Fitur NFC Dengan Berbagai Macam Fungsi

Fitur NFC atau yang merupakan kepanjangan dari Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan dalam hal komunikasi nirkabel. Penggunaannya ini mungkin sedang trend dan banyak dikenal oleh Anda yang seringkali mengaku sebagai generasi era milenial. NFC ini pada dasarnya seperti halnya alat atau sarana tau protokol yang dapat mempermudah dua alat elektronik menjadi tersambung satu sama lain.

Fitur ini dapat diinstal dengan mudah di smartphone Anda terutama smartphone keluaran terbaru. Jadi melalui penggunaan fitur ini maka Anda bisa memindahkan data dengan lebih cepat. Proses perpindahan data ini juga bisa dilakukan dalam jarak dekat dan bahkan tanpa menggunakan kabel atau mungkin bluetooth. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan cara yang tentunya tidak begitu sulit. Namun langkah awal untuk bisa menggunakannya adalah dengan menginstal fitur ini terlebih dahulu.

Kemudian Anda bisa mengecek apakah fitur sudah tersedia di smartphone atau belum yaitu melakukan cek di bagian Settings tepatnya bagian Wireless & Networks. Fitur ini dapat bekerja atau beroperasi pada radius kurang lebih sejauh 4 meter. Jadi Anda bisa menggunakannya jika perangkat NFC yang akan disambungkan berada pada jarak yang sangat dekat. Jika jaraknya jauh maka perangkat ini tentu tidak bisa digunakan.

Fungsi Fitur NFC

Apabila memutuskan untuk menggunakan fitur yang satu ini, maka ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan secara keseluruhan, meliputi fungsi berikut ini.

1. Melakukan pembayaran

Adanya Near Field Communication ini bisa memudahkan Anda terutama yang sangat suka berbelanja. Kini berbelanja tak perlu membawa uang cash atau tunai karena Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan beberapa sarana modern yang ada. Anda kini bisa melakukan transaksi belanja dengan menggunakan NFC ini. Jika Anda pergi dan membeli barang di supermarket misalnya maka Anda bisa melakukan pembayaran dengan hanya menempelkan NFC yang ada di smartphone Anda dengan NFC tag pasif yang ada di bagian kasir. Hal ini dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan transaksi belanja atau menyelesaikan proses pembayaran. NFC memang terintegrasi dengan beberapa layanan perbankan misalnya seperti e-money. Dengan adanya hal ini maka transaksi belanja kini bisa dilakukan dengan cara yang jauh lebih sederhana dan tentunya lebih cepat serta praktis.

2. Menggantikan karcis transportasi

Karcis angkutan transportasi yang tadinya membuat Anda harus antri di loket untuk membeli tiket kini bisa jadi lebih mudah untuk didapatkan. Dengan adanya NFC maka sistem karcis angkutan transportasi bisa diubah hingga menjadi lebih sederhana. Anda tak perlu bersusah-susah antri di loket untuk mendapatkan karcis atau tiket karena Anda bisa naik transportasi dengan menggunakan NFC. Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya tinggal menuju ke gate dengan tap NFC yang ada pada smartphone Anda dan menghubungkannya ke NFC tag pasif. Namun jangan lupa untuk melakukan pengisian saldo tiket transportasi sebelum Anda melakukan perjalanan.

3. Sebagai kunci keamanan

Near Field Communication juga bisa digunakan sebagai fitur untuk melakukan kunci keamanan. Jadi Anda bisa menggunakannya misalnya saja untuk membuka pintu rumah. Anda mungkin juga bisa menggunakannya untuk membuka pintu kantor. Atau bahkan Anda bisa menggunakannya pula sebagai identitas masuk sehingga bisa masuk ke suatu ruangan. Kini kunci keamanan tidak harus menggunakan kartu fisik yang biasanya dilengkapi dengan magnet. Sebab Anda kini bisa melakukannya dengan lebih mudah yaitu dengan menggunakan fitur NFC yang ada di layar smartphone Anda. Membuka dan mengunci pintu jadi lebih mudah dan Anda tak perlu khawatir dengan ruangan Anda lagi. Ruangan Anda pasti aman sebab hanya orang yang memiliki NFC saja yang dapat membuka kunci dan masuk ke ruangan Anda.

4. Melakukan akses informasi produk

Beberapa merk saat ini mulai menggunakan teknologi canggih NFC sebagai sarana untuk melakukan promosi suatu produk. Teknologi canggih ini bahkan digunakan pula pada materi promosi produk seperti misalnya pada poster. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi secara lengkap mengenai suatu produk yang sedang diinformasikan atau dipromosikan. Caranya juga sudah tentu sangatlah mudah terutama bila Anda menggunakan NFC dalam melakukan hal ini. Anda hanya tinggal menghubungkan NFC yang ada di smartphone sehingga segala informasi mengenai produk bisa Anda dapatkan. Kini Anda tak perlu lagi menggunakan brosur untuk memahami segala hal yang berkaitan dengan suatu produk yang ingin dibeli. Brosur yang menggunakan kertas tidaklah ramah lingkungan. Sebaliknya dengan NFC maka Anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih praktis dan mudah.

Kelebihan dan Kelemahan Fitur NFC

Dengan adanya peranan dari teknologi canggih pada fitur NFC maka bisa dibilang bahwa fitur yang satu ini memiliki kelebihan atau keunggulan tersendiri. Pemakaiannya sudah tentu bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal dan dalam memenuhi segala keperluan. Baik keperluan sehari-hari maupun keperluan akan transportasi bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah melalui penggunaan perangkat Near Field Communication ini. Salah satu kelebihan dari perangkat ini adalah kemampuannya untuk bisa melakukan proses transfer data. Namun perangkat ini tampaknya lebih unggul daripada perangkat sebelumnya yang juga bisa digunakan untuk transfer data. Kelebihannya tersebut antara lain NFC tidak membutuhkan daya yang besar sehingga lebih efektif dan efisien untuk digunakan.

Selain itu pernagkat ini juga memiliki kecepatan yang baik untuk tersambung dengan perangkat lainnya. Bahkan kecepatan yang dibutuhkan hanya sekitar 10 detik saja maka Anda bisa menyambungkannya dengan perangkat yang diinginkan. Bagaimanapun juga suatu teknologi juga memiliki kelemahan di balik kelebihannya. Salah satu kelemahan perangkat NFC ini adalah adanya waktu yang lebih lambat bagi proses transfer NFC. Fitur ini juga belum tentu terdapat di semua smartphone jadi tidak semua orang bisa menggunakannya. Hal ini rupanya juga menjadi salah satu kelemahan dari NFC di balik keunggulan NFC yang sangat canggih.

Dari informasi di atas dapat dilihat bahwa fitur NFC sebenarnya memiliki banyak fungsi dan kelebihan yang optimal. Demikian halnya jika berusaha untuk mengatur keuangan perusahaan dengan jalan yang efektif dan efisien. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dimana produk ini pastinya bisa membantu sistem reimburse dan penyediaan uang kas yang jauh lebih cepat dan optimal. Tidak hanya itu saja, tetapi juga bisa membantu menghindari resiko penipuan atau penggelapan keuangan perusahaan.

Semua manfaat ini bisa diperoleh dari adanya fitur-fitur pendukung JojoExpense yang sangat bermanfaat. Mulai dari fitur Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, Monitoring Requester’s Budget Limit, Custom Expense Categories, Expense Plafond, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Oleh karena itu jangan ketinggalan, segera dapatkan coba gratis produk ini di perusahaan Anda. Pastikan untuk melihat sendiri kemampuan JojoExpense dan putuskan untuk menggunakannya bagi keuangan perusahaan Anda.