Fitur Manajemen Kehadiran : Berbagai Tools dan Contoh Aplikasinya

Fitur Manajemen Kehadiran

Dalam situasi saat ini, perusahaan (khususnya departemen personalia) membutuhkan solusi untuk mendukung karyawan yang bekerja dari rumah (WFH) dan beberapa karyawan yang bekerja di kantor (WFO). Bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan, beberapa memprioritaskan Fitur Manajemen kehadiran, beberapa memprioritaskan dan mengelola tugas karyawan untuk memudahkan pemantauan, atau keduanya.

Namun pada intinya dengan memberikan pengalaman organisasi karyawan yang baik dalam setiap aktivitas kerja, pengalaman karyawan (EX) perusahaan akan meningkat. Peningkatan employee experience level (EX) akan menentukan tingkat kepuasan customer experience (CX) di masa mendatang, karena karyawan berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Ada berbagai macam aplikasi untuk bekerja dari rumah (WFH) atau bagian dari kantor (WFO). Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda, dan tentunya harganya juga berbeda.

Fungsi Fitur Manajemen Kehadiran dapat memaksimalkan tanggung jawab HR

Fitur Manajemen Kehadiran

Software HR yang digunakan oleh perusahaan dinilai sangat membantu untuk tugas-tugas HRD atau tim personalia. Seperti kita ketahui bersama, tugas tim personalia memang sulit karena harus mampu meningkatkan kinerja karyawan perusahaan. Oleh karena itu, departemen membutuhkan bantuan aplikasi SDM untuk memaksimalkan tanggung jawab dan kewajibannya.

Untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat lunak sumber daya manusia, Anda harus memastikan bahwa perangkat lunak tersebut berisi fungsi-fungsi penting yang memenuhi kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting pada software HR yang dapat mengoptimalkan kerja tim personalia.

Kehadiran dan manajemen waktu

Fungsi penting yang harus dimiliki perangkat lunak sumber daya manusia adalah kehadiran dan manajemen waktu. Dengan fungsi ini, tim personalia tidak perlu lagi menggunakan kertas atau formulir elektronik untuk mencatat absensi karyawan. Sekarang, tim personalia dapat menggunakan sistem waktu dan kehadiran biometrik atau pemindaian sidik jari untuk mencatat kehadiran karyawan.

Fungsi manajemen waktu dan kehadiran yang kompleks dalam perangkat lunak sumber daya manusia juga dapat meminimalkan kecurangan karyawan. Seperti yang kita ketahui bersama, terkadang beberapa karyawan bolos kerja dan berbuat curang karena absen karena meniru tanda tangan. Karena software HR dilengkapi dengan fungsi absensi dan manajemen waktu, hal semacam ini kini tidak mungkin diselesaikan.

Manajemen gaji bagian Fitur Manajemen Kehadiran

Fungsi manajemen penggajian merupakan fungsi penting yang benar-benar dapat membantu menjalankan tugas-tugas sumber daya manusia. Dengan menggunakan software HR ini, tim personalia dapat mengelola gaji dan tunjangan dengan lebih mudah, dan juga dapat mempermudah pembayaran pajak. Selain itu, aplikasi tersebut dapat meminimalisir kesalahan dalam penghitungan gaji. Dengan cara ini kepuasan karyawan akan meningkat.

Perpajakan dan manajemen asuransi

Perangkat lunak sumber daya manusia harus dilengkapi dengan fungsi pajak dan manajemen asuransi. Mengingat hampir semua perusahaan saat ini terdaftar di Kementerian Ketenagakerjaan, hal ini sangat penting artinya perusahaan harus memenuhi kewajibannya membayar pajak penghasilan dan asuransi karyawan.

Tanpa bantuan software HR yang dilengkapi dengan fungsi pajak dan asuransi, bisa dibayangkan sendiri betapa repotnya menghitung secara manual begitu banyak pembayaran pajak penghasilan. Penghitungan secara manual tentu akan merepotkan tim personalia, karena harus menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga. Selain itu, penggunaan software HR juga akan meminimalisir terjadinya human error saat menghitung pajak.

Fitur Manajemen Kehadiran dengan Klaim dan penggantian

Terkadang, perusahaan harus mempublikasikan klaim atau penggantian yang dilakukan oleh karyawan mereka. Tindakan ini dilakukan ketika seorang karyawan membutuhkan biaya perjalanan dalam perjalanan bisnis, atau ketika seorang karyawan membeli barang-barang yang dapat menunjang pekerjaannya. Perangkat lunak SDM yang dilengkapi dengan fungsi klaim dan penggantian akan sangat mempermudah pekerjaan tim personalia. Dengan menggunakan software ini, HRD dapat lebih mudah menyetujui klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan.

Contoh Aplikasi dengan Fitur Manajemen Kehadiran

Fitur Manajemen Kehadiran

Berikut 5 aplikasi terbaik yang dapat membantu HRD perusahaan menilai produktivitas dan kinerja karyawan berdasarkan fungsi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini:

Attendzone

Solusi yang menggunakan aplikasi di perangkat seluler untuk melacak kehadiran karyawan. Attendzone menggunakan GPS dan selfie sebagai fungsi utamanya untuk mengoptimalkan kehadiran. Selain itu, Attendzone juga memiliki fungsi notifikasi, jika ada karyawan yang telat dan lupa hadir maka akan di beri tahu. Attendzone memiliki fitur yang diperlukan dalam kondisi saat ini, fitur yang lebih profesional dan fungsi penggajiannya menghabiskan biaya hingga $ 50 sebulan.

Jibble

Pantau kehadiran tim, apakah mereka di kantor, di rumah atau bekerja di luar ruangan, mereka dapat dipantau. Fungsi karakteristik Jibble adalah fungsi pengenalan wajah dan Geocarcarion, di mana karyawan dapat menentukan lokasinya secara akurat. Jibble juga memiliki versi profesional dengan fungsi gaji $ 3 per bulan.

Darwinbox

Perangkat lunak manajemen waktu dan kehadiran memungkinkan pemrosesan beberapa shift dan daftar nama, serta cuti dan kehadiran yang dipersonalisasi. Dengan fitur seperti geotagging, tampilan tunggal, integrasi biometrik, dll. Anda dapat lebih memahami bagaimana staf menggunakan waktu kerja mereka yang berharga. Untuk harganya bisa langsung cek di official website Darwinbox.

eBesha EX

Aplikasi Employee eXperience (EX) untuk meningkatkan produktivitas karyawan menyediakan fungsi utama pengelolaan tugas sehari-hari dan mengunggah dokumen pendukung. eBesha EX juga dilengkapi dengan fungsi status online berbasis geotag untuk melaporkan kehadiran dan absensi karyawan, serta pengajuan izin, cuti, dan lembur secara real-time.

Informasi ketenagakerjaan yang dibutuhkan oleh karyawan (seperti tunjangan, penggajian, dll.) Juga dapat dilihat langsung dari aplikasi eBesha EX, sehingga tidak hanya memudahkan bagian pengembangan sumber daya manusia untuk bersosialisasi, tetapi juga memudahkan karyawan untuk melihat pekerjaannya. . Data ketenagakerjaan transparan.

Dalam fungsi daily task management, Anda sebagai bos dapat memberikan tugas kepada karyawan Anda atau berkolaborasi dengan departemen lain, sehingga Anda dapat memantau koordinasi antara tim dan tujuan harian di tempat kerja secara real time. Fitur ini akan sangat membantu perusahaan bekerja dari rumah (WFH) atau sebagian dari kantor (WFO), yang akan memudahkan pengembang sumber daya manusia perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawannya.

JojoTimes

Fitur Manajemen Kehadiran

JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%. Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja, JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.
 
Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.
 
Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!

Oleh karena itu, diadakan pembahasan tentang berbagai fitur penting yang dapat memaksimalkan tugas HRD. Dengan menggunakan software dengan berbagai fungsi penting, saya berharap pekerjaan HRD atau tim personalia akan lebih mudah, karena pengolahan data kepegawaian sudah otomatis dan terintegrasi dengan baik. Bagi yang membutuhkan software HR dengan fungsi support lengkap bisa menghubungi Jojonomic. Perusahaan siap menyediakan software HR terbaik untuk memaksimalkan tugas HRD di perusahaan Anda.