Peraturan Istirahat Makan Siang Berikan Kenyamanan Bagi Karyawan

Sebuah peraturan istirahat makan siang adalah regulasi yang sangat dibutuhkan oleh seorang pegawai. Sudah menjadi hal yang sangat lazim untuk perusahaan menyediakan waktu seperti ini agar karyawan bisa beristirahat dan menikmati bekal ataupun membeli makan siangnya. Lama waktu mereka beristirahat tergantung dari kebijakan dan jumlah produksi.

Biasanya semakin banyak produksi yang dilakukannya. Maka jumlah waktu yang disediakan juga tidaklah banyak. Ini akan sangat masuk akal karena perusahaan juga akan mengejar target produksi yang harus dilakukannya. Karena jumlah produk ini juga nantinya akan bisa dinikmati oleh para karyawan pada umumnya. Tapi perlu diingat bahwa Indonesia sendiri memang sudah mengatur jam istirahat ini dalam perundang-undangan ketenaga kerjaan.

Dalam undang-undang pasal 77 sampai 85 no 13 tahun 2003 tentang tenaga kerja. Disana dijelaskan bahwa memang minimal peraturan istirahat makan siang itu ½ jam dalam masa pekerjaan 4jam. Jadi jika anda berkerja 8 jam dalam sehari, maka perusahaan wajib memberikan waktu istirahat selama 1jam. Dari sana bisa dipahami jika perusahaan sampai tidak memberikan waktu untuk istirahat sekedar menikmati makan.

Maka perusahaan ini bisa dituntut karena tidak mau mematuhi peraturan yang telah berlaku. Setiap pekerja itu sudah jelas memiliki hak untuk beristirahat. Para pekerja ini pada dasarnya bukanlah robot yang bisa terus aktif berkerja. Mereka juga harus beristirahat dan menikmati waktu bersantainya. Jika terus ditekan pasti kinerja yang diberikannya tidak akan maksimal.

Regulasi peraturan istirahat makan siang sendiri adalah untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan. Serta sebagai bukti yang jelas perusahaan tersebut taat kepada peraturan pemerintah. Jika perusahaan tersebut tidak mematuhi otomatis, perusahaan akan terkena berbagai bentuk skandal. Contohnya saja perusahaan yang baru-baru ini kedapatan menekan karyawannya dalam segi jam kerja serta makanan. Akhirnya branding yang sudah didapatkannya malah rusak.

Peraturan Istirahat Makan Siang Serta Sembayang

peraturan istirahatIndonesia memang memiliki mayoritas pemeluk agama islam yang lumayan besar. Ritual sembayang yang dilakukan oleh umat islam sendiri ada 5 waktu. Jadi biasanya perusahaan juga memberikan peraturan istirahat makan siang sekaligus keleluasaan untuk melakukan sembayang. Kebebasan untuk melakukan praktek agama juga sudah tercatat didalam undang-undang.

Jadi ketika perusahaan malah menghalangi praktek ibadah seseorang. Sudah pasti perusahaan tersebut bisa dengan mudah dicekal. Apalagi masalah SARA di Indonesia ini memang menjadi sebuah hal yang sangat sensitif. Sehingga manajemen perusahaan harus lebih waspada dan bijak ketika melakukan tindakan. Jangan sampai kebijakan yang ditetapkan malah menjadi boomerang.

Dimana memberikan dampak negatif kepada para pengambil keputusan itu. Bijak dalam menyikapi peraturan istirahat makan siang adalah sebuah tindakan yang harus dilakukan. Jadi anda juga bisa menghasilkan lingkungan kerja yang lebih baik bagi seluruh karyawan didalam perusahaan tersebut. Apabila dibandingkan dengan seluruh keuntungan yang mungkin didapatkan.

Memang pemberian waktu istirahat ini tidaklah begitu berat. Apalagi jika sudah diatur oleh undang-undang, maka pelaksanaannya memang sudah diwajibkan untuk dilakukan. Pelajari lebih lanjut tentang regulasi waktu yang harus diberlakukan kepada setiap karyawan didalam perusahaan tersebut sekarang juga. Jangan tertinggal update informasi terbaru terkait regulasi ini.

Pro Kontra Jam Istirahat Di Perusahaan

Ternyata kehadiran jam istirahat sendiri sering disalahgunakan. Banyak yang berpendapat bahwa jam kerja itu disatukan dengan istirahat. Contohnya adalah ketika anda memiliki kewajiban berkerja selama 8 jam. Maka satu jamnya adalah beristirahat, padahal jika dilihat secara langsung istirahat dan jam kerja ini harus berbeda. Didalam peraturannya sudah sangat jelas bahwa perusahaan tidak boleh memperkerjakan pegawai terus menerus tanpa istirahat.

Dalam 4 jam sekali saja pegawai berhak mendapatkan peraturan istirahat makan siang selama 30 menit. Jika kalkulasikan maka total dalam satu hari itu pegawai wajib mendapatkan jam istirahat sebanyak 60 menit. Normalnya memang perusahaan akan memberlakukan 8 jam kerja. Dengan 1 jam istirahat, ini berarti keseluruhan waktu yang dihabiskan oleh seorang pegawai adalah 9 jam.

Dalam sebuah perusahaan. Tapi ada juga yang memiliki pemahaman bahwa 8 jam kerja. Kemudian karena mendapatkan 1 jam istirahat, kewajibannya hanya 7 jam saja diperusahaan. Padahal akan lebih professional jika perusahaan benar-benar membedakan jam kerja serta istirahat. Ini bukanlah hal buruk, karena memang sudah tercatat didalam peraturan yang dibuat oleh pemerintah sendiri.

Waktu Mengembalikan Kondisi Mental Dan Fisik

peraturan istirahatWaktu yang diberikan karena peraturan istirahat makan siang merupakan kesempatan pemulihan. Mesin saja jika terus-terusan berkerja maka akan terjadi overheat. Hal yang sama juga bisa saja terjadi kepada pekerja pada umumnya. Saat mereka terus diharuskan berkerja.

Maka jalan terbaik untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi pada perusahaan anda adalah menyediakan waktu yang tepat agar karyawan bisa beristirahat. Tidak ada salahnya bagi anda yang harus menyediakan waktu istirahat ini. Serta memang sudah menjadi kewajiban juga, rasanya tidak manusiawi jika anda mempekerjakan seseorang tapi memberlakukannya seperti mesin.

Inilah adalah hal yang paling sering membuat sebuah pro dan kontra dikalangan para pekerja. Justru peraturan istirahat makan siang inilah yang dengan sendirinya memberikan branding positif bagi perusahaan. Karena jika karyawan merasa beruntung berkerja didalam perusahaan tersebut. Ia juga akan membagikan pengalaman bahagianya tersebut kepada seluruh keluarganya.

Manajemen Waktu Dan Pembagian Kewajiban Setiap Karyawan

Tidak diragukan lagi bahwa melakukan sebuah bisnis memang cukup tricky. Contohnya saja dengan harus memberlakukan peraturan istirahat makan siang ini. Belum lagi untuk membagi jam kerja dari masing-masing pegawai. Apabila anda tidak dengan baik melakukan pembagian ini maka salah-salah bisa menciptakan kondisi lingkungan kerja yang buruk. Disinilah mengapa penggunaan Jojonomic dibutuhkan sekali.

JojoTimes merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk memberikan berbagai kemudahan bagi anda. Perangkat lunak ini akan mampu untuk mengatur seluruh jadwal pekerjaan yang wajib dilaksanakan oleh masing-masing pegawai. Walaupun dalam pengaplikasiannya dilapangan banyak schedule yang tidak terpenuhi.

Software ini dengan integrasi langsung GPS memungkinkan untuk pihak manajemen mengetahui dengan lebih presisi. Lokasi dari pekerja dimana dan sedang apa. Sistem GPS memungkinkan pengguna JojoTimes lebih efisien dalam hal pemantauan karyawan. Tidak perlu lagi melakukan pengecekkan yang merepotkan.

Efisiensi perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk keperluan pembuatan laporan kehadiran setiap harinya. Anda sebagai pengguna JojoTimes pasti akan merasakan keuntungan yang begitu melimpah seketika menggunakan perangkat lunak ini. Jadilah orang yang beruntung saat menerapkan perangkat lunak ini pada perusahaan.

Dapatkan seluruh keuntungan yang ditawarkan oleh demo JojoTimes dengan gratis. Download saja secara langsung melalui Jojonomic untuk mendapatkan rincian keuntungannya. Jadilah salah satu perusahaan yang mendapatkan keuntungan terbesar karena menggunakan perangkat lunak revolusioner ini. Terapkan seluruh keuntungan yang mungkin bisa anda gunakan dari software ini.