Counseling Karyawan Perusahaan Untuk Solusi Efektif

counseling karyawan

Counseling karyawan bisa jadi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam hal mengatur dan memastikan kesejahteraan karyawan tercapai secara optimal. Dalam menjalankan bisnis dan perusahaan tentunya butuh langkah-langkah yang tepat mengatasi segala kondisi yang kurang menyenangkan di dalam lingkungan kerja itu sendiri. Sehingga dengan adanya counseling karyawan diharapkan perusahaan dapat mengetahui lebih jelas apa saja solusi yang bisa diambil untuk segala permasalahan dari yang dialami karyawan. Terutama jika menyangkut tentang produktivitas. Untuk lebih jelasnya berikut ini informasi lebih lanjut tentang manfaat serta langkah counseling karyawan dalam perusahaan.

Manfaat Adanya Counseling Karyawan Perusahaan

Tentu saja seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, mengetahui apa yang menjadi momok karyawan atau masalah di lingkungan kerja para karyawan sangat penting demi kenyamanan karyawan perusahaan itu sendiri. Sehingga melalui adanya counseling antara karyawan dengan pihak perusahaan, tentunya aktivitas tersebut dapat memberikan manfaat, seperti misalnya yaitu manfaat berikut.

Merunut Potensi Masalah Di Tempat Kerja

Hal pertama yang dapat dirasakan melalui counseling karyawan ini adalah membantu pihak perusahaan untuk mengetahui lebih jauh apa potensi masalah yang terjadi dalam lingkungan kerja perusahaan. Terutama jika berpotensi menimbulkan lingkungan kerja yang kurang baik atau bersifat negatif. Oleh sebab itu melalui mendengarkan keluhan serta informasi dari karyawan sedikit banyak akan membantu perusahaan dalam mengetahui dengan jelas potensi masalah tersebut. Sehingga resiko adanya masalah yang mempengaruhi produktifitas dan efektifitas karyawan juga bisa diminimalkan. Dengan adanya hal ini secara tidak langsung membantu perusahaan untuk melangkah lebih baik juga dalam menerapkan dan berfokus pada visi misi perusahaan sepenuhnya.

Pemberian Solusi Efektif

Hanya dengan melakukan counseling maka tentunya bisa diperoleh solusi yang lebih konkrit dan efektif terhadap semua masalah yang dihadapi karyawan saat berada di tempat kerja. Terutama jika menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu dan butuh jalan keluar dengan segera. Segala potensi permasalahan dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih efisien. Perusahaan bisa memberikan alternatif solusi yang nyata bagi para pekerja sehingga tidak perlu terjadi hal-hal lebih lanjut yang tidak diinginkan. Misalnya saja pemogokan oleh karyawan akibat informasi dan komunikasi yang minim antara karyawan dan perusahaan. Melalui adanya penjelasan maka tentu hal ini bisa diminimalkan serta diberikan jalan alternatif keluarnya yang nyaman baik dari sisi karyawan maupun sisi perusahaan.

Membantu Mengurangi Stress

Secara tidak langsung sesi counseling ini sedikit banyak membantu emosional para pekerja dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan di lingkungan kerja. Sering kali karyawan tidak memiliki tempat untuk memberikan informasi mengenai rasa susah dan tidak nyaman yang mereka alami. Dengan adanya sesi counseling tentunya hal ini sangat membantu mengarahkan karyawan untuk lebih terbuka pada perusahaan dan mengutarakan apa yang menjadi pikiran serta beban yang ditanggung dalam hal pekerjaan di perusahaan. Otomatis hal ini membantu memberi kelegaan emosional dan meminimalkan potensi terjadinya stress. Sehingga secara tidak langsung juga membantu memberikan kesehatan mental karyawan yang lebih optimal.

Langkah Melakukan Counseling Karyawan

Pentingnya counseling karyawan ini tidak berbeda jauh dengan pentingnya memilih sistem payroll yang tepat. Salah satunya dengan memilih menggunakan JojoPayroll. Dengan produk yang satu ini tentu saja sistem pembayaran payroll perusahaan bisa lebih efektif serta lebih cepat dan efisien. Tidak perlu merepotkan pihak tim keuangan perusahaan lebih lanjut berkat adanya sistem yang lebih terkontrol dan otomatis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jelaskan Tujuan Counseling Karyawan

Pertama tentu memberikan informasi yang cukup jelas dari tujuan diadakannya counseling karyawan itu sendiri. Karena bisa jadi tidak semua karyawan merasa nyaman untuk mengutarakan pikiran serta masalahnya secara detil kepada orang lain, terutama pada pihak perusahaan yang bukan anggota keluarga. Dengan memberikan informasi dari tujuan aktivitas tersebut, maka akan lebih mudah bagi karyawan untuk memberikan informasi yang benar dan tepat sehingga dapat memperoleh solusi yang tepat pula.

Diskusi Dengan Detail

Selanjutnya sangat penting untuk memulai diskusi secara fokus dan detail. Karena sangat umum dalam sesi counseling karyawan maka informasi yang diterima terkesan susah dan berbelit-belit. Sebaiknya gunakan tenaga profesional yang mampu menangani hal tersebut. Sedikitnya mintalah pada tim HRD perusahaan dengan latar belakang psikologi yang kuat. Sehingga nantinya sesi counseling ini tidak mengarah pada hal yang malah menjatuhkan, tapi fokus pada pengembangan diri karyawan serta penyelesaian masalah yang potensial di lingkungan kerja.

Buatlah Daftar Keluhan

Apabila karyawan menyampaikan pikirannya dengan jelas, catatlah informasi tersebut secara runut dan lengkap. Tujuannya untuk memastikan bahwa di kemudian hari hal-hal yang sama tidak berpotensi untuk terjadi kembali. Sehingga ada baiknya perusahaan mencatat hasil konseling tersebut dan menempatkan status rahasia untuk menghindari resiko penyebaran hasil counseling pada pihak lain yang tidak berkepentingan. Selalu pastikan bahwa seluruh daftar yang dibuat diketahui serta disepakati oleh karyawan bersama-sama. Sehingga ke depan juga tidak berpotensi mendatangkan masalah lebih lanjut.

Berikan Solusi

Hal yang paling penting dari adanya sesi counseling karyawan yaitu mencoba untuk memberikan solusi yang paling efektif untuk dapat diterapkan oleh para karyawan. Karena pada dasarnya tujuan melakukan aktivitas ini yaitu untuk memberikan solusi yang lebih nyata pada kondisi sulit yang dialami karyawan. Tentu sesi ini jadi tidak berguna jika tidak dilakukan penanganan lebih lanjut. Bukan berfokus pada menyelesaikan masalah namun malahan berpotensi menjadi rumor yang kurang baik. Oleh sebab itu siapkan sejumlah solusi yang disepakati oleh karyawan. Sebisa mungkin solusi tersebut sama-sama memberikan tingkat kenyamanan serupa baik dari sisi karyawan maupun dari sisi perusahaan.

Tariklah Kesimpulan

Terakhir, tentu sangat penting untuk menarik kesimpulan bersama dari sesi counseling karyawan yang telah dilakukan. Sehingga nantinya dapat menjadi bahan pembelajaran bersama-sama baik untuk karyawan yang melakukan counseling maupun dari sisi perusahaan. Dengan adanya kesimpulan tentu bisa memberikan pandangan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya supaya hasil counseling memberikan solusi yang juga cukup nyata. Kesimpulan yang tepat juga membantu perusahaan memberikan solusi masalah yang juga lebih efektif.

Adapun hal ini sebenarnya sama pentingnya dengan memilih sistem payroll perusahaan yang efektif dan efisien. Contohnya dengan menggunakan JojoPayroll sebagai solusi yang nyata. Sehingga sistem transfer payroll dapat dilakukan otomatis dan minim kesalahan.

Semua manfaat yang diberikan oleh JojoPayroll tidak lepas dari fitur-fitur andalan yang terdapat pada produk tersebut. Beberapa fitur yang cukup favorit meliputi fitur berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Nah, dari informasi di atas tentu cukup jelas bahwa tidak perlu ragu jika ingin berpindah menggunakan JojoPayroll. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari dengan mendaftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Pastikan sistem payroll perusahaan bekerja lebih efekfif dan lebih efisien hanya dengan produk tersebut.