Apa itu Talent Marketplace ?

Selama ini perusahaan melakukan proses perekrutan SDM secara manual, yaitu dengan membuka lowongan pekerjaan lalu menerima CV dari para calon kandidat. Proses perekrutan seperti ini tentu saja memakan waktu dan tenaga, belum lagi proses interview yang lama. Menjawab semua kebutuhan tersebut, kini di era teknologi yang semakin maju muncul media penyedia kandidat pencari kerja yaitu Talent Marketplace.

Platform penyedia tenaga kerja ini merupakan ide baru yang inovatif untuk proses perekrutan SDM yang benar-benar merevolusi cara bakat calon karyawan untuk digunakan dalam industri global, sehingga memudahkan perusahaan mencari kandidat terbaik untuk direkrut sesuai kriteria perusahaan.

Fungsi Talent Marketplace

Seperti halnya pasar konvensional yang memberikan tempat bagi penjual untuk menjajakan produknya, sehingga memudahkan pembeli mendapatkan barang, bisa mendapatkan produk tersebut. Nah, para talent yang masuk ke dalam marketplace akan mendapat kesempatan untuk direkrut oleh employer berdasarkan kriteria yang menjadi persyaratan.

Masyarakat di Indonesia sebagian masih menjadi pengangguran dan merasa kesulitan untuk mencari pekerjaan. Namun faktanya di lapangan, ternyata jutaan perusahaan di Indonesia juga kesulitan mencari kandidat yang sesuai untuk mengisi lowongan kerja di perusahaan mereka.

Kondisi ini terjadi karena tidak ada yang menghubungkan atau mempertemukan si pencari kerja dan si pencari kandidat. Untuk itu banyak generasi milenial sekarang berusaha untuk mengatasi masalah ini dan menciptakan suatu platform bisa menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan.

Tujuan Talent Marketplace

Perbedaan talent marketplace dengan marketplace pada umumnya adalah ‘produk’ yang ditawarkan. Di talent marketplace, talent berperan seakan-akan sebagai produk, dan employer yang sedang mencari kandidat, adalah pembelinya.

Platform berbasis data ini tugasnya adalah mengkoordinasikan semua bakat dalam perusahaan dengan mempertimbangkan posisi dan peluang yang dinamis, hal ini memungkinkan wawasan dan visibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam struktur organisasi. Kekuatan dan kesenjangan perusahaan menjadi terlihat seketika, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menutupnya menjadi masalah hanya dalam beberapa langkah singkat dari sana.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memudahkan Proses Perekrutan SDM

Talent Marketplace pada dasarnya memberi peluang pada manajer di seluruh organisasi untuk memposting peluang untuk posisi terbuka, baik itu tugas sementara, proyek paruh waktu, jangka pendek dan panjang, serta pembinaan, dan inisiatif lain yang membutuhkan bakat dalam organisasi.  Sebenarnya sama seperti e-commerce pada umumnya, platform talent tenaga kerja ini merupakan suatu wadah bagi para pembeli untuk menemukan produk-produk yang mereka butuhkan.

Cara kerja platform tenaga kerja ini adalah menggunakan AI dan algoritma cerdas, kemudian team dari pihak talent marketplace akan mencocokkan peluang yang relevan dengan posisi yang diinginkan talent, dan memungkinkan organisasi memperoleh manfaat dari ambisi dan kemampuan orang yang belum dimanfaatkan, terlepas dari apa yang awalnya mereka disewa untuk dilakukan. Meskipun ide di balik pasar bakat itu sederhana, namun konsekuensinya sangat luas. 

Keuntungan bergabung di Talent Marketplace

Baik itu reorganisasi struktural atau reskilling dan pelatihan, platform sebagai media penyedia kandidat tenaga kerja ini tidak hanya memungkinkan seorang pengusaha mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk bergerak maju, tetapi juga memungkinkan mereka menemukan orang yang tepat dalam organisasi untuk memimpin perubahan itu, dengan cara sesuai kriteria. Berikut adalah beberapa keuntungan Talent Marketplace : 

1. Talent dibantu oleh tim profesional

Penyedia layanan platform tenaga kerja ini biasanya memiliki tim professional yang siap membantu kamu mengisi dan membuat resume kamu menjadi tampak lebih profesional dan bisa diterima oleh employer.Selain itu, tim internal juga memberikan tips dan saran untuk berhadapan dengan employer saat wawancara. Mereka pun mengingatkan talent agar tidak melewati jadwal wawancara.

Karena tim internal yang sudah melakukan banyak interaksi dengan employer, mereka jugalah yang lebih mengetahui ekspektasi employer terhadap talent. Dengan informasi ini, kandidat bisa datang wawancara dengan lebih percaya diri dan kemungkinan untuk diterima kerja pun menjadi lebih besar.

2. Talent: Tidak perlu sebar  CV lagi

Selain mendapat informasi dari tim penyedia talent marketplace, talent juga tidak perlu pusing mengirim lamaran satu per satu ke setiap employer. Karena seperti halnya konsep marketplace konvensional, setelah melewati proses verifikasi talent sudah masuk ke marketplace yang tersedia.

Meskipun demikian, banyak talent masih merasa bingung karena tidak terbiasa menunggu. Tapi, jangan takut. Sebab pada umumnya, semua kandidat dalam talent marketplace pada akhirnya akan direkrut employer. Artinya dengan kata lain, Talent Marketplace bisa yakin akan ada employer yang datang dan ‘membeli’ pengalaman serta kemampuan mereka.Oleh karena itu, Talent harus pintar-pintar memoles resume atau CV agar para employer pun tertarik untuk mendekati mereka.

3. Employer: Tidak menerima CV secara acak

Selain talent, employee juga akan mendapat beragam keuntungan dengan bergabung di Talent Marketplace. Alasannya tentu karena sudah tersedia banyak pilihan kandidat yang berkualitas. Employer hanya tinggal memilih talent yang cocok dengan kriteria yang sedang mereka cari.

Selain itu employer pun bisa langsung menghubungi talent untuk menjadwalkan wawancara.  Nah, dengan keistimewaan ini sangat memudahkan para pencari kerja dan employer tidak perlu mengeluarkan biaya untuk CV yang pada akhirnya tidak masuk kriteria, seperti pada job portal pada umumnya.

4. Employer: Efisiensi waktu

Selain menghemat biaya, talent marketplace juga membuat employer bisa menghemat waktu dan tenaga. Sebab, platform pada umumnya memanfaatkan sistem kurasi yang bisa mencocokkan kriteria yang diinginkan employer dengan latar belakang dan keahlian talent.

Seperti cara kerja search engine yang menyaring informasi sesuai dengan keywords yang dicari, sistem kurasi dalam talent marketplace juga akan menyaring talent sesuai dengan kriteria yang diinginkan employer. Sehingga employer sudah tidak perlu lagi memeriksa CV satu per satu, tetapi bisa langsung menyaring kandidat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

5. Employer dibantu mencari kandidat terbaik

Selain talent, employer pun akan tetap dibantu dan ditemani tim profesional. Mulai dari melakukan pengisian data, pencarian talent hingga perekrutan kandidat. Bantuan ini bisa berupa tatap muka langsung maupun via telepon. Selain itu, tim profesional ini membantu para employer mempresentasikan perusahaan kepada talent. Jadi, talent akhirnya bisa yakin dengan reputasi employer dan bersedia mengikuti proses rekrutmen.

Inovasi Talent Marketplace

Proses perekrutan tentunya sudah saatnya lebih efektif dan efisien dengan memakai platform seperti Talent Marketplace. JojoTimes adalah aplikasi kami yang akan mengotomatiskan proses kinerja SDM di perusahaan Anda, dengan software HRD yang sudah teruji kinerjanya.

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

FITUR POPULER

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Hanya dengan JojoTimes Anda bisa langsung Kalau Anda masih penasaran dengan cara kerja talent marketplace, Anda bisa langsung mendaftar. Gratis looh..!

Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace gratis. Anda sebagai Talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga di Coba Gratis Sekarang