Bagaimana Cara Kelola Aset Perusahaan Dalam Jangka Panjang

Bagaimana cara kelola aset perusahaan jangka panjang yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan merupakan tantangan yang tumbuh secara eksponensial seiring pertumbuhan perusahaan Kamu.

Manajemen aset adalah tanggung jawab yang membutuhkan alat, sistem, dan praktik terbaik agar tetap unggul. Jika Kamu ditugaskan untuk melacak aset tetap, Kamu akan menemukan bahwa Kamu harus sangat teliti dan berdedikasi.

Karena setiap tantangan dalam pelacakan aset tetap berpotensi menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi perusahaan Kamu dan peningkatan beban administrasi di pihak Kamu. Kamu juga dapat membawa perusahaan ke dalam masalah pajak dan hukum jika Kamu tidak hati-hati.

Ingatlah bahwa IRS tidak hanya ingin menangkap Kamu menipu pemerintah mereka memiliki sumber daya yang tersedia yang benar-benar akan membantu Kamu menghemat uang.

Artikel ini adalah tentang praktik terbaik yang dapat Kamu gunakan, sehingga Kamu dapat terhindar dari masalah dan dalam kegelapan.

cara kelola aset perusahaan

Apa itu Manajemen Aset?

Manajemen aset mengacu pada proses pengembangan, pengoperasian, pemeliharaan, dan penjualan aset dengan cara yang hemat biaya.

Paling umum digunakan di bidang keuangan, istilah ini digunakan untuk merujuk kepada individu atau perusahaan yang mengelola aset atas nama individu atau entitas lain.

Setiap perusahaan perlu melacak asetnya. Dengan begitu, para pemangku kepentingan akan mengetahui aset mana yang tersedia untuk digunakan guna memberikan imbal hasil yang optimal.

Aset yang dimiliki oleh bisnis apa pun terbagi dalam dua kategori utama: aset tetap dan aset lancar . Aset tetap atau tidak lancar mengacu pada aset yang diperoleh untuk penggunaan jangka panjang, sedangkan aset lancar adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu singkat.

Ketika datang ke manajemen aset, manajer sering berurusan dengan dua masalah utama. Yang pertama adalah peran apa yang dimainkan oleh proses manajemen aset? Kedua, bagaimana perusahaan dapat mengembangkan rencana manajemen aset yang baik?

cara kelola aset perusahaan

Pentingnya Manajemen Aset

Ada beberapa alasan mengapa bisnis harus memperhatikan manajemen aset, antara lain:

1. Memungkinkan perusahaan untuk memperhitungkan semua asetnya

Prosesnya memudahkan organisasi untuk melacak aset mereka, apakah likuid atau tetap. Pemilik perusahaan akan mengetahui di mana aset berada, bagaimana aset tersebut digunakan, dan apakah telah terjadi perubahan pada aset tersebut.

Akibatnya, pemulihan aset dapat dilakukan lebih efisien, sehingga menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi.

2. Membantu menjamin keakuratan tingkat amortisasi

Karena aset diperiksa secara teratur, proses manajemen aset memastikan bahwa laporan keuangan mencatatnya dengan benar.

3. Membantu mengidentifikasi dan mengelola risiko

Manajemen aset meliputi identifikasi dan pengelolaan risiko yang timbul dari penggunaan dan kepemilikan aset tertentu. Artinya, perusahaan akan selalu siap untuk mengelola setiap risiko yang datang.

4. Menghapus aset hantu di inventaris perusahaan

Ada contoh di mana aset yang hilang, rusak, atau dicuri salah dicatat di pembukuan. Dengan rencana manajemen aset strategis, pemilik perusahaan akan menyadari aset yang telah hilang dan akan menghapusnya dalam pembukuan.

cara kelola aset perusahaan

Mengembangkan Rencana Manajemen Aset Strategis

Kepemilikan aset adalah bagian dari perusahaan publik atau swasta. Untuk mengelola aset secara efektif, pemilik perusahaan perlu mengembangkan rencana strategis.

1. Lengkapi inventaris aset

Sebelum hal lain, pemilik perlu menghitung semua aset yang dia miliki. Jika dia tidak mengetahui jumlah pasti aset dalam inventarisnya , maka dia tidak akan mengelolanya secara efektif. Saat menyiapkan inventaris aset perusahaan, hal-hal berikut harus disertakan:

  • Jumlah total aset
  • Dimana asetnya?
  • Nilai setiap aset
  • Ketika aset diperoleh
  • Siklus hidup aset yang diharapkan

 2. Hitung biaya siklus hidup

Jika pemilik bisnis ingin rencana pengelolaan asetnya tepat, maka ia harus menghitung seluruh biaya siklus hidup setiap aset. Banyak pemilik perusahaan membuat kesalahan dengan menghitung hanya biaya pembelian awal.

Selama siklus hidup aset, biaya tambahan kemungkinan akan muncul seperti biaya pemeliharaan, pemodelan kondisi dan kinerja, serta biaya pembuangan.

3. Tetapkan tingkat layanan

Setelah menghitung biaya siklus hidup, langkah selanjutnya adalah menetapkan tingkat layanan. Sederhananya, ini berarti menguraikan keseluruhan kualitas, kapasitas, dan peran berbagai layanan yang disediakan aset.

Dengan demikian, pemilik perusahaan kemudian dapat menentukan aktivitas operasi, pemeliharaan, dan pembaruan yang diperlukan untuk menjaga aset tetap dalam kondisi baik.

4. Lakukan perencanaan keuangan jangka panjang

Idealnya, proses manajemen aset yang diadaptasi oleh pemilik perusahaan harus dengan mudah diterjemahkan ke dalam rencana keuangan jangka panjang. Dengan rencana keuangan yang baik, pemilik kemudian dapat menilai tujuan mana yang layak, dan mana yang perlu diprioritaskan.

Manfaat Manajemen Aset cara kelola aset perusahaan

Ada banyak manfaat dari mengadopsi strategi manajemen aset, seperti:

1. Meningkatkan perolehan dan penggunaan

Dengan mengawasi aset perusahaan sepanjang siklus hidupnya, pemilik perusahaan dapat meningkatkan teknik mereka dalam memperoleh dan memanfaatkan aset. Contoh yang bagus adalah Cisco Systems , yang mampu mengurangi biaya dengan menjalankan manajemen aset PC.

Ketika menerapkan strategi seperti itu, perusahaan menemukan praktik pembelian yang sia-sia, yang diselesaikan dengan mengembangkan proses yang lebih baik untuk membeli peralatan yang dibutuhkan oleh pekerja.

2. Meningkatkan kepatuhan

Instansi pemerintah, organisasi nirlaba, dan perusahaan diwajibkan untuk memberikan laporan komprehensif tentang bagaimana mereka memperoleh, memanfaatkan, dan membuang aset.

Untuk memudahkan proses pelaporan, mayoritas dari mereka mencatat informasi aset mereka di database pusat. Dengan demikian, ketika mereka perlu menyusun laporan di akhir tahun buku mereka, mereka dapat dengan mudah mengakses semua informasi yang mereka butuhkan.

Ringkasan cara kelola aset perusahaan

Manajemen aset hanyalah sebuah sistem yang membantu perusahaan melacak semua aset mereka, seperti kendaraan, peralatan, dan investasi. Mengawasi aset membantu merampingkan operasi, terutama dalam kaitannya dengan penjualan atau pelepasannya. Proses ini juga meminimalkan kemungkinan pencatatan aset hantu karena semua aset yang tersedia telah diperhitungkan dengan baik.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.