Apa Itu Penjualan? Pengertian Serta Model Penjualan

apa itu penjualan

Apa itu Penjualan? Definisi dari penjualan itu sendiri merujuk pada sejumlah aktifitas yang digunakan dalam menjual suatu produk atau jasa kepada pembeli. Sedangkan dalam prakteknya, penjualan itu sendiri bisa diartikan jauh lebih luas lagi.

Perusahaan atau organisasi memperkerjakan sleuruh pegawai dari berbagai departemen yang ada untuk memberikan kontribusinya dalam menjual suatu produk atau jasa.

Meski biasanya tim sales dibentuk untuk terikat pada serangkaian kuota penjualan per bulan, tujuan utama dari penjualan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah yang dimiliki oleh kostumer itu sendiri. Seperti membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, serta menyediakan pilihan dalam menyelesaikan permasalahan kebutuhan – kebutuhan konsumen yang ada. Upaya tersebut biasanya bertujuan untuk meningkatkan pembelian, memberikan kepuasan kepada pelanggan serta menambah pendapatan bagi perusahaan.

Penjualan merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendiskripsikan berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menjual suatu barang atau jasa. Pebisnis biasnaya memiliki sebuah organisasi penjualan yang akan dibagi – bagi ke dalam timnya masing – masing. Dimana tim penjualan tersebut biasanya didasarkan pada wilayah yang akan dijadikan target penjualan, barang atau jasa yang ditawarkan serta bagaimana target kostumer itu sendiri. Hal tersebut merupakan pengertian dari apa itu penjualan.

Sales akan menghubungi calon pelanggan yang mungkin tertarik dengan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan – calon pelanggan yang tertarik adalah mereka yang mengunjungi website perusahaan atau berinteraksi dengan tim penjualan di sosial media.

Tujuan utamanya adalah menjangkau calon kostumer yang menunjukkan minat sesuai dengan target perusahaan – dengan harapan akan mampu menawarkan produk atau jasa perusahaan agar masalah kostumer dapat terselesaikan. hal ini merupakan fungsi dari apa itu penjualan.

apa itu penjualan

Marketing dan Jenis Sales

Tahukah anda bagaimana seorang sales dapat mengidentifikasi atau mendapatkan daftar calon pelanggan yang menjanjikan? Tim marketing serta strategi penjualannyalah yang menjadi cara terbaik bagi perusahaan untuk menghasilkan prospek pelanggan yang berkualitas. Salah satu studi menunjukkan bahwa sekitar 28% calon pelanggan yang potensial didapatkan dari pencarian melalui tim marketing. Meski pada kenyataannya marketing dan sales menggunakan dua proses yang sangat berbeda, namun jika digunakan dengan benar hal ini akan memberikan fungsi impak yang besar terhadap keuntungan perusahaan.

Jadi, bagaimana cara sebuah tim sales menjual suatu barang atau jasa? Berikut adalah beberapa jenis atau tipe penjualan yang mungkin perlu anda ketahui, antara lain adalah :

Inside Sales

Ketika seorang sales menghubungi seorang calon pelanggan potensial secara online atau remote, mereka biasanya mengikuti panduan penjualan secara inside yang ada. Dimana inside sales bisa diartikan sebagai penjualan yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Sebuah perusahaan yang menggunakan pendekatan sistem inside sales biasanya memiliki proses penjualan yang otomatis serta jam kerja yang telah terstruktur.

Dari penjualan jasa telpon hingga internet, banyak sekali barang atau jasa yang ternyata dijual menggunakan Teknik inside sales. Sistem kerja dari inside sales adalah dengan sales yang menghubungi calon pelanggan untuk menyelesaikan serangkaian proses penjualan dasar – hingga melihat kebutuhan pelanggan, mencocokkannya dengan solusi yang tepat hingga terjadilah pembelian. Anda mungkin juga bisa menggunakan sejumlah software khusus untuk sales dalam melacak serta melihat interaksi antara perusahaan dengan pembeli.

apa itu penjualan

Outside Sales

Dalam sebuah tim yang membutuhkan seorang sales untuk siap tatap muka langsung dengan calon pelanggan. Mereka biasanya menggunakan jenis outside sales dalam proses pendekatannya. Hal ini dimaksutkan bahwa sebuah perusahaan menugaskan sales untuk menjual barang atau jasa diluar dari perusahaan – secara tradisional biasanya dengan menawarkan barang atau jasa melalui satu pintu ke pintu lainnya. Outside sales lebih sering bersifat tidak mengikat – tidak memiliki proses pengaturan yang terlalu ketat. Sehingga membebaskan sales untuk lebih fleksibel dalam mengembangkan serta menerapkan startegi penjualannya masing – masing.

Salah satu contoh yang bisa anda lihat adalah perusahaan perlengkapan Kesehatan yang menggunakan sales berpengalaman yang mampu mencocokkan produk yang mereka jual dengan tenaga medis professional. Meski terkadang tugas dari sales alat Kesehatan sangat berat dimana mengharuskan mereka berpergian hampir setiap hari. Namun begitu deal dicapai orang bagian Kesehatan dan administratornya akan langsung memilih barang apa saja yang mereka butuhkan.

Di sisi lain, sales juga bisa mengikuti seminar atau konferensi – konferensi ilmiah Ketika mengejar calon pelanggan prospektifnya. Dimana mengikuti smeinara tau konferensi – konferensi tersebut akan menambah jaringan serta hubungan antara penjual dan pembeli lebih dalam lagi.

Bussiness to Bussiness Sales

B2B Sales atau Bussiness to Bussiness sales dideskripsikan sebagai perusahaan yang menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Dan tidak menjualnya kepada seorang kostumer secara individu.

Tipe sales yang satu ini biasanya memiliki harga tiket yang lebih tinggi serta aturan yang lebih kompleks karna produk atau jasa yang dijual ke perusahaan lainnya akan menjadi alat yang berperan penting dalam pengoperasian perusahaan itu sendiri.

Dalam dunia B2B, sales dapat menjual barang atau jasa ke bisnis kecil hingga menengah atau seorang kostumer enterprise.

Banyak platform yang menyediakan bantuan kepada seorang sales representative untuk membangun jaringan atau hubungan dengan pembeli. Sebagai sebuah bisnis yang bertujuan untuk membantu bisnis lain berjalan sempurna. Platform – platform tersebut biasanya menyediakan media komunikasi jangka Panjang antara satu bisnis dengan bisnis yang lainnya.

apa itu penjualan

Bussiness to Costumer Sales

Seperti halnya business to business sales. B2C sales merupakan bisnis yang berputar di area transaksi antara sebuah perusahaan dengan satu kostumer secara individual. Kesepatakan penjualan yang dicapai biasanya memiliki nilai harga yang tidak terlalu tinggi serta tidak terlalu kompleks juga jika dibandingkan dengan B2B. Perusahaan bahkan bisa mendapatkan banyak deal dari kostumer atau pelanggan yang berbeda – beda pula.

Perusahaan jasa pindah kantor atau rumah seperti ekspedisi biasanya bergantung pada tipe atau jenis sales yang satu ini. Dimana perusahaan tersebut menggunakan koneksi secara langsung dengan pengguna jasa yang mereka tawarkan.

Proses penjualan yang dilakukan juga terkesan sederhana namun efektif. Dimana perusahaan mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan jasa yang mereka tawarkan kemudian menyebutkan sejumlah bayaran yang akan diterima atau tidak oleh perusahaan itu sendiri. Kemudian, tim sales akan mulai bekerja untuk membujuk calon pelanggan memilih layanan pindahan mereka sesuai dengan harga yang ditawarkan. Biasanya dengan iming – iming bahwa biaya pemindahan tersebut akan berbanding lurus dengan kesepatan pengiriman serta jaminan asuransi barang yang dipindahkan.

Dalam menjalankan suatu usaha, perusahaan pasti memerlukan laporan keuangan yang baik dan terorganisir untuk mengetahui performa bisnis kamu. Oleh karena itu, anda bisa menyerahkan semua urusan tersebut di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini. Dengan menggunakan sistem yang canggih serta akurat, dijamin laporan keuangan anda bisa tersusun dengan rapi. Pun anda bisa menghemat biaya dan waktu dengan melalui sistem otomatis yang bisa kamu cek dimanapun kamu berada.