Berpikir Strategis : Pengertian, Contoh, dan Tips Berpikir Strategis

berpikir strategis

Kemampuan berpikir strategis merupakan kemampuan untuk mempersiapkan strategi dan ide, yang akan membantu mengatasi perubahan dan tantangan yang mungkin dihadapi di masa depan. Dapat dikatakan bahwa memiliki kemampuan ini dapat mendukung karir dan pekerjaan untuk sukses.

Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir strategis dianggap sebagai salah satu kualitas yang menunjukkan kemampuan seseorang sebagai pemimpin yang sukses. Lalu apa yang dimaksud dengan berpikir strategis? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Berpikir Strategis

berpikir strategis

Berawal dari penelusuran asal muasal kata tersebut, kata “strategi” diartikan sebagai sarana peperangan yang digunakan oleh para jenderal dalam kepemimpinan tentara, berusaha untuk memenangkan situasi dan sumber daya yang tersedia.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa rumusan strategi tidak memiliki prosedur atau formula standar yang jelas, tetapi merupakan tindakan mencari jalan keluar atau taktik untuk memenangkan suatu perang atau persaingan di dunia saat ini.

Perlu kita sadari juga bahwa kesadaran berfikir tentang tindakan strategis tidak hanya menjadi tanggung jawab pimpinan perusahaan, tetapi juga harus bisa menyebar ke pimpinan departemen, bahkan langsung ke semua orang.

Kita mungkin sangat efisien, berfokus pada penyelesaian proyek dan berfokus pada kinerja kita, tetapi apakah kita masih menghabiskan waktu untuk berpikir, mengamati dan menganalisis apa yang kita lakukan, kemudian membuat perubahan, mengalihkan energi, dan menemukan cara yang lebih efektif?

Bayangkan apa jadinya jika kita melakukan kegiatan rutin yang direncanakan setahun sekali tanpa inspeksi, koreksi dan perbaikan yang ekstensif. Jika dunia ini statis, situasi ini mungkin aman. Faktanya, saat ini, seluruh industri, pesaing dan pelanggan, semuanya berubah tanpa izin. Jelas berisiko untuk melakukan itu.

Salah satu inti dari system thinking adalah pemikiran strategis. Secara teori artinya, pemikiran strategis merupakan refleksi dari sifat utama masalah dan tantangan yang ada. Oleh karena itu, pemikiran strategis lebih merupakan proses memahami dua poin yang saling terkait yaitu fokus dan kesadaran waktu dalam menjalankan kerangka berpikir strategis.

Contoh Berpikir Strategis

berpikir strategis

Di Indonesia masa kini, tokoh seperti Ignasius Jonan adalah contoh pemimpin perusahaan dan pemerintah yang menerapkan berpikir strategis. Seseorang yang dapat mengekspresikan pemikiran strategis sebagai tindakan sederhana dengan dampak praktis.

Jonan menegaskan kembali sifat PT Kereta Api sebagai organisasi pelayanan publik yang bergerak di bidang transportasi. Ia berusaha semaksimal mungkin mengembalikan “khittah” PT Kereta Api ke moda transportasi yang aman dan nyaman.

Berbagai tindakan yang dilakukan Jonan tidak “dipikirkan” oleh pendahulunya, bahkan tidak selalu terkait langsung dengan alat transportasi miliknya. Memperbaiki tempat parkir, memastikan pedagang kaki lima dan tempat kebersihan adalah prioritas utama Jonan yang menurut Jonan sendiri, tindakan tersebut berdampak langsung pada operasional bahkan dalam jangka panjang.

Kita tentunya dapat melihat bahwa strategi yang diterapkan oleh pimpinan atau manajemen perusahaan tidak strategis, pasif, dan tidak sengaja runtuh, sehingga organisasi tidak akan maju atau malah mengalami kemunduran.

Di sisi lain, beberapa perusahaan telah merumuskan rencana jangka panjang dan membedakannya dengan rencana jangka pendek, tetapi tetap tidak dapat memenangkan persaingan pasar. Untuk perusahaan yang mempunyai rencana tahunan, dapatkah dikatakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai strategi?

Pemikiran strategis adalah tentang membangun koneksi antara ide, rencana, dan individu, dan koneksi ini tidak selalu terlihat oleh orang lain. Bagian penting lainnya dari pemikiran strategis adalah memilih ke mana harus pergi dan mana yang tidak. Kita tahu bahwa semua pilihan akan membawa risiko dan konsekuensi, tetapi jelas bahwa pilihan telah menjadi persyaratan dari setiap posisi profesional.

Tips Berpikir Strategis

berpikir strategis

Untuk menguasai kemampuan ini, berikut beberapa tips untuk Anda kembangkan dan gunakan dalam menerapkan kemampuan berpikir strategis untuk memajukan perusahaan yang anda pimpin saat ini.

Pikiran Kedepan

Menjadi pemikir strategis berarti Anda harus menjadi seorang visioner. Inilah mengapa Anda harus membiasakan diri untuk berpikir ke depan. Memahami masa depan tidak berarti hanya berfokus pada apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, Anda harus bisa sekaligus mempertimbangkan apa yang terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan strategi dan tindakan yang benar. Lihatlah tujuan Anda saat ini, perubahan di masa lalu, bayangkan hambatan dan tantangan apa yang mungkin Anda hadapi di masa depan, dan kemudian kembangkan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut ketika masalah memang muncul. Membiasakan cara berpikir seperti ini juga dapat membantu Anda mengatasi rintangan atau masalah dengan lebih cepat.

Biasakan menetapkan prioritas

Dengan membiasakan diri memilih prioritas sesuai tugas dan waktu dalam pekerjaan sehari-hari, Anda dapat mengasah kemampuan berpikir strategis Anda. Selalu periksa tugas Anda untuk menentukan mana yang bisa menunggu, dan mana yang akan membawa manfaat paling banyak jika diselesaikan sekarang.

Perhatikan bias pribadi

Kesadaran diri untuk memantau dan mempertanyakan ide-ide sendiri merupakan bagian penting dari pemikiran strategis. Penyebabnya tidak bisa dihindari, cara berpikir dan berperilaku akan dipengaruhi oleh bias pribadi.

Jadi dengan selalu memeriksa dan mempertanyakan pikiran Anda secara kritis, Anda dapat mengontrol pikiran Anda. Misalnya, ajukan pertanyaan seperti apa yang sedang terjadi, apakah pandangan Anda realistis, apa arti sebenarnya dari pandangan Anda dan pandangan apa yang seharusnya tidak Anda miliki.

Sadarilah bahwa pemikiran atau opini Anda tidak selalu sempurna, hal ini tidak akan menurunkan kredibilitas Anda. Nyatanya, menyadari bias pribadi ini justru bisa membuat Anda berpikir out of the box dan muncul dengan ide-ide baru

Tingkatkan kemampuan mendengarkan

Setelah menerima bahwa keyakinan dan pendapat Anda tidak selalu sempurna, langkah selanjutnya dalam mengembangkan keterampilan berpikir strategis adalah meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda. Cobalah untuk berbicara dengan kolega Anda, perluas jaringan Anda, dan pahami perspektif mereka yang berbeda.

Buka pikiran Anda, dapatkan umpan balik dan evaluasi semua yang Anda dengar. Latih kemampuan untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut. Dengan melakukan ini, Anda dapat menemukan berbagai solusi dan menarik kesimpulan yang paling tepat.

Pahami semua konsekuensinya

Setiap pilihan memiliki konsekuensinya sendiri. Ketika Anda berpikir secara strategis, Anda harus mempertanyakan berbagai sumber dan pendapat dan mempertimbangkan dampak dari setiap opsi. Oleh karena itu, praktikkan kemampuan untuk menentukan dampak dari berbagai pilihan dalam pengambilan keputusan.

Selalu belajar dan kembangkan ilmu

Ketika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan berdasarkan perkembangan, kemampuan Anda untuk berpikir secara strategis akan menjadi sangat penting. Oleh karena itu, teruslah perluas pengetahuan dan pengalaman Anda. Baca buku, berita, statistik, dan tren.

Bangun jaringan, terhubung dengan kolega, dan cari mentor. Karena Anda juga bisa belajar dari ilmu dan pengalaman orang lain. Melalui pembelajaran berkelanjutan, Anda dapat memperoleh lebih banyak ide dan pengalaman, yang dapat membantu Anda mengintegrasikan berbagai ide, rencana, dan strategi secara keseluruhan.

Kesimpulan

melihat

Pemikiran strategis erat kaitannya dengan kemauan untuk melatih diri beradaptasi dengan berbagai perspektif. Tidak jarang orang terlalu nyaman dengan pendapatnya sendiri, yang berarti mereka tidak cukup nyaman saat berhadapan dengan pendapat orang lain.

Menguasai keterampilan berpikir strategis tidak hanya dapat membantu Anda menghasilkan ide yang lebih baik atau membuat keputusan yang tepat. Tidak hanya itu, mengembangkan keterampilan ini dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik dan memberi Anda peluang untuk sukses profesional jangka panjang.

Untuk itulah Jojonomic hadir dengan software JojoExpense, ikut membantu setiap perusahaan untuk maju dan terus berkembang. Berkenaan dengan berpikir strategis, seorang pemimpin juga mesti jeli dalam mengatur dan mengelola laporan keuangan perusahaannya. Tujuannya jelas, yaitu pikiran kedepan untuk memimpin perusahaan yang lebih baik.

JojoExpense hadir dengan berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola laporan keuangan perusahaan anda. Dengan mendaftarkan perusahaan anda sekarang, JojoExpense memberi kesempatan untuk anda mencobanya secara gratis! Tunggu apalagi, daftar sekarang dan nikmati ujicoba gratisnya!