Bagaimana Mengenali Pertanyaan Tentang Etos Kerja yang Baik?

hybrid working

Pertanyaan tentang etos kerja atau ciri – ciri calon pegawai yang benar – benar memiliki etos kerja yang kuat merupakan sebuah kunci. Kunci  dalam menentukan apakah kandidat bekerja dengan performa terbaik di posisi yang akan mereka isi nantinya. Seorang kandidat yang memiliki nilai serta pengalaman impressive belum tentu bisa menjadi asset yang membanggakan bagi perusahaan. Kecuali, mereka memiliki etos kerja yang kuat. Ulasan kali ini akan membantu anda untuk mempelajari cara – cara paling efektif dalam menentukan sebuah pertanyaan tentang etos kerja ketika proses wawancara yang powerfull.

Etos kerja merupakan seperangkat prinsip moral dan nilai yang menjadi acuan seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Etos kerja bisa menjadi alat untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang memiliki moral terbaik ketika dihadapkan pada suatu pilihan.

Fungsi dari etos kerja itu sendiri biasa digunakan untuk panduan perilaku pegawai terhadap pekerjaan yang ia pegang atau bagaimana kebiasaannya ketika bekerja.

Kata etos kerja yang kuat merupakan istilah yang paling sering digunakan untuk menyebut seorang pegawai yang memiliki sekelompok nilai dan kepercayaan di lingkungan kerja sebagai sebuah moral yang baik.

Hal ini bisa diartikan dengan, seorang pegawai yang memiliki etos kerja tinggi biasanya selalu termotivasi untuk memberikan performa terbaiknya ketika bekerja. Ciri dari pegawai dnegan etos kerja yang kuat adalah mereka yang mampu mencerminkan sifat tersebut kedalam keinginan dan determinasi untuk terus bekerja dengan keras. Hal ini dilakukan semata – mata agar selalu bisa memenuhi tuntutan pekerjaan sambal terus mematuhi kebijakan serta aturan yang ada di tempat tersebut.

Seorang pegawai dnegan etos kerja yang kuat biasanya pekerja keras, selalu berdedikasi dan bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam batas waktu yang ditentukan.

Singkatnya, seorang karyawan yang memiliki etos kerja tinggi adalah mereka yang termotifasi untuk selalu bekerja keras serta pandai.

pertanyaan tentang etos kerja
Sumber : www.eben.gr

Pentingnya Penerapa Etos Kerja Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Memiliki seorang pegawai dengan etos kerja yang tinggi merupakan hal yang penting bagi kesuksesan suatu perusahaan atau organisasi. Menurut penelitian, perusahaan akan memilih kandidat pegawai yang memiliki etos kerja tinggi sebagai syarat utamanya. Jauh diatas kemampuan atau ketrampilan yang mereka miliki.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Express Employment Proffessional terkait hal paling penting apa yang wajib dimiliki oleh suatu kandidat ketika melamar kerja. Responden diminta untuk m,engisi survey dengan memberikan penilaiannya masing – masing. Dimana dalam seurvey tersebut disebutkan bermacam – macam kriteria yang ada pada diri seorang calon pegawai. Perusahaan atau pihak pemberi kerja tinggal mengisi dan memilih mana yang paling penting di antara semua daftar faktor tersebut.

Ternyata, hasil menunjukkan bahwa etos kerja menjadi top list dari alasan – alasan yang paling penting bagi suatu perusahaan untuk memilih karyawan. Banyak penelitian lain yang juga mengatakan bahwa seorang pekerja yang memiliki etos kerja yang tinggi akan menghasilkan sebuah performa kerja yang juga luar biasa. Perusahaan dengan karyawan beretos tinggi juga terbukti mampu unggul dalam performa kerjanya sehingga menghasilkan keuntungan yang significant di pasar bisnis.

Sehingga bisa dikatakan bahwa mereka (perusahaan dan organisasi) yang memiliki pekerja – pekerja beretos tinggi lebih mudah menggapai tujuan yang mereka inginkan. Berikut dengan bertambahnya keuntungan serta profit dari perusahaan itu sendiri.

Meng – hire seorang karyawan dengan etos kerja yang tinggi merupakan hal wajib bagi perusahaan yang ingin membangun sebuah bisnis yang suksek dan menguntungkan.

Mengerti dan mengenali pertanyaan tentang etos kerja yang kuat. Merupakan kunci dari cara terbaik sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi. Siapa kandidat yang cocok untuk mengisi posisi yang mereka butuhkan.

pertanyaan tentang etos kerja
sumber : www.europeansocialsurvey.org

Bagaimana Mengenali Pertanyaan Tentang Etos Kerja yang Baik?

Ketika anda ingin mengenali atau mengethui mana pertanyaan tentang etos kerja yang baik. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengesampingkan dulu tingkat ketrampilan dan pengalaman seorang kandidat.

Galilah lebih dalam dan cobalah untuk mengerti apakah seorang kandidat akan relevan. Dan memiliki karakteristik yang anda butuhkan untuk bekerja secara produktif dan sukses di posisi tersebut. Berikut adalah beberapa karakteristik penting yang biasanya selalu terhubung dengan yang namanya etos kerja, antara lain adalah :

  • Kerja keras : Seorang Karyawan dengan etos kerja yang kuat adalah pekerja keras. Mereka bahkan biasanya memiliki wamktu tersendiri untuk berupaya menghasilkan upaya terbaik dalam pekerjaannya.
  • Berdedikasi : Karyawan dengan etos kerja yang kuat biasanya memiliki sifat yang berdedikasi terhadap pekerjaannya masing – masing. Bahkan bisa lebih jauh dari apa yang mereka butuhkan diawal.
  • Produktifitas tinggi
  • Dapat dipercaya
  • Tepat waktu
  • Bertanggung jawab

Bagaimana Membuat Pertanyaan Tentang Etos Kerja yang Baik Untuk Proses Interview?

Anda bisa menilai kandidat dnegan etos kerja yang tinggi secara akurat dalam proses interview. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dnegan menanyakan pertanyaan – pertanyaan ‘tabiat’ yang memiliki jawaban terbuka.

Behavioral interview question dibuat agar kandidat mampu menggambarkan bagaimana pengalaman mereka dimasa lalu.

Tanyakan kepada para kandidat anda bagaimana mereka menghadapi suatu permasalahan dalam lingkungan kerja mereka yang sebelumknya. Hal ini terbukti mampu menunjukkan bagaimana etos kerja para kandidat itu sendiri. penelitian juga membuktikan bahwa cara terbaik untuk memprediksi bagaimana etos kerja karyawan nanti di tempat kerja adalah dnegan melihat bagaimana masa lalunya.

Anda bisa bertanya kepada kandidat tentang apa yang akan mereka lakukan jika dihadapkan dengan situasi tertentu. Pastikan kandidat pegawai tersebut mampu memberikan jawaban yang detail pun dengan contoh nyata sebagai bukti dari jawaban yang mereka katakana. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan tentang etos kerja yang baik dari seorang kandidat, antara lain adalah :

  • Bisakah anda mendeskripsikan kapan anda mengambil keputusan untuk melakukan lembur?
  • Ketika perusahaan atau proses produksi berjalan lambat, sedangkan anda sudah menyelesaikan pekerjaan anda, apa yang akan anda lakukan?
  • Bagaimana anda menjelaskan tentang etos kerja? Apa makna etos kerja untuk anda sendiri?
  • Pernahkah anda merasa memiliki pekerjaan yang paling berat? Tolong diskripsikan situasi tersebut dan jelaskan motivasi anda.
  • Bisakah anda memberikan saya contoh pekerjaan berat yang berhasil anda selesaikan?

Kesimpulan

Merekrut karyawan yang memiliki etos kerja tinggi mungkin tidak semudah kelihatannya. Tidak hanya merekrut karyawan dengan etos kerja tingg yang membutuhkan banyak pemikiran dan usaha. Mencatat serta menghitung keuangan seperti uang pesangon dan juga uang gaji juga tidak kalah rumit untuk dilakukan.

Untung saja anda dapat menggunakan JojoExpense dari Jojonomic. Dengan menggunakan aplikasi JojoExpense hal ini dapat memudahkan anda untuk mengetahui pengeluaran, pemasukan juga laporan arus kas perusahaan. Aplikasi JojoExpense, juga kan mempermudah anda dalam membuat laporan keuangan terkait laba rugi, laporan penjualan dan masih banyak yang lainnya. Ayo tunggu apa lagi ? Segera coba gunakan JojoExpense dan dapatkan Free Trialnya!