Brand Activation, Sebuah Strategi Pemasaran yang Efektif

Pemasaran adalah salah satu aspek yang krusial dan sangat penting dalam suatu bisnis dan perusahaan. Untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat ini, maka pemasar dan business owner wajib untuk membuat strategi pemasaran / strategi bisnis yang unik yang bisa membangun hubungan antara brand / merek dengan konsumen. Ada berbagai strategi pemasaran yang telah diketahui, salah satunya adalah brand activation. Harapannya, strategi tersebut bisa mendekatkan konsumen merek atau sekedar membangun kedekatan merek, dan juga menciptakan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan.

Pengertian Brand Activation

kompetisi bisnis yang sangat tinggi membuat pemilik merek sulit mengembangkan dan mempertahankan produk serta layanan berciri khas atau punya keunikan, lantaran dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan ketatnya persaingan di dunia bisnis membuat para pengusaha terus memikirkan strategi untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu strateginya adalah brand activation. Strategi brand activation dinilai sangat tepat untuk memasarkan produk namun tetap fokus terhadap hubungan merek dengan konsumen.

Brand activation sendiri didefinisikan sebagai suatu bentuk kegiatan promosi merek lebih dekat ke merek dengan penggunanya melalui berbagai kegiatan yang menarik perhatian konsumen. Dengan kata lain, aktivasi merek adalah interaksi antara merek dengan konsumen atau calon konsumen melalui berbagai kegiatan.

Strategi brand activation dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, baik online dan offline. Secara online dilakukan melalui aktivasi komunitas lewat media sosial, sedangkan secara offline melalui aktivasi merek. Baik aktivitas online maupun offline, syarat keberhasilannya sama, yakni: berhasil menciptakan brand awareness, meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk, serta membangun relationship dengan pelanggan.

Perusahaan marketing, branding, desain, dan konsep kreatif – brand activation dapat menjadi solusi agar brand memiliki diferensiasi dari kompetitornya di tengah pasar yang semakin sesak. Selain sebagai wadah untuk menciptakan komunikasi dua arah antara brand dan konsumen, brand activation juga berfungsi untuk membangun ketertarikan konsumen, misalnya saja lewat product experience dengan cara memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mencoba produk atau jasa secara personal.

Tipe-Tipe Brand Actication

Syarat suatu keberhasilan brand activation ialah menciptakan brand awareness, meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk, serta membangun hubungan erat dengan pelanggan. Strategi brand activation ini memiliki beberapa bentuk, antara lain :

  1. Direct Marketing Activation, merupakan activation di mana brand langsung bersentuhan dengan konsumennya. Contohnya: activation melalui wawancara di media TV, Radio, media cetak, CRM, sampling, in-store activation dan sebagainya.
  2. Social Media Activation, merupakan jenis activation di mana brand bersentuhan dengan konsumennya melalui kegiatan yang dilakukan di social media. Contohnya: Email Blast, Facebook, dan Twitter.
  3. Promotions Activation, merupakan kegiatan promosi yang melibatkan promo-promo spesial yang berkenaan dengan produk atau jasanya. Kegiatan promosi tersebut seperti promo spesial new lauching, undian berhadiah, kemasan spesial dan lain sebagainya Contohnya:  Aqua yang menyajikan kemasan spesial frozen yang ditujukan untuk anak-anak.
  4. Marketing Event Activation, merupakan jenis activation yang dikemas dengan bentuk event.  Biasanya event akan di beri tema sesuai produk yang akan di promosikan, lalu disajikan content activity yang menarik. Contohnya: pameran, kontes pemilihan brand ambassador, arena games, event Kejar Mimpi milik CIMB Niaga dan sebagainya.
  5. Sponsorship Activation, merupakan jenis promosi di mana brand mendanai suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak diluar perusahaan. Sehingga perusahaan dapat berpromosi pada event tersebut. Contoh: mendanai kegiatan olahraga, musik, dan sebagainya.

Alasan Menggunakan Brand Activation

Kegiatan promosi satu ini bertujuan untuk membangun ketertarikan konsumen terhadap merek produk. Ada beberapa alasan, mengapa harus memilih strategi ini, karena bisa :

  • Menstimulasi Pembelian. Aktivasi merek akan menggeser aktivitas kampanye pemasaran untuk fokus ke inti pemasaran yaitu merangsang / menstimulasi proses pembelian. Aktivasi merek fokus untuk menstimulasi konsumen agar tertarik kemudian mencoba merek produk tersebut, sebelum akhirnya menjadi konsumen yang loyal.
  • Ekuivalen dengan Interaksi. Hampir setiap orang memiliki akses ke internet, untuk merangsang konsumen untuk berinteraksi, platform aktivasi merek (brand activation) sering kali memiliki situs. Konsumen mengakses situs atas kemauannya sendiri dan karena itu biasanya konsumen menginginkan kontak dan hal itu adalah kesempatan bagus untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.


  • Pesan akan tersampaikan dengan baik. Konsumen secara umum melakukan filtering, terhadap komunikasi iklan ini, sehingga sebagian besar materi iklan ini diabaikan / terabaikan, hal ini karena secara umum sifat komunikasi iklan yang satu arah. Tapi brand activation akan melakukan kampanye dengan memberikan pengalaman penuh dan mampu mennyampaikan pesan merek lebih baik. Brand activation Memberikan pengalaman yang meyakinkan. Juga pengalaman orang lain. Rujukan aktif karena pengalaman positif dengan merek adalah instrumen paling ampuh untuk mengaktivasi orang.
  • Memberikan Bukti. Secara umum konsumen berfikiran iklan tidak masuk akal, jadi klaim ini tetap tidak masuk akal, sampai terbukti. Program aktivasi Merek memberikan bukti klaim, tag line, motto, messages. Aktivasi merek membuktikan semua klaim yang dibuat. Cara untuk memberikan kepercyaan kepada konsumen adalah dengan membuktikan pesannya, ini tidak hanya membuat pesan kredibel, tapi juga membuatnya menjadi khas.

Cara Efektif Menciptakan Acara Brand Activation

Tentunya mengadakan acara brand activation tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa cara efektif dalam menciptakan acara strategi pemasaran ini. Sebaiknya buatlah acara yang eksklusif, karena segala sesuatu yang ekslusif pasti dianggap lebih menarik. Untuk acara ini bisa dengan membatasi jumlah pengunjung ataupun waktu pelaksanaan. Atau membuat acara gala dinner dengan hanya mengundang influencer dan undangan VIP sebanyak 50 orang.

Selain itu, jangan lupakan tentang penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan. Karena bukanlah rahasia lagi kalau orang-orang masa kini senang membagikan kegiatan mereka di media sosial. Melalui instagram misalnya, di aplikasi ini pengunjung dapat mem-posting foto dan meng-update setiap momen di story mereka. Kegiatan ini secara tidak langsung ikut mempromosikan bisnis.

Dan juga, buatlah acara yang seru. Produk yang baik ataupun tempat yang nyaman tidak cukup untuk membuat para tamu terkesan. Acara yang dibuat harus seru dan membuat tamu betah hingga acara. Hal ini penting karena semakin lama berada di acara tersebut, maka semakin  banyak pula informasi dan pengalaman yang mereka dapatkan. Apalagi jika bisa membuat acara puncak yang dinanti-nantikan pengunjung, seperti sesi talkshow dengan influencer yang juga brand ambassador bisnis,  penyanyi atau band terkenal sebagai pengisi acara puncak, dan sebagainya.

Contoh Strategi Brand Activation yang Sukses

Sebuah brand sirup kerap melakukan brand activation pada momen-momen tertentu, terutama saat Ramadan dan Lebaran. Kegiatan ini dilakukan secara 360⁰, baik secara offline maupun online. Target marketnya ialah masyarakat umum yang melaksanakan ibadah puasa, terutama para ibu-ibu yang umumnya memasak untuk keluarganya.

Di ranah digital, brand sirup tersebut gencar melakukan interaksi melalui resep-resep yang dapat dimasak menggunakan sirup. Brand ini juga rutin membagikan kiriman foto/video dari masyarakat yang berhasil membuat masakan tersebut.

Selain itu, untuk kegiatan offline, brand sirup ini menciptakan booth marketing di pasar tradisional atau pasar swalayan dengan desain yang unik. Selain bisa berfoto-foto di booth tersebut, sales juga turut membagikan free sample sirup kepada masyarakat yang tertarik.

Tujuan utama dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut ialah untuk menciptakan pengalaman berkesan di antara para konsumen sehingga terbangun bonding (ikatan) kuat antara merek dan konsumen. Harapannya, hal ini dapat mendorong penjualan produk dan meningkatkan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan brand sirup tersebut.

Kesimpulan

Brand activation diselenggarakan sebagai strategi pemasaran. Selain mempersiapkan acara dengan baik, setiap brand harus punya tim riset masing-masing untuk mendalami insight, tidak hanya di urban, tapi sampai ke rural. Sehingga dalam merumuskan konsep brand activation, tidak hanya mengutamakan seberapa besar impact brand activation ke brand, tapi seberapa besar brand activation berdampak bagi konsumen sehingga mereka menjadi loyal terhadap brand.

Nah pastinya ketika melakukan marketing atau pemasaran, karyawan perusahaan ataupun pimpinan tidak selalu berada di kantor. Dan sebagai pimpinan, harus melakukan pengawasan terhadap karyawannya agar mereka bisa tetap bertanggungjawab menyelesaikan pekerjaannya walaupun tidak berada di tempat yang sama dengan pimpinannya. Nah cara yang bisa dilakukan adalah dengan Jojo Times.

Jojo times adalah sebuah software yang bisa mempermudah dalam pemantauan kinerja karyawan. Software ini tidak hanya dapat digunakan sebagai perangkat yang mempermudah akses check-in dan check-out karyawan saat melakukan absensi. Namun juga dapat dijadikan solusi untuk memantau karyawan dari mana pun secara real time.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba Jojo Times agar bisa dengan mudah memantau absensi karyawan perusahaan dari manapun secara real time.