Pentingnya Akta Pendirian Perusahaan Dalam Administrasi Bisnis

Sebagai pengusaha, dalam menjalankan bisnis tentu ada banyak hal penting yang harus diketahui, termasuk pentingnya akta pendirian perusahaan. Tanpa adanya akta tersebut, tentu legalitas sebuah bisnis dan perusahaan bisa jadi dipertanyakan. Oleh sebab itu jika hendak mendirikan perusahaan atau baru saja memulai bisnis, sebaiknya persyaratan administrasi yang penting ini diutamakan lebih dulu. Sayangnya, banyak pebisnis sering kali tidak memahami bagaimana pentingnya akta yang satu ini sekaligus langkah kepengurusannya. Supaya lebih jelas mengenai seluk beluk hal tersebut, di bawah ini adalah sedikit informasi dan penjelasan mengenai akta pendirian perusahaan.

Tentang Akta Pendirian Perusahaan

Pertama-tama sebaiknya pahami dulu mengenai apa yang dimaksud oleh akta tersebut. Akta pendirian perusahaan ini sebenarnya merupakan salah satu bukti dan pencatatan legalitas didirikannya sebuah usaha atau bisnis. Termasuk kapan, dimana dan oleh siapa. Sehingga dengan demikian perusahaan tersebut dapat terdaftar secara resmi dan mempunyai kekuatan hukum yang sah. Oleh sebab itu umumnya akta ini dibuat di hadapan notaris dan pejabat yang berwenang untuk memastikan sah atau tidaknya.

Di dalam akta tersebut ada beberapa hal penting yang dimuat. Hal-hal tersebut umumnya meliputi poin-poin berikut ini:

  • Tanggal berdirinya sebuah perusahaan.
  • Nama pendiri perusahaan secara lengkap, baik perorangan maupun berkelompok milik organisasi atau yayasan.
  • Nama lengkap perusahaan dan bentuk usaha yang dijalankan.
  • Alamat dari tempat usaha yang digunakan.
  • Tujuan pendirian perusahaan secara lengkap dan rinci.
  • Kepengurusan di dalam perusahaan secara legal.
  • Serta beberapa informasi lain yang diperlukan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan tersebut secara rinci.

Manfaat Pembuatan Akta

Banyak pengusaha sering mengabaikan urusan administrasi usahanya. Padahal hal tersebut ternyata dapat membawa manfaat yang cukup penting. Demikian halnya saat harus mengurus akta pendirian perusahaan. Ada beberapa hal yang dapat diperoleh jika sebuah bisnis dan usaha memiliki jenis akta yang satu ini. Berikut manfaatnya lebih jelas.

  • Memberikan kekuatan hukum yang jelas mengenai status dari perusahaan yang didirikan. Tanpa kekuatan hukum yang sah maka ke depannya segala masalah administrasi yang timbul bisa saja terhalang. Termasuk jika bertujuan untuk ikut serta dalam pelelangan maupun proyek yang bersifat nasional maupun internasional.
  • Membantu menegaskan masalah pembagian keuntungan antar pemilik perusahaan secara sah. Sehingga hal ini secara tidak langsung bisa menghindarkan adanya perselisihan di kemudian hari mengenai pembagian keuntungan perusahaan pada setiap pemilik modal yang terlibat.
  • Mengesahkan status pemilik perusahaan secara hukum. Sehingga apabila terjadi sesuatu di kemudian hari termasuk pengalihan dan jual beli bisnis, maka ada kekuatan hukum pemilik yang sah atas perusahaan tersebut.
  • Meningkatkan kredibilitas, umumnya banyak investor yang lebih mempercayai dan mau bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki legalitas jelas dan terdaftar secara resmi.

Syarat Akta Pendirian Perusahaan

Tentu sebagian besar pengusaha memahami pentingnya jenis akta ini, tetapi sebagian besar lagi masih sering mengalami kesulitan dan tidak tahu menahu akan apa yang harus dilakukan dalam kepengurusan akta. Pastinya ada beberapa syarat yang umumnya diperlukan jika ingin mengurus akta tersebut. Oleh karena itu, jika memang berencana untuk membuat akta pendirian perusahaan, perhatikan lebih dulu syarat yang harus dilengkapi berikut ini:

  • Identitas lengkap para pendiri perusahaan. Sehingga dapat memberikan informasi yang valid dan resmi terdaftar terhadap nama pemilik dan identitas resmi pemilik yang diakui negara. Identitas ini umumnya termasuk KTP, KK, NPWP, dan sejenisnya.
  • Surat keterangan pejabat setempat yang berwenang, umumnya hal ini dapat diwakilkan oleh ketua RT atau RW setempat. Dimana hal ini untuk memberikan kepastian keberadaan perusahaan dan bukan termasuk perusahaan fiktif.
  • Informasi lokasi perusahaan secara nyata yang dapat dan bersedia untuk dilakukan survey sewaktu-waktu.
  • Pas foto penanggung jawab sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap keberadaan perusahaan serta terkait pendirian akta secara resmi.

Langkah Mengurus Akta

Setelah menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan, sebaiknya segera saja memulai untuk mengurus pembuatan akta. Beberapa pengusaha tidak ingin ambil pusing dan kerepotan mengurusnya. Sehingga sudah bukan rahasia jika ada banyak biro jasa yang membantu memfasilitas pembuatan akta tersebut. Harganya di pasaran juga bervariasi, tergantung jenis bisnis dan perusahaan yang didirikan, berskala kecil atau besar, serta apa jenis bisnis yang dijalankan.

Meskipun ada banyak bantuan tersedia dalam jasa pengurusan akta pendirian perusahaan, bagi pebisnis yang memiliki dana terbatas, tentu akan lebih hemat jika mengurusnya sendiri. Hanya saja masih banyak yang kurang paham langkah mana yang harus dilakukan. Atau apa saja yang perlu untuk dilakukan dalam mengurus jenis akta ini. Supaya jelas, berikut ini beberapa tips langkah mengurus akta pendirian perusahaan secara mandiri, supaya legalitas perusahaan jelas dan terdaftar.

  • Yang pertama sebaiknya kunjungi notaris terdekat yang sanggup membantu menyiapkan segala keperluan administrasi berkaitan dengan surat menyurat legal secara hukum. Sehingga nantinya seluruh surat resmi yang memerlukan kehadiran notaris dapat disiapkan.
  • Selanjutnya bawalah seluruh berkas yang dimiliki ke instansi terkait yang berwenang untuk menerbitkan akta tersebut. Umumnya akta pendirian perusahaan dikeluarkan oleh dinas perdagangan dan tenaga kerja. Sehingga ada baiknya mencari informasi lebih dulu pada dua lembaga terkait tersebut untuk mendapatkan alur pembuatan akta yang sesuai.
  • Berikut yaitu mengurus surat pengajuan nama perusahaan supaya disetujui. Barulah setelahnya maka dilanjutkan dengan mengajukan SIUP dan TDP untuk perlengkapan pendirian akta perusahaan nantinya.
  • Terakhir tinggal menunggu hingga akta dikeluarkan secara resmi oleh pihak yang bersangkutan. Patut diketahui bahwa pada dasarnya pengurusan jenis akta ini bisa bervariasi di tiap daerah. Namun biasanya dapat dengan mudah diperoleh tidak lebih dari seminggu kerja. Sehingga tidak perlu menunggu lama jika memang sudah merencanakan untuk mendirikan sebuah perusahaan. Baik sendiri maupun bersama-sama.

Memperhatikan serta mengurus akta pendirian perusahaan memang sebuah hal penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sama halnya dengan memperhatikan penggunaan sistem absensi yang sesuai untuk perusahaan Anda. Salah satu caranya melalui penggunaan JojoTimes, dimana produk ini terbukti membawa berbagai macam manfaat bagi perusahaan. Mulai dari manfaat sistem absensi yang sistematis dan otomatis. Kemudian juga membantu mencegah penipuan absensi secara optimal. Hingga kemudahan untuk mengecek keberadaan karyawan dan potensi karir karyawan secara detil. Termasuk jatah cuti karyawan dan informasi karyawan yang tersistem.

Semua manfaat tersebut berkat adanya fitur-fitur menarik, meliputi fitur Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, Shift / Flexible Work Hour Setup, serta beberapa fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu tidak perlu ragu jika ingin beralih pada produk yang satu ini. Segera jadwalkan coba gratis untuk memperoleh informasi lengkap bagi perusahaan Anda. Gantilah sistem absensi manual perusahaan Anda dengan produk yang jauh lebih sistematis dan menguntungkan. Hanya melalui penggunaan JojoTimes.