Penyebab Kecelakaan Kerja Dan Cara Mengatasinya

kecelakaan kerja dan mengatasinya
penyebab kecelakaan kerja dan mengatasinya
Sumber : connect2local.com

Penyebab Kecelakaan Kerja Dan Mengatasinya – Setiap perusahaan tentu saja tidak menginginkan adanya kecelakaan kerja. karena dengan adanya kecelakaan kerja proses kinerja karyawan tersebut dapat terhambat. Dan nantinya jika dibiarkan akan mempengaruhi produktifitas perusahaan tersebut.

Karena itu penting untuk perusahaan mengetahui faktor – faktor penyebab kecelakaan kerja dan mengatasi hal tersebut bagaimana caranya. Dengan faktor penyebab kecelakaan dan mengatasinya dapat menjadi pengetahuan untuk melakukan pencegahan dan juga bagaimana mengatasinya.

Apa Itu Kecelakaan Kerja ?

Kecelakaan merupakan suatu peristiwa yang tidak pernah diduga untuk terjadi dan mengacaukan atau menghambat proses yang sudah diatur seasuai aktivitasnya. Dimana hal ini dapat menyebabkan kerugian baik berupa korban manusia ataupun harta benda. Sedangkan kecelakaan kerja sendiri diartikan sebagai kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan dan merugikan baik manusia, harta benda atau proses pekerjaan tersebut sendiri.

Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Dan Mengatasinya

Seringnya terjadinya kecelakaan kerja tentu saja membutuhkan fokus khusus perusahaan sehingga mampu mencegah terjadinya kecelakaan kerja ini. Untuk itu beberapa penyebab kecelakaan kerja yang sering terjadi harus diperhatikan. Pada umumnya faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja dibedakan menjadi 3 hal. Yaitu faktor manusia, faktor lingkungan dan juga faktor peralatan. Untuk itu para pekerja yang sedang melakukan pekerjaannya harus mematuhi prosedur keselamatan kerja yang ada.

Faktor Manusia

Faktor penyebab kecelakaan kerja dan mengatasinya yang pertama dibahas adalah karena manusia. Dalam faktor manusia yang menyebabkan kecelakaan kerja biasanya disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri, bagaimana pelatihan keselamatan dan kesehatan yang diberikan, dan juga penggunaan alat pelindungan diri karyawan atau pekerja tersebut.

Perilaku Manusia

Faktor pertama penyebab kecelakaan kerja dari faktor manusia adalah perilaku manusia itu sendiri saat melakukan kerja. Hal ini menekankan bahwasannya sikap pekerja terhadap kondisi kerja karyawan sangatlah penting. Kecelakaan dan juga praktik kerja yang aman merupakan hal penting lainnya untuk diperhatikan. Kebanyakan kecelakaan kerja disebabkan oleh kecerobohan pekerja tersebut dan juga ketidak pedulian karyawan.

Dalam suatu keadaan pekerja yang tidak puas dengan pekerjaannya dianggap memiliki tingkat kecelakaan kerja yang lebih tinggi pula. Namun adanya pernyataan ini masih banyak dipertanyakan oleh banyak orang. Meski sikap, kepribadian, karakteristik karyawan memang nampaknya berpekngaruh terhadap kecelakaan kerja. Namun hubungan sebab akibat hal ini masih sulit unutk dipastikan.

penyebab kecelakaan kerja dan mengatasinya
Sumber : wellworkforce.com

Pelatihan Keselamatan dan kesehatan Kerja

Dengan adanya pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang kurang maksimal mampu menyebabkan kecelakaan kerja. Karena itu cara mengatasinya dengan pelatihan keselamatan dan juga kesehatan kerja kepada keryawan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pelatihan kesehatan kerja merupakan pendidikan yang didalamnya menyangkut proses belajar untuk meningkatkian ketrampilan karyawan diluar pendidikan yang berlaku.

Karena itu untuk menghasilkan pelatihan yang baik, akan lebih terarah dengan bagaimana berjalannya praktek ketimbang teori. Hal ini juga dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Pelatihan ini dimaksudnya untuk memberi pengetahuan kepada karyawan terkait pemeliharaan alat – alat kerja yang perlu ditingkatkan. Karena salah satu tujuan yang ingin dicapai yaitu kurangnya kecelakaan dan kerusakan kera. Serta dengan alat alat kerja yang terpelihara dengan lebih baik.

Penggunaan Alat Pelindung Diri

Mungkin orang akan lebih familiar dengan sebutan APD (alat pelindung diri) adalah seperangkat alat yang digunakan oleh pekerja guna melindungi tubuhnya dari potensi bahaya yang dapat terjadi sewaktu – waktu. Dengan adanya pekerja yang tidak menggunakan APD dengan baik mampu memperbesar kemungkinan pekerja tersebut mengalami kecelakaan kerja.

Mungkin kita ketahui bahwasannya dengan APD pekerja tidak sepenuhnya terlindungi, namun APD dapat mengurangi keparahan yang bisa didapatkan pekerja saat mengalami kecelakaan kerja.

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Yang tak kalah penting lainnya yaitu berlakunya SOP dalam kinerja pekerja tersebut. SOP sendiri ada untuk menghindari kecelakaan – kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Karena itu sangat penting untuk karyawan melakukan kerjanya dengan menggunakan SOP. Dan juga perlu diingat untuk perusahaan juga harus melakukan evaluasi dari SOP yang ada secara berkala.

Faktor Lingkungan

Setelah faktor penyebab kecelakaan kerja yang pertama yaitu faktor manusia. Yang kedua yaitu faktor lingkungan. Pasalnya sadar atau tidak lingkungan juga mempengaruhi terjadi kecalakaan kerja. Berikut adalah beberapa faktor termasuk dalam faktor lingkungan  :

Desain Tempat Kerja

Sadar atau tidak desain tempat kerja merupakan hal yang juga mempengaruhi kecelakaan kerja. pasalnya ada bebrapa tempat kerja yang memiliki desain tempat kerja yang kurang sesuai sehingga menyebabkan kecelakaan kerja. Dan juga bisa saja tempat kerja dapat terasa lebih aman dengan adanya perubahan desain atau modifikasi tempat kerja tersebut.

Sumber : lirp.cdn-website.com

Lokasi Kerja

Bekerja pada lokasi tertentu tentu saja menyebabkan resiko tersendiri dalam kerja. Misalnya ketika anda bekerja dilokasi dengan ketinggian tertentu tentu saja meningkatkan kecelakan kerja.

Suhu

Mungkin ada orang yang tidak terlalu memperhatikan faktor suhu ini. pasalnya sadar atau tidak suhu sangat berpengaruh terhadap kenerja dan juga dapat menyebabkan kecelakan kerja. karena itu ada baiknya perusahaan harus mengobservasi terlebih dahulu suhu tempat kerja dengan kebutuhan kinerja.

Dalam suatu survei diketahui suhu sangat berpengaruh terhadap produktivitas pekerja. Suhu yang dianjurkan yaitu antara 24 dejat celcius sampai dengan 27 derajat celsius. Karena apabila suhu tempat kerja terlalu dingin misalnya, hal ini akan berefek kepada kaku dan kurangnya koordinasi otot.

Sedangkan untuk suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan penurunan prestasi kerja, kelincahan, kerja otak, kmengganggu kecermatan dan juga mengganggu koordinasi syaraf.

Faktor Peralatan

Dalam faktor peralatan merupakan hal yang juga banyak menyebabkan kecelakaan kerja. Misalnya yaitu dengan kondisi mesin yang digunakan pekerja. Perusahaan harus memastikan dengan berkala terkait kondisi mesin yang digunakan pekerjaa untuk tetap memadai. Faktor peralatan lainnya yang mempengaruhi kecelakaan kerja misalnya posisi mesin dan juga rancangan alat yang digunakan pekerja.

Selain dengan oemeliharaan dan juga survei berkesinambungan terhadap mesin yang digunakan ankan mengurangi resiko kecelakaan kerja. Rancangan alat juga mempengaruhi kecelakaan kerja karena suatu alat harus dirancang sedemikian rupa sehingga mempertimbangkan keselamatan pekerja.

Sedangakan posisi mesin dapat mempengaruhi kecelakaan kerja karen dengan posisi mesin tertentu jika ditata tidak sesuai dapat menimbulkan ketidak nyamanan pekerja dan juga dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Kesimpulan

Kecelakaan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap perusahaan. karena hal ini secara tidak sadar akan mempengaruhi perkambangan perusahaan anda jika kecelakaan kerja sering terjadi. Yang mana perusahaan pada akhirnya akan mengeluarkan uang lebih karena adanya kecelakaan kerja.

Solusi untuk perusahaan terkait adanya kecelakaan kerja ini dapat menggunkaan palikasi JojoHSE dari Jojonomic. Aplikasi ini memberikan perlindungan kerja bagi karyawan anda.

JojoHSE (Healty Safety Environment) adalah solusi untuk melakukan memonitor target HSE. Serta ia dapat melaksanakan sistem manajemen pelaksanaan perlindungan Kesehatan yang baik untuk karyawan perusahaan. Tunggu apalagi segera coba dan buktikan manfaat dari JojoHSE. Selamat mencoba !!!!