Proposal : Definisi, Struktur, Jenis-Jenisnya yang perlu anda ketahui!

proposal

Bagi yang belum tahu, kata “proposal” berasal dari bahasa Inggris yaitu “Propose” yang artinya permohonan atau melamar. Salah satu pihak memberikan proposal untuk memberikan ide, ide, atau rencana kepada pihak lainnya. Dukungan ini dapat berupa lisensi, persetujuan, pendanaan, dan bentuk lainnya.

Usulan kegiatan merupakan rencana yang dituangkan ke dalam rencana kerja. Untuk mendapatkan sponsor acara dan izin pelaksanaan, proposal acara dibuat sebelum acara. Meskipun saat ini tidak diperbolehkan membuat acara yang mengarah pada pandemi, kami tetap harus belajar cara menyarankan acara. Jadi mari kita pahami struktur proposal acara, sobat!

Definisi Proposal

proposal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usulan kegiatan merupakan rencana yang dituangkan ke dalam rencana kerja. Sebelum acara tersebut terjadi, seperti HUT sekolah, kami harus membuat proposal untuk acara tersebut.

Mengapa Anda perlu membuat saran aktivitas sebelum melakukan aktivitas? Tujuan kami adalah memungkinkan kami menemukan sponsor dan teman untuk acara tersebut. Proposal juga digunakan untuk mendapatkan izin kegiatan. Misalnya pada hari jadi sekolah, proposal digunakan untuk mengajukan izin kegiatan kepada kepala sekolah.

Ketahui proposal menurut ahlinya

Kata sugesti sendiri berasal dari bahasa Inggris “to proposal” yang artinya menyerahkan. Berikut definisi proposal berdasarkan pendapat ahli:

  1. Menurut KBBI, Proposal adalah rencana yang diajukan dalam bentuk rencana kerja.
  2. Rieefky, Proposal merupakan salah satu bentuk desain acara, dilaksanakan dalam bentuk formal dan standar.
  3. Menurut Hasnun Anwar (2004: 73), Proposal adalah rencana untuk kegiatan tertentu.
  4. Menurut Jay (2006: 1), proposal adalah alat manajemen standar, sehingga manajemen dapat berfungsi secara efektif.
  5. Menurut Hardy, Proposal adalah proposal terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antara organisasi dan perusahaan, serta usulan kegiatan untuk menyelesaikan masalah.
  6. Menurut Keraf (2001: 302), Proposal adalah suatu saran atau persyaratan bagi seseorang atau suatu organisasi untuk melaksanakan atau menyelesaikan suatu tugas tertentu.

Struktur Proposal

proposal

Dalam penyusunan usulan kegiatan, penting untuk mengikuti struktur usulan kegiatan. Struktur yang baik akan memudahkan semua pihak (seperti sponsor atau kepala sekolah) untuk memahami dan memahaminya. Secara umum, struktur yang disarankan untuk kegiatan sekolah meliputi:

  1. Nama acara, Jelaskan dengan jelas, singkat dan singkat nama kegiatan yang direncanakan. Gunakan frasa yang menarik untuk mencantumkan nama acara tersebut.
  2. Pendahuluan, Bagian pendahuluan terdiri dari latar belakang dan tujuan acara. Jelaskan mengapa kegiatan yang direncanakan itu penting. Kemudian, nyatakan tujuan atau maksud dari aktivitas tersebut.
  3. Isi proposal, Isi proposal meliputi detail kegiatan yang akan dilaksanakan, siapa saja pesertanya, fasilitas apa saja yang dibutuhkan, serta kapan dan dimana akan dilaksanakan.
  4. Jadwal kegiatan, Bagian ini merinci jadwal kegiatan yang direncanakan. Ini juga menjelaskan durasi setiap acara, lokasi, dan orang-orang yang terlibat dalam setiap jadwal.
  5. Komposisi Komite, Pada bagian ini disebutkan siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan.
  6. Anggaran modal, Proposal harus selalu mencantumkan rincian biaya pelaksanaan suatu kegiatan. Estimasi biaya merupakan pertimbangan penting bagi sponsor. Jika perlu, anggaran pendanaan dapat dibagi menjadi persiapan pra acara, operasi selama acara, dan laporan acara setelah selesai.
  7. Akhiri pro-posal, Bagian penutup pro-posal tidak hanya sekedar mengakhirinya, tetapi juga berperan lebih besar dalam mendorong sponsor untuk membayar dana atau pihak yang berwenang melakukan kegiatan. Antusiasme dan optimisme kegiatan yang direncanakan terlihat pada bagian akhir pro-posal ini.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat proposal:

  • Satu atau beberapa ahli harus ditunjuk untuk menyiapkan pro-posal, mereka adalah ahli pembuat pro-posal, lebih disukai yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung.
  • Penyusun pro-posal menyiapkan bahan dan informasi yang diperlukan yaitu dalam bentuk materi yang disepakati oleh seluruh panitia
  • Menyiapkan draf pro-posal secara sistematis, menarik dan realistis
  • Diskusikan pro-posal di forum diskusi untuk diskusi, revisi dan persetujuan.
  • Sebuah saran yang sempurna telah dikemukakan agar dapat digunakan dengan benar.
  • Salin pro-posal dan distribusikan ke kelompok sasaran internal dan eksternal
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis proposal

proposal

Mengenai jenis pro-posal, pro-posal biasanya dibagi menjadi empat jenis berikut:

Rencana bisnis

Pro-posal terkait dengan perusahaan atau bidang perusahaan, dan juga dapat terkait dengan grup atau perusahaan individu. Contohnya termasuk saran untuk mendirikan badan usaha, lokasi bisnis, dll.

Proposal proyek

Ini adalah pro-posal yang berkaitan dengan lingkungan kerja, biasanya berisi serangkaian rencana bisnis atau komersial. Misalnya seperti pro-posal proyek untuk mendirikan kantor.

Rencana penelitian

Merupakan pro-posal yang sering digunakan di dunia akademis, seperti untuk menyelesaikan tugas akhir, makalah penelitian dan tugas lainnya. Biasanya jenis rekomendasi ini digunakan untuk menyampaikan kegiatan penelitian yang akan dilakukan.

Proposal kegiatan

Pro-posal jenis ini sering digunakan di masyarakat karena merupakan pro-posal untuk menyampaikan rencana kegiatan, baik untuk kegiatan pribadi maupun kegiatan pribadi, seperti pro-posal untuk hajatan, lomba, dan kegiatan lainnya.

Jenis penawaran berbasis format

  1. Proposal formal
    Adalah pro-posal standar atau formal yang memuat tiga bagian utama yaitu pendahuluan, isi pro-posal, dan data pelengkap.
  2. Proposal semi formal
    Adalah pro-posal yang tidak memiliki struktur lengkap sebagai pro-posal formal. Namun rekomendasi ini tetap menggunakan format standar.
  3. Proposal informal
    Pro-posal informal mengacu pada pro-posal yang kurang formal dan formal. Biasanya pro-posal diajukan dalam bentuk memo atau surat.

Kesimpulan

Pro-posal adalah draf kegiatan yang diusulkan, diuraikan secara tertulis dan dijelaskan secara rinci dan sistematis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), usulan adalah rencana yang diajukan dalam bentuk rencana kerja. Kata pro-posal berasal dari bahasa Inggris “to pro-posal” yang artinya menyerahkan.

Saran dibuat untuk menjelaskan rencana dan tujuan suatu kegiatan secara jelas dan rinci. Selain itu, di dalam pro-posal biasanya terdapat informasi detail mengenai dana yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan pro-posal.

Orang-orang yang terlibat dalam memberikan saran sangat perlu memahami bagaimana memberikan saran, terutama di bidang pendidikan dan pekerjaan. Untuk memahami makna pro-posal dengan lebih jelas, Anda perlu memahami pengetahuan, jenis, fungsi, tujuan, tujuan dan cara penulisan pro-posal pakar.

Pentingnya Pembuatan Pro-posal Menggunakan JojoExpense

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%
JojoExpense dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja dan di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan keuangan, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. Dengan JojoExpense, Anda dapat dengan mudah mengakses status keuangan perusahaan kapan pun, di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen manual ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!