Attendance Management Features : Jenis dan Fungsinya

Attendance Management Features

Attendance Management Features atau yang lebih dikenal sebagai Absensi lebih dari sekedar data absensi karyawan. Sistem ini juga mudah dikelola, yang akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan atau merumuskan kebijakan. Oleh karena itu, terdapat sistem khusus untuk mengatur absensi yang biasa disebut dengan “manajemen absensi”.

Manajemen kehadiran terkait erat dengan produktivitas tempat kerja dan profitabilitas organisasi. Melacak kehadiran karyawan dapat membantu perusahaan tumbuh dan berkembang di bidang bisnis masing-masing. Dengan perkembangan teknologi, manajemen absensi juga dapat dilakukan melalui software.

Ini merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelola data absensi perusahaan, karena dapat dilakukan secara otomatis sehingga pengoperasiannya lebih ideal. Jojonomic adalah salah satu penyedia perangkat lunak manajemen waktu dan kehadiran. Sebagai penyedia layanan sistem informasi sumber daya manusia, menyediakan software manajemen kehadiran dengan kelebihan yang sangat dibutuhkan perusahaan.

Perangkat lunak manajemen Attendance Management Features Jojonomic

Attendance Management Features

Teknologi perangkat lunak manajemen kehadiran Jojonomic memiliki banyak keuntungan. Sistem yang disediakan memungkinkan karyawan untuk dengan mudah mengatur kehadiran karyawan pada jam dan jam kerja tetap. Komponen yang ada juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Anda dapat menambahkan komponen yang terkait dengan kebijakan perusahaan ke sistem, seperti toleransi penundaan, jadwal kerja yang fleksibel, dll.

Untuk HRD, menggunakan software manajemen absensi Jojonomic juga sangat membantu. Karena otomatis, mereka bisa mengelola data absensi karyawan dengan lebih akurat. Nilai akurasi ini sangat penting karena mempengaruhi nilai gaji setiap karyawan.

Attendance Management Features

Fungsi manajemen kehadiran digunakan untuk mencatat, menyimpan dan membuat laporan kehadiran karyawan. Hal ini mungkin terlihat mudah, namun kenyataannya tidak demikian, karena absensi pegawai memiliki banyak faktor seperti: jadwal shift, alat absensi, lokasi absensi, perhitungan tunjangan absensi atau keterlambatan. Apa yang akan Anda peroleh dari fungsi kehadiran ini?

  • Data absensi karyawan mudah dikelola
  • Kembangkan jadwal kerja shift sesuai dengan jam kerja perusahaan
  • Karyawan bisa absen melalui smartphone
  • Integrasi dengan mesin absensi kehadiran (seperti pemindai sidik jari dan kartu kontrol akses RFID)
  • Dapat secara otomatis mengimpor data dari mesin absensi
  • Laporan kehadiran cepat dan mudah
  • Integrasi dengan data gaji karyawan

Fungsi perangkat lunak Attendance Management Features Jojonomic

Attendance Management Features

Perangkat lunak manajemen kehadiran Jojonomic memiliki sistem terintegrasi dalam modul “manajemen waktu”. Sistem ini memiliki banyak fungsi, menjadikannya lebih unggul dari sistem absensi lainnya. Secara umum, fungsi yang ada juga memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Fungsi utama perangkat lunak manajemen kehadiran LinovHR adalah sebagai berikut.

Kelompok waktu

Pengelompokan waktu merupakan fungsi yang digunakan untuk mengelompokkan karyawan dengan jam kerja yang sama. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur jadwal dan status kehadiran karyawan Anda dengan cara yang lebih teratur. Melalui perencanaan ini akan dibandingkan dengan data absensi pegawai untuk mendapatkan status absensi.

Menu tersebut juga memiliki komponen lain, seperti pengaturan waktu kerja yang fleksibel, toleransi keterlambatan, cuti tahunan, upah lembur, pembulatan lembur dan lembur hari libur yang fleksibel. Komponen tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Kalender

Fungsi kalender akan menampilkan semua hari libur dan acara perusahaan. Dengan kalender ini, Anda bisa mengatur kondisi karyawan yang bisa berlibur atau mengikuti acara perusahaan. Tampilan menunya sendiri sederhana, sehingga mudah dipahami.

Jadwalkan pengecualian

Karyawan dapat mengubah jadwal karena alasan tertentu. Jika sebelumnya Anda harus mendapatkan izin HRD melalui program yang sebelumnya sering membuang-buang waktu, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan semua pekerjaan dengan menggunakan menu Pengecualian Jadwal. Bagi perusahaan yang menerapkan aturan jam kerja shift untuk karyawan tertentu, menu ini juga sangat memudahkan.

Libur

Menu liburan digunakan untuk mengkonfigurasi liburan perusahaan. Fungsi ini juga dapat digunakan untuk menentukan kuota cuti, jangka waktu kuota, dan daftar karyawan yang berhak mengajukan cuti.

Permohonan izin

Kesalahan dalam pencatatan ketika karyawan lisensi datang terlambat karena masalah tertentu dapat diselesaikan melalui menu “Permintaan Izin”. Menu ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin datang terlambat atau pergi lebih awal, dan untuk mengelolanya. Jika catatan kehadiran tidak sesuai dengan jam kerja, ini akan memudahkan pelacakan.

Cuti

Agar karyawan dapat dengan mudah mengelola permintaan cuti mereka sendiri, mereka dapat menggunakan fungsi permintaan cuti. Fungsi ini tidak hanya digunakan untuk mengajukan cuti, tetapi juga untuk memeriksa kuota cuti.

Persyaratan lembur

Karyawan cukup mengajukan lembur melalui fungsi “Ajukan Lembur”. Ke depan, pengurus atau pengelola HRD bisa langsung memberi izin tanpa prosedur yang rumit atau tidak mudah mendapatkan izinnya.

Jadwal

Dalam fungsi jadwal, manajemen sumber daya manusia dapat dengan mudah mengelola catatan kehadiran karyawan. Sumber daya manusia dapat langsung memasukkan data absensi, kemudian menganalisanya dan membandingkannya dengan rencana karyawan. Menu ini sendiri memiliki dua jenis, yaitu jadwal yang belum dianalisis dan menu yang dianalisis.

Definisi waktu

Salah satu fungsi absensi adalah untuk menentukan akuntansi penggajian atau gaji. Karena data kehadiran dapat dengan mudah diperoleh melalui perangkat lunak absensi LinovHR, proses penghitungan gaji juga lebih efisien dan akurat. Segala kemudahan yang diberikan LinovHR dalam manajemen kehadiran akan berdampak signifikan bagi perusahaan. Hal-hal yang dulunya dilakukan secara manual dan membuang waktu kini dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Pengembangan sumber daya manusia dan karyawan lain dapat menggunakan waktu mereka untuk melakukan hal-hal yang lebih menguntungkan dan produktif.

Kesimpulan Attendance Management Features

Attendance Management Features

Dari sisi sumber daya manusia, perusahaan biasanya menghadapi dua tantangan, yaitu tantangan manajemen dan tantangan strategis. Tantangan administratif meliputi perilaku kehadiran karyawan, ketepatan waktu kehadiran, ketepatan waktu kerja, lamanya jam kerja, pengelolaan cuti, perizinan dan gaji.

Pada saat yang sama, tantangan strategis meliputi rekrutmen, retensi karyawan, evaluasi kinerja, pengembangan sumber daya manusia, persiapan jenjang karir, persiapan gaji dan tunjangan, dll. Dalam rangka melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan administratif dan strategis pengelolaan sumber daya manusia, diharapkan perusahaan tidak hanya bersih, akurat, tetapi juga cepat, efektif dan efisien. Idealnya, perangkat lunak manajemen waktu dan kehadiran berbasis cloud harus digunakan untuk melakukan proses ini.

JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%. Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja, JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.
 
Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.
 
Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!