Harga Bitcoin Dan Berbagai Aspek Yang Mempengaruhinya

Harga bitcoin saat ini tampaknya sedang naik tinggi. Setelah sebelumnya harganya sempat mengalami penurunan tampaknya kali ini bitcoin mulai melonjak lagi. Bahkan sekarang ini bitcoin semakin banyak diinginkan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai investasi. Sebagian orang mungkin saja merasa asing dengan istilah bitcoin ini. Sebab walaupun sama-sama berhubungan dengan keuangan namun hal ini masih belum bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Mungkin hanya beberapa orang saja yang memahami sistem penggunaannya dan menjadikannya sebagai investasi.

Di tahun ini tampaknya Bitcoin semakin naik tinggi dan seolah memiliki banyak keunggulan bahkan bila dibandingkan dengan nilai saham dan minyak. Maka tak heran bila semakin banyak orang yang bersedia menjadikannya sebagai invesatasi seperti halnya orang berinvestasi saham atau valuta asing. memang bitcoin sekarang ini seolah dianggap sebagai suatu aset yang sangat bagus. Bitcoin sendiri sebenarnya adalah suatu aset digital. Benda ini dikembangkan sejak tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Seperti halnya emas bitcoin dianggap sangat berharga oleh orang yang memilikinya. maka dari itu benda ini dinilai sebagai aset atau investasi atau lainnya. Namun sesuai dengan namanya maka aset digital yang satu ini hanya tersedia di dunia digital.


Fitur Bitcoin

Adapun untuk informasi awal, sebaiknya pahami dulu apa saja fitur yang terdapat pada Bitcoin dan mempengaruhi beberapa aspek harga bitcoin berikut ini.

1. Ditransfer secara instan peer to peer.

Bitcoin tidaklah memiliki server pusat sehingga penyimpannya cenderung bersifat desentralisais. Selain itu aset digital ini juga terdistribusi sehingga dibagikan ke berbagai server. tentu saja pembagiannya ke beberapa server hanya bisa dilakukan oleh setiap pengguna yang tentunya terhubung ke dalam jaringan. Oleh karena itu biasanya penggunanya terhubung ke dalam satu jaringan sehingga bisa mendistribusikannya kepada orang lain.

2. Bisa transfer ke mana saja.

Anda bisa mengirimkannya kemana saja dan kepada siapa saja. Tentu saja pengirimannya ini bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat dan bahkan proses transfer bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Bahkan proses transfer bisa dilakukan kapan saja Anda memiliki waktu luang dan dimana saja Anda berada. Pengirimannya bisa dengan mudah dilakukan karena prosesnya hanya membutuhkan sebuah smartphone saja. tentu saja smartphone haruslah terhubung dengan jaringan internet untuk mengaksesnya.

3. Biaya transfer kecil.

proses transfer dilakukan dengan biaya yang bisa dibilang cukup kecil. Bahkan proses transfer juga bisa dilakukan tanpa biaya pengiriman dan dilakukan dengan gratis. Namun untuk mengirimkannya dalam wkatu yang lebih cepat maka biasanya dompet bitcoin milik Anda akan dipotong dengan biaya yang tidak besar. Berapapun jumlah yang dikirimkan tetap saja biaya transfer tidaklah besar.

4. Transaksi bersifat irreversible.

Yang dimaksud dengan irreversible dalam hal ini adalah sekali ditransfer maka tidak bisa dibatalkan. Jika Anda melakukan transaksi pengiriman ke orang lain maka proses transaksi tersebut tidak bisa dibatalkan. Jadi aset digital ini pasti terkirim ke orang yang menjadi tujuan pengiriman Anda. Oleh karena transaksi ini tidak bisa dibatalkan maka Anda bisa mendapatkannya kembali jika orang yang telah menerimanya dari Anda bersedia untuk mengirimkannya kembali pada Anda.

5. Transaksi bersifat pseudonymous.

Sebenarnya setiap pengguna bitcoin bisa memilih apakah ia ingin namanya dimunculkan ataukah tidak. Dengan kata lain pengguna bisa memilih untuk merahasiakan identitasnya ataukah tidak. Hal ini sepenuhnya bergantung pada Anda sebagai penggunanya. Namun sekalipun Anda memiluh untuk merahasiakan nama tetap saja semua transaksi yang Anda lakukan akan tercatat sehingga transaksi ini bisa dilihat oleh publik. Anda juga bisa melihat transaksi yang digunakan oleh pengguna lainnya. Selain itu saldo Anda juga bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Demikian sebaliknya Anda juga dapat melihat saldo yang dimiliki oleh pengguna lainnya. Namun sekalipun pengguna lain bisa melihat transaksi dan saldo Anda tetap saja Anda sebagai pemilik alamat bitcoin tidak dapat diketahui oleh pengguna lain kecuali jika Anda memang memberitahukannya.

6. Tidak dikontrol oleh lembaga apapun.

Aset digital ini menggunakan database yang tidak dikontrol oleh suatu pihak. Namun aset digital ini sangat terbuka untuk umum. Oleh karena itu proses transaksi bersifat aman sebab tidak akan ada orang yang dapat memalsukan sebuah transaksi. Bahkan seluruh transaksi akan tercatat secara live dan transparan serta tersebar ke jutaan server. Tentu saja tidak akan mudah melakukan pemalsuan transaksi. Sebab jika Anda ingin melakukan pemalsuan transaksi maka Anda haruslah meretas berbagai server tersebut pada waktu yang bersamaan.

7. Jumlahnya terbatas.

Pada dasarnya hanya ada 21 juta bitcoin di seluruh dunia dan sistem penciptaannya teruslah berkurang setiap 4 tahun sekali. Dengan kata lain jumlah aset digital ini bersifat terbatas. Sistem ini sebenarnya menyerupai sistem ekonomi yang berdasarkan pada deflasi. Semakin terbatasnya persediaan bitcoin maka harganya akan semakin naik.

Keunggulan Bitcoin

Rupanya bitcoin semakin dikembangkan karena adanya anggapan bahwa aset digital ini tidaklah dikontrol oleh lembaga pemerintah ataupun oleh bank sentral. Jadi penggunaannya tidak akan terpengaruh oleh kondisi finansial ataupun kestabilan ekonomi di tanah air. Bahkan jika perekonomian dunia menjadi semakin labil maka tetap saja set dalam bentuk bitcoin tetap menjadi investasi yang stabil. Selain itu harganya dipercaya akan semakin melambung tinggi sehingga bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Keunggulan lainnya dari bitcoin adalah adanya fitur yang sangat menarik seperti yang telah dijabarkan sebelumnya. Terlebih lagi biaya transaksinya sangat rendah dan bahkan hampir gratis. Selain itu Anda juga bisa melakukan transaksi tanpa memberikan idnetitas sehingga privasi Anda bisa lebih terjaga. Yang terpenting lagi adalah penggunaan bitcoin indi dinilai aman. Berbagai kelebihan yang dimiliki aset ini tampaknya sangat menggiurkan dan menarik minat beberapa orang sehingga bersedia untuk memilikinya dan menggunakannya sebagai aset berharga atau investasi yang dianggap menguntungkan.

Harga bitcoin memang ditentukan oleh banyak hal, sehingga membutuhkan perhatian yang khusus. Demikian halnya sistem absensi perusahaan sebaiknya jangan sampai disepelekan dan sebaiknya lakukan pengawasan khusus. Di antaranya melalui penggunaan produk JojoTimes. Yang mana produk ini memang berhasil membantu menyimpan data karyawan secara tepat dan akurat. Bahkan bisa pula membantu proses penilaian karyawan yang optimal serta memastikan jumlah cuti maupun kehadiran yang sesuai dengan aktualnya.

Manfaat tersebut bisa diperoleh berkat beberapa tambahan fitur menarik yang telah disediakan oleh JojoTimes. Mulai dari fitur Attendance Clock-Out Validation (with Biometric Face Recognition & Geo-Tagging), Overtime with/without Approval (Calculation Based on Government Regulation), Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, dan masih banyak fitur lainnya. Karena itu jangan ragu, segera saja beralih pada JojoTimes. Dapatkan coba gratis sekarang juga dan buktikan kemampuan produk ini dalam membantu efektifitas kerja tim HRD pada perusahaan Anda.