Apa itu Cash Advance? Dan Keuntungannya Bagi Karyawan?

apa itu cash advance

Setiap orang bahkan organisasi atau perusahaan saat ini pasti paham fitur cash advance, yang seolah menjadi kebutuhan sangat penting. Apa itu Cash advance ? Cash Advance adalah salah satu cara mendapatkan uang tunai yang sedang cukup populer di masyarakat saat ini.

Sebenarnya cash advance adalah salah satu fitur dari kartu kredit, jadi penggunaannya mewajibkan anda harus membayar kembali uang tunai yang anda tarik. Walau sama-sama menggunakan kartu, perlu diperhatikan bahwa penarikan uang tunai menggunakan kartu debit adalah penarikan uang tunai dari tabungan anda.

Dalam artikel ini kita akan kupas tuntas apa itu Cash Advance ?

Apa itu Cash Advance ?dan fungsinya ?

Berbeda dengan kartu kredit, cash advance menggunakan uang tunai hasil penarikan dari kartu kredit yang sebenarnya bukan uang milik anda. Jadi anda harus melakukan pembayaran layaknya pembelian menggunakan kartu kredit. Bedanya yang anda beli dari fitur cash advance adalah uang tunai, bukan barang ataupun jasa.

Terlihat sangat memudahkan kebutuhan uang tunai anda bukan? Apalagi untuk anda yang memang sedang sangat membutuhkan uang tunai dan bingung bagaimana cara mendapatkannya. Namun layanan cash advance ini tidak murah. Ada banyak biaya yang harus anda tanggung dan juga bunga dari pembayaran baliknya ke perusahaan pengeluar kartu kredit di mana anda menarik cash advance menggunakan kartu itu.

Agar anda tidak salah menggunakan layanan cash advance dan malah terlilit pengeluaran yang lebih besar, sebaiknya anda mempelajari lebih dahulu apa itu cash advance dan ketentuannya. Jadi silahkan simak penjelasan mengenai cash advance tersebut pada bagian berikut ini.

apa itu cash advance ?

Biaya-biaya yang dibebankan dari Cash Advance

Ada 3 biaya yang akan dibebankan pada anda ketika menarik uang tunai dengan cash advance. Biaya-biaya tersebut antara lain adalah:

1. Biaya Bunga

Terakhir, cash advance saat anda tarik sejumlah uang tunai akan membebankan bunga pada anda saat pembayaran. Biasanya besar bunga dari penarikan cash advance kartu kredit ini lebih besar dari bunga pembelian barang dengan kartu kredit. Itulah sebabnya anda harus berhati-hati melakukan penarikan uang tunai dengan cash advance, karena ada sangat banyak biaya yang dibebankan untuk anda saat pembayarannya nanti.

2. Biaya Layanan

Saat menarik uang tunai dengan cash advance anda akan dikenakan biaya layanan. Biaya layanan ini dinamakan juga sebagai cash advance fees. Besar biayanya ditentukan oleh penerbit kartu kredit dan biasanya biaya tetap, misal Rp50.000 atau Rp150.000. Ada juga penerbit kartu kredit yang memberikan beban biaya layanan sebesar sekian persen dari besar uang yang ditarik. Besar persen bisa mulai dari 3% hingga 5% dari jumlah uang yang ditarik dan biasanya tidak lebih dari Rp150.000.

3. Biaya Transaksi Penarikan

Cash advance adalah penarikan uang seperti pinjaman dari kartu kredit. Anda bisa menarik uang ini dari ATM, jika kartu kredit anda menggunakan PIN. Namun jika tidak menggunakan PIN, anda bisa menarik uang tunai melalui bank. Saat melakukan penarikan uang tunai ini, anda akan dikenakan biaya transaksi. Biaya transaksi penarikan ini ditetapkan oleh kartu dan bank yang digunakan. Jadi pelajari ketentuan bank dan kartu kredit yang anda gunakan untuk mengetahuinya.

apa itu cash advance ?

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance ?

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan layanan Cash Advance diantaranya adalah :

1. Kekurangan Cash Advance

Cash advance dengan biaya yang sangat besar ini sangat memberatkan untuk anda. Pembayarannya pun membutuhkan waktu singkat, jadi anda harus mengetahui apakah anda mampu membayar sejumlah uang tunai itu dengan tambahan biayanya.

Jadi jangan pernah mengambil uang tunai dari kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit juga. Hal ini hanya akan membuat bunga semakin besar dan anda tidak bisa menanggulanginya lagi.

2. Kelebihan Cash Advance

Cash advance memudahkan Anda menarik uang tunai dengan cepat dan mudah, layaknya uang di kartu debit Jadi fitur ini sangat bermanfaat dalam kondisi darurat, jika Anda membutuhkan uang tunai Saat anda memerlukan uang tunai dan tidak ada Jika besar uang yang harus Anda tarik tidak terlalu banyak, maka Anda bisa membayanya dalam jangka waktu singkat juga Sehingga kondisi darurat bisa dilewati dengan mudah

Biasanya besar uang yang harus anda tarik tidak terlalu banyak. Jadi anda bisa membayarnya dalam jangka waktu singkat juga. Jadi kondisi darurat bisa anda lewati dengan mudah. Misalnya gunakan cash advance, saat anda akan membeli atau membayar sesuatu yang tidak menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu.

apa itu cash advance ?

Proses pengajuan lebih simpel dan mudah

Dengan kemudahan cash advance Jojonomic, pengeluaran seperti reimbursement atau kasbon saat perjalanan dinas dapat diakomodasi dengan cepat. Sistem berbasis cloud memungkinkan proses pengajuan dapat dilakukan di mana pun. Fitur cash advance Jojonomic memungkinkan pengajuan dan administrasi dilakukan tanpa menggunakan formulir fisik.

Persetujuan atau penolakannya pun bisa dilakukan hanya dengan mengakses aplikasi mobile. Seluruh alurnya tercatat secara digital dalam sistem Jojoexpense. Hal ini mengurangi beban ruangan dan akomodasi yang dibutuhkan jika proses manual.

Fitur Cash Advance dari Jojonomic

Organisasi atau perusahaan yang karyawannya memiliki mobilitas tinggi sudah pasti memerlukan manajemen biaya yang baik. Pencatatan yang baik diperlukan oleh kedua belah pihak agar pengeluaran bisa lebih terkontrol dan dapat dipertanggungjawabkan. Penggunaan teknologi dalam manajemen pengeluaran pun menjadi modal yang wajib dimiliki.

Namun, kenyataannya masih banyak perusahaan yang belum meninggalkan cara-cara manual dalam memproses reimbursement atau uang muka kerja mereka. Sebanyak 35 persen entitas bisnis masih menggunakan sistem pelaporan pengeluaran berbasis manual untuk perusahaannya. Padahal itu sangat merepotkan dan ketinggalan jaman.

apa itu cash advance ?

Beberapa Manfaat Fitur Cash Advance

Fitur – fitur Cash Advance memberikan kemudahan dan jaminan yang lebih baik atas ketersediaan biaya untuk kegiatan kerja. Selain itu, pengaturan keuangan juga lebih terkendali karena pengeluaran biaya didasarkan pada data-data valid, bukan pengeluaran karyawan yang sulit dikontrol dan dimonitor, dan manfaat yang ditawarkan fitur ini termasuk :

Proses Pengajuan Otomatis

Fitur Cash Advance Jojonomic memungkinkan pengajuan dan administrasi dilakukan tanpa menggunakan formulir fisik. Persetujuan atau penolakannya pun bisa dilakukan hanya dengan mengakses aplikasi mobile. Seluruh alurnya tercatat secara digital dalam sistem Talenta. Hal ini mengurangi beban ruangan dan akomodasi yang dibutuhkan jika proses manual.

Catatan Pengeluaran yang Lebih Baik

Cash Advance juga membantu perusahaan untuk memperoleh catatan pengeluaran yang lebih transparan dan akuntabel. Segala bentuk pemenuhan fasilitas bisa dilihat secara real-time dan terekam dengan jelas. Melalui fitur ini, perusahaan mampu terhindar dari praktik penggelembungan biaya dan klaim berlebih.

Jaminan Ketersediaan Dana

Fitur cash advance sangat membantu sekali bagi operasional keuangan perusahaan. Karena dengan menggunakan fitur Cash Advance, ketersediaan biaya dapat lebih terjamin karena karyawan tak harus mencadangkan biaya kegiatan dari kantong pribadinya sendiri. Karyawan pun tidak perlu khawatir untuk semua pengeluaran yang akan dibutuhkan setiap kali perjalanan dinas, karena semua kebutuhan biaya terjamin oleh perusahaan.

Cara Penggunaan Cash Advance

Fitur Cash Advance dapat diakses melalui aplikasi JojoExpense di website. Untuk menggunakannya, Admin perlu melakukan pengaturan melalui halaman Setting di dashboard Talenta. Pengaturan ini meliputi pemilihan kategori expense, kebijakan dan aturan perusahaan, serta melakukan assignment mengenai siapa saja karyawan yang diperbolehkan mengakses fitur Cash Advance.

Setelah itu, Admin melakukan pengaturan approval berdasarkan ketentuan yang berlaku di perusahaan masing-masing. Kini, fitur Cash Advance bisa langsung digunakan oleh employee melalui aplikasi Talenta.

Mengapa wajib beralih ke Cash Advance Jojonomic ?

Dengan sistem cash advance yang fleksibel, alokasi dana yang dikeluarkan akan terserap lebih efisien dengan manfaat yang optimal. Selain itu ada beberapa alasan kenapa harus memilih fitur cash advance dari JojoExpanse diantaranya yaitu :

1. Simplifikasi pengelolaan administrasi

Pengelolaan sistem cash advance atau kasbon menjadi lebih mudah dan ekonomis dengan penggunaan platform yang terintegrasi dan otomatis.

2. Laporan yang lebih Komprehensif

Dengan sistem yang tercatat otomatis dan real-time, laporan kasbon dapat dibuat lebih komprehensif dan menjadi acuan untuk berbagai pengambilan kebijakan.

Manfaat lainnya untuk Anda

Nikmati beragam kemudahan dan manfaat dari penggunaan cash advance JojoExpense yang lebih mudah, otomatis, dan terintegrasi HRIS.

  1. Memangkas kegiatan administrasi
  2. Hemat waktu untuk berbagai tugas lainnya
  3. Atur pengeluaran dinas tanpa mengganggu arus kas
  4. Tanpa kecurangan dengan data real-time
  5. otomatis dan lebih fleksibel
apa itu cash advance ?

Aplikasi JojoExpense dengan fitur yang lengkap

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

FITUR POPULER

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang