Brand Voice : Pengertian, Pentingnya, dan Cara Kembangkan Brand Voice

Brand Voice

Setiap perusahaan pasti akan berlomba untuk memiliki pelanggan setia. Ada banyak cara untuk melakukannya, salah satunya adalah dengan membangun brand voice. Ketika bisnis Anda sudah memiliki brand, akan lebih mudah untuk menjalin kontak dengan pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan juga akan merasa lebih dipercaya dan ingin berpartisipasi dalam bisnis.

Sebelum Anda mulai mengembangkan merek yang sehat, Anda harus memahami bahwa prosesnya tidak dapat diselesaikan dengan segera. Tentunya akan membutuhkan waktu lama bagi setiap perusahaan untuk mengembangkan strategi yang tepat sebelum akhirnya mendapatkan brand voice yang sukses.

Pengertian Brand Voice

Brand Voice

Brand Voice merupakan kumpulan kata, kondisi, perilaku dan ekspresi yang dimiliki oleh suatu merek. Kompilasi tersebut ditulis di media sosial suatu brand dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Tidak hanya itu, brand voice juga bisa menjadi simbol untuk menyampaikan produk tersebut. Singkatnya, brand voice adalah cara konsumen melihat merek, dan persepsi mereka adalah identitas merek yang sebenarnya.

Misalnya, beberapa merek dikenal karena kedamaian dan humornya saat menyampaikan pesan merek. Ada juga beberapa brand yang memilih untuk menyampaikan pesannya secara profesional. Pada dasarnya semua itu tergantung dari target brand audience. Untuk menentukan brand voice, kita tidak bisa memisahkan nadanya.

Merek dan tone adalah dua hal yang berbeda, dan perusahaan sering mengabaikannya untuk membedakannya. Brand voice sebenarnya adalah sebuah kepribadian, seperti ceria, positif, skeptis atau profesional, sedangkan tone adalah alat untuk menyampaikan informasi melalui merek.

Mengapa Brand Voice Penting?

Brand Voice

Sisi lain dari merek voice adalah karakteristik manusia yang konsisten yang ditetapkan ke merek dagang produk Anda. Dalam hal kepribadian merek, ini seperti beralih dari warna logo ke efek visual dari slogan, karena memberikan kontribusi yang jelas terhadap kepribadian merek Anda.

Pelanggan adalah kunci untuk pengembangan merek yang berkelanjutan, jadi jangan pernah meremehkan, terutama untuk menciptakan kepribadian merek dalam strategi dagang Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam strategi merek, membangun kepribadian merek sangat penting untuk membantu Anda menciptakan pesan merek yang konsisten sebagai pengusaha. Tampilan merek yang konsisten di semua platform dapat meningkatkan pendapatan, terutama di era media sosial, di mana informasi merek sangat penting.

Selain itu, brand voice merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun ekuitas merek. Jika Anda ingin mendapatkan loyalitas merek, maka Anda perlu membangun merek dengan kemampuan pengiriman pesan yang konsisten. Pelanggan akan sangat menghargai merek Anda karena mereka dapat mengenali merek Anda dengan mudah.

Seperti Apa Brand Voice Perusahaan Anda?

Brand Voice

Ada empat rumus untuk menentukan brand voice perusahaan, bukan hanya tone saja, lebih banyak elemen, seperti karakter, bahasa, dan tujuan:

Karakter

Pikirkan brand adalah sebagai manusia. Kita harus menentukan apakah pesan tersebut terdengar ramah, antusias, inspiratif, otoriter atau profesional? Pilih beberapa karakter dan gabungkan.

Suara (Tone)

Ini seperti alat atau sarana untuk menyampaikan karakteristik merek. Apakah bersifat pribadi, jujur, rendah hati, skeptis, atau ilmiah? Merek harus memilih tone yang benar berdasarkan karakteristik merek yang dimilikinya.

Bahasa

Bahasa yang digunakan mungkin berbeda, merek hanya perlu memilih salah satunya. Misalnya, apakah bahasanya kompleks, serius, sederhana, penuh terminologi, menarik atau penuh hikmat?

Tujuan

Dengan menggunakan karakter, warna dan bahasa yang digunakan, merek tidak boleh melupakan tujuannya untuk menyampaikan informasi. Misalnya untuk menarik perhatian audiens, mendidik, menginformasikan, atau menjual.

Brand Voice merupakan cara untuk menyampaikan merek kepada pelanggan. Metode komunikasi merek ini harus sesuai dengan kepribadian konsumen sasaran dan merek itu sendiri. Contoh kepribadian merek termasuk orang yang intelektual, santai, ceria, berwibawa, atau serius.

Oleh karena itu, sebelum mulai menemukan cara berkomunikasi yang tepat, sebaiknya pahami terlebih dahulu konsumen yang menjadi sasaran dan pastikan sesuai dengan kepribadian merek. Misalnya, Anda memiliki perusahaan pakaian kontemporer yang menyasar kaum muda perkotaan.

Tentunya cara berkomunikasi harus bahasa kasual, bahkan bahasa Inggris. Pastikan gaya bahasa komunikasi dengan pelanggan tidak boleh diremehkan. Pasalnya, brand voice merupakan faktor penting dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan menjadikan mereka pelanggan setia.

Membuat Brand Voice

Brand Voice

Jelaskan merek secara detail

Sebagaimana disebutkan di atas, suara merek harus mengekspresikan kepribadian merek. Oleh karena itu, langkah pertama dalam pengembangannya adalah mendeskripsikan merek terlebih dahulu. Brand adalah kepribadian unik, yang diproyeksikan oleh merek melalui konten di berbagai platform komunikasi.

Oleh karena itu kepribadian ini harus ditentukan terlebih dahulu. Menentukan kepribadian merek bisa semudah kita menilai orang lain. Dalam hal ini, kepribadian merek dapat dibandingkan dengan karakter film. Agar karakter-karakter dalam film tersebut bisa lebih persuasif dan dipercaya oleh penonton, tentunya mereka harus berdialog untuk menunjukkan kepribadiannya. Kosakata pemilihan karakter, apa nadanya dan bagaimana mereka mengomentari situasi semuanya dapat digunakan sebagai panduan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Itu juga bisa diterapkan pada merek. Ketika Anda dapat secara konsisten mendemonstrasikan perilaku Anda dalam menghadapi suatu situasi, itu pasti akan membuat pelanggan mengetahui karakteristik merek. Anda juga bisa menampilkan brand dengan memilih kata atau frase yang digunakan di media sosial. Bahkan, brand voice juga menyertakan sapaan kepada khalayak.

Sebelumnya, Anda dapat meneliti merek pesaing Anda untuk mengetahui karakteristik mereka. Mulailah dengan memilih kata-kata atau sapaan untuk audiens dan coba teliti isinya. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk mengembangkan brand voice perusahaan Anda.

Audit Cek Brand Voice Anda

Setelah memahami nilai merek dan target pelanggan Anda, kini Anda perlu mereview brand voice yang diterapkan oleh perusahaan. Jika Anda tidak menyadarinya, maka ketika memasarkan melalui konten digital, baik di media sosial maupun blog, merek tersebut harus memiliki gaya bahasanya sendiri.

Namun, perbarui brand Anda sekarang. Cari tahu apakah itu mencerminkan nilai perusahaan dan cocok dengan target pelanggan. Coba cek semua konten yang sudah diproduksi, baik itu di media sosial, blog atau website lainnya. Ini akan memudahkan Anda untuk menilai apakah suara merek tersebut kompatibel. Misalnya, menyenangkan dan serius, formal dan santai, hormat dan tidak sopan, antusiasme dan fakta prioritas.

Jangan ragu untuk memodifikasi

Brand voice adalah salah satu elemen penting untuk menjalin hubungan yang kuat dengan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus selalu memantau apakah suara mereknya benar dan mampu menjalin hubungan emosional dengan pelanggan.

Jika hasilnya bukan yang terbaik, maka Anda pasti dapat mengubah aturan gaya bahasa dan menemukan alternatif yang paling sesuai. Sebaiknya pembuat konten di perusahaan terus mengevaluasi suara merek secara terus menerus.

brand voice

Tips dan Trik untuk Menaikkan Brand Voice Bisnis Anda

Semakin terkenal merek anda, maka akan semakin mudah pula untuk anda memasarkan produk anda.  Merek anda harus mampu bersaing dengan merek-merek sejenis lainnya, berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk menaikkan brand voice produk anda sehingga lebih banyak dikenal konsumen dan menaikkan penjualan produk anda.

Evaluasi Janji Merek Anda

Banyak orang mengatakan suara atau ketenaran merek anda, itu penggambaran dari merek anda itu sendiri. Dengan meninjau ulang merek anda, baik dari janji dan penggambaran dari merek anda sendiri itu sangatlah penting. Merek adalah penggambaran inti dari organisasi atau bisnis anda. Janji pada merek anda tentu merupakan bagian penting yang harus sesuai dengan bagaimana produk anda terhubung dengan para konsumen.

Dengan membuat janji merek yang baik dan menepati janji merek anda, hal ini adalah faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan suatu brand voice. Banyak orang yang menilai janji merek merupakan hal yang spele padahal lebih dari itu, janji merek merupakan hal penting yang berpengaruh pada target pasar terhadap produk anda.

Dengan membuat janji merek yang baik dan terpercaya, maka kemungkinan merek anda semakin terkenal dan dan diketahui orang lain semakin besar. Semakin baik janji merek anda dengan melambangkan tujuan bisnis anda maka semakin baik pula brand voice dan respon konsumen terhadap anda. Untuk semakin mensukseskan brand voice produk anda, dapat dengan menyebutkan janji merek anda pada postingan atau iklan anda.

Evaluasi Konten

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu mengevalusi konten-konten anda. Selain konten yang akan anda posting, namun juga konten-konten yang selama ini sudah anda posting. Anda lebih baik untuk menghapus konten-konten yang sekiranya tidak sesuai dengan janji merek yang ada buat bagi produk bisnis anda. Memahami dan mengevaluasi konten anda merupakan hal penting untuk keberlangsungan bisnis anda.

Dengan mengevaluasi konten-konten yang sudah anda posting sebelumnya apakah sudah sesuai dengan janji merek anda, dapat membuka peluang dan konsumen anda semakin percaya kepada produk anda dan berimbas dengan semakin berkembangnya brand voice anda. Anda bisa mencari alasan sedemikian rupa sehingga anda bisa menghapus konten yang sebelumnya pernah anda posting namun tidak sesuai dengan janji merek anda.

brand voice

Pentingnya Saran dan Masukan Konsumen

Setelah anda membuat merek dan janji merek yang baik dan terpercaya, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan brand voice anda yaitu dengan mengevaluasi saran dan masukan dari konsumen terhadap produk anda. Sebaik apapun anda membangun merek jika konsumen tidak menanggapinya dengan baik maka perlu andanya perbaikan disini.

Anda harus mencari tahu tanggapan atau respon konsumen terhadap merek anda. Setelah mengetahui respond dari konsumen-konsumen tersebut anda dapat melengkapinya dengan pemikiran anda yang ingin anda sampaikan pada konsumen. Dari saran dan masukan audiens, anda dapat menganalisisnya sebagai pertimbangan terkait merek anda, sehingga anda bisa membangun brand voice dengan lebih mudah.

Evaluasi Merek Anda

Tips dan trik selanjutnya adalah dengan mengevaluasi merek anda sendiri. Dalam melakukan evaluasi anda bisa melakukannya dengan mencoba mendiskripsikan merek anda menjadi tiga kata yang sekiranya dapat mewakili dari merek anda. Setiap anda ingin dan akan memposting sesuatu usahakan terlebih dahulu untuk coba menerapkan tiga kata yang sebelumnya anda gunakan untuk mendefinisikan tujuan anda.

Apakah setelah menerapkan tiga kata dari tujuan tersebut apakah konten yang akan anda posting itu, sudah sesuai dengan 3 kata definisi merek anda tersebut. Apabila sekiranya konten yang akan anda posting tersbut tidak sesuai dengan 3 kata yang mendefinisikan merek anda, alangkah baiknya untuk anda memikirkan ulang konten anda tersebut dengan merefisinya sehingga sesuai dengan definisi merek anda.

brand voice

Mengembangkan Bagan Brand Voice

Dengan anda mengembangkan bagan brand voice anda, maka secara tidak langsung anda juga menaikkan brand dari bisnis yang anda lakukan. Mengembangkan bagan brand voice dapat anda mulai dengan mencari kata yang sesuai dengan ke tiga kata yang mewakili merek anda. Bedakan tiap kata dengan definisi merek, apa yang harus anda lakukan, dan apa yang tidak boleh anda lakukan. Dengan membuat bagan dan mengembangkannya sedemikian rupa akan memudahkan anda dalam melakukan pengembangan brand voice anda.

Lewat bangan yang sudah anda buat, anda memiliki ancang-ancang skema apa yang dapat anda lakukan kedepannya. Dan kelebihan lainnya yaitu anda bisa meminimalisir atau bahkan menghindari hal-hal yang sekiranya akan meyebabkan kesalahaan atau error yang dapat berdampak buruk bagi brand voice anda dengan memperhatikan bagan apa yang tidak boleh anda lakukan.

Temukan Inspirasi yang Tepat

Setelah anda mencoba mengembangkan brand voice bisnis anda, tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menaikkan brand voice anda yaitu dengan mecari informasi dan inspirasi terkait dari perusahaan-perusahaan lain yang sudah lebih berpengalaman. Dari informasi yang anda dapatkan tersebut dapat menjadi inspirasi dan wawasan untuk anda mengembangkan brand voice anda.

Anda bisa memanfaatkan wawasan dari perusahaan lain, kemudian anda dapat mempelajari apa yang mereka lakukan untuk mengukuhkan merek mereka dan bagaimana mereka mengembangkan brand voice mereka.

Mendokumentasikan dan Menyebarkannya Kepada Rekan Kerja Anda

Setelah trik dan tips dari 1 sampai 6 dapat anda lakukan dengan baik, maka tips dan trik terakhir yang dapat anda lakukan yaitu dengan mendokumentasikan semua yang berkaitan dengan merek anda, kemudia menyebarkannya kepada rekan kerja anda. Hal ini diharapkan sehingga walaupun anda mengerti, kesalahan dapat saja dilakukan oleh rekan kerja anda. Oleh karen aitu dengan menyebarkan dokumen yang sudah anda buat dapat membuat rekan kerja anda juga sama mengerti dan meminimalisis kesalahan.

Pastikan semua rekan anda menerima dan memahami dokumen yang sudah anda buat dari mulai pedoman brand voice dan lain-lainnya. Dengan membuatnya menjadi dokumen akan memudahkan semua rekan kerja anda dalam memahami dan menerapakan semua yang sudah anda buat.

brand voice

Konsisten

Tips dan trik tambahan dalam usaha menaikkan brand voice anda yaitu dengan tetap melakukan tujuh tips dan trik dengan konsisten. Setelah anda melakukan tips dan trik yang ada, kenaikan atau perkembangan voice brand anda tidak dapat menjadi maksimal jika anda tidak melakukan dengan konsisten atau berkelanjutan. Semakin anda menyuarakan brand voice anda, mislanya berawal dari para karyawan anda maka akan semakin kuat pula brand voice yang anda miliki bahkan menjadi kebiasaan.

Demikian diatas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan atau mengembangkan brand voice yang anda atau bisnis anda miliki. Jika anda mencermati tips dan trik berikut diatas biasa menjadi langkah-langkah yang tepat untuk menaikkan brand voice anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda

Cari tahu apakah ada gaya bahasa yang masih belum memenuhi nilai-nilai perusahaan atau tidak memenuhi target audiens. JojoExpense dengan sistem brainstormingnya akan memudahkan orang untuk mengetahui apakah penerapan konten suara merek berdampak positif bagi perusahaan.

Oleh karena itu, dengan JojoExpense pelanggan dapat merasakan keterkaitan emosional dengan konten yang dihasilkan dan pada akhirnya menjadi pelanggan setia.