Email Marketing Adalah – Pengertian, Tips Membuat dan Manfaatnya

Email Marketing Adalah – Pengertian, Tips Membuat dan Manfaatnya

Email marketing adalah strategi yang sering digunakan oleh perusahaan dalam urusan pemasaran hingga saat ini. Jadi, ika Anda sedang dalam proses pencarian strategi marketing yang terbaik, email marketing bisa Anda jadikan pilihan yang bagus.

Email marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan, yakni dengan menggunakan media email. Meskipun strategi ini terkesan jadul, hingga kini masih banyak perusahaan yang menerapkan strategi ini secara terus-menerus.

Nah, bagi Anda yang masih memiliki keterbatasan pengetahuan tentang email marketing dan belum mengetahui cara membuat email marketing dengan baik, artikel ini akan menjawab kebingungan Anda.  Mari kita simak ulasan tentang pengertian, tips membuat dan manfaat email marketing berikut ini.

Email Marketing Adalah …

Email marketing menjadi strategi yang telah berhasil menjadi metode marketing yang menjanjikan, dengan menghasilkan total pendapat hingga puluhan dolar sejak tahun ’90-an silam. Pengertian email marketing adalah teknik promosi melalui surat elektronik atau email yang bertujuan membangun hubungan dengan para pelanggan.

Dengan memanfaatkan email marketing untuk bisnis, Anda dapat membangun relasi baik dengan pelanggan dan juga sebagai media penyampai informasi terkait produk Anda. Melalui email marketing, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan loyal dengan menawarkan berbagai promo dan diskon yang Anda tawarkan. Banyaknya pengguna aktif email saat ini, tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi Anda yang menggunakan strategi marketing ini.

Strategi pemasaran melalui email masih menjadi pilihan yang bagus hingga kini. Terbukti, terdapat ratusan miliar email dikirimkan per hari dan 109 miliar di antaranya adalah email bisnis.

Manfaat Email Marketing Adalah …

Menjadi metode marketing yang efektif dan tetap digunakan hingga saat ini, email marketing juga menawarkan banyak manfaat untuk bisnis. Di antaranya sebagai berikut:

1. Lebih Bersifat Personal

Dengan menggunakan metode email marketing, pemasaran akan lebih bersifat personal atau pribadi. Sifat personal tersebut akan memberikan perhatian lebih besar dari para pelanggan. Pelanggan akan lebih mudah tertarik dengan produk yang Anda tawarkan karena sifat personal ini.

2. Biaya Relatif Lebih Murah

Dibandingkan menggunakan media marketing populer lainnya, email marketing bisa dikatakan memiliki biaya yang lebih murah dan efektif. Hanya dengan satu klik, Anda sudah mampu menjangkau puluhan ribu email target pelanggan Anda.

email marketing adalah

Ketika Anda menggunakan iklan digital berbayar, pastinya Anda membutuhkan bujet yang relatif besar untuk menjangkau pelanggan. Nah, email marketing tidaklah seperti itu.

3. Memberikan Informasi yang Cepat dan Praktis

Jika Anda pernah mencoba melakukan promosi produk lewat media manual, hal itu sudah dianggap kurang praktis dan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan seperti email marketing.

Dengan menggunakan email marketing, pekerjaan promosi Anda akan lebih mudah termasuk dalam proses menjangkau pelanggan tertarget secara efektif dan cepat. Melalui email, informasi yang ingin Anda akan sangat mudah diterima oleh pelanggan di mana pun mereka berada.

4. Dapat Mewujudkan Kerja Sama dengan Pelanggan

Kerja sama tidak harus dijalin antara pengusaha atau investor, kerja sama dengan pelanggan pun harus diperhitungkan karena juga berdampak pada kemajuan perusahaan. Anda dapat menjalin hubungan baik dengan para pelanggan melalui email marketing dengan saling memberikan feedback berupa saran atau reward.

Dengan email marketing, Anda juga dapat menerima saran terkait pengembangan bisnis online Anda. Cobalah untuk memberikan informasi yang lebih menarik terkait tips atau informasi penting, di samping memberikan penawaran atau promosi produk Anda.

Teknik Memperoleh Email Pelanggan

Agar para pelanggan tertarik untuk memberikan email kepada Anda, tentunya terdapat teknik yang baik untuk meraih hal itu. Meskipun bukan hal mudah untuk mendapatkan email pelanggan, tetapi Anda bisa mencoba teknik berikut ini untuk mempermudahnya.

email marketing adalah

Agar para pelanggan tidak beranggapan bahwa dengan memberikan email, mereka akan mendapatkan spam emai; yang kurang bermanfaat, berikut teknik jitu yang dapat Anda terapkan:

  • Ciptakan konten email yang berkualitas
  • Secara berkala berikan kupon spesial
  • Buatlah penawaran newsletter gratis
  • Berikan Ebook gratis
  • Buatlah penawaran download gratis

Agar lebih mudah mendapatkan email pelanggan, kunci utamanya adalah dengan memberikan value lebih besar kepada para pelanggan. Selain itu, memberikan penawaran sesuai dengan kebutuhan mereka juga harus Anda lakukan.

Cara Membuat Email Marketing Bisnis

Seperti yang sudah Anda ketahui, email marketing adalah salah satu strategi marketing dengan mengandalkan media surat elektronik atau email. Penggunaan email marketing dengan email biasa tentunya memiliki perbedaan.

Nah, jika Anda adalah orang baru yang ingin menjalankan email marketing, patut Anda simak cara pembuatan email marketing bisnis di bawah ini:

1. Pilih Email Marketing Tools

Cara pertama Anda harus memilih email marketing tools. Tanpa menggunakan email marketing tools maka teknik email marketing tidak bisa untuk dijalankan.

Rasanya mustahil, jika Anda menggunakan Gmail atau Yahoo mail untuk berkirim pesan dalam jumlah yang sangat banyak hingga puluhan ribu secara manual. Iya, kan?

2. Buatlah Strategi Email Marketing

Menjalankan email marketing tentunya akan menguras tenaga dan pikiran. Di samping itu, juga diperlukan koordinasi yang kompleks antara tim marketing dan juga pembuat konten.

email marketing adalah

Agar email marketing berjalan dengan efektif dan efisien, Anda harus menggunakan strategi yang tepat. Strategi email marketing yang dapat Anda terapkan di antaranya adalah membuat rangkaian cerita bertema, membuat headline persuasif, pilah-pilih konten dengan informasi penting, mencari waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Sebab, prime time is the best time.

3. Membuat Konten Menarik

Agar bisa memberikan konten email yang menarik, Anda perlu mempelajari ilmu copywriting guna meningkatkan peluang email marketing Anda dibuka dan dibaca oleh target pelanggan. Pelajari beberapa teknik copywriting yang cukup mudah diterapkan.

4. Jaga Hubungan Komunikasi dengan Pelanggan

Anda bisa melihat contoh konten yang dapat menjaga komunikasi dengan pelanggan seperti memberikan informasi layanan atau produk terbaru, diskon menggiurkan untuk pelanggan lama, promo hari besar dan event lainnya, hingga memberikan promo spesial ulang tahun perusahaan Anda. Dengan melakukan itu, dijamin deh hubungan Anda dan pelanggan bakal makin erat.

Itulah pembahasan tentang email marketing, mulai dari pengertian, tips membuat dan manfaatnya. Sekarang Anda mengetahui email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang amat penting guna mendongkrak performa bisnis.

Selain itu, agar performa bisnis Anda makin oke, gunakanlah aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi JojoTimes dapat membantu Anda dalam meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memonitor kinerja karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan/kantor.

Aplikasi JojoTimes telah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti mobile check in & check out, accurate GPS location via geotagging, biometric face recognition dan lainnya. Yuk gunakan aplikasi JojoTimes sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.