Tax Planning : Pengertian, Keuntungan, dan Strategi Rencana Pajak

tax planning

Karena masalah pencatatan keuangan dan pembukuan yang tidak jelas, banyak perusahaan yang tertatih-tatih menghadapi musim pajak. Persiapkan perencanaan pajak (Tax planning) sedini mungkin untuk menghadapi musim pajak yang akan datang. Pastikan rencana pajak pendapatan Anda diatur dengan baik.

Arti Tax Planning

tax planning

Tax Planning adalah cara yang dapat dilaksanakan atau direncanakan oleh suatu perusahaan (wajib pajak) sehingga beban pajak menjadi minimal atau kecil tanpa melanggar peraturan perpajakan yang berlaku, atau bisa juga disebut menghindari pajak tanpa Peraturan perpajakan berlaku untuk metode yang melanggar perpajakan.

Oleh karena itu, dalam menyusun perencanaan pajak, perusahaan (wajib pajak) tidak boleh melanggar ketentuan perpajakan yang berlaku. Alasan mengapa perusahaan (wajib pajak) melaksanakan perencanaan pajak adalah karena bagi perusahaan, pajak merupakan biaya atau pengeluaran yang akan mengurangi laba bersih, sehingga pada akhirnya mengurangi pendapatan yang akan diterima pemilik perusahaan.

Dengan cara ini perusahaan (wajib pajak) akan berusaha mengurangi atau menghindari pajak yang harus dibayarkan. Namun, agar tidak mempengaruhi undang-undang perpajakan, tindakan yang harus dilakukan perusahaan (wajib pajak) untuk menghindari atau mengurangi pajak tidak boleh melanggar peraturan perpajakan yang berlaku.

Tujuan Tax Planning

tax planning

Perencanaan pajak adalah langkah awal dalam pengelolaan pajak. Pada tahap ini, undang-undang dan peraturan perpajakan harus ditinjau terlebih dahulu untuk mengambil langkah-langkah penghematan pajak. Lantas, apa tujuan perencanaan pajak?

Tujuan utamanya adalah menjaga agar beban pajak serendah mungkin tetap berpedoman pada hukum namun tetap berlaku. Secara ekonomi, cobalah untuk memaksimalkan pendapatan setelah pajak (setelah deklarasi pajak). Pajak adalah laba yang dapat dikurangkan, yang dapat dibagikan kepada pemegang saham atau diinvestasikan kembali.

Keuntungan Tax Planning

tax planning

Manfaat perencanaan pajak wajib pajak adalah mengurangi beban pajak yang harus dibayar. Saat mempersiapkan perencanaan pajak, yang harus diperhatikan adalah menemukan celah dalam penghindaran pajak. Namun, ini tidak berarti Anda dapat melanggar peraturan perpajakan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami pengetahuan perencanaan perpajakan agar dapat mengurangi beban pajaknya.

Tax Planning atau perencanaan pajak merupakan langkah awal dalam pengelolaan pajak suatu perusahaan (wajib pajak badan). Dalam pelaksanaan perencanaan perpajakan ini, perlu dilakukan penelitian terhadap peraturan perpajakan agar dapat mengambil langkah-langkah penghematan pajak yang legal.

Rencana pajak harus direncanakan dengan baik untuk menghindari pemborosan. Selain itu, perlu dilakukan sesuai waktu yang ditentukan. Laporan tersebut harus direncanakan agar dapat diselesaikan tepat waktu.

Jika Anda seorang wajib pajak yang tidak terbiasa dengan peraturan dan regulasi perpajakan, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi pajak untuk perencanaan pajak.

Jenis Tax Planning

Berikut jenis tax planning yang perlu anda ketahui:

Perencanaan pajak nasional

Jika Wajib Pajak hanya menjalankan bisnis di Indonesia atau hanya berhubungan dengan Wajib Pajak dalam negeri, maka Wajib Pajak tersebut melaksanakan rencana perpajakan nasional. Rencana perpajakan nasional berpedoman pada hukum domestik.

Perencanaan pajak internasional

Perencanaan perpajakan ini dilakukan oleh wajib pajak yang melakukan kegiatan usaha di dalam dan luar negeri. Jika wajib pajak melakukan transaksi dengan wajib pajak dalam dan luar negeri, perencanaan pajak ini juga akan dilaksanakan. Tidak seperti rencana perpajakan nasional yang hanya berfokus pada hukum domestik, rencana perpajakan internasional juga harus berfokus pada hukum atau perjanjian perpajakan negara yang bersangkutan.

Persyaratan Tax Planning

kalkulasi pajak

Tentunya persyaratan tertentu harus dipenuhi saat membuat perencanaan pajak. Persyaratan tersebut meliputi:

  1. Jangan menyimpang dari peraturan perpajakan. Jika aturan perpajakan dilanggar, wajib pajak akan menanggung risiko. Hal ini dapat mengancam keberhasilan perencanaan pajak.
  2. Bukti transaksi dan data lainnya tidak fiktif (sesuai keadaan sebenarnya).
  3. Dapat diterima atas dasar bisnis dan pajak. Ini terkait erat dengan rencana keseluruhan perusahaan. Jika penerapan “perencanaan pajak” tidak masuk akal secara bisnis, maka itu akan melemahkan rencana itu sendiri.
  4. Perencanaan pajak adalah rencana yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mengurangi pajak secara legal. Perencanaan perpajakan dapat dilakukan melalui beberapa strategi, yaitu:

Strategi Tax Planning

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan saat merencanakan perpajakan, antara lain:

Penghindaran pajak

Perencanaan pajak dapat dilakukan dengan menghindari pengenaan pajak atas transaksi melalui objek bukan pajak. Dalam hal ini, perusahaan atau wajib pajak harus mematuhi peraturan perpajakan dan tidak boleh melanggar peraturan perpajakan.

Agar perusahaan dapat fokus pada pengembangan bidang perpajakan tanpa sanksi berupa denda, disarankan untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Misalnya, jika perusahaan mengalami kerugian, perusahaan perlu mengubah tunjangan karyawan dari uang tunai menjadi barang, sehingga tidak dikenakan pajak penghasilan 21.

Optimalkan kredit pajak yang dapat diterima

Perusahaan yang menjadi Wajib Pajak dapat mengkredit pemotongan pajak selama tidak melanggar ketentuan, misalnya PPh 22 untuk solar dan / atau produk impor, PPh 23 untuk perjalanan pegawai untuk urusan dinas, dan pajak luar negeri.

Dalam membuat kredit pajak pertambahan nilai, Pengusaha Kena Pajak (PKB) dapat menggunakan dokumen lain yang fungsinya mirip dengan standar faktur pajak, seperti perintah distribusi yang dikeluarkan Bulog untuk mendistribusikan tepung terigu.

Penundaan pembayaran pajak

Perusahaan yang menjadi wajib pajak dapat dengan mudah memenuhi kewajiban perpajakannya. Ini dapat dilakukan dengan menunda pembayaran PPN. Misalnya saat membayar PPN. PPN dapat dibayarkan pada akhir bulan berikutnya, dan limit pembayaran dibayarkan pada akhir bulan berikutnya.

Hemat pajak

Hemat pajak dengan memilih pajak alternatif dengan tarif pajak rendah. Tujuannya untuk mempermudah atau meminimalkan biaya pajak perusahaan. Misalnya, jika pendapatan kena pajak perusahaan melebihi Rp 100.000.000, adalah mungkin untuk mengubah penyediaan karyawan menjadi tunjangan moneter.

Perusahaan (pembayar pajak) seringkali kekurangan informasi tentang pajak yang terutang. Oleh karena itu, perlu dipahami kredit pajak PPh dan PPN. Wajib Pajak yang juga PKP (Pengusaha Kena Pajak) dapat memotong pajak input dari pembelian aset tetap, sehingga mengurangi pembayaran pajak pertambahan nilai.

Hindari kesalahan perhitungan pajak

Perusahaan (pembayar pajak) harus menghitung pajak dengan benar untuk menghindari kekurangan pembayaran atau kelebihan pembayaran, jika tidak maka dapat menyebabkan denda pajak atau tinjauan pajak yang tidak perlu.

Perusahaan (Wajib Pajak) yang salah menghitung jumlah PPN yang seharusnya kurang dibayar mengalami kelebihan pembayaran pajak akibat kesalahan perhitungan dan penyesatan yang akan menimbulkan risiko pemeriksaan pajak, yang akan berdampak pada pemberian waktu kerja yang berharga untuk kegiatan usaha.

tax planning

Konsep Dasar Tax Planning Bagi Pemula

Tax planning merupakan serangkaian analisa serta pengaturan situasi keuangan, yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau bahkan perorangan, demi memaksimalkan pengurangan besaran pajak, yang dilakukan secara legal serta efisien. Perlu diketahui bahwa terdakang, perhitungan dan syarat – syarat pajak itu sendiri bisa menjadi sangat rumit. Namun, dengan mengerti serta mengambil keuntungan dari beban pajak itu sendiri akan membawa manfaat yang baik.

Berikut adalah beberapa kunci dalam tax planning yang bisa membuat anda lebih mengerti tentang perencanaan pajak itu sendiri, antara lain adalah :

Tax Planning Dimulai Dengan Mengerti Batasan Pajak Anda

Seseorang tidak akan bisa merencanakan masa depannya apabila mereka belum mengethaui apa yang terjadi hari ini. Kata – kata tersebut merupakan contoh yang tepat terhadap konsep dasar dari pembuatan tax planning itu sendiri, yaitu mengerti dimana posisi anda sekarang.

Tingkatan beban pajak yang diterima seseorang berbeda dengan yang lainnya. Tingkatan pajak tersebut disesuaikan dengan tingkat pendapatan orang itu sendiri. Dimana hal tersebut berarti, seseorang yang memiliki penghasilan yang lebih tinggi akan dikenakan pajak yang lebih tinggi pula dibandingkan dengan mereka yang berpenghasilan dibawahnya.

Tidak peduli pada tingkatan mana anda berada, faktanya hampir Sebagian besar orang hanya menerima total pajak Sebagian dari sumber – sumber penghasilan yang mereka kerjakan. Atau bisa dikatakan bahwa tidak semua yang dilakukan oleh pebisnis dikenai pajak yang sesuai.

tax planning

Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain adalah:

  • Anda bisa menggunakan pemotongan pajak untuk menentukan atau mengurangi pajak penghasilan anda. Itulah mengapa pajak penghasilan biasanya tidak sama atau sesuai dengan gaji serta penghasilan yang anda dapatkan.
  • Anda tidak bisa langsung menambah total pajak sesuai dengan yang emnjadi beban anda karena sistem dipemerintahan tidak berjalan demikian. Biasanya pemerintah menggunakan sistem yang sedikit berbeda yaitu dengan membagi – bagi pajak penghasilan anda kedalam beberapa bagian kemudian mengenakan besaran pajak dari setiap bagian tersebut sesuai dengan tarif yang telah ditentukan.

Perbedaan Antara Tax Credits dan Tax Deduction

Tax deduction dan tax credit merupakan du acara paling ampuh yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan ‘kembalian’ dari jumlah total pajak yang harus anda bayar. Keduanya merupakan komponen penting yang mampu mengurangi tagihan pajak anda, namun bekerja secara berbeda.

Mengetahui perbedaan masing – masing akan membantu anda dalam menerapkan strategi pembayaran pajak yang paling efektif untuk perusahaan atau keluarga anda.

  • Tax Deduction merupakan spesifikasi anggaran yang telah anda keluarkan dan bisa kurangi dari pajak penghasilan itu sendiri. Minimum pajak mengurangi jumlah penghasilan yang anda dapatkan yang bisa dikenakan pajak.
  • Tax Credits adalah semacam pengurangan pajak yang langsung bisa anda nikmati. Tax credit dapat berupa pengurangan uang langsung yang secara otomatis akan mampu mengurangi jumlah total pajak penghasilan yang harus anda bayarkan.
tax planning

Kembali Pada Standart Deduction

Memilih antara mau menggunakan tax deduction atau tipe pengurangan pajak lainnya dalam pertimbangan strategi pembayaran pajak akan menimbulkan perbedaan yang sangat besar bagi total pajak and aitu sendiri.

Apa itu Standart Deduction?

Pada dasarnya, standart deduction mengurangan pengurangan pajak yang memang dilakukan sesuai standart yang ada. Mengambil standart deduction akan membuat persiapan pembayaran pajak anda menjadi jauh lebih cepat. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari standart deduction yang sering dimanfaatkan orang – orang.

Pemerintah biasanya telah menetapkan jumlah pemotongan pajak atau standart deduction yang disesuaikan dengan tingkat inflasi yang terjadi pada tahun tersebut. Standart deduction yang diberikan kepada anda tergantung pada jenis status anda sendiri seperti sudah emnikah atau belum, merupakan kepala keluarga atau tidak dan sebagainya.

Apa Arti ‘Itemize’ Dalam Tax Planning?

Daripada hanya mengambil standart deduction untuk mengurangi total pembayaran pajak anda, anda juga bisa menggunakan ‘itemize’ sebagai salah satu media untuk mendapatkan tax return atau pengembalian pajak.

Itemize bisa diartikan dengan mengambil semua jenis tax deduction yang telah dipisah – pisah untuk disatukan satu per satu.

  • Biasanya, orang – orang menggunakan pengurangan itemize untuk emnambah total standart deduction itu sendiri sehingga pembayaran pajak juga bisa menjadi lebih murah. Kunci dari itemize adalah mampu menganalisa perkembangan tax planning deduction selama tahun tersebut.
  • Kelemahan dari sistem itemize itu sendiri adalah bahwa metode tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghitung jumlah pajak yang harus anda bayarkan. Di sisi lain, anda juga harus memenuhi syarat bagi pemotongan pajak yang ingin anda gunakan.
  • Beberapa strategi tax planning mungkin terlihat menarik termasuk itemizing, contohnya adalah Ketika anda memiliki sebuah rumah, untuk mendapatkan itemize deduction anda bisa menggunakan penjumlahan dari pajak property dan bunga atau potongan lainnya hingga mendapatkan standart deduction. Hal tersebut terbukti mampu menghemat uang anda.
  • Anda mungkin bisa mendapatkan itemize deduction dengan memiliki property atau penghasilan di tempat – tempat yang tanggungan pajaknya rendah. Ambil contoh Ketika anda memiliki rumah di Surabaya tentu akan berbeda nilai pajaknya dengan daerah – daerah lainnya di Indonesia.
tax planning

Hati – hati Dengan Tipe Pengurangan Pajak yang Belum Pasti

Terdapat banyak sekali tipe atau cara pemotongan pajak yang bisa anda gunakan untuk merencanakan tax planning. Metode – metode tersebut memiliki Batasan serta syaratnya masing – masing. Diharapkan, anda akan mampu mengenali tipe serta metode tersebut satu per satu sebelum benar – benar menggunakannya. Hal ini dikarenakan, metode penggunaan yang salah justru tidak akan menbgurangi pajak tanggungan anda malah justru menambahnya.

Menyimpan Laporan Pajak yang Sesuai

Perlu diketahui abhwa menyimpan laporan pajak serta dokumen yang anda gunakan untuk melengkapinya selama audit adalah hal yang sangat penting dan wajib dilakukan. Anda boleh menyimpan data – data tersebut setidaknya 3 tahun kedepan untuk mampu merencanakan tax planning mana yang terbaik.

Dengan adanya data – data atau dokumen laporan pajak dari tahun sebelumnya, anda akan bisa menerapkan strategi terbaik kedepan serta mengevaluasi mana saja dari property atau penghasilan anda yang terkena pajak paling besar.

Dikarenakan pandemic covid yang telah berlangsung selama hamper dua tahun, pemerintah Indonesia melakukan banyak upaya dalam pengurangan totak pajak itu sendiri. Seperti contoh adalah pada pajak kendaraan yang mana pemerintah memberikan potongan pembayaran pajak cukup besar bagi setiap pemilik kendaraan bermnotor itu sendiri.

Bahkan potongan pajak kendaraan yang diberikan bisa mencapai 25% sesuai dengan jenis kendaraan serta syarat – syarat lainnya. Hal tersebut dinilai cukup meringankan bagi Sebagian orang karna mengurangi beban tanggungan yang cukup besar Ketika pandemic terjadi. Diharapkan dengan memahami konsep dari tax planning tersebut akan membantu anda untuk mampu menghitung sendiri total pajak yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu perlu adanya software akuntansi yang secara akurat melakukan perhitungan akurat pada laporan pajak perusahaan anda. Jojo Expense hadir dalam mengatasi keluhan tersebut.

Hal ini tentu akan memberi pelayanan yang baik kepada pemeriksa pajak dan berpotensi untuk menghindari resiko yang menimbulkan sanksi pengelolaan pajak yang merugikan bagi perusahaan (wajib pajak) itu sendiri.

Untuk itu, daftarkan perusahaan anda sekarang juga bersama JojoExpense. Dipastikan perusahaan anda bersama tim yang tepat dalam mengelola laporan keuangan perusahaan anda dan dapatkan uji cobanya sekarang juga!