Cara Memperpendek Tautan/Link, Beserta Situs Short URL Terbaik

tautan link

Pernahkah Anda ingin membagikan suatu tautan/link di Media sosial tapi ternyata link tersebut terlalu panjang sehingga kurang rapi dan tidak enak dilihat? Link adalah sebuah tautan yang mengarah baik itu ke dalam blog itu sendiri (inbound link) maupun ke luar blog (outbond). Secara umum, sebuah link sangatlah panjang dan sangat sulit untuk di ingat, karena itu hadirlah sebuah layanan yang bernama Shortener URL atau sebuah layanan untuk mempersingkat URL.

Saat ini layanan short URL tidak hanya mempermudah Anda dalam mempersingkat suatu link, tetapi juga sekarang banyak web yang dapat menyajikan atau mengetahui performa dari link yang telah kita bagi, misalnya Seperti seberapa banyak orang yang mengklik, lokasi mereka, umur mereka, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini Jojonomic telah merangkum web atau situs terbaik untuk Anda yang ingin menggunakan layanan persingkat link ini, kami juga akan memberikan masing-masing caranya dari berbagai web tersebut. So simak terus artikel ini ya!

Apa itu Situs Short URL?

Situs short URL adalah situs yang membuat Anda bisa memperpendek URL yang panjang dengan mudah. Anda bisa mengubah link URL menjadi sangat pendek, tanpa mengubah halaman yang ingin dibuka. Dengan kata lain, tak ada yang berubah kecuali jumlah karakternya saja.

Manfaat Mempersingkat Link

Broken Link Pictures | Download Free Images on Unsplash

Berikut bebrapa manfaat layanan web short URL:

  1. URL sebuah tautan sangatlah panjang dan tidak mungkin untuk dihafal, padahal kesalahan satu karakter saja maka link jadi broken dan tidak bisa diakses;
  2. Menyederhanakan link yang akan dibagikan baik itu untuk surat menyurat perkantoran, media sosial dan lain sebagainya;
  3. Bagi yang suka menggunakan mircoblogging seperti Twitter, shorten URL sangat bermanfaat untuk menyingkat setiap cuitan di Twitter yang hanya terdiri dari 160 karakter saja, maka menyingkat URL yang dibagikan akan menambah space untuk menambah kata lainnya;
  4. Bagi yang mencari penghasilan tambahan seperti afiliasishorten URL biasanya dimanfaatkan untuk menyembunyikan link asli dari tautan afiliasi yang sedang dipromosikan.

Situs Short URL Terbaik

Mac Book Pictures | Download Free Images on Unsplash

Berikut telah kami rangkum situs shortener link terbaik dan terpopuler, dan yang pastinya mudah dan cepat dalam penggunaannya:

Bitly

Cara Menggunakan Bitly dan Tips Mempersingkat Link WhatsApp

Bitly yang didirikan sejak 2008 merupakan layanan mempersingkat URL (Uniform Resource Locator) di mana URL yang disingkat akan tetap menuju ke halaman yang sama. Tercatat hingga Agustus 2018, Bitly telah menyingkat lebih dari 37,5 milyar URL. Setiap bulannya Bitly menyingkat 600 juta link untuk digunakan di media sosial, SMS dan email.

Tidak hanya untuk keperluan memperpendek link. Bitly juga bisa dipakai untuk keperluan universal seperti:

  1. Share link akun media sosial
  2. link Instagram
  3. link sebuah situs
  4. Share link jualan
  5. Share link Google Drive
  6. Dan lain-lain asalkan masih berhubungan dengan link

Bitly sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online, yang fungsinya untuk membagikan suatu link promosi. Juga cocok untuk Anda yang hobi berselancar di media sosial.

Dilansir dari dari laman resmi Bit.ly, berikut cara membuat tautan dengan Bit.ly:

  1. Masuk ke akun bitly
  2. Klik Create
  3. Jika pengguna memiliki langganan berbayar, pengguna akan memiliki opsi untuk memilih domain khusus untuk mmeberi merek pada tautan. Namun secara default, tautan akan dibuat menggunakan domain bit.ly
  4. Salin dan tempel URL panjang ke kotak Paste Long URL, ini akan secara otomatis menghasilkan tautan singkat
  5. Klik Create
  6. Halaman selanjutnya memungkinkan pengguna untuk mengedit tautan. Pengguna dapat mengubah judul, menambah setengah kustom, menyalin atau berbagi tautan, dan bahkan menambahkannya ke kampanye

Fitur Unggulan

  1. Tanpa membuat akun tetap bisa memperpendek link sebanyak mungkin.
  2. Akun gratis menyediakan fitur yang bisa membantu bisnis online Anda. Misalnya, fitur kustomisasi URL dan pelacak CTR.
  3. Enkripsi HTTPS, menjamin keamanan link yang Anda perpendek.

TinyURL

The popular tinyurl.com needs a new logo for site upgrade | Logo design  contest | 99designs

Bersumber dari niagahoster, TinyURL sudah ada sejak tahun 2002 dan bisa dikatakan merupakan pelopor situs short URL di internet. TinyURL masih berfungsi dengan sangat baik hingga sekarang, walaupun tak menawarkan banyak fitur seperti situs short URL lain.

Link yang Anda perpendek di TinyURL tak akan kadaluarsa. Ini berarti, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa Anda manfaatkan sepuasnya. Jadi, tak usah cemas dengan broken link nantinya. Selain memperpendek link dengan mengunjungi situs TinyURL, Anda juga bisa memperpendek link melalui toolbar browser langsung. Cukup tarik dan taruh link yang ada di website TinyURL ke toolbar browser Anda.

Cara mengubah link panjang sesuai keinginandi tinyurl:

  1. Pertama kunjungi situs web tinyurl.com
  2. Kemudian paste link panjang anda ke kolom yang tersedia.
  3. Di kolom Custom alias (optional) ketikkan nama link yang diinginkan.
  4. Terakhir klik tombol Make TinyURL!
  5. Selesai.

Layanan ini dapat anda gunakan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu. Kolom custom dapat diisi dengan nama link yang sesuai dengan keinginan. Jika anda tidak mengisi kolom custom, maka web ini akan secara otomatis mengganti nama link menjadi angka dan huruf acak. Jadi, pastikan juga untuk menentukan URL custom yang unik, karena anda tidak dapat menggunakan URL custom yang telah dipakai orang lain.

Ow.ly

7 Best Link Shorteners to Shorten that URL - Xiphos Web Marketing

Aplikasi pemendek tautan lain yang tidak kalah populer adalah Ow.ly. Aplikasi ini adalah bagian dari HootSuite, sebuah layanan manajemen media sosial. Lebih jelasnya, HootSuite merupakan sebuah alat manajemen konten media sosial yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Berikut adalah cara menyingkat URL dengan owly:

1. Masuk ke laman http://ow.ly/url/shorten-url

2. Masukkan link url ang ingin anda singkat pada kolom “paste your link, shrink it and share”

3. Klik Shorten 

4. Copy url yang sudah di pendekakan tadi, dan silahkan share sesuai yang anda inginkan

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!