CRM adalah: Definisi serta Peran Pentingnya dalam Bisnis

CRM adalah

Customer Relationship Management atau yang kerap disingkat sebagai CRM adalah sebuah istilah yang merujuk pada sistem atau strategi bisnis dalam mengelola interaksi yang terjadi antara calon konsumen dengan bisnis Anda. Manajemen hubungan pelanggan ini menggabungkan manusia dan teknologi dalam proses implementasinya. Dengan tujuan untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan calon pelanggan atau justru yang sudah menjadi pelanggan agar dapat loyal dengan brand dari bisnis Anda.

Tak hanya itu, peran CRM juga penting dalam membaca setiap prospek penjualan. Di mana ketika calon pelanggan tertarik di situlah terdapat peluang untuk dimaksimalkan agar terjadi konversi ke penjualan.

Cara kerja CRM adalah dengan mengetahui sebanyak mungkin informasi mengenai bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan untuk selanjutnya memberikan pelayanan yang optimal. Hal tersebut mengingat bahwa kunci keberhasilan dari bisnis sangat tergantung pada seberapa jauh kita mengenali pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Akan sangat sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan posisi dalam pasar serta profitabilitas mereka tanpa memberikan fokus secara berkesinambungan pada konsumen.

Mengapa CRM diperlukan dalam sebuah bisnis?

Kenapa CRM diperlukan?

Dalam prakteknya, CRM merupakan salah satu manajemen yang paling banyak digunakan oleh perusahaan terutama dalam bagian penjualan, layanan pelanggan serta pemasaran. Hal tersebut dikarenakan sistem CRM memungkinkan perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. 

Salah satu kelebihan dari sistem CRM adalah memungkinkan Anda mendapatkan seluruh insight dari operasional bisnis yang memiliki kaitannya dengan pelanggan. Anda bisa mengetahui gambaran jelas mengenai ketertarikan pelanggan serta aktivitas mereka. Yang nantinya berangkat dari data tersebut, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat serta dapat menggunakannya sebagai landasan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.

Komponen ini merupakan suatu hal yang penting dalam perjalanan sebuah bisnis. CRM mampu menyusun struktur dan susunan perusahaan Anda dengan baik agar mampu mendorong terjadinya peningkatan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas usaha. Melalui pengumpulan data dan pengukuran kinerja karyawan & KPI (Key Performance Indicator), CRM dapat membantu bisnis Anda untuk menghasilkan profit dengan cara membangun sistem yang lebih baik.

Cara kerja sistem CRM adalah sebagai berikut:

Cara Kerja Sistem CRM

Di bawah ini, kami berikan sedikit penjelasan mengenai cara kerja dari sistem CRM yang nantinya dapat membantu operasional bisnis Anda:

1. Setelah berusaha mengumpulkan informasi mengenai calon pelanggan produk Anda, tim penjualan dapat memperoleh informasi mengenai calon customer dari berbagai sumber. 

Melalui penggunaan sistem CRM, maka seluruh data dapat disatukan dalam Hub terpusat. CRM akan memberikan fasilitas kolaborasi tim. Melalui CRM tidak akan ada duplikasi upaya, pesan yang hilang, atau panggilan balik yang terabaikan. Semuanya mengarah pada komunikasi yang lebih optimal, tepat waktu, serta hubungan yang lebih baik dan tentu saja pada lebih banyak terjadi penjualan.

2. Otomatisasi alur kerja dalam menangani lebih banyak proses penjualan manual, sehingga mampu mengurangi tugas input data dan pekerjaan admin. Anda juga bisa memanfaatkan otomatisasi untuk memprioritaskan arahan Anda, serta menyatukan informasi data Anda dari seluruh aktivitas bisnis Anda.

 3. CRM yang baik juga akan membantu Anda melacak tim KPI ((Key Performance Indicator) atau Indeks Kinerja Utama Anda, bahkan untuk hal yang tidak berkaitan dengan pendapatan sekalipun. Sebagai contoh misalnya jumlah pertemuan yang telah dilakukan, survei yang telah dilakukan, tugas – tugas lainnya yang telah selesai dikerjakan, dan lain-lain. Bisnis lokal biasanya melakukan pelacakan karyawan dan gerakan mereka untuk memastikan bahwa mereka tetap produktif.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh sistem CRM 

yang dapat dilakukan oleh sistem crm

1. Melacak kinerja tim penjualan dan KPI / Sales KPI

2. Memaksimalkan manajemen kontak/ basis data (sistem database manajemen)

3. Meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan

4. Memajukan manajemen penjualan

5. Meningkatkan efisiensi dan penjualan

6. Menciptakan kolaborasi antara perusahaan dan tim melalui chatting (Whatsapp CRM)

7. Memfasilitasi akurasi pelaporan dan perkiraan penjualan

8. Meningkatkan bank data untuk pemasaran dan pengembangan produk

9. Meningkatkan hasil penjualan

10. Membantu pertumbuhan usaha Anda

Apa yang dilakukan sistem CRM?

yang dilakukan sistem CRM

Setelah sebelumnya Anda sudah membaca mengenai pengertian dan alasan perlunya CRM, berikut kami jelaskan apa saja yang dapat dilakukan oleh sistem CRM sehingga mampu membantu keberhasilan bisnis Anda.

1. Menciptakan fokus center pelanggan

Melalui ketersediaan informasi yang lengkap, CRM akan membantu Anda menemukan setiap pelanggan, kontak, dan komunikasi secara instan. Selain itu, sistem ini juga dapat berperan dalam meningkatkan kualitas layanan dan dukungan pasca-penjualan serta mampu menyimpan semua catatan dan komunikasi. Loyalitas dan retensi customer bisnis pun dapat meningkat dengan penggunaannya.· Juga dapat membantu meningkatkan penjualan dan profitabilitas sebuah bisnis atau usaha. 

2. Melakukan kategorisasi dan memprioritaskan calon pelanggan

Dengan melacak calon pelanggan Anda secara keseluruhan dan mengotomatiskan proses penjualan Anda. Sistem juga dapat mengelola tugas dan campaign Anda serta menciptakan Hub terpusat di mana semuanya berada di satu tempat yang lebih tertata. 

3. Membuat visibilitas total yang mengakhiri duplikasi

Berperan dalam meningkatkan kolaborasi atau kerja sama dalam tim juga memfasilitasi sistem kerja jarak jauh. Efisiensi proses kerja Anda dengan cara mengintegrasikan sistem lain yang Anda gunakan serta memberikan wawasan dan laporan yang dibutuhkan.

4. Memberikan laporan yang akurat dan terperinci

Laporan yang dimaksud meliputi seluruh insight data terkait pelanggan serta manajemen ROI (Return of Investment) dalam pemasaran. 

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat. Membuat berbagai macam perangkat modern pun bermunculan demi mempermudah kinerja manusia dalam kesehariannya. Salah satunya adalah sistem CRM yang berbasis software yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan manajemen hubungan dengan pelanggan.

Itulah beberapa informasi mengenai CRM dan manfaatnya bagi sebuah bisnis. Sistem CRM sangat efektif untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Jika Anda bermaksud menggunakan CRM untuk bisnis Anda, pastikan Anda memilih penyedia layanan CRM yang berkualitas dan terpercaya.

Selain itu, tak hanya sistem CRM saja yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. JojoExpense juga bisa dijadikan salah satu perangkat yang memudahkan kinerja operasional keuangan dalam perusahaan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola setiap pengeluaran perusahaan dengan baik. Selain itu, Anda dapat mengontrol anggaran sesuai dengan biaya operasional yang dibutuhkan. JojoExpense juga dilengkapi fitur lain seperti Reimbursement Online, Mobile Approval hingga Cash Advance. Di mana keberadaan fitur-fitur tersebut juga sangat membantu operasional bisnis Anda.

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoExpense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!