Jenis Program Kesehatan Karyawan Di Perusahaan

Ketika seseorang bergabung dengan perusahaan tertentu, pastinya mereka akan berhak untuk mendapatkan program kesehatan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing karyawan tersebut. Baik yang berupa program kesehatan dari swasta maupun program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tentunya hal ini menjadi bagian dari hak karyawan ketika menjadi bagian dari perusahaan secara tidak langsung. Sehingga setiap kalinya perusahaan selalu memiliki sistem yang tepat dalam hal program kesehatan karyawan tersebut, dan memastikan karyawan terlindungi sepenuhnya, baik saat sedang berada di dalam maupun di luar jam kerja.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, program kesehatan karyawan ini pada dasarnya ada dua bagian penting. Pertama yaitu yang berasal dari asuransi swasta, dan kemudian ada pula jaminan kesehatan yang diwajibkan oleh pemerintah. Jika ingin tahu lebih jelasnya mengenai program kesehatan tersebut, sebaiknya simak dulu informasi penting berikut ini yang bias memberikan pandangan lebih jelas dan tepat.

Manfaat Program Kesehatan

Adapun pemberian program kesehatan karyawan ini memang memiliki tujuan dan manfaat tertentu. Oleh sebab itu perusahaan tidak main-main dalam menentukan mana program yang tepat dan apa saja bentuk manfaatnya. Secara umum, tujuan diberikannya program kesehatan karyawan termasuk sebagai berikut:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

  • Memberikan jaminan pengobatan pada karyawan yang sakit, baik di waktu maupun di luar waktu jam kerja. Sehingga membantu memberikan solusi pada pekerja yang sakit atau mengalami kecelakaan.
  • Melindungi karyawan dari resiko bahaya pencemaran lingkungan maupun akibat polusi dan kondisi lingkungan di sekitar tempat kerja karyawan.
  • Mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja maupun dampaknya, baik pada karyawan yang bias berujung pada produktifitas perusahaan.

Selain dari tujuan tersebut di atas, program ini memberikan banyak manfaat pada karyawan selaku pekerja. Dengan jaminan kesehatan yang memadai, baik dari asuransi swasta maupun milik pemerintah, diharapkan pekerja dapat memperoleh beberapa hal seperti berikut ini:

  • Mendapat jaminan perlindungan kesehatan baik untuk rawat jalan maupun rawat inap.
  • Mendapatkan jaminan perlindungan dari resiko pekerjaan yang dilakukannya.

Program Kesehatan Swasta

Salah satu program kesehatan karyawan yang umum diberikan yaitu berupa asuransi swasta. Umumnya perusahaan berskala nasional memberikan jaminan asuransi kesehatan dari pihak swasta bagi para karyawannya. Setiap karyawan akan memiliki hak atas jaminan kesehatan tersebut sesuai dengan manfaat yang ditetapkan pada saat bergabung dengan perusahaan tertentu. Umumnya besar manfaat berbeda-beda antara karyawan yang satu dengan yang lain. Sehingga perlu diberikan informasi yang jelas di awal dari perusahaan terhadap karyawan akan program kesehatan karyawan berupa asuransi swasta ini.

Selain itu biasanya saat pekerja memperoleh asuransi swasta dari perusahaan, maka umumnya besar premi akan dibayarkan sepenuhnya oleh pihak perusahaan. Besarnya tergantung dari manfaat yang disediakan oleh perusahaan terhadap pekerja tersebut. Pekerja staff junior dan senior umumnya akan mendapatkan menafaat yang berbeda. Sehingga perlu merujuk pada peraturan perusahaan yang berlaku dan mengatur akan hal tersebut.

Program Kesehatan Pemerintah

Tidak hanya program kesehatan yang diberikan oleh asuransi swasta. Saat ini pemerintah Indonesia juga sudah memikirkan lebih lanjut mengenai program kesehatan yang sesuai untuk para pekerja di negara ini supaya memperoleh jaminan kesehatan yang memadai. Oleh sebab itu pemerintah meluncurkan program yang dinamakan dengan BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dimana BPJS ini merupakan system yang sepenuhnya dikelola oleh negara dan diwajibkan bagi semua karyawan yang bekerja tanpa kecuali.

Melalui program ini, maka perusahaan wajib untuk memberikan manfaat kesehatan seperti yang dituangkan dalam BPJS tersebut. Selain itu di satu sisi, maka baik perusahaan maupun karyaan wajib membayarkan preminya. Yang mana premi asuransi BPJS ini besarnya tergantung oleh besar gaji yang diterima oleh setiap karyawan. Sehingga secara tidak langsung besarnya pendapatan menentukan manfaat program kesehatan karyawan yang diberikan melalui BPJS tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis Manfaat Dalam Program Kesehatan Karyawan

Baik melalui program kesehatan yang diberikan oleh asuransi swasta dan asuransi pemerintah, keduanya memberikan berbagai macam manfaat penting. Sering kali pekerja yang baru saja memulai karir tidak memahami akan jenis manfaat yang ditawarkan. Namun secara umum, asuransi kesehatan ini akan memberikan jenis manfaat seperti berikut ini:

  1. Manfaat Rawat Jalan, manfaat ini didapatkan oleh karyawan apabila mengalami sakit penyakit dan butuh untuk melakukan pengobatan ke dokter. Umumnya berupa konsultasi dan permintaan pemberian obat yang sesuai dengan diagnosa penyakitnya. Sehingga dengan demikian pekerja bebas memeriksakan kesehatan dirinya pada dokter yang telah ditunjuk asuransi yang digunakan perusahaan.
  2. Manfaat Rawat Inap, manfaat ini didapatkan bilamana karyawan didiagnosa untuk menjalani rawat inap di rumah sakit. Umumnya jaminan yang diberikan termasuk harga kamar per malam serta biaya kunjungan dokter dan biaya pengobatan selama rawat inap tersebut. Jika diperlukan tindakan berupa operasi maupun tindakan medis sejenis lainnya, maka biaya tersebut termasuk pula yang dijamin oleh program kesehatan karyawan.
  3. Manfaat Kelahiran, manfaat ini hanya diberikan pada pekerja wanita yang sudah menikah. Manfaat ini biasanya berupa tunjangan konsultasi sebelum dan sesudah melahirkan, serta besar biaya kelahiran sesuai dengan besarnya nilai yang dijaminkan. Beberapa juga memberikan santunan lebih untuk biaya perawatan bayi selama masa di rumah sakit, namun ada pula yang tidak memberikan santunan tersebut. Sehingga harus merujuk pada aturan program kesehatan karyawan yang telah ditetapkan.
  4. Santunan Kematian, terakhir ada pula santunan kematian yang berguna untuk memberikan sejumlah dana pada keluarga karyawan manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga apabila karyawan meninggal dunia, maka pihak perusahaan akan memberikan santunan kematian tersebut pada ahli waris yang sah sebagai tanda jasa atas pengabdian karyawan terhadap perusahaan tersebut.

Adapun untuk memastikan bahwa program kesehatan karyawan ini berjalan lancar, tentu saja sebaiknya gunakan sistem yang tepat. Salah satunya dengan penggunaan software yang sesuai untuk memudahkan penghitungan besarnya premi yang diberikan pada setiap karyawan. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba untuk menggunakan JojoPayroll. Dimana disini terdapat salah satu fitur penting berupa perhitungan otomatis besarnya iuran BPJS yang harus dibayarkan. Sehingga hal ini mempermudah perusahaan dalam menentukan besar iuran dari pihak karyawan, maupun dari pihak perusahaan. Selain itu system dari JojoPayroll juga mempermudah karyawan untuk mencetak maupun melihat slip kapan saja. Berkat adanya fitur slip gaji otomatis, maka hal tersebut bukan menjadi masala besar yang susah dilakukan.

Dengan banyaknya fitur dan manfaat dari JojoPayroll, maka sebaiknya cobalah lebih dulu program tersebut. Jangan khawatir akan biaya yang dikenakan, karena ada coba gratis selama beberapa saat. Sehingga hal ini bisa dijadikan tolok ukur awal tentang manfaat menggunakan program yang satu ini. Jadi, segera hubungi tim JojoPayroll dan dapatkan demo gratis di kantor Anda yang menarik. Selamat mencobanya!