Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat di Indonesia

Mengumpulkan ratusan budaya dan kelompok etnis menjadi satu. Indonesia diberkati dengan atraksi menakjubkan yang tak terhitung jumlahnya, dari keindahan alam hingga satwa liar yang subur, tradisi kuno hingga reruntuhan kolonial. Temukan tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia.

Indonesia, negara dengan 1.700 pulau dan menjadi salah satu negara terbesar di Asia dalam ukuran dan jumlah penduduk, menawarkan banyak tempat wisata yang menawan bagi para pelancong. Anehnya tempat ini mungkin belum menjadi salah satu tujuan teratas dunia tetapi itu adalah hal yang baik karena mempertahankan tempat itu dengan pesona yang belum dijelajahi, kecuali Bali yang terkenal tentu saja.

Situs wisata Indonesia mencakup atraksi dari sejarah hingga alam hingga budaya. Untuk tempat wisata sejarah kamu akan menemukan candi kuno dan masjid agung. Untuk tempat wisata alam, kamu akan menemukan dari gunung berapi yang mempesona hingga danau kawah yang tenang hingga Komodo dan Orang Utan hingga pengalaman menyelam bawah laut yang menakjubkan. Di tempat wisata budaya, terdapat upacara pemakaman kuno dan desa suku.

Baca terus tentang tempat wisata terbaik di Indonesia untuk mengetahui lebih banyak tentang keajaiban tersebut.

Tempat Wisata Sejarah

Candi Borobudur

Candi abad ke-9 ini merupakan situs Warisan UNESCO Indonesia yang terletak di jantung pulau Jawa. Ini adalah salah satu kuil Buddha terbesar di dunia, terdiri dari enam platform persegi dengan 2.672 panel relief dan 504 status Buddha. Ribuan umat Buddha melakukan ziarah di sini di Borobudur selama hari Waisak. Kuil Budha ini adalah salah satu dari jenisnya, membedakan dirinya dari kuil Budha Asia lainnya dengan struktur dan ukiran yang unik.

Cobalah untuk masuk pada jam buka paling awal pada jam 8 pagi untuk menyaksikan kuil paling tenang untuk sepenuhnya menghargai keindahannya. Juga direkomendasikan untuk menginap di Manohara Resort * dan mengikuti tur matahari terbit Borobudur secara eksklusif dari mereka.

Candi Prambanan

Candi Prambanan, candi Hindu yang terletak di Yogyakarta, adalah tempat wisata terkenal di Jawa, Indonesia. Dibangun pada abad ke-9 untuk Trimurti sebagai ekspresi bahwa Tuhan adalah Pencipta (Brahma), Pemelihara (Wisnu) dan juga Perusak (Siwa). Itu juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO Indonesia. Candi kuno ini merupakan salah satu candi berarsitektur Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Pura Luhur, Pura Uluwatu

Ini candi spektakuler bertengger di tepi tebing kapur terjal besar dari 70 meter di atas Samudra Hindia. Bayangkan pemandangan dari cliffhanger dengan kuil sebagai sentuhan spelndour yang dramatis. Pura ini terletak di Bukit Peninsula di Bali.

Strukturnya yang megah dibangun dan diperluas berkali-kali sejak abad ke-11. Pergi ke tempat yang lebih tinggi di dekatnya untuk melihat pemandangan yang menakjubkan dari kedua sisi dan matahari terbenam di atas Pura Uluwatu. Salah satu tempat menginap terpopuler di sini adalah Gravity dan baca lebih lanjut tentang tempat menginap di dekat Pura Uluwatu.

Masjid Raya Baiturrahman (masjid raya)

Masjid megah yang terletak di pusat kota Banda Aceh ini merupakan salah satu tujuan utama di sini dan berdiri sebagai bukti kemegahan sejarah Sumatera. Ini adalah simbol penting bagi masyarakat Aceh karena kekayaan agama dan budayanya.

Terutama karena selamat dari bencana tsunami 2004 yang masih utuh. Desain masjid ini merupakan perpaduan arsitektur kolonial India dan Moghul dengan ciri khas tradisional Aceh.

Tempat Wisata Alam

Gunung Bromo

Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur bisa disebut-sebut sebagai gunung paling ikonik di antara sekian banyak gunung berapi yang ada di Indonesia. Pasalnya, letaknya strategis di tengah kaldera Tengger, kawah pasir hitam vulkanik halus, sambil berdiri firasat memuntahkan asap belerang putih.

Ini masih salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan terus menarik banyak wisatawan dari jauh dan luas untuk bangun pada dini hari untuk mendaki dan melihat matahari terbit di atas pemandangan Gunung Bromo yang sangat indah.

Danau Toba

Ini danau vulkanik terbesar berukuran 1.707 kaki persegi disebut Danau Toba, juga dikenal sebagai Danau Toba. Ini terbentuk setelah letusan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu dan merupakan danau kaldera terbesar di dunia.

Danau Toba dikabarkan merupakan hasil dari letusan supervolcanic masif yang dikenal dengan teori bencana alam Toba yang konon telah menewaskan banyak populasi manusia. Selain itu, ada orang Batak di sini yang terkenal karena keramahannya. Hotel berperingkat terbaik di sini adalah Penginapan Horas Family dan Penginapan Toba Village.

Pulau Komodo

Ditemukan di Taman Nasional Komodo di Flores adalah Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya di Indonesia. Komodo mungkin merupakan naga terakhir di dunia. Datang ke sini dan lihat lebih dekat dan pribadi dengan mereka meskipun hati-hati karena ada laporan penyerangan meskipun jarang.

Taman ini juga merupakan tempat perlindungan bagi banyak spesies darat liar lainnya, dengan campuran yang berasal dari Asia dan Australia serta beragam biota laut. Untuk sampai ke sini, terbang ke Labuan Bajo atau lakukan perjalanan perahu dari Bali atau Lombok ke Pulau Komodo. Menginaplah di Resor Komodo * yang berperingkat tinggi tepat di sebelah Taman Nasional Komodo.

Bukit Lawang, Orangutan

Bukit Lawang menjadi objek wisata utama karena kesempatan untuk melihat Orang Utan yang hidup di alam liar di dekatnya. Suaka Orang Utan ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia, dan secara harfiah berarti “pintu ke perbukitan”.

Wisatawan akan datang ke sini untuk melakukan trekking dengan harapan bisa melihat pemandangan Orangutan Sumatera yang langka. Ada platform pengamatan Orangutan di mana ada pemberian makan dua kali sehari yang hampir menjamin pemandangan mereka.

Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat jelas merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia tidak hanya untuk penyelam tetapi juga pecinta alam dan pelancong. Ini surga penyelam terkenal karena kekayaan dalam kehidupan laut, terumbu murni dan karang yang akan wow bahkan penyelam paling berpengalaman.

Hal ini adalah bagian dari Segitiga Terumbu Karang dunia yang dikenal sebagai rumah bagi lebih dari 3000 spesies ikan. Dan habitat luar biasa lainnya yang membiakkan keanekaragaman hayati kehidupan lautnya. Selain itu, Raja Ampat adalah tempat terpencil yang tidak tersentuh oleh pembangunan dan hanya pelancong independen yang merupakan pecinta alam yang berkunjung ke sini.

Atraksi Tempat Wisata Budaya

Upacara pemakaman di Tana Toraja

Tana Toraja , atau juga dikenal sebagai Toraja land, adalah dataran tinggi yang terletak di selatan Sulawesi. Sebuah tanah yang hampir hilang dalam waktu, terbentang dengan hamparan sawah hijau subur. Batu kapur tinggi dan kuburan bambu dengan pegunungan berkabut biru sebagai latar belakang.

Daya tarik wisata utama di sini adalah upacara pemakaman yang telah dilakukan selama berabad-abad. Bahkan setelah banyak yang mengadopsi kepercayaan Kristen setelah penjajahan Belanda. Dikatakan bahwa mereka terobsesi dengan gagasan tentang kematian. Bukan dengan cara yang tidak wajar tetapi sebagai sesuatu yang sangat penting bagi mereka.

Kamu mungkin menemukan kuburan gua, kuburan gantung, tau tau (patung kayu seukuran manusia), kuburan pohon bayi dan bahkan pembantaian massal kerbau, semua ini memberi kamu rasa keanehan namun menawan.

Desa Suku di Lembah Baliem

Lembah Baliem, tempat terpencil yang hanya bisa diakses dengan terbang ke Jayapura , kota terdekat. Daya tarik wisata di sini adalah kesempatan untuk menemukan desa suku melalui trekking dari satu ke yang lain.

Orang-orang dari tanah suku Lani, Dani dan Yali atau tanah Asmat hidup seperti biasanya. Kamu akan menemukan budaya unik (mumi dan perdagangan) dan mode (pakaian labu penis tradisional). Pada saat yang sama, kamu dapat mengagumi pemandangan pegunungan, sungai, dan hamparan hijau yang luas. Pondok rumput tradisional di sini juga unik, sedangkan aktivitas keseharian suku-suku itu menarik. Trekking Lembah Baliem berkisar dari jalan kaki setengah hari hingga ekspedisi 30 hari jauh ke dalam tanah suku.

Tentunya berbagai macam manfaat ini didapat dari adanya fitur-fitur yang disematkan pada JojoExpense. Beberapa fitur yang ada di dalam produk tersebut termasuk antara lain yaitu Custom Expense Categories, Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, Multiple Disbursed Transaction by Finance, Specific Finance Approval Assignment, Export Expense Report (Excel/CSV and PDF), serta masih banyak fitur lainnya yang bermanfaat. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis produk ini pada perusahaan Anda sekarang juga. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda jauh lebih efektif dan efisien dengan mempercayakan pada JojoExpense.