Mengenal Istilah Strategic Planning dalam Dunia Bisnis

Sebuah bisnis yang kini sukses atau sudah memiliki nama besar di kalangan masyarakat tentu tidak terjadi begitu saja. Ada begitu banyak upaya hingga perencanaan yang dilakukan secara matang untuk mencapai sebuah keberhasilan. Untuk itulah dalam sebuah bisnis, para pelaku usaha harus mengenal istilah strategic planning.

Yup, strategic planning atau perencanaan strategis menjadi salah satu komponen yang cukup penting dalam perjalanan sebuah bisnis. Bahkan bisa dibilang komponen ini menjadi salah satu dasar yang tak boleh dilewatkan. Dengan menyusun strategic planning secara tepat, Anda bisa mendapatkan hasil atau mencapai tujuan dengan jelas.

Peran perencanaan strategis ini ibarat peta dalam sebuah perjalanan jarak jauh. Anda mungkin akan kesulitan dalam mencapai tujuan jika tidak menggunakan peta tersebut. Begitulah kira-kira gambaran mengenai peran dari strategic planning.

Nah, untuk memahaminya lebih jauh, pada artikel kali ini Jojonomic telah merangkumkan dari berbagai sumber mengenai definisi strategic planning, cara merumuskannya hingga apa saja komponen penting yang ada di dalamnya. Simak selengkapnya pada artikel berikut, ya.

Pengertian Strategic Planning

Definisi Strategic Planning

Secara umum strategic planning adalah sebuah proses perencanaan yang berlaku di organisasi agar memahami tujuan, arahan, dan keputusan untuk mendapatkan hasil yang baik dan sesuai target. Biasanya perencanaan strategis ini memiliki tujuan untuk mengatur atau mengelola seluruh sumber daya dalam organisasi atau perusahaan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berdasarkan beberapa ahli, strategic planning atau perencanaan strategi ini memiliki beberapa pengertian, di antaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Kerzner (2001)

Strategic planning merupakan sebuah komponen manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi di masa mendatang. Ini berarti bahwa perencanaan strategis dapat digunakan oleh sebuah organisasi atau bisnis untuk 

Hal ini juga berarti petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan.

Skinner (1969)

Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan strategi

Lorange (1980)

Strategic planning adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan.

Dari kutipan para ahli dan pengertian secara umum tadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa perencanaan strategis merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan proses ini mampu mempengaruhi kondisi dan capaian perusahaan setelahnya di masa mendatang.

Manfaat Strategic Planning

Manfaat strategic planning

1. Menciptakan kerangka kerja dalam anggaran perusahaan

Suatu perusahaan bekerja melalui anggaran operasi yang diperlukan untuk mengatur sumber daya di masa yang akan datang. Anggaran perlu sebuah kerangka agar tercapai komitmen dari sumber daya untuk masa depan.

Nah, komitmen di atas hanya bisa dicapai dengan ide atau rencana manajemen yang jelas mengenai bagaimana arah anggaran untuk waktu yang akan datang. Strategic planning memfasilitasi hal ini dengan menyediakan kerangka kerja dalam pengembangan anggaran tersebut. 

Pembuatan suatu rencana itu bisa membuat formulasi dari anggaran yang efektif. Selain itu dapat membuat alokasi sumber daya perusahaan dengan lebih optimal.

2. Melatih dan mengembangkan manajemen

Selain itu, perencanaan strategi ini juga dapat berperan terhadap perkembangan manajemen dalam perusahaan. Karena mereka dituntut untuk berpikir kreatif serta inovatif agar dapat membuat strategi perencanaan bisnis yang tepat dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan demikian, rencana yang telah dibuat dapat dengan mudah diimplementasikan.

3. Melatih manajemen untuk menjadi visioner 

Mereka yang berperan dalam pembuatan strategic planning ini dituntut untuk memiliki berbagai macam kemungkinan terbaik hingga yang terburuk. Dengan demikian, setiap kemungkinan tersebut dapat disediakan solusi untuk mempertahankan atau untuk mengatasi permasalahan.

Perencanaan yang tidak mempertimbangkan perkembangan zaman, kompetitor dan faktor eksternal lain tentu akan sia-sia. Karena itulah, para pelaku usaha dituntut untuk selalu beradaptasi dan berinovasi dari waktu ke waktu.

4. Strategic planning dapat disetarakan dengan pemikiran manager

Pemikiran manajer seringkali idealis dan tidak tepat terhadap arah kebijakan perusahan. Masalah bisa saja muncul perdebatan atau diskusi dalam perencanaan strategi perusahaan. Strategic planning dapat membuat manajer bisa setara pemikirannya  dengan strategi yang diciptakan sebelumnya. 

Pembuatan strategic planning bisa mengantisipasi keputusan individu dari manajer yang bisa saja tidak memuaskan semua pihak di perusahaan. Bukan membatasi, namun lebih mengarahkan ke arah yang lebih baik.

Bagaimana Merumuskan Strategic Planning?

Cara merumuskan perencanaan strategis

Secara umum perencanaan strategis bisa dilakukan dengan merumuskan berbagai langkah berikut :

1. Membuat visi dan misi

Visi Misi adalah dasar dari pembuatan perencanaan. Hal ini menggambarkan rencana perusahaan sesungguhnya di masa depan. Visi jelas lebih kepada ide perusahaan, sementara misi adalah rangkuman dari tujuan perusahaan yang dikemas secara singkat, padat dan jelas.

2. Menentukan tujuan dan target yang tepat

Jika visi misi sudah ditentukan, saatnya menentukan tujuan perusahaan. Tujuan merupakan suatu tempat dimana perusahaan harus mencapainya. Sebagai contoh Perusahaan X harus menjadi perusahaan konstruksi dengan valuasi meningkat 200% pada 2022.

Sedangkan adalah suatu arah yang tepat agar bisa mencapai tujuan.  Sasaran yang tidak ada akan membuat tujuan terasa hampa dan tidak ada arahnya. Sasaran bisa dibilang adalah poin penting pada visi misi yang telah dicapai.

3. Menyusun kajian dan isu strategis

Kajian disini lebih kepada faktor dan isu yang ada di lingkungan dan eksternal perusahaan. Hal apa saja yang mempengaruhi perusahaan secara internal dan eksternal sebaiknya disusun secara terstruktur.

Isu strategis tentu perlu diperhatikan sebagai salah satu tanda dan pengarah dari perusahaan tersebut. Dengan memperhatikan isu dan kajian yang ada, maka tujuan dan visi misi bisa terarah dengan baik.

4. Menyusun strategi pengembangan

Strategic plan haruslah disusun secara komprehensif atau menyeluruh. Rencana ini bisa saja meliputi rencana kerja yang menjelaskan secara detail apa saja yang harus dilakukan perusahaan. Perencanaan yang ada juga harus bisa disusun secara baik agar bisa tepat sasaran kepada siapa saja target marketnya. Planning kerja yang terlalu besar bisa saja menjadi masalah apabila tidak dipahami oleh orang yang melaksanakannya.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat strategic planning

Hal penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan strategis

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan perencanaan strategis dalam bisnis, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tujuan jangka panjang 

Pada saat membuat strategic planning, Anda harus membuatnya untuk jangka panjang. Ini bertujuan agar ketika bisnis Anda dihadapkan pada situasi tertentu, Anda dapat dengan mudah mengantisipasinya karena sudah dipersiapkan cara mengatasinya sebelumnya.

2. Target tahunan 

Anda juga harus menentukan target tahunan dalam bisnis. Tentunya target yang dibuat harus masuk akal berdasarkan situasi dan kondisi yang ada, ya. Jangan sampai Anda membuat sebuah target yang agaknya mustahil. Karena ini hanya akan menghambat implementasi perencanaan strategi bisnis Anda.

3. SWOT Analysis 

Merupakan elemen penting dalam perencanaan berupa strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman). Adanya SWOT Analysis membuat perusahaan terbantu dalam menciptakan strategic planning yang tepat dan efektif dalam dunia bisnis.

4. Action Plans 

Meski memiliki rencana matang, tanpa adanya action plan tujuan perusahaan tidak akan tercapai efektif. Adanya action plan yang akan memudahkan perusahaan Anda untuk meraih Visi Misi serta tujuan dan sasaran yang ada.

Kesimpulan

Strategic planning merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Tanpa adanya strategic planning, maka perusahaan akan terombang ambing dalam derasnya arus bisnis tanpa tujuan dan manfaat yang jelas. Perusahaan juga tidak akan berkembang apabila tanpa adanya hal ini, jadi bagi Anda pengusaha siapkanlah perencanaan strategis sedini mungkin. Jangan sampai Anda menjalankan bisnis tanpa ada perencanaan yang jelas ke depannya.

Selain strategic planning yang harus Anda siapkan. Penting juga dalam sebuah bisnis untuk mengelola keuangan atau arus kas yang ada di dalamnya. Seiring dengan perkembangan zaman, ada begitu banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan Anda dalam manajemen pengeluaran bisnis.

Salah satunya ialah Jojo Expense yang dapat Anda nikmati secara gratis dalam 14 hari pertama. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan cara yang lebih mudah. 

Sebut saja fitur Budget Controlling yang bisa Anda gunakan untuk mengatur anggaran operasional usaha kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Jojo Expense juga menawarkan fitur Reimbursement online sehingga karyawan dapat mengajukannya dengan lebih mudah. Anda pun bisa menggunakan fitur Mobile Approval untuk menyetujui atau menolak pengajuan reimbursement tersebut. 

Tak hanya itu, berkat teknologi Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging, Jojo Expense dapat menghindarkan Anda dari risiko terjadinya fraud atau penipuan keuangan dalam bisnis. Menarik, bukan? So, tunggu apa lagi? Yuk, nikmati demo gratisnya dan perpanjang masa berlangganan Anda kapan pun!