Aplikasi pelatihan Digital Learning

Digital Learning

Digital Learning adalah teknologi yang membawa Indonesia saat ini, dalam perjalanan menuju era inovasi dan teknologi yang tidak kalah dengan bangsa lain. Adanya teknologi Digital Learning di Indonesia merupakan sebuah terobosan baru bagi dunia bisnis.

Teknologi juga sudah membawa perubahan kearah yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.  Dahulu semuanya masih dilakukan secara manual sehingga butuh waktu yang cukup lama hanya untuk menyelesaikan satu kegiatan saja.

Tidak hanya dibidang bisnis Digital Learning telah mempengaruhi segala aspek kehidupan, seperti komunikasi, akses menuju informasi, serta penggunaan berbagai bentuk media. Hal ini juga mempengaruhi proses pengembangan sumber daya manusia atau SDM.

Apa itu Digital Learning ?

Digital learning tidak hanya berpotensi membuat aktivitas pelatihan atau training karyawan lebih efektif, namun kini digital learning berpotensi untuk meningkatkan efektivitas dan hasil akhir dari proses pelatihan karyawan. Menurut hasil riset di tahun 2019, smartphone sudah digunakan oleh 92 juta unit. Para pekerja sudah menjadi pengguna yang setia karena komunikasi di dunia kerja pasti menggunakan smartphone, terlebih bagi karyawan di perkantoran.

Melihat tujuan dan keberadaannya yang positif, maka penggunaan teknologi pada smartphone dinilai baik untuk dijadikan platform pelatihan bagi karyawan zaman sekarang.

Nah, di era serba komputerisasi seperti sekarang ini, adanya fasilitas pelatihan dan training berbasis teknologi, karyawan tidak perlu lagi datang ke lokasi training, cukup melalui salah satu software digital learning ini.

Manfaat pelatihan Digital Learning

Metode pelatihan berbasis digital learning sangat bermanfaat, membuat adanya perubahan pada metode pelatihan, agar bisa menyesuaikan dengan ekspektasi, kemampuan, dan mindset generasi baru yang akrab dengan teknologi digital.

Berbeda dengan jenis pelatihan atau training karyawan dimasa lalu yang serba manual. Di era serba komputer ini, banyak sekali fasilitas pelatihan yang dilakukan secara daring atau online. Sehingga menguntungkan perusahaan karena SDM semakin berkembang namun biaya pelatihan menjadi murah.

Disinilah gunanya platform Digital Learning, yang memungkinkan para karyawan melakukan training atau pelatihan tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan, artinya bisa mengikuti kelas pelatihan dimanapun dengan tools Digital Learning yang sudah disediakan oleh perusahaan.

digital learning2

Fungsi Digital Learning

Padatnya pekerjaan serta waktu yang sempit, inovasi dari teknologi bekerjasama menciptakan hal baru yang mempermudah Anda. Penggunaan digital learning dapat dijadikan sebagai suatu platform pelatihan berbasis teknologi yang efektif dan efisien bagi karyawan Indonesia.

Perusahaan bisa mengatur pelatihan yang sesuai untuk diberikan kepada karyawan dalam bentuk yang lebih inovatif. Misalnya saja video, artikel, infografik, hingga tes sebagai evaluasi akhir karyawan. Seluruh karyawan pun juga dapat mengakses pelatihan dimana dan kapan saja. Tentunya aplikasi menjadi tools digital learning yang paling mudah dan nyaman digunakan melalui smartphone.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Benefit memakai konsep Digital Learning

Kemajuan teknologi tentu saja tidak bisa dipungkiri, membuat masyarakat merasa lebih beruntung dengan segala kemudahannya, serta dengan kemajuan teknologi dan juga perkembangan di era digital yang sangat pesat seperti saat ini. 

Pelatihan online berbasis aplikasi adalah bukti makin pesatnya perkembangan teknologi di Tanah Air.  Selain itu merupakan karya nyata untuk sebuah kemajuan pada bidang teknologi yang sangat bermanfaat bagi dunia kerja. Sehingga membantu proses pelatihan tenaga kerja atau karyawan sebuah perusahaan. 

Cara kerja Platform Pelatihan

Metode training atau pelatihan karyawan dengan memanfaatkan Digital Learning jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan sistem konvensional yang harus mengeluarkan banyak biaya seperti biaya tempat pelaksanaan training, biaya narasumber, biaya perjalanan dinas, konsumsi dll. 

Jika Anda sudah menggunakan aplikasi, anggaran biaya training bisa lebih hemat hanya bermodal alat server data, koneksi internet serta platform tools yang akan digunakan. Semua karyawan baik pusat atau daerah bisa memanfaatkan fasilitas training online ini tanpa harus datang ke lokasi. Jadi bisa mengurangi biaya operasional. Cukup simpel kan?

Software dapat dijadikan sebagai platform pelatihan berbasis teknologi yang efektif dan efisien bagi tenaga kerja di suatu perusahaan. Selain itu fungsi aplikasinya, memungkinkan perusahaan bisa mengatur jadwal pelatihan sendiri, yang sesuai dengan kebutuhan karyawan melalui aplikasi platform Digital Learning. 

Kelebihan aplikasi pelatihan

Aplikasi berbasis digital learning ini memudahkan semua karyawan mengakses jadwal pelatihan dimanapun dan kapanpun, melalui aplikasi tools yang terpasang di smartphone, laptop atau PC, banyak sekali kelebihan dari digital learning ini, diantaranya adalah :

1. Lebih fleksibel

Menggunakan program pelatihan berbasis aplikasi, memudahkan semua kalangan baik, karyawan, mahasiswa,pelajar dan umum bisa mengikuti pelatihan dengan waktu yang lebih fleksibel. Digital Learning memungkinkan kita bisa belajar langsung seperti saat training dengan model konvensional. Hanya saja pelatihan dilakukan memakai video Call atau video conference.  

2. Modul Pelatihan mudah diakses

Platform Digital Learning, sangat memungkinkan para peserta pelatihan mengunduh atau mendownload materi yang dibagikan kepada semua karyawan melalui email atau aplikasi. Sehingga modul pelatihan mudah diakses dan bisa dibaca berulang kali baik dalam bentuk Ebook, data atau video.

3. Hemat waktu dan biaya

Dengan semua akses dan fasilitas aplikasi, Anda bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Coba saja Anda hitung berapa besar penghematan biaya yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan sistem aplikasi ini jika dibandingkan dengan pelatihan atau training konvensional.

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki oleh platform pelatihan ini, namun untuk langsung beralih dari metode training konvensional menuju training berbasis aplikasi, masih membutuhkan penyesuaian yang mudah. Tentunya perlu kerjasama yang baik antara manajemen perusahaan dan karyawan agar konsep Digital Learning bisa diterapkan pada perusahaan.

4. Akurat dalam Sistem Penilaian

Setelah mengikuti training atau pelatihan via aplikasi, semua karyawan dari berbagai level posisi dan bidang pekerjaan, akan diminta untuk mengikuti ujian, sebagai salah syarat telah selesai mengikuti pelatihan. Biasanya berupa Q & A, quiz, alat tes atau ujian wawancara. Sesuai dengan modul yang sudah diberikan.

Platform pelatihan sudah memiliki desain yang lengkap dengan metode skoring atau penilaian jawaban karyawan yang saat itu juga bisa langsung diketahui hasilnya. Sehingga dari segi waktu pun lebih efektif dan efisien.

5. Mudah dijangkau

Cara pelatihan dengan metode ini cukup simpel dan mudah diakses, asalkan memiliki akses internet yang lancar. Bahkan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal keberangkatan ke pusat pelatihan di luar daerah. Anda tinggal duduk di ruang meeting bersama tim lain dan siap melakukan pelatihan jarak jauh. Keren kan ?

Prasarana yang Anda butuhkan hanyalah gadget, smartphone atau laptop, yang berisi aplikasi video conference atau platform tools. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa meeting atau melakukan training bersama tim dari cabang perusahaan lain dalam waktu yang bersamaan. 

Memaksimalkan kinerja SDM

Karyawan tidak harus kehilangan waktu produktifnya, karena metode pelatihan dengan berbasis aplikasi ini, bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan serta tidak memakan waktu yang lama.

Platform yang memungkinkan karyawan melakukan absensi atau laporan dimanapun tanpa menganggu kelas pelatihan. Cukup gunakan aplikasi di smartphone atau gadget Anda. Hanya satu kali laporan melalui aplikasi JojoTimes.

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

Fitur yang Populer

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Dengan aplikasi JojoTimes , Anda bisa mendapatkan benefit khusus yang dibutuhkan bisnis Anda yaitu waktu implementasi yang lebih cepat, kemampuan rapid innovation, dan kelincahan bisnis yang luar biasa. Manfaatkan aplikasi terbaik dari JojoTimes yang dikembangkan melalui kemitraan dengan ribuan perusahaan terkemuka di setiap industri, di seluruh Indonesia.

Semua klien kami sudah memakai aplikasi JojoTimes, dan mereka sangat terbantu untuk pengembangan pelatihan karyawan berbasis Digital Learning. Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mencoba aplikasi demo.

Klik untuk Free Demo Trial