Recycle : Pengertian dan Contoh Kegiatan Recycle Barang

recycle

Siapa yang sudah tahu tentang pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang di sini? Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan ketiga istilah tersebut. Nah, kali ini mari kita bahas tentang reduksi, reuse dan Recycle, atau dari pengertian ke contoh yang biasa disingkat 3R.

Anda akan menemukan bahwa memahami konsep 3R sangat penting untuk membuat lingkungan kita lebih baik dari pada limbah kertas. Ya itu! Saat ini, jutaan sampah membanjiri planet kita setiap hari. Sekarang mari kita simak penjelasannya, yuk kita mulai!

Pengertian Recycle

recycle

3R atau penggunaan kembali, pengurangan dan daur ulang masih merupakan cara terbaik untuk mengelola dan menangani berbagai masalah. Penerapan sistem 3R atau reuse, reduksi dan daur ulang merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah, selain mengolah sampah menjadi kompos atau menggunakan sampah sebagai sumber tenaga (PLTSa; Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

Padahal, setiap orang bisa menggunakan sistem 3R (Reduce Reuse) untuk pengelolaan sampah dalam aktivitas sehari-hari. 3R mencakup penggunaan kembali, pengurangan, dan daur ulang. Reuse mengacu pada penggunaan kembali limbah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya.

Mengurangi berarti mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan pemborosan. Daur ulang mengacu pada pemrosesan ulang (daur ulang) limbah menjadi produk atau produk baru yang bermanfaat. 3R (penggunaan kembali, kurangi daur ulang) dilakukan setiap hari.

Siapapun (kapan saja, setiap hari, di mana saja) dapat menggunakan sistem 3R (menggunakan kembali dan mengurangi daur ulang) secara gratis untuk mengelola sampah. Sangat sedikit waktu dan usaha yang dibutuhkan. Berikut kegiatan 3R (reduce reuse) yang dapat dilakukan di rumah, sekolah, kantor atau tempat umum lainnya.

Recycle

Recycle adalah bagian dari 3R (penggunaan kembali, pengurangan dan daur ulang) dan 4R (penggantian 3R +) dan 5R (penanaman kembali 4R +). Singkatnya, hal ini dapat diartikan sebagai siklus. Pengertian ini mengacu pada proses pengolahan kembali sampah atau barang bekas menjadi komoditas atau produk baru yang bernilai guna.

Kegiatan daur ulang dan penggunaan kembali serta pengurangan adalah solusi terbaik untuk pembuangan limbah. Hingga saat ini pun, cara tersebut masih menjadi cara terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan yang diakibatkan oleh sampah.

Melalui daur ulang, barang-barang yang sebelumnya tidak berguna dan berubah menjadi sampah dapat diolah menjadi barang baru dengan pendapatan dan kegunaan baru. Fungsi barang mungkin berbeda sebelum dan sesudah proses daur ulang.

Misalnya, botol air minum kemasan yang awalnya merupakan wadah air minum didaur ulang menjadi tanaman dalam pot sebagai tempat menanam tanaman hias, atau diubah menjadi wadah pensil. Contoh daur ulang lainnya adalah pengolahan daun dan sampah organik lainnya menjadi kompos.

Saat mendaur ulang, setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, Anda harus memilih produk atau barang yang ingin Anda beli dengan bijak, dengan memperhatikan fleksibilitas barang tersebut sehingga dapat didaur ulang. Kedua, kreativitas dibutuhkan untuk memunculkan ide-ide baru untuk memaksimalkan objek-objek yang sudah tidak digunakan lagi (walaupun sudah bukan lagi fungsi utamanya).

Contoh Kegiatan Recycle

recycle

Contoh aktivitas penggunaan kembali harian:

  • Pilih wadah, tas atau barang yang dapat digunakan berkali-kali atau digunakan kembali. Misalnya, gunakan baterai yang dapat diisi ulang dan gunakan serbet sebagai pengganti handuk kertas.
  • Gunakan kembali wadah atau kemasan kosong untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya. Misalnya, botol minuman bekas digunakan kembali dalam wadah minyak nabati.
  • Gunakan perangkat penyimpanan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis ulang.
  • Sisi kertas yang kosong untuk menulis.
  • Gunakan email (email) untuk mengirim surat.
  • Jual atau pilah sampah kepada pihak yang membutuhkan

Contoh aktivitas pengurangan harian:

  • Pilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.
  • Hindari menggunakan dan membeli produk yang menghasilkan banyak pemborosan.
  • Gunakan produk yang bisa diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang).
  • Maksimalkan penggunaan perangkat penyimpanan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis ulang.
  • Gunakan lebih sedikit bahan sekali pakai.
  • Gunakan kedua sisi kertas untuk menulis dan menyalin.
  • Hindari membeli dan menggunakan hal-hal yang tidak perlu.

Contoh kegiatan Recycle harian:

  • Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan terurai secara hayati.
  • Daur ulang kertas bekas menjadi kertas atau karton lagi.
  • Buang sampah organik menjadi kompos.
  • Buang sampah non-organik menjadi barang-barang yang berguna.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali ide dan contoh untuk mendaur ulang atau mendaur ulang berbagai benda. Kali ini memberikan beberapa contoh kegiatan daur ulang yang bisa Anda coba:

Kerajinan lampu pijar

Jangan biarkan lampu pijar tua terbuang percuma. Anda dapat mencoba banyak ide kreatif dan menggunakan bola lampu bekas untuk kerajinan tangan. Bola lampu bisa didaur ulang menjadi akuarium kecil, dan miniatur vas digunakan untuk menumbuhkan bunga yang bisa hidup di air, seperti pinang gading. Caranya sangat sederhana, yaitu melubangi bagian bawah bohlam dan mengeluarkan barang-barang yang ada di bohlam tersebut.

Luruskan kabel dengan klip penahan

Dengan banyaknya perangkat elektronik, maka semakin banyak kabel yang berserakan di meja. Anda dapat menggunakan penjepit kertas besar (pengikat) untuk memotong kabel-kabel ini. Untuk melakukan ini, Anda dapat memasukkan ujung kabel ke pegangan penjepit dan menjepitnya ke sisi meja.

Tatakan gelas dalam CD / DVD bekas

CD dan DVD yang tidak terpakai dapat digunakan untuk membuat tatakan gelas yang cantik dan murah. Daur ulang ini dapat dilakukan dengan menempelkan karpet dan kertas kado di kedua sisi CD atau DVD.

Wadah charger handphone untuk botol bekas

Botol bekas yang agak pipih dapat diubah menjadi pengisi daya ponsel. Caranya dengan memotong dan melepas bagian atasnya, sisakan sedikit gantungan.

Gunakan kertas daur ulang untuk membuat kerajinan tangan

Kertas yang tidak terpakai dapat didaur ulang menjadi kertas baru untuk kerajinan tangan. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuat bubur kertas, menambahkan lem kayu dan sedikit pewarna, lalu mencetaknya di atas kertas baru.

Kesimpulan

recycle

Ini adalah beberapa ide sederhana yang dapat mengubah barang yang tidak berguna menjadi barang yang berguna melalui proses daur ulang. Kami memiliki semua jenis ide lain yang dapat kami lakukan. 3R atau penggunaan kembali, pengurangan dan daur ulang sebenarnya sangat sederhana, siapa pun dapat menyelesaikannya di mana saja, kapan saja, dan di mana saja, dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Namun, 3R sederhana ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pengelolaan sampah yang biasanya menjadi masalah di sekitar kita. Dan tentunya semua sampah tadi bisa kita hasilkan kembali menjadi nilai jual dan perlu adanya software yang secara otomatis mengelola keuangan kamu.

JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen marjinal ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!