Cara Membuka Akun PayPal Agar Lancar Dalam Berbisnis

PayPal adalah alat pembayaran online yang luar biasa, dan Anda mungkin perlu membuka akun paypal di beberapa transaksi bisnis. Menyiapkan diri Anda dengan akun PayPal itu sederhana. Namun, ada lebih dari sekadar memasukkan nama dan alamat email Anda. Anda harus mengetahui beberapa langkah dan persyaratan, yang telah kami uraikan dalam panduan mendalam ini.

Apa Itu akun PayPal? Bagaimana cara menggunakannya?

Anda memerlukan beberapa hal untuk membuka akun PayPal. Sama hal nya dengan kartu kredit atau debit untuk pembayaran, laporan mutasi kartu kredit/bank Anda termasuk akun paypal butuh verifikasi, dan, dalam beberapa kasus, butuh data lengkap ID pengguna.

Jenis akun Paypal

Sebelum kita masuk ke fase pengaturan dan membuka akun PayPal, Anda harus memutuskan jenis akun PayPal yang ingin Anda buat. Ada dua jenis: pribadi dan bisnis, dan masing-masing memiliki manfaat dan kegunaan yang ideal.

Jika Anda ingin mengirim uang ke teman atau berbelanja online, Anda hanya perlu akun PayPal pribadi. Ini adalah jenis akun yang paling mudah disiapkan, dan ini adalah pilihan yang tepat untuk sebagian besar pengguna. Jenis akun PayPal lainnya khusus untuk bisnis. Pilih opsi ini jika Anda ingin menjual produk secara online dan menerima pembayaran kartu debit dan kredit dengan sedikit biaya. Akun bisnis memungkinkan hingga 200 karyawan untuk mengakses akun, dan mereka menawarkan beberapa manfaat khusus lainnya.

Untuk panduan ini, kami akan berfokus pada pembuatan akun PayPal pribadi, tetapi prosesnya sangat mirip untuk kedua jenis akun tersebut.

Cara membuka akun PayPal

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Untuk membuat akun PayPal, kunjungi situs web Paypal.com dan klik tombol Daftar di pojok kanan atas layar. Sekarang pilih jenis akun yang Anda inginkan: Pribadi atau Bisnis.

Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Setelah itu, Anda akan mengisi formulir yang mencakup nama, alamat email, dan kata sandi Anda. Tekan Lanjutkan dan kemudian isi formulir kedua dengan memilih kewarganegaraan Anda dan ketik alamat Anda, dan info lain yang diperlukan. PayPal akan membuat akun Anda begitu Anda menekan Lanjutkan, tetapi Anda masih jauh dari selesai.

Untuk mulai menggunakan PayPal, Anda perlu menambahkan debit, kartu kredit, atau rekening bank Anda. Ini akan menautkan akun PayPal Anda ke rekening bank sehingga Anda dapat menyetor atau menarik uang. Ini secara teknis opsional, tetapi tanpa itu, akun Anda akan sangat terbatas.

Langkah terakhir dalam proses ini adalah memverifikasi alamat email Anda, jika Anda belum melakukannya, dengan mengklik tautan di email yang dikirimkan kepada Anda.

Di bawah ini kami telah mencantumkan daftar lengkap langkah-langkah secara singkat untuk referensi Anda.

Cara membuat akun:

Kunjungi situs web PayPal dan klik tombol Daftar di pojok kanan atas.

Pilih jenis akun yang Anda inginkan — Pribadi atau Bisnis — dan klik Lanjutkan.

Masukkan nomor telepon Anda dan verifikasi nomor Anda.

Tambahkan nama, alamat email, dan kata sandi Anda, lalu klik Lanjutkan.

Tambahkan alamat Anda dan info lain yang diperlukan, lalu klik Lanjutkan.

Opsional: Klik tombol biru Mulai, tambahkan info debit, kredit, atau bank Anda.

Verifikasi alamat email Anda dengan mengklik link di email yang dikirimkan kepada Anda oleh PayPal.

Cara memverifikasi akun

Untuk alasan keamanan, Anda perlu memverifikasi akun PayPal Anda sebelum mulai menggunakan dana Anda. Ini dilakukan dengan menautkan rekening bank atau kartu kredit/debit. Untuk melakukan ini, buka PayPal.com dan klik tab Bayar & Dapatkan Bayaran. Di bawah Dompet, pilih Bank & Kartu. Pilih rekening bank atau kartu yang ingin Anda verifikasi.

Jika Anda menggunakan kartu kredit atau debit, langkah selanjutnya adalah memeriksa tagihan PayPal pada laporan mutasi kartu kredit Anda — ini adalah kode empat digit — dan menggunakannya untuk memverifikasi kartu. Cukup kembali ke Bank & Kartu, pilih kartu yang ingin Anda verifikasi, masukkan kode empat digit, lalu klik Konfirmasi. Itu saja: Anda sekarang dapat menggunakan PayPal untuk mengirim dan menerima uang.

Apakah PayPal aman? Semua yang perlu Anda ketahui

Proses untuk rekening bank kurang lebih sama, dengan pengecualian terbesar adalah PayPal akan melakukan dua setoran ke rekening bank Anda dalam jumlah acak antara $0,01 dan $0,99. Setelah itu terjadi, Anda harus memasukkan dua jumlah ini untuk memverifikasi rekening bank Anda, sama seperti Anda memasukkan kode empat digit untuk memverifikasi kartu kredit Anda. Dan untuk menjawab pertanyaan Anda berikutnya, tidak, Anda tidak akan dapat menyimpan uang yang disetorkan oleh PayPal. Sekali lagi, di bawah ini kami telah mencantumkan petunjuk langkah demi langkah secara singkat.

Cara memverifikasi akun PayPal:

  • Buka PayPal.com dan masuk ke akun Anda.
  • Tekan tab Bayar & Dapatkan Bayaran.
  • Di bawah Dompet, pilih Bank & Kartu.
  • Pilih rekening bank atau kartu yang ingin Anda verifikasi.
  • Periksa rekening bank atau aktivitas kartu kredit Anda untuk deposit PayPal.

Konfirmasikan akun Anda menggunakan kode 4 digit (untuk kartu) atau dua jumlah setoran (untuk rekening bank).

Jika Anda ingin menambahkan kartu atau rekening bank lain ke akun PayPal Anda di kemudian hari, Anda juga harus memverifikasinya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah PayPal dapat meminta bentuk identifikasi dari Anda kapan saja. Ini sering terjadi setelah sejumlah uang melewati akun Anda. Ini bervariasi tergantung pada negara tempat Anda tinggal, tetapi sebagian besar merupakan cara untuk menghindari penipuan dan penghindaran pajak — yang merupakan hal yang baik.

Sejauh ini paypal aman digunakan untuk transaksi dan sudah punya reputasi global sehingga Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya. Hanya saja pahami pemakaian akun paypal yang aman agar terhindar dari penipuan yang bisa saja dimanfaatkan oleh oknum untuk mencari kelemahan setiap transaksi yang menggunakan jaringan internet di dalamnya. Fitur keamanan selalu ada dalam setiap transaksi maupun sejak membuka akun. Pahami dengan baik dan gunakan secara disiplin setiap petunjuk kemanan di dalamnya. Anda akan aman dalam melakukan transaksi dan yang jelas nyaman di dalamnya.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.