribadian yang berasal dari gabungan dua kepribadian yakni introvert dengan extrovert. Ambivert adalah orang yang memiliki kepribadian seimbang, bisa dibilang kepribadian ini cukup istimewa dimana mereka dapat secara fleksibel dalam menghadapi berbagai situasi. Orang ambivert dapat bersikap extrovert bahkan bisa bersikap introvert.

Orang dengan kepribadian ambivert lebih mengerti dan memahami dirinya sendiri yang didapat dari perjalanan hidupnya. Inilah yang menyebabkan orang ambivert dapat mengendalikan dirinya di berbagai situasi apapun dimana mereka dapat menyeimbangkan sisi introvert dan extrovert dalam dirinya. Tidak heran jika sosok ambivert dapat mengembangkan potensi dalam dirinya sendiri.

Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert

Mungkin mengenal ciri orang dengan kepribadian introvert dan extrovert sangat mudah diketahui. Lantas bagaimana dengan ciri ambivert? berikut merupakan berbagai ciri-ciri dari kepribadian ambivert:

Tidak suka menemui orang baru

Bagi seorang ambivert, menemui orang baru di tempat yang baru adalah hal yang tidak membuatnya nyaman. Mereka lebih suka bertemu di tempat biasa dengan orang biasa yang sudah dikenalinya karena dianggapnya lebih nyaman.

Mudah mengetahui kepribadian orang lain

Sosok ambivert dapat dengan mudah mengetahui kepribadian orang lain hanya dari luar. Saat ambivert berinteraksi dengan orang lain, maka ia akan mudah mengenali apakah lawan bicaranya sosok introvert ataukah extrovert.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kurang suka keramaian

Bagi sosok introvert mungkin keramaian adalah hal yang paling ia jauhi. Namun berbeda dengan ambivert, sebenarnya mereka bukan tidak suka keramaian, mereka hanya kurang suka saja. Sosok ambivert akan menyepi dan menghindari interaksi di tengah keramaian, mereka lebih suka mengamati apa yang terjadi dan tempat mana yang bisa membuatnya lebih nyaman.

Mudah menyesuaikan diri

Orang dengan kepribadian ambivert memang istimewa, pasalnya mereka bisa dengan mudah menyesuaikan diri saat bersosialisasi dengan orang lain.

Bersikap fleksibel

Ambivert merupakan sosok yang fleksibel dan dapat mengubah kepribadian mereka dengan menyesuaikan situasi yang ada. Misalnya saat lawan bicaranya adalah sosok extrovert maka ia bisa bersikap extrovert, namun saat lawan bicara introvert maka mereka juga bisa bersikap seperti itu.

Tidak selalu diam dan tidak selalu berisik

Pengertian ambivert tidak selalu diam seperti orang introvert, namun mereka juga tidak bisa selalu berisik seperti sosok extrovert. Mereka akan menyesuaikan kapan waktunya untuk bicara dan kapan waktunya untuk diam, tidak heran sosok ambivert merupakan sosok yang seimbang dalam bersikap.

Kelebihan dan Kekurangan

Sosok ambivert memang terbilang kepribadian yang istimewa. Namun jangan salah, mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangannya dari kepribadian yang mereka miliki. Adapun kelebihan dan kekurangan sosok ambivert yaitu:

Kelebihan

Orang dengan kepribadian ambivert memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Mudah berkomunikasi layaknya sosok extrovert
  • Mudah menyesuaikan diri untuk menjadi sosok introvert atau extrovert tergantung dengan lawan bicaranya
  • Tidak masalah jika harus mengerjakan suatu hal sendiri maupun berkelompok
  • Sangat potensial untuk menjadi seorang pemimpin
  • Dapat bersikap fleksibel dalam situasi apapun
  • Dapat memberi rasa nyaman pada diri sendiri dalam berbagai kondisi dan situasi
  • Emosi lebih stabil karena dapat menyeimbangkan kepribadian extrovert dan introvertnya
  • Memiliki intuisi yang tajam dan dapat sekaligus menerapkannya
  • Berpengaruh besar dalam suatu kelompok
  • Bersikap mandiri dan tidak suka membuang-buang waktu
  • Ambivert bersikap santai dan tidak menuntut banyak hal dalam sesuatu
  • Tidak masalah jika terlibat dalam suatu komunitas karena sosok ambivert dapat melakukan komunikasi dengan mudah dan tidak hanya fokus pada kelompok saja
  • Tidak memiliki preferensi sendiri dalam menyelesaikan suatu proyek

Kekurangan

Orang dengan kepribadian ambivert memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Meski ambivert merupakan sosok yang fleksibel, namun kepribadiannya ini dianggap tidak konsisten karena selalu berubah-ubah
  • Ambivert merupakan sosok yang moodyan sehingga tidak heran jika mereka berperilaku sesuai dengan mood mereka
  • Mood sosok ambivert dapat berubah-ubah meski dalam waktu cepat
  • Meski memiliki kepribadian istimewa, orang dengan kepribadian ambivert terkadang masih bingung dengan kepribadian yang dimilikinya
  • Mudah merasa lelah karena terlalu banyak bersosialisasi
  • Sosok ambivert sangat sulit mengatur suatu rencana
  • Ambivert meski dapat bersikap seperti extrovert namun mereka terkadang terlihat ambigu saat berada di tengah pembicaraan
  • Sosok ambivert sangat sulit ditebak sehingga tidak heran keputusan yang dibuat terkadang mengejutkan dan tidak sesuai dengan ekspetasi orang lain
  • Ambivert merupakan sosok yang pasrah terhadap pilihan yang ada
  • Sosok ambivert terkadang mengalami kesulitan dalam mengambil sebuah keputusan

Bagaimana Ambivert Menyesuaikan Diri

Sosok ambivert yang dinilai tidak konsisten, terkadang mereka juga suka terdistraksi dengan lingkungannya. Jadi, jika lingkungan kerja ambivert kondusif maka mereka dapat bekerja dengan benar-benar produktif. Namun sebaliknya, jika mereka berada dalam lingkungan yang memiliki banyak gangguan atau tidak kondusif, maka mereka juga dapat mengikuti perilaku lingkungannya.

JojoTimes merupakan aplikasi yang membawa solusi untuk permasalahan human resource perusahaan. Aplikasi JojoTimes memiliki fitur GPS dan pengenalan wajah yang akurat untuk memantau aktivitas karyawan Anda dimanapun mereka berada. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur fingerprint dan pendeteksi ID palsu untuk mencegah penipuan.

JojoTimes juga dapat memudahkan Anda dalam:

  • Menghemat waktu untuk absensi kehadiran karyawan
  • Mengontrol kebijakan cuti dan lembur karyawan
  • Menghemat waktu untuk laporan kehadiran bulanan

Nah, tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan mulailah dengan mencoba secara gratis selama 14 hari!