Cara Terbaik Membuat Elevator Pitch Adalah ?

5 Cara Menjadi Orang yang Cekatan dalam Bekerja

Elevator Pitch Adalah ? Apa itu elevator pitch dan bagaimana fungsinya dalam perkembangan karir anda?

Sebuah elevator pitch atau yang juga dikenal dengan elevator Speech merupakan synopsis yang cepat antara latar belakang dengan ketrampilan dan pengalaman yang anda miliki. Alasan mengapa hal itu disebut dengan elevator pitch adalah karna sifatnya yang ringkas dan harus cepat. Ringkas seringkas anda membaca bacaan setelah pintu lift tertutup sampai dengan sebelum pintu lift terbuka – istilahnya begitu.

‘Pidato’ tersebut harus mampu menunjukkan siapa diri anda sebenarnya. Mulai dari nama, apa yang anda kerjakan serta apa yang ingin anda kerjakan (jika sedang melamar pekerjaan) harus ada dalam pengertian elevator pitch adalah.

Elevator pitch adalah salah satu cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk membagikan keahlian anda secara cepat dan efektif kepada mereka yang sebelumnya sama sekali tidak tahu siapa anda sebenarnya.

Jika mampu dilakukan dnegan baik, pidato singkat atau elevator pitch adalah tersebut bisa membantu anda dalam mengenalkan – ini lho saya. Yang mana nantinya akan membawa keuntungan – keuntungan seperti prospek kerja yang lebih luas dan koneksi bisnis yang menjanjikan. Elevator pitch juga terbukti mampu membangun image anda serta berinteraksi dengan kolega atau teman kerja.

Kapan dan Bagaimana Cara Anda Menggunakan Elevator Pitch?

Jika anda merupakan seorang job seeker, anda bisa menggunakan elevator pitch di job fair atau career expo yang anda ikuti. Pun anda bisa menuliskannya di resume LinkedIn bahkan hingga biodata twitter atau berbagai media sosial lainnya. Sis lain dari manfaat penggunaan elevator pitch adalah ia merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri, mampu membuat anda secara lugas memperkenalkan diri dengan manager perekrutan atau pihak perusahaan lainnya.

elevator pitch adalah
Sumber : www.findspark.com

Anda juga bisa menggunakan elevator pitch saat sesi wawancara. Ketika HR atau bagian perekrutan bertanya atau meminta anda untuk menceritakan siapa diri anda, gunakan elevator pitch untuk menjawab pertanyaan tersebut secara ringkas namun tetap to the point. Setiap sesi wawancara biasanya akan selalu dimulai dnegan pertanyaan, “Jelaskan kepada saya tentang diri anda”. Yang bisa anda jawab dengan persiapan elevator pitch secara matang – matang.

Yang namanya elevator pitch harus ringkas dan singkat. Batasi pidato elevator pitch anda hanya 30 sampai 60 detik saja. Jangan memasukkan seluruh Riwayat pekerjaan hingga tujuan karir yang ingin anda capai di elevator pitch.

Jadilah lebih persuasive. Meskipun memang sifat dasar dari elevator pitch itu sendiri adalah ‘singkat’, namun bukan berarti pidato tersebut harus bersifat monoton. Elevator pitch yang baik akan sellau menarik untuk didengarkan oleh orang – orang, memicu minat mereka untuk menangkap ide – organisasi serta latar belakang yang membawa anda sampai ke tempat ini.

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, elevator pitch pun dapat emnjadi ajang untuk berbagi keahlian. Dengan menggunakan pidato tersebut dalam menjelaskan siapa anda serta kualifikasi apa saja yang anda miliki. Cobalah fokus pada upaya penambahan asset dalam meningkatkan nilai dari apapun yang akan anda kerjakan nantinya. Dimana hal ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk sedikit membanggakan apa saja yang sudah anda kerjakan dan apa yang anda miliki. Hindari untuk sombong apalagi berbohong. Bawalah apa yang anda bisa dan ungkapkan sejelas mungkin.

Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dikatakan atau Dilakukan

Jangan berbicara secara tergesa – gesa. Tentu benar bahwa anda memiliki waktu yang singkat dalam menjelaskan segala informasi yang terkandung dalam elevator pitch. Namun jangan menjadikan hal tersebut sebagai dilemma untuk berbicara secara tergesa – gesa. Dimana hal ini tidak akan menambah keuntungan apapun. Hanya membuat pendengar anda susah menyerap informasi apa saja yang telah anda katakan sebelumnya.

Selain tergesa – gesa, hal lain yang tidak boleh anda lakukan adalah berbicara namun seperti menggumam. Tidak jelas dan bisa jadi ‘gumamam’ tersebut ebrasal dari kesalahan anda dalam mengingat apa yang harus dikatakan selanjutnya. Hal inilah mengapa sangat penting bagi setiap ornag untuk melakukan praktik berbicara terlebih dahulu. Semua orang tidak ingin terdengar seperti ‘menghapal’ ketika mereka berbicara tentang diri sendriri, namun dengan persiapan yang cukup akan membantu anda untuk berbicara sesuai dengan format yang anda inginkan.

Inti dari elevator picth adalah mampu menjelaskan rekap yang singkat mengenai siapa anda dan apa yang anda kerjakan atau lakukan.

Jangan gunakan kata – kata yang rancu apalagi yang keluar jalur. Berikan kesempatan bagi pendengar anda untuk memberikan respon dan pandangannya masing – masing. Usahakan, ketika berpidato raut wajah anda menunjukkan ekspresi yang kalem dan bersemangat. Jangan mengernyit apalagi bicara dengan nada yang monoton. Salah satu ekuntungan dan kelemahan ‘latihan’ pidato adalah, antara ia akan membuat anda lebih fokus dan terstruktur atau justru membuat anda seperti menghapal dan tidak memiliki  ‘nyawa’ sama sekali di dalamnya. Patok level energi anda untuk selalu tinggi, percaya diri dan antusias.

Contoh

Sumber : s.yimg.com

Kebanyakan orang sudah puas dengan membuat satu atau dua elevator pitch. Well, disarankan untuk jangan terlalu ‘bangga’ ketika anda telah mengerti betul satu elevator pitch yang akan anda gunakan. Mungkin saja dalam bidang karir, anda memiliki ketertarikan yang sama – sama kuat dalam tiga jenis pekerjaan yang berbeda – beda. Dimana nantinya, jenis kemampuan komunikasi yang anda miliki juga harus berada dalam masing – masing kategori pekerjaan yang ada. Atau bisa jadi anda memang merencanakan untuk membuat tipe elevator pitch yang berbeda – beda. seperti, anda membuat jenis elevator pitch yang lebih kasual, atau yang lebih formal dan sebagainya. Anda juga bisa mulai elevator pitch anda dengan menerangkan kata – kata seperti,

Saya baru saja lulus dari universitas A dengan gelar sarjana komunikasi. Saya bekerja di bagian koran kampus dengan menjadi seornag reporter ketika kuliah dulu. Dan sebagai seorang editor di bagian seni koran itu sendiri. Saya ingin melamar di bagian jurnalistik dimana saya bisa mencurahkan sleuruh kemampuan dan penaglaman saya.

Anda juga dapat melatih karyawan yang baru masuk atau kandidat agar melakukan elevator pitch khususnya mereka yang bekerja atau akan bekerja dibagian pemasaran. Sehingga nantinya mereka dapat menarik minat lebih banyak calon klien di berbagai kesempatan. Dengan meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja tim yang baik maka tujuan perusahaan akan lebih mudah untuk dicapai.

Kini, Anda dapat meningkatkan secara ringkas produktivitas serta efisiensi karena karyawan Anda dengan tidak susah apalagi sampai perlu melapor ke kantor. Dengan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic, Anda akan dapat menghemat banyak waktu karena laporan kehadiran bulanan yang sudah dapat dihasilkan secara otomatis. Tinggalkan Cara Lama yang Penuh tekanan! Karyawan Anda bisa menggunakan waktu mereka dengan lebih baik untuk melakukan tugas-tugas lain yang juga lebih mendesak. Tunggu apa lagi? Ayo Gunakan JojoTimes dari Jojonomic Sekarang Juga! Dapatkan Free Trialnya spesial untuk anda.