Engagement Yang Dapat Dilakukan Dalam Bisnis

engagement

Engagement pada dasarnya merupakan suatu komunikasi dua arah. jadi dalam hal ini terdapat suatu feedback atau umpan balik. Feedback ini mengacu pada suatu tanggapan yang diberikan terhadap adanya pesan atau konten tertentu. Dengan adanya umpan balik inilah maka komunikasi du arah bisa berlangsung dengan sangat baik. Sebab adanya umpan balik atau tanggapan tersebut merupakan suatu bentuk respon yang diberikan oleh lawan komunikasi Anda.

Di masa sekarang ini istilah engagement juga berlaku di dalam dunia komunikasi digital. Yaitu komunikasi yang terjalin secara digital dan terjadi melalui jaringan internet. Istilah engagement ini juga bisa ditemukan di dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis hal ini bisa diartikan sebagai suatu hubungan komunikasi yang terjalin di antara produsen dan konsumen atau antara penjual dan pembeli.

Membangun Engagement

Menarik perhatian

Untuk dapat mendorong konsumen agar bisa memberikan feedback maka sebaiknya Anda membuat sesuatu yang menarik. Hal ini bisa diterapkan terutama jika Anda merupakan seorang pebisnis. Tentunya bisnis akan berkembang dengan semakin baik jika engagement yang dibangun juga berjalan dengan baik dan lancar. Maka untuk meningkatkan fungsi engagement sebaiknya Anda selalu menciptakan suatu ide yang kreatif dan inovatif. Tentunya dengan ide Anda tersebut maka perusahaan Anda bisa menciptakan sesuatu yang menarik perhatian konsumen sehingga konsumen memberikan feedback.

Membuat situs web

Di masa sekarang ini tampaknya dunia digital semakin diminati oleh kebanyakan orang. Bukan hanya diminati saja tetapi dunia digital semakin dibutuhkan dan diperlukan oleh hampir setiap orang. Oleh karena itu internet semakin banyak dibutuhkan orang termasuk untuk melakukan proses engagement. Melalui media internet maka Anda bisa membuat suatu situs web. Dengan adanya situs web milik Anda maka para pengguna internet bisa mengetahui bisnis Anda atau apa yang sedang Anda promosikan. Para pengguna internet bisa mengunjungi web Anda dan melihat seluruh isi dari web Anda tersebut.

Menyapa konsumen

Konsumen pada dasarnya menjadi suatu bagian penting dalam menjalankan usaha. Sebab melalui adnaya konsumen inilah maka Anda bisa melakukanproses penjualan produk. Melalui penjualan produk tentunya Anda bisa memperoleh penghasilan hingga tujuan usaha Anda semakin lama akan tercapai. Oleh karena itu sebaiknya Anda bisa memperlakukan konsumen dengan sangat baik. Buatlah konsumen menjadi puas dengan layanan Anda dan merasa diperhatikan oleh perusahaan Anda. Sebenarnya ada banyak hal yang bsia Anda lakukan untukmenyenangkan konsumen. Misalnya saja dengan cara menyapa konsumen.

Memberikan respon

Menyenangkan konsumen tidak hanya dilakukan melalui sapaan saja. Anda bisa melakukan banyak hal lain untuk bisa membuat konsumen senang dan merasa puas dengan perusahaan Anda. Hal lain yang juga bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan respon terhadap feedback yang diberikan oleh konsumen. salah satunya adalah dengan memberikan balasan melalui email. Selain itu And ajuga bsia memberikan balasan pada media sosial. Jika konsumen memberikan suatu feedback melalui media sosial maka Anda bisa memberikannya balasan agar konsumen merasalebih diperhatikan oleh perusahaan Anda.

Mempertahankan pelanggan

Hal lain yang juga perlu dilakukan dalam membangun suatu engagement adalah mempertahankan pelanggan. Pelanggan yang setia atau customer loyal pada dasarnya merupakan semacam aset bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu pelanggan yang setia ini perlu dipertahankan. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan setia. jangan sampai pelanggan setia inikemudian beralih ke perusahan pesaing. Oleh karena itu lakukanlah berbagai hal yang sekiranya dapat membuat pelanggan untuk tetap membeli produk Anda. Misalnya dengan memberikan layanan yang terbaik dan memuaskan untuk pelanggan. Atau mungkin Anda juga bsia memberikan reward untuk pelanggan.

Kelebihan Engagement

Mempengaruhi banyak orang

Suatu engagemen yang diupayakan oleh sebuah perusahaan tentu saja akan berfungsi dengan baik. Salah satu fungsinya adalah menarik pelanggan. Dalam hal ini engagement dapat memberikan pengaruh kepada banyak orang. Maka setiap orang yang terpengaruh akan berminat pada produk yang sedang Anda tawarkan. Tentunya peluang orang tersebut untuk membeli produk Anda sangatlah besar.

Meningkatkan kepuasan konsumen

Mungkin saja konsumen Anda akan merasa puas saat feedback yang mereka berikan pada perusahaan Anda dibalas. Atau mungkin jika Anda merespon feedback dari mereka maka konsumen akan merasa senang dan puas dengan kinerja perusahaan Anda. Oleh karena itu sebaiknya tetaplah melakukan upaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Banyak hal yang bisa dilakukan misalnya dengan tetap memberikan respon terhadap feedback yang diberikan. Atau bisa juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan.

Menambah produktivitas pekerja

Dengan adanya engagement tentu saja pendapatan perusahaan secara lambat laun akan meningkat. Sebab engagement bisa mendorong orang untuk menjadi pelanggan bagi perusahaan Anda. Tentu saja hal ini akan semakin memicu semangat para pekerja. Para pekerja bisa bekerja dengan semakin efektif. Produktivitas akan semakin meningkat sehingga pekerjaan juga akan dilakukan dengan cara yang efisien.

Mencapai target penjualan

Dengan adanya produktivitas pekerja dan layanan perusahaan yang memuaskan maka bukan tidak mungkin nama brand usaha Anda akan semakin melambung. Terlebih lagi bila ditambah dengan adnaya kualitas produk yang tinggi serta harga yang terjangkau. Kesemua hal ini tentu akan mendorong terjadinya peningkatan penjualan. Maka target penjualan perusahaan Anda bisa tercapai dan terpenuhi.

Membantu pencapaian kesuksesan

Target penjualan yang meningkat tentu diinginkan oleh setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan. Dalam hal ini kesuksesan yang dimaksud mencakup berbagai hal yang sangat luas. Mulai dari peningkatan omzet penjualan hingga mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Selain itu bertambahnya customer loyal dan juga semakin luasnya jaringan bisa saja menjadi hal yang juga merupakan tujuan dari sebuah perusahaan. Maka bila tujuan ini bisa tercapai tentunya perusahaan bisa disebut mengalami kesuksesan.

Pentingnya Engagement

Engagement tentu menjadi suatu hal yang penting terutama di bidang usaha atau bisnis. Dengan adanya engagement inilah maka suatu perusahaan bisa semakin memperluas dan mengembangkan usahanya. Oleh karena itu strategi yang tepat perlu menjadi pertimbangan bagi sebuah usaha demi melakukan pencapaian target atau tujuan. Sehingga dengan demikian hal tersebut mampu mendukung sebuah usaha secara optimal.

Hal ini sama halnya saat menggunakan sistem absensi yang paling tepat untuk perusahaan. Misalnya yaitu dengan penggunaan JojoTimes. Produk ini dapat memberikan manfaat pelaksanaan absensi yang akurat. Selain itu juga membantu perusahaan dalam memantau absensi secara optimal.

Tentunya hal tersebut didukung oleh fitur-fitur yang ada di dalam JojoTimes. Beberapa fitur tersebut meliputi sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, jangan ragu jika ingin menggunakan JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan manfaat dan fitur yang ditawarkan.