Dokumen Amdal : Pengertian, Tujuan, dan Manfaat AMDAL

dokumen amdal

Dokumen Amdal merupakan bagian studi tentang dampak lingkungan yang signifikan, dilakukan pada tahap perencanaan dan digunakan dalam pengambilan keputusan. Hal-hal yang dipelajari dalam proses dokumen amdal adalah aspek kimia fisik, ekologi, sosial ekonomi, sosial budaya dan kesehatan masyarakat, sebagai pelengkap studi kelayakan rencana usaha dan kegiatan.

Semua pekerjaan yang terkait dengan negara harus memiliki lisensi. Salah satunya adalah pembangunan. Karena seperti bangunan pasti akan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, perlu disiapkan dokumen Amdal untuk menganalisis apakah pembangunan tersebut sesuai dan berdampak baik terhadap lingkungan.

Pengertian Dokumen Amdal

dokumen amdal

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah dokumen lingkungan yang sangat populer, terutama terkait dengan penyusunan “Undang-Undang Cipta Kerja”, yang menghapus peran AMDAL dalam persyaratan perizinan.

Oleh karena itu, perlu dipahami, AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, yaitu dokumen studi kelayakan yang dirancang untuk memastikan dampak lingkungan dari tahap pengembangan proyek sebagai bahan pertimbangan bagi pengambil keputusan saat menerbitkan izin usaha.

Tujuan Dokumen AMDAL

dokumen amdal

Berikut beberpa tujuan dibuatnya dokumen Amdal:

  • Bahan perencanaan pembangunan daerah.
  • Membantu dalam proses pengambilan keputusan mengenai kelayakan lingkungan dari usaha dan kegiatan yang direncanakan.
  • Memberikan saran untuk mempersiapkan desain teknis terperinci dari rencana bisnis dan acara.
  • Memberi nasihat tentang pengembangan pengelolaan lingkungan dan rencana pemantauan.
  • Memberikan informasi kepada publik tentang dampak bisnis dan kegiatan yang direncanakan.

Jenis Dokumen AMDAL

dokumen amdal

Penyusunan AMDAL memerlukan beberapa jenis dokumen yang harus disiapkan dan dianalisis dengan baik sebelum pengembangan proyek. Dokumen AMDAL digunakan untuk bahan perencanaan wilayah, proses pengambilan keputusan proyek, memberikan masukan untuk persiapan proyek teknis, dan memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat tentang dampak pelaksanaan proyek. Jenis dokumen AMDAL meliputi:

Tanggung Jawab Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (KA-ANDAL)

KA-ANDAL adalah dokumen tentang ruang lingkup dan kedalaman penelitian AMDAL, termasuk dampak penting yang akan dikaji dan ruang lingkup penelitian AMDAL. Pada saat yang sama, kedalaman penelitian dan penentuan metode akan digunakan untuk menilai dampaknya.

Penentuan ruang lingkup dan kedalaman penelitian bergantung pada kesepakatan yang dicapai antara penyelenggara proyek dan komite evaluasi AMDAL melalui proses pelingkupan. Contoh konten KA-ANDAL antara lain izin tata ruang, izin prinsip lokasi, dan peta terkait. Selain itu perlu adanya sosialisasi dengan masyarakat sekitar dalam bentuk pengumuman.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (ANDAL)

ANDAL adalah dokumen yang berisi analisis yang cermat tentang dampak penting dari rencana proyek. Untuk menentukan sejauh mana dampak, analisis yang lebih cermat terhadap dampak penting yang diidentifikasi dalam dokumen KA-ANDAL akan dilakukan dengan menggunakan metode yang diakui.

Selain itu, sifat dampak dapat ditentukan dengan membandingkan besarnya dampak dengan kriteria dampak utama yang ditetapkan oleh pihak berwenang. Tahapan selanjutnya adalah menilai hubungan antara satu pengaruh dan pengaruh lainnya. Tujuan dari penilaian dampak ini adalah untuk mengetahui dasar-dasar pengelolaan dampak untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)

RPL adalah dokumen yang berisi pekerjaan pemantauan untuk melihat perubahan lingkungan yang disebabkan oleh dampak rencana proyek. Hasil pemantauan digunakan untuk mengevaluasi efektivitas pekerjaan manajemen proyek yang telah dilakukan, kepatuhan pengelola proyek terhadap peraturan lingkungan, dan dapat digunakan untuk mengevaluasi analisis dampak yang digunakan dalam penelitian ANDAL.

Manfaat Dokumen Amdal

bumi

AMDAL dapat digunakan untuk memastikan bahwa bisnis atau kegiatan pembangunan layak untuk lingkungan. Dengan AMDAL, rencana bisnis dan kegiatan pembangunan diharapkan dapat meminimalkan kemungkinan dampak negatif terhadap lingkungan dan mengembangkan dampak positif sehingga sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Manfaat AMDAL terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Manfaat AMDAL bagi pemerintah

  • Mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Hindari konflik dengan komunitas.
  • Menjaga pembangunan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.
  • Perwujudan tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan lingkungan.

Ini dapat membantu Anda menentukan kebijakan yang benar dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan, dan meningkatkan pelaksanaan pengelolaan lingkungan.

Manfaat AMDAL pemilik proyek

  • Lindungi proyek dari tuduhan pelanggaran.
  • Lindungi barang yang melanggar hukum atau peraturan yang berlaku.
  • Memahami dan menyelesaikan masalah lingkungan yang akan dihadapi di masa depan.
  • Sebagai sumber informasi lingkungan di sekitar lokasi proyek.

Manfaat AMDAL bagi pemilik modal

Sebagai pemilik modal, bank selalu mencantumkan AMDAL dalam pengajuan pinjaman untuk memastikan keberhasilan dan keamanan modal yang ditransfer.

Manfaat AMDAL bagi masyarakat

  • Ketahui dampak suatu aktivitas sejak awal.
  • Jalankan dan lakukan kontrol.
  • Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.
  • Anda bisa mengetahui rencana pengembangan kawasan tersebut.
  • Pahami perubahan lingkungan pada tahap proyek selanjutnya.
  • Memahami hak dan kewajiban dalam hubungannya dengan proyek.

Kriteria Perusahaan yang Memerlukan Dokumen Amdal

Rencana usaha, kegiatan, atau pengembangan yang harus dilengkapi dengan amdal adalah kegiatan yang berdampak signifikan terhadap lingkungan atau memberikan perubahan lingkungan yang sangat mendasar.

Kriteria untuk dampak utama ini meliputi jumlah penduduk yang terkena dampak kegiatan yang direncanakan, ruang lingkup wilayah distribusi dampak, intensitas dan durasi dampak, jumlah faktor lingkungan lain yang akan terpengaruh, sifat kumulatif dampak, dapat dibalik atau tidaknya dampak, dan Kondisi lain. Ikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lantas, apa saja standar bisnis atau kegiatan yang harus dilengkapi amdal agar berdampak penting? Kegiatan tersebut tercantum dalam Pasal 23 (1) UU No. 32 tahun 2009 (Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan). Undang-undang tersebut mengatur bahwa untuk usaha dan / atau kegiatan yang berdampak penting, standar yang harus dilengkapi oleh amdal antara lain:

  • Konversi lahan.
  • Menambang sumber daya alam yang terbarukan dan tidak terbarukan.
  • Proses dan aktivitas yang dapat menyebabkan kontaminasi dan kerusakan.
  • Limbah dan degradasi sumber daya alam di lingkungan dan pemanfaatannya.
  • Akibatnya terjadi proses dan aktivitas yang mempengaruhi lingkungan alam, lingkungan buatan dan lingkungan sosial budaya.
  • Akibatnya akan mempengaruhi proses dan kegiatan kawasan lindung sumber daya alam dan / atau cagar budaya.
  • Pengenalan jenis tumbuhan, hewan dan mikroorganisme.
  • Pembuatan dan penggunaan bahan biologis dan non-biologis.
  • Risiko tinggi dan / atau aktivitas pertahanan nasional.
  • Aplikasi teknologi yang diperkirakan memiliki potensi besar untuk mempengaruhi lingkungan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat dikatakan bahwa berkas amdal sangat penting untuk pembangunan agar tidak mengganggu ekosistem di sekitarnya. Karena keseimbangan ekosistem lingkungan akan selalu berdampak pada kelestarian lingkungan dunia.

Oleh karena itu, jika Anda perlu memantau lingkungan dan perkembangan, Anda juga perlu memantau karyawan di lembaga tersebut. Saat ini sudah ada beberapa software yang bisa memfasilitasi absensi dan monitoring agar lebih efektif. Perangkat lunak tersebut adalah JojoTimes.

JojoTimes adalah aplikasi absensi dan monitoring karyawan, dapat digunakan untuk memantau kehadiran karyawan dimanapun secara real time. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fungsi yang dapat mempermudah absensi dan pelaporan karyawan, atau Anda dapat memantau kehadiran dan kinerja mereka sebagai pimpinan perusahaan.

Dilengkapi dengan fungsi identifikasi biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan fungsi deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan karyawan. Tunggu apalagi, cobalah JojoTimes dan nikmati ujicoba gratisnya sekarang!