Website adalah salah satu Solusi Bisnis, benarkah?

website adalah

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini, otomatis mempengaruhi bidang lain. Salah satunya adalah dengan berkembangnya internet di Indonesia. Website adalah media informasi yang sering Anda kunjungi setiap hari di internet.

Meskipun sudah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa itu website. Melalui artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian website beserta sejarah, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Memiliki Website adalah Solusi bisnis

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan namun seiring perkembangan teknologi, kini website sudah memiliki tampilan yang lebih beragam dengan desain gambar yang menarik. Sehingga banyak yang menjadikan website sebagai sarana promosi bisnis.

Sejarah perkembangan Website

Memiliki website memang sangat menguntungkan, namun tahukah Anda bahwa website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980 an dan baru resmi online pada tahun 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.

website adalah

Website adalah Jendela Dunia

Sebagai jendela dunia maya, untuk menunjang kinerjanya website memiliki 3 unsur yang sangat vital, tanpa adanya semua unsur ini, website anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur tersebut adalah:

1. Domain

Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

2. Hosting

Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya yang menyediakan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Konten

Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Manfaat Website

Website memiliki banyak manfaat untuk kegiatan usaha atau bisnis, Anda dapat melakukan promosi langsung melalui website bisnis atau juga bisa mengakses langsung melalui platform media sosial yang telah terhubung ke website Anda. Tidak hanya itu, bahkan transaksi dan belanja online juga bisa terjadi di website.

Selain itu ketika Anda membutuhkan informasi penting, Anda juga bisa mengaksesnya melalui website yang Anda miliki.

Ternyata manfaat website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website. Berikut adalah beberapa manfaat website yang penting untuk Anda ketahui :

1. Bangun Personal Branding

Dimulai dari manfaat website untuk pribadi, yaitu website untuk personal branding. Dengan website Anda bisa membangun personal branding yang kuat dan terpercaya.

Anda bisa membagikan hasil karya dan portofolio Anda di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda bisa membangun personal branding yang profesional menggunakan website.

2. Berbagi Cerita dan Informasi

Konsep berbagi cerita yang diposting dalam website adalah salah satu konsep yang cukup menarik dan sering menarik pengunjung website lebih banyak. Kalau Anda pernah membaca cerita dari Raditya Dika atau mungkin Anda pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka berdua adalah contoh blogger yang sukses bermodalkan cerita melalui website.

Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

3. Menghasilkan Uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Anda bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan komisi jika Anda yang membeli melalui website Anda.

website adalah

Jumlah Website di Internet

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum per Januari 2020, sudah ada sekitar 1,74 miliar website di internet. Informasi tersebut sebagaimana disampaikan oleh Web Hosting Rating.

Mengingat banyaknya jumlah ini, maka jenis website pun juga bervariasi dengan fungsi dan manfaat website masing-masing. Oleh karena itu, jika ingin membuat website, pastikan website Anda standout!

Jenis-jenis Website

Ada berbagai jenis website yang bisa Anda temukan di internet. Namun, hanya ada tiga jenis website berdasarkan kepemilikan, yaitu:

1. Website pribadi

Jenis website yang satu ini dikelola perorangan. Biasanya, website pribadi dibuat menjadi sebuah blog gratis menggunakan layanan blogging, seperti WordPress, Blogger, Wix, dan sebagainya. Namun, ada pula website yang digunakan untuk portfolio, seperti galeri fotografi, artikel blog, portfolio video atau desain, dan sebagainya.

Beberapa contoh website yang bisa Anda jadikan panutan sebagai website pribadi adalah galeri foto milik Paul Nicklen, website portofolio milik sutradara Lisette Donkersloot, gabungan portofolio foto dan videografi dari Taylor Gray, atau resumé interaktif milik Robby Leonardi.

2. Website bisnis dan perusahaan

Jenis website ini dibuat untuk menampilkan informasi terkait brand atau profil perusahaan terkait yang bertujuan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai identitas mereka. Jika Anda berniat membuat website jenis ini, ada baiknya jika Anda membuat halaman khusus yang diisi dengan blog berisi artikel yang SEO-friendly demi meningkatkan popularitas website-mu.

3. Situs Web komunitas

Disebut Website komunitas karena biasanya menggunakan ekstensi domain “.org”. Tujuan pembuatan website yang satu ini adalah untuk saling berbagi informasi antar anggota, sebagai papan informasi virtual, atau forum untuk sarana diskusi. Anda bisa mendapatkan domain gratis berekstensi “.org” dengan membeli paket hosting minimal Warrior di Dewaweb.

4. Website e-commerce

Jenis website yang satu ini mengacu pada situs apa pun yang telah dibuat dengan tujuan untuk menjual barang atau layanan online. Selain menjual barang, Anda juga bisa memanfaatkan website e-commerce untuk menampilkan informasi brand Anda atau campaign yang sedang Anda jalankan dalam bisnis Anda.

website adalah

Manfaat Situs Web bagi dunia bisnis

Setelah mengetahui pengertian website hingga apa saja jenis website untuk inspirasimu, kini waktunya Anda mengetahui apa saja manfaat website yang bisa Anda dapatkan. Sebagai penyedia informasi yang sering digunakan baik untuk perusahaan, organisasi, atau individu, ternyata website punya beberapa manfaat penting, yaitu:

1. Memperluas jangkauan promosi

Bagi kepentingan perusahaan atau individu, website sangat mungkin digunakan sebagai sarana promosi. Alasannya selain meningkatkan kredibilitas, jika website Anda berhasil masuk di halaman pertama hasil pencarian Google dengan SEO yang baik, bukan tak mungkin website Anda bisa dikenal oleh lebih banyak orang dan dikunjungi banyak pengguna internet. Artinya, peningkatan traffic!

2. Media tanpa batas

Website adalah sebagai Apenyedia informasi kepada para pengunjung dan membantu mereka mendapatkan informasi hingga solusi atas masalah yang mereka miliki. Website bisa Anda andalkan sebagai media promosi tanpa batas untuk produk atau jasa Anda selama 24 jam. Kabar baiknya, ini berarti website juga dapat membantu Anda menghasilkan konversi yang bagus.

3. Wadah komunitas

Sesuai dengan jenis website di atas, Anda juga bisa memanfaatkan website untuk menjadi wadah komunitas sesuai ketertarikan Anda. Misalnya, jika kamu adalah pecinta reptil, Anda bisa membuat website berisi pengetahuan tentang cara merawat reptil hingga mengumpulkan orang-orang dengan ketertarikan yang sama hingga membuat organisasi.

Apapun jenis website yang akan Anda buat, itu semua kembali lagi pada kebutuhan Anda. Namun, pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah menggunakan Cloud hosting terbaik yang cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan.

website adalah

Software berbasis cloud tidak hanya terbaik untuk website perusahaan Anda tetapi juga untuk kinerja aplikasi keuangan Anda, seperti aplikasi yang diluncurkan oleh Jojonomic, yaitu aplikasi keuangan terbaik JojoExpense.

Aplikasi Finance & Expense

Atasi tantangan akuntansi bisnis menggunakan rangkaian aplikasi keuangan terbaik dari kami di cloud.

JojoExpense, adalah produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi keuangan terbaik JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Fitur Populer yang dimiliki JojoExpense diantaranya :

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan.
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan Anda buktikan kinerja aplikasi kami dengan klik link ini Coba Gratis Sekarang