Mengenal VUCA Untuk Strategi Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, maka diperlukan research terlebih dahulu untuk kemudian merencanakan bisnis tersebut. Namun, pernahkan Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan strategi bisnis karena kondisi yang tidak pasti? Contohnya adalah, ketika Anda imencoba bisnis minuman kekinian boba yang sedang trending saat ini, lalu kemudian muncul lagi minuman jenis baru. Maka mau tidak mau Anda harus merencanakan strategi bisnis yang Anda jalankan. Hal ini disebut dengan VUCA. Beberapa orang mungkin masih belum memahami istilah strategi bisnis VUCA. Kenapa VUCA menjadi penting terhadap strategi dari sebuah bisnis? Berikut kami akan ulas secara lengkap mengenai VUCA untuk strategi bisnis.

Apa itu VUCA?

VUCA merupakan kepanjangan dari Volatillity, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity. Jika diterjemahkan, VUCA adalah ketidakpastian, kerumitan, dan ketidakjelasan. Istilah VUCA ini diperkenalkan oleh US Army War College untuk menggambarkan situasi geopolitik di Afghanistan dan Irak setelah perang yang terjadi. Namun, lambat laun istilah VUCA ini meluas hingga ke bidang bisnis.

VUCA merupakan sebuah proses analisis dalam membuat sebuah keputusan, merencanakan, mengelola risiko, dan memecahkan sebuah masalah yang didorong dengan 4 faktor VUCA yaitu ketidakpastian, kerumitan, dan juga ketidakjelasan.

Volatillity, Uncertaintty, Complexity, and Ambiguity didasari dengan adanya disrupsi yang cukup kuat terutama dari perubahan perilaku konsumen yang didasari dengan kecepatan teknologi. Disrupsi disini hadir karena banyak praktik penawaran yang lebih mudah dan praktis dengan harga yang lebih rendah dari layanan yang sudah ada, sehingga masyarakat lebih beralih pada layanan tersebut.

Analisis VUCA

VUCA merupakan strategi bisnis yang dapat digambarkan dengan sebuah analisis. Analisis digambarkan dengan seberapa Anda mengetahui tentang situasi pasar, perilaku konsumen, SWOT. Anda juga perlu memprediksi semua yang telah dilakukan pada bisnis Anda. Proses Vuca ini merupakan proses yang bertahap yang dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan pada sebuah bisnis. Proses VUCA merupakan proses bertahap yang dilakukan untuk mengidentifikasi setiap permasalahan pada bisnis.

VUCA

Ambiguity

Tahap yang pertama ini Anda sebagai pelaku bisnis yang dihadapi ketidaktahuan terhadap hubungan akibat dan sebab. Pelaku bisnis masih menghadapi pertanyaan “apakah ini mungkin?” “apakah konsumen akan menyukainya?”. belum ada pihak yang benar-benar melakukan dan menerapkannya.

Cara menghadapi ambiguity ini bagi pelaku bisnis adalah Anda harus berani dalam membuat suatu hal yang baru. Keberanian ini juga harus didasari dengan research terlebih dahulu. Anda harus percaya bagaimana ketidakpastian ini bisa menjadi peluang bagi Anda dalam membuat pasar baru. Bagaimana bisnis Anda nanti dapat bergerak cepat untuk mendapatkan ide dalam setiap permasalahan di masyarakat.

Uncertainty

Ketidakpastian adalah ketika Anda sudah mengetahui hubungan sebab dan akibat namun Anda belum mengetahui apa hal terbaik yang harus dilakukan. Uncertainty kuat kaitannya dengan teknologi informasi. Harvard Business Review menjelaskan uncertainty dapat dilakukan dengan mengumpulkan, mengolah, dan memberikan informasi kepada semua elemen bisnis. Anda sebagai pelaku bisnis perlu membangun sistem informasi untuk memperoleh dan juga menghimpun data yang akan berguna bagi bisnis Anda.

Uncertainty juga kuat kaitannya dengan bagaimana strategi perusahaan pesaing, bagaimana Anda perlu mengetahui kondisi pasar dan mampu menganalisis pasar, lalu apa saja tren dan juga perilaku konsumen saat ini.

Complexity

Dalam situasi ini, Anda akan menemui kesulitan dalam menjalankan usaha. Situasi dimana Anda sudah tahu hubungan sebab dan akibat, sudah memperoleh banyak informasi, tapi Anda tidak memiliki sumber daya yang mumpuni.

Solusi yang harus dilakukan adalah buat regulasi, bangun koneksi dengan stakeholder seperti pemerintah, vendor, dan rekan bisnis. Selain itu Anda juga perlu berinvestasi pada sumber daya yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Volatility

Volatillity atau anomali adalah situasi dimana Anda akan menghadapi situasi yang tidak memiliki kepastian. Volatility digambarkan pada sebuah kondisi dimana situasi bisnis berjalan begitu cepat, berubah-ubah, dan sangat kompetitif.

Banyak perusahaan yang sudah mampu menghadapi ketidaktahuan, ketidakpastian, dan juga kesulitan, namun belum bisa menghadapi situasi yang ketat dan berubah-ubah. Situasi anomali atau volatility ini terjadi ketika adanya disrupsi teknologi seperti internet dan teknologi penerapan lain.

Situasi ini mengharuskan perusahaan untuk menerapkan teknologi untuk mempermudah jalannya bisnis dan mempercepat produktivitas. Misalnya menerapkan software enterprise resource planning seperti akuntansi dan juga SDM.

Contoh VUCA dalam Bisnis Sehari-hari

Efek dari Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity / VUCA ini dapat dijadikan contoh transformasi digital dalam menjalankan kegiatan bisnis. Contohnya bisa kita lihat ojek online, awalnya kehadiran ojek online mendapatkan imej negatif dari masyarakat. Namun kini ojek online menjadi moda transportasi sangat dibutuhkan masyarakat karena penggunaannya yang mudah dan lebih efisien. Efek VUCA juga tidak berhenti pada pelayanan ojek online, karena perusahaan tersebut juga menghadapi volatility dengan menyediakan layanan lain di dalam aplikasinya seperti, layanan antar makanan dan layanan antar barang.

Selain contoh ojek online yang merupakan efek dari VUCA, pembayaran dan pembelian barang juga berdampak pada efek Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity ini. Misalnya saja dulu seringkali transaksi hanya mengandalkan cash namun kini bentuk transaksi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya, e-money atau dompet digital.

Menghadapi VUCA dengan Teknologi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, efek VUCA dapat diatasi dengan penggunaan teknologi informasi. Bidang keuangan dan bisnis merupakan bidang yang berdampak pada efek VUCA ini. Anda dapat menerapkan teknologi dalam pengelolaan general ledger dan juga segala transaksi bisnis seperti membuat invoice, menghitung laba rugi, dan segala hal dalam pencatatan keuangan. Penerapan strategi bisnis dengan VUCA akan memudahkan operasional bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien, oleh karenanya VUCA adalah cara identifikasi strategi bisnis yang berhubungan dengan teknologi.

Penggunaan software keuangan adalah salah satunya yang memudahkan bisnis saat ini. Software keuangan JojoExpense kami rekomendasikan dalam mengatur keuangan bisnis Anda. JojoExpense sendiri merupakan aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengelola uang secara otomatis sehingga bisa lebih menghemat waktu. Sehingga pengelolaan keuangan dapat dikontrol secara otomatis dan tersistem dengan baik.

Semua proses kelola keuangan dan akuntansi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi JojoExpense. Coba JojoExpense gratis sekarang juga untuk mendapatkan pengalaman kelola keuangan yang cepat dan fleksibel untuk menghadapi efek VUCA.

Selain itu, JojoExpense juga memiliki berbagai fitur andalan seperti:

  • Meningkatkan produktivitas dengan otomasi proses pelaporan expense
  • Terintegrasi dengan software ERP
  • Meningkatkan pemahaman mengenai pengeluaran dengan akses laporan satu kali klik

FITUR PENDUKUNG

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced

Tertarik untuk menciptakan keunggulan finansial bisnis Anda? Segera daftarkan perusahaan Anda dan nikmati fasilitas coba gratis sekarang juga!