Mengenal Lebih Jauh Tentang Employee Benefits

Employee Benefits

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan, oleh karena itu karyawan yang memiliki etos kerja yang tinggi dan kinerja yang baik haruslah dipertahankan. Cara yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan dengan kinerja yang baik agar tidak pergi ke perusahaan kompetitor yaitu dengan meningkatkan kesejahteraan karyawan, termasuk pemberian employee benefits.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah dengan memberikan berbagai kompensasi yang menarik. Kompensasi tersebut dapat berupa imbalan finansial dan employee benefits. Imbalan finansial berupa gaji, bonus, komisi, dan tunjangan yang bersifat langsung seperti tunjangan kehadiran, tunjangan jabatan, dan tunjangan keluarga untuk istri/anak yang dibayarkan dalam bentuk uang tunai.

Sedangkan employee benefits biasanya berupa fasilitas perusahaan hingga tunjangan non-tunai seperti asuransi dan dana pensiun yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Pengertian employee benefits

Pengertian Employee Benefits

Employee benefits merupakan kompensasi, keuntungan, fasilitas dan kemudahan yang didapat oleh karyawan karena bekerja di sebuah perusahaan sebagai bagian dari perjanjian kerja diluar gaji atau upah yang dibayarkan secara reguler. Sebagian besar negara telah mewajibkan adanya employee benefits yang diberikan oleh perusahaan menurut hukum industrial yang berlaku di negara tersebut, biasanya berupa jaminan kesehatan dan asuransi kecelakaan kerja.

Di Indonesia sendiri, hal tersebut pun berlaku dengan pemerintah yang mewajibkan perusahaan untuk memberikan benefit berupa kepesertaan beserta pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang peraturan terbarunya tertuang dalam Peraturan Presiden No 64 tahun 2020.

Menurut PSAK 24, employee benefits terbagi menjadi berikut ini:

  • Imbalan kerja jangka pendek, dapat berupa gaji, bonus, tunjangan, bagi hasil, komisi
  • Pesangon ketika berhenti ataupun mendapat PHK
  • Imbalan berupa uang pensiun (imbalan pasca kerja)
  • Imbalan jangka panjang yang lainnya

Benefit yang lain dapat berupa makan siang gratis, keanggotaan gym, hadiah berupa liburan, dan lain-lain. Pada dasarnya benefit ialah apapun keuntungan yang diberikan oleh perusahaan yang dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan, kesejahteraan dan hidup karyawan. Sehingga employee benefits antara perusahaan satu dengan perusahaan lain dapat berbeda bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Apa pentingnya employee benefit?

Pentingnya employee benefits

Bagi para pencari kerja, employee benefits seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah perusahaan untuk dipilih sebagai calon tempat kerja. Dan bagi para karyawan, employee benefits menjadi alasan penting bagi mereka untuk bertahan di perusahaan tempat mereka bekerja.

Perlu diingat bahwa hubungan antara perusahaan dan karyawan bersifat saling membutuhkan. Hal ini disebabkan karena karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Selain itu, perusahaan juga menjadi tempat bekerja bagi karyawan untuk meraih kesejahteraan hidup bagi dirinya dan keluarga.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Oleh karenanya, penting bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan “simbiosis mutualisme” ini. Dengan memberikan program employee benefits untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, maka karyawan Anda pun dapat memberikan kinerja terbaiknya untuk perusahaan.

Manfaat employee benefits bagi perusahaan

Manfaat Employee Benefits

Benefit yang diberikan kepada karyawan tidak bisa hanya dianggap sebagai biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, akan tetapi sebagai sebuah investasi bisnis jangka panjang. hal ini dikarenakan employee benefit memiliki berbagai manfaat berikut:

1. Meningkatkan kinerja karyawan

Pemberian benefit bagi karyawan akan meningkatkan komitmen terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Dari berbagai survey yang ada, benefit terbukti akan membuat karyawan lebih semangat, fokus, dan juga dapat meningkatkan kehadiran sehingga produktivitas mereka pun akan meningkat.

2. Meningkatkan loyalitas karyawan

Karyawan sangat membutuhkan kompensasi di luar gaji pokok yang mereka dapat. Bagi para karyawan, dengan adanya benefit maka mereka dapat mengurangi biaya yang seharusnya dikeluarkan dari gaji untuk menunjang kehidupan mereka. Oleh karena itu, pemberian benefit akan meningkatkan kepuasan karyawan sehingga loyalitas karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan akan meningkat.

3. Menaikkan retensi dan menekan turnover bagi karyawan

Semakin betah karyawan bekerja di perusahaan, maka tingkat retensi karyawan di perusahaan tersebut juga semakin tinggi dan turnovernya akan semakin rendah.

Employee benefits dapat membuat karyawan lebih mempertimbangkan untuk tidak resign dari perusahaan karena manfaat dari perusahaan yang selama ini telah dinikmati.

4. Meningkatkan daya tarik perusahaan

Perusahaan yang memberikan employee benefits yang bagus biasanya memiliki daya tarik yang lebih kuat di mata pencari kerja dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memberikan benefit. Hal ini akan membuka kesempatan lebih besar bagi perusahaan untuk memilih dan mendapatkan karyawan yang terbaik.

5. Menekan biaya perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, kehilangan karyawan akibat resign tentu tidak hanya akan mengganggu kinerja dan produktivitas perusahaan saja, tetapi efisiensi perusahaan pun akan menurun. Hal ini disebabkan karena perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih sering untuk merekrut karyawan baru. 

Belum lagi jika karyawan baru tersebut masih minim pengalaman atau bahkan masih fresh graduate sehingga produktivitas perusahaan tidak dapat langsung berjalan dengan normal kembali meski mendapatkan karyawan baru. Pemberian benefit dapat menekan tingkat turnover sehingga perusahaan dapat menghemat anggaran untuk melakukan perekrutan karyawan baru.

Macam employee benefits yang menarik

Ada baiknya jika employee benefits yang diberikan lebih memperhatikan kebutuhan karyawan agar manfaatnya dapat lebih optimal. Kebutuhan yang paling umum biasanya berupa asuransi, pinjaman karyawan, dan kebutuhan gaya hidup.

Umumnya, benefit yang diberikan perusahaan di Indonesia berupa pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, layanan kesehatan di perusahaan berupa klinik dengan perawat dan dokter yang bertugas, pinjaman dengan adanya koperasi karyawan, dan jenjang karir.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk memberikan benefit lain yang akan meningkatkan reputasi perusahaan. Salah satu contoh perusahaan dengan reputasi yang baik adalah Google. Karyawan Google mendapatkan berbagai benefit menarik seperti jaminan kesehatan saat travelling, ada waktu lebih untuk anak dan bayi, uang pendidikan, seminar dan pelatihan yang akan diganti, layanan konsultasi hukum gratis, dapat tumpangan gratis dengan fasilitas wifi didalamnya, pijat gratis, dan masih banyak lagi yang tentu saja membuat ribuan atau bahkan mungkin jutaan orang berminat untuk bekerja di kantor Google.

Contoh Employee Benefit

Nah, Anda pun juga dapat memberikan benefit menarik berupa fasilitas dan manfaat seperti pelatihan, voucher gym, snack dan makan siang gratis, liburan gratis bagi karyawan terbaik dan fasilitas lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Perlu dipahami bahwa employee benefits umumnya identik dengan segala keuntungan dan kompensasi ataupun fasilitas dan kemudahan yang diperoleh karyawan di luar gaji atau upah. Mungkin saja sekarang ini setiap perusahaan memberikan hal ini kepada para karyawannya. Sebab hal ini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi sebuah perusahaan.

Employee benefits dinilai sebagai suatu pemberian yang seolah menjadi balas jasa dari perusahaan kepada karyawan yang telah memberikan pekerjaan terbaiknya untuk perusahaan. Maka tentunya apa yang diberikan oleh masing-masing perusahaan pada para karyawannya bisa dalam bentuk yang berbeda. Namun tetapsaja pada akhirnya apa yang diberikan oleh perusahaan ini bisa menimbulkan reaksi positif dari para karyawan.

Contoh Employee Benefits

Pinjaman karyawan

Salah satu contoh dari employee benefits yang bisa diberikan oleh perusahaan pada para karyawannya adalah pinjaman. Dengan adanya pinjaman maka karyawan bisa mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Untuk itu setiap perusahaan bisa mendirikan koperasi karyawan yang nantinya dapat memberikan pinjaman kepada anggota.

Jaminan kesehatan

Jaminan kesehatan juga bisa diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Kesehatan memang menjadi suatu hal penting bagi diri setiap orang termasuk para karyawan. Untuk itu perusahaan perlu memberikan jaminan kesehatan dalam berbagai bentuk. Misalnya dalam bentuk asuransi bidang kesehatan untuk karyawan dan keluarganya atau sejenisnya.

Asuransi kecelakaan kerja

Senada dengan kesehatan rupanya keselamatan kerja karyawan juga merupakan suatu hal yang perlu dijamin oleh perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan bergerak di bidang usaha yang sangat beresiko menimbulkan terjadinya kecelakaan kerja. Biasanya hal ini terjadi di perusahaan yang lebih mengutamakan aktivitas praktek di lapangan.

Pembayaran iuran BPJS kesehatan

Iuran BPJS kesehatan hingga saat ini masih menjadi employee benefit yang paling sering diberikan oleh perusahaan. Dengan adanya iuran BPJS di bidang kesehatan ini maka para karyawan aan merasa bahwa perusahaan begitu peduli. Terlebih lagi di negara kita ini sampai dengan sekarang masih ada banyak jenis penyakit yang bisa munculapda diri seseorang karena berbagai macam faktor. Oleh karena itu pembayaran iuran BPJS kesehatan bisa menjadi hal terbaik yang diberikan pada para karyawan.

Pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan

Selain BPJS Kesehatan rupanya ada pula BPJS Ketenagakerjaan. Jenis BPJS yang satu ini tentunya juga perlu dipenuhi oleh perusahaan. BPJS Ketenagakerjaan ini antara lain meliputi Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua serta Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun.

Bonus dan komisi

Bonus umumnya merupakan sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan yang bekerja dan dapat mencapai hasil hingga lebih dari target. Sedangkan komisi bisa diberikan pada karyawan jika memang karyawan telah mencapai target perusahaan. Baik bonus dan komisi sama-sama merupakan suatu hal yang sangat berarti bagi para karyawan yang menerimanya.

Pesangon

Pesangon pada dasarnya merupakan sejumlah dana yang dapat diberikan pada para karyawan ketika masa kerja karyawan tersebut berakhir. Misalnya berakhir karena adanya pemutusan hubungan kerja. Uang pesangon ini bisa menjadi suatu bentuk penghargaan dari perusahaan atas masa bakti karyawan. Selain itu uang pesangon ini juga bisa menjadi bentuk dari pengganti hak karyawan.

Uang pensiun

Ini umunya diberikan kepada karyawan yang sudah tidak bisa lagi aktif bekerja di perusahaan karena pekerja sudah memasuki masa pensiun. Uang pensiun ini umumnya dihitung dengan tepat sehingga saat karyawan harus pensiun dan tidak lagi bekerja maka uang pensiun tersebut bisa diterima olehnya.

Jenjang karier

Setiap karyawan tentu akan merasa senang jika kariernya selamabekerja bisa naik atau meningkat. Oleh karena itu kenaikan jenjang karier menjadi suatu employee benefit yang tentunya akan membuat pekerja menjadi senang sekaligus membuat karyawan merasa begitu dihargai. Tentunya jenjang karier inibisa dicapai lebih cepat oleh karyawan yang memang bsia bekerja dengan sangat baik serta dapat memberikan hasil maksimal.

Seminar dan pelatihan

Ada banyak seminar dan pelatihan atau workshop yang dapat diikuti oleh para karyawan dari suatu perusahaan. Dengan mengikuti seminar dan pelatihan maka wawasan serta pengetahuan para karyawan akan semakin luas. Tidak hanya itu saja tetapi ketrampilan dan keahlian karyawan juga bisa meningkat. Tentuseminar dan pelatihan ini akan menjadi tips untuk melakukan pengembangan SDM yang tepat sehingga bisa diberikan pada karyawan.

Uang pendidikan

Yang dimaksud dengan uang pendidikan dalam hal ini adalah biaya bagi karyawan yang bersedia menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Perusahaan mungkin bisamemberikan bantuan pada para karyawan yang ingin kuliah. Hal ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan kepada para karyawan dalam usahanya ingin mengembangkan kualitas.

Layanan kesehatan

Contoh dari employee benefits lainnya yang juga seringkali diberikan oleh perusahan kepada para karyawan berupa layanan kesehatan. Layanan kesehatan ini misalnya saja seperti berobat di klinik atau mungkin melakukan cek kesehatan saja.

Makan siang gratis

Selain layanan kesehatan rupanya makan siang gratis juga menjadi contoh employee benefits yang seringkali diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya. Dengan adanya makan siang gratis maka karyawan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan makanan di siang hari saat bekerja. Maka bisa dibilang bahwa fasilitas berupa makan siang gratis merupakan suatu bentuk pemberian atau penghargaan dari perusahaan pada karyawan.

Layanan wifi

Internet merupakan suatu hal yang sekarang ini sangat diperlukan oleh siapa saja baik untuk keperluan kerja maupun keperluan pribadi. Maka adanya akses wifi gratis di perusahaan tentunya bisa membantu para karyawan yang mungkin membutuhkan layanan internet. Terlebih lagi di masa sekarang ini yang kesemuanya membutuhkan adanya jaringan internet.

Hadiah liburan

Semua orang sudah tentu membutuhkan waktu liburan. Tak terkecuali para karyawan yang sudah bekerja setiap hari demi kemajuan perusahaan. Maka sebagai bentuk penghargaan ataskerja keras karyawan boleh saja jika perusahaan memberikan hadiah liburan atau rekreasi. Atau mungkin perusahaan bisa mmeberikan hadiah berupa waktu cuti sehingga para karyawan bisa menggunakan hadiah tersebut untuk jalan-jalan dan berkumpul bersama keluarga.

Penerapan Employee Benefits di Perusahaan

Employee benefits di Indonesia juga sudah banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan di bidang apa saja. Tampaknya menghargai karyawan melalui berbagai contoh employee benefits di atas sudah dianggap penting. Sebenarnya permberian penghargaan pada karyawan nantinya akan membuat karyawan menjadi lebih menghargai perusahaan.

Loyalitas akan semakin meningkat dan kinerja karyawan juga akan terus bertambah. Maka peluang kesuksesan bagi perusahaan bisa semakin besar karena adanya karyawan yang bekerja dengan semaksimal mungkin. Dengan diterapkannya employee benefits maka nantinya setiap karyawan bisa mendapatkan kesejahteraan hidup dan juga dapat bekerja dengan lebih memusatkan fokusnya.

Anggaran Employee Benefit

Pandemi covid 19 telah secara tidak langsung memaksa pengusaha untuk memangkas anggaran demi menyelamatkan perusahaan. Bahkan tidak sedikit dari banyak perusahaan tersebut yang melakukan PHK besar – besaran atau mengurangi gaji karyawan hingga batas minimum.

Alih – alih menggunakan pemotongan biaya serta PHK yang tentu akan sangat merugikan pegawai, akan lebih baik apabila perusahaan melakukan penghematan biaya dengan menarik ‘singset’ pengeluaran dari employee benefits.

Pada saat yang bersamaan, akses menuju perawatan Kesehatan yang terjangkau menjadi barang mahal yang harus didapatkan oleh karyawan. Bahkan di negara besar seperti Amerika tidak luput dari dampak covid 19 itu sendiri. Sekitar 137 juta penduduk Amerika dilaporkan kesusahan dalam pendapatkan biaya penanganan medis pada tahun 2019.

Di sisi lain, pandemi korona yang terjadi juga merusak rancangan ide pensiun dini masal dikarenakan oleh besarnya ketidakpastian dalam jaminan keuangan serta jaminan sosial. Banyak dari pekerja yang merasa masih belum mempunyai tabungan yang cukup untuk menghadapi masa pensiun yang akan datang.

employee benefits

Dalam segala kesempitan yang terjadi, seorang pengusaha harus mampu mengambil pendekatan yang terukur serta hati – hati demi mencapai keseimbangan antara pengendalian biaya dengan tunjangan karyawan yang juga harus mencukupi.

Meskipun semua tugas tersebut tidak akan semenyenangkan situasi krisis tahun – tahun sebelumnya, namun percayalah bahwa tidak hanya anda yang mengalami situasi mengerikan seperti sekarang. Semua orang di sektor apapun mengalami hal yang sama bahkan mungkin jauh lebih buruk dari situasi perusahaan anda.

Jika strategi yang anda atau perusahaan tetapkan mampu menyelematkan banyak orang dari krisis yang sedang terjadi hal tersebut akan menjadi sebuah pembelajaran yang sangat menguntungkan.

Berikut adalah beberapa hal mengenai cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas program employee benefits itu sendiri, antara lain adalah :

Memperhitungkan Rata – Rata Nilai Employee Benefit

Tunjangan atau sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan pada karyawan dapat menjadi biaya yang substansial, terhitung sebesar 31% dari jumlah total kompensasi untuk pekerja di suatu perusahaan. Sedangkan bagi pekerja yang menjadi karyawan di badan provinsi baik itu lokal maupun pusat mendapatkan total kompensasi sebesar 38% maksimal.

Rata – rata biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam memberikan employee benefits di perusahaan swasta adalah sekitar 12 dolar per jam di Amerika. Employee benefits yang diberikan termasuk ke dalam tunjangan seperti cuti berbayar, asuransi Kesehatan, biaya atau dana pension hingga dissabilitas insurance.

Dengan total biaya benefits sekitar 21.800 dolar per tahunnya yang harus dibayarkan oleh perusahaan swasta di Amerika terhadap karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Dimana asuransi Kesehatan adalah biaya tunjangan terbesar yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau suatu organisasi itu sendiri.

Terhitung sekitar 8% dari total jumlah kompensasi yang diterima oleh seorang karyawan swasta di Amerika. Yang kemudian diikuti oleh tunjangan hukum serta jaminan sosial yang jika dijumlahkan hanya sekitar 7% dari total kompensasi.

Selain dua jenis biaya asuransi diatas, Sebagian besar tunjangan yang diberikan oleh perusahaan masuk kedalam anggaran asuransi Pendidikan dan Kesehatan.

employee benefits

Cara Terbaik Meminimalisir Biaya Employee Benefits

Jika perusahaan atau sebuah organisasi sedang mempertimbangkan pengurangan biaya tunjangan demi memotong pengeluaran dari perusahaan itu sendiri, hal pertama yang perlu dilakukan adalah merencanakannya sedetail mungkin.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pengurangan biaya employee benefits, antara lain :

Analisis Program Spending Karyawan

Langkah pertama dalam memotong pengeluaran tunjangan perusahaan harus dimulai dengan analisis program yang tengah direncanakan. Analisa yang dilakukan dimaksutkan untuk melihat mana program tunjangan yang benar – benar berguna dan bekerja dengan baik.

Lihat hasil Analisa dengan mempertimbangkan program mana yang memberikan manfaat paling besar bagi karyawan. Beberapa penggunaan yang terlalu melebih – lebihkan dalam hal employee benefits harus ditekan sedini mungkin.

Jangan Melebih – lebihkan Anggaran Asuransi

Untuk menentukan berapa banyak perusahaan telah membayar tunjangan Kesehatan dari satu tahun ke tahun berikutnya, perusahaan bisa mengandalkan tren yang sedang terjadi di masyarakat. Tren yang dianalisa merupakan gabungan dari Riwayat klaim asuransi Kesehatan yang dilakukan oleh pegawai bertahun – tahun kebelakang.

Dari pengalaman yang tertuang dalam tren tersebut anda bisa memproyeksikan biaya pengeluaran employee benefits di periode selanjutnya. Namun tidak smeua data Analisa yang telah dicatat mengikuti tren yang ada. Beberapa tren justru mengalami persebaran data yang random hingga tidak bisa disebut sebagai tren itu sendiri.

Hal ini dapat dikurangi dengan memberikan pilihan paket tunjangan kepada karyawan sehingga benar – benar dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh karyawan itu sendiri.

employee benefits

Mengandalkan Asuransi Kesehatan yang Tepat

Perusahaan biasanya mengandalkan banyak cara atau upaya dalam Menyusun sebuah paket tunjangan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Perusahaan dapat mengurangi biaya employee benefits dengan mengkomunikasikan rencana anggaran biaya Kesehatan serta Pendidikan kepada pekerjanya sendiri.

Paket – paket yang ditawarkan akan mendorong lebih banyak karyawan dalam meilih jenis paket yang sesuai dengan situasi dan kondisi masing – masing. Hal ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran perusahaan yang dianggarkan untuk asuransi tanpa memotong sedikitpun hak karyawan.

Menawarkan Akun Asuransi Kesehatan

Health saving account atau HAS merupakan sejenis tabungan yang dimiliki oleh karyawan untuk menyisihkan Sebagian uangnya khusus menangani perawatan Kesehatan. Setiap uang yang disimpan melalui akun tersebut yang kemudian pada keadaan lain digunakan untuk biaya medis merupakan biaya yang belum dipotong pajak.

Hal ini tentu akan menambah keuntungan dari penggunakan tabungan asuransi itu sendiri. Tidak hanya itu, tabungan asuransi Kesehatan juga memberikan keuntungan dalam anulir dari dana yang tidak digunakan pada tahun ini kepada tahun selanjutnya.

Bunga serta investasi yang diberikan bebas dari pajak. Apabila seorang pekerja tidak menggunakan asuransi kesehatannya selama bertahun – tahun hal tersebut akan dikembalikan pada pekerja Ketika mereka membutuhkannya.

Jadi, Ketika akhir masa kerja dari suatu karyawan telah tiba, mereka bisa mengambil tabungan dana asuransi Kesehatan dan mendapatkan uang tambahan.

employee benefits

Mengurangi Asuransi Pensiun

Dalam dunia bisnis, memberi asuransi pensiun kepada seseorang mantan pegawai merupakan hal yang wajib demi merekrut darah baru yang sesuai dengan keahlian dari mantan pegawai itu sendiri. Namun, seperti yang kita lihat, kondisi ekonomi yang berubah telah memaksa banyak perusahaan untuk mempertimbangkan Kembali penawaran ini.

Mengurangi jumlah karyawan merupakan ide paling realistis di situasi yang semakin memburuk seperti sekarang. Perusahaan bisa menunda pemberian tunjangan hari tua atau bahkan mengurangi jumlah yang akan diberikan dalam anggaran tunjangan hari tua itu sendiri.

Pengurangan tunjangan hari tua bisa menjadi ide paling tepat yang bisa dilakukan untuk waktu yang tidak menentu seperti sekarang. Namun sangat tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut secara terus – menerus.

Gunakan JojoTimes untuk Menilai Kinerja Karyawan

JojoTimes

Salah satu cara untuk memilih karyawan terbaik selain dengan menilai kinerja dan produktivitas karyawan adalah dengan menilai tingkat kehadiran karyawan. JojoTimes akan membantu Anda dalam mengecek laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis. Sehingga akan memungkinkan karyawan Anda untuk menggunakan waktu mereka pada tugas-tugas yang lebih mendesak. Tidak hanya hemat waktu, namun laporan kehadiran bulanan tersebut akan lebih akurat.

Selain itu, JojoTimes juga dapat memonitor aktivitas karyawan dengan pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat. Anda pun dapat mengetahui apa saja yang sedang dilakukan karyawan. Seperti apakah mereka di kantor, pergi ke pertemuan atau sedang bekerja di luar kota.

Perangkat lunak yang satu ini juga dapat  menyimpan database karyawan Anda dengan Aman. Dengan JojoTimes, segala urusan mengenai data absensi karyawan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.