Tips Jitu Agar Pembeli Repeat Order

Repeat order secara sederhana merupakan perilaku seorang konsumen yang membeli kembali atau menjalankan transaksi atas suatu produk tertentu yang sama dan juga pada toko yang sama. Perilaku ini pada dasarnya bisa terjadi karena konsumen menyukai produk yang ditawarkan oleh suatu toko online.

Perilaku konsumen seperti ini sangat disukai bahkan diimpikan oleh para penjual. Karena sebagai penjual, nantinya kamu akan lebih menghemat biaya promosi yang dikeluarkan. Jadi, biaya promosi yang dikeluarkan oleh kamu sebagai seorang penjual akan lebih sedikit dan hemat karena produk yang dijual sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Meskipun sebenarnya sebagai penjual tetap harus melakukan promosi terhadap produk yang kamu jual untuk menambah jumlah konsumen baru dengan jumlah yang lebih banyak lagi. 

Tips agar Pembeli dapat Repeat Order

Buat mereka berbelanja lagi dan lagi dengan tujuh cara berikut ini.

1. Berikan Pelanggan Insentif dalam Bentuk Poin

Program poin sejauh ini merupakan jenis program loyalitas pelanggan yang paling populer digunakan oleh bisnis ritel untuk meningkatkan repeat order mereka. Pelanggan biasanya mendapatkan poin tambahan setiap kali mereka melakukan pembelian, memberikan ulasan produk, atau berbagi info mengenai produk di media sosial. Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah atau diskon menarik yang bisa disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.

2. Tingkatkan Basis Pelanggan MelaluI Program Referral

Program referral tidak hanya membantu Anda menambah pelanggan baru, tetapi juga membuat pelanggan Anda yang sekarang menjadi semakin setia pada bisnis Anda. Anda dapat memberikan diskon untuk mereka yang menggunakan kode referral dan  insentif untuk mereka yang berhasil mengajak orang lain untuk berbelanja di toko Anda. Pastikan bahwa keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan baru Anda sama menariknya dengan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan Anda saat ini.

3. Adakan Program VIP untuk Menyenangkan Pelanggan

Ini merupakan program loyalitas pelanggan tingkat tertinggi. Pelanggan akan senang bila mereka memiliki status yang lebih tinggi daripada pelanggan yang lain. Status VIP akan membuat mereka merasa spesial. Anda bisa memberikan status VIP kepada pelanggan dengan pengeluaran terbanyak. Berikan keistimewaan untuk mereka seperti undangan ke acara khusus, akses cepat ke produk-produk baru Anda, atau jenis sales yang dapat mereka pilih sendiri.

Untuk memudahkan Anda mengategorikan pelanggan Anda, Anda perlu menggunakan membership management software. Perangkat lunak ini membantu Anda mengelola program loyalitas Anda dengan lebih mudah. Anda dapat membuat beberapa tingkat keanggotaan,  mengotomatiskan perpanjangan keanggotaan, mempersonalisasi hadiah untuk pelanggan Anda, dan masih banyak lagi.

4. Berikan Diskon untuk Pelanggan Setia

Diskon akan selalu berhasil dalam meningkatkan penjualan berulang. Anda mungkin khawatir bila diskon akan mengurangi keuntungan Anda, tetapi dengan strategi yang benar, diskon justru akan membantu meningkatkan pendapatan Anda. Anda bisa menerapkan diskon khusus untuk pelanggan yang terdaftar sebagai member di toko Anda. Anda juga bisa menyesuaikan diskon berdasarkan poin, tingkat keanggotaan, atau uang yang dibelanjakan oleh pelanggan Anda.

5. Tingkatkan Repeat Order Melalui Retargeting

Anda tentu ingin agar pembeli berbelanja lagi di toko Anda lagi dan lagi. Salah satu cara yang paling efektif untuk memenangkan pelanggan setelah pembelian pertama adalah dengan menargetkan mereka kembali. Ingatkan pelanggan Anda untuk membeli produk Anda lagi melalui email, iklan di media sosial, pencarian, dan tampilan gambar. Cek transaksi yang belum tuntas dan ingatkan pelanggan Anda mengenai keranjang belanjaannya yang tertinggal melalui cara yang sama.

Untuk memudahkan Anda menggunakan email retargeting, pertimbangkan untuk menggunakan sistem otomatisasi pemasaran. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menjadwalkan email Anda, mendesain marketing campaign Anda, membuat trigger untuk mengirim pesan secara otomatis kepada subscriber atau pengunjung situs web Anda, dan masih banyak lagi.

6. Manfaatkan Personalised Marketing

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan repeat order adalah dengan mengirim penawaran melalui email kepada pelanggan berdasarkan riwayat pembelian mereka yang sebelumnya dan mengingatkan mereka tentang barang tambahan yang mungkin mereka perlukan dengan barang yang mereka beli.

Misalnya, Anda ingin menawarkan kabel HDMI kepada pelanggan yang sebelumnya membeli pemutar DVD, maka kira-kira pesannya seperti ini, “Terima kasih telah membeli pemutar DVD dari kami, apakah Anda membutuhkan kabel HDMI juga?”

7. Kumpulkan User Generated Content  (UGC)

Secara singkat, UGC adalah konten yang berasal dari pengguna atau pelanggan. Pelanggan yang dimintai feedback nya akan merasa dihargai oleh Anda.

Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk memberikan komentar mengenai produk dan pengalaman mereka dengan brand Anda di situs web Anda. Anda juga bisa meminta mereka untuk memposting foto dan pengalaman mereka menggunakan produk Anda di Instagram.

UGC merupakan social proof yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand Anda dan pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan Anda.

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot. Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging. Segera, gunakan JojoExpense sekrang juga