Ice Breaking : Pengertian, Langkah-langkah, dan Contohnya

employee

Hi semuanya, mungkin ada yang pernah mendengar game yang dimainkan saat party, training, MOS atau OSPEK (Ice Breaking), ini sangat berguna untuk semua siswa SMA yang sedang melakukan Ospek atau game sejenis. Game permainan ini adalah contoh permainan pemecah es yang harus kita coba.

Game icebreaker adalah game untuk mencairkan kebosanan saat pertemuan. Mungkin diawali dengan nama “Stop the ice … hey” yang artinya berhenti membeku (mungkin itu saja). Itu sudah biasa digunakan, jadi kita tinggal mengikutinya saja. Oke kita akan share beberapa game:

Definisi Ice Breaking

ice breaking

Aktivitas Ice Breaking yang menarik bisa menjadi pemecah suasana dalam rapat. Permainan Ice Breaking yang menyenangkan dapat memperkuat koneksi, meningkatkan komunikasi yang lebih baik, dan menciptakan suasana yang lebih santai. Kegiatan ini cukup penting untuk membentuk ikatan kelompok.

Permainan Ice Breaking yang menyenangkan biasanya digunakan di kantor, organisasi, ruang kelas atau kegiatan sosial kelompok. Ini dapat membantu setiap peserta untuk mengenal satu sama lain. Ice breaking dapat memecahkan kebekuan yang asyik dan dapat meningkatkan kualitas persatuan peserta.

Icebreaking yang asyik ini sendiri juga bisa menjadi kegiatan hiburan, agar suasana pesta tidak terlalu mencekam. Permainan Ice Breaking yang menarik ini dapat memberikan bantuan besar bagi perencana acara dan pertemuan, departemen sumber daya manusia, dan kelompok jaringan lainnya untuk menyediakan beberapa permainan pemecah kebekuan yang menarik.

Langkah Melakukan Ice Breaking

ice breaking

Persiapan untuk game pemecah es:

  • Bagikan kertas putih kepada semua peserta.
  • Bagilah peserta menjadi dua kelompok.
  • Grup pertama kamu namai “If Group”, grup kedua kamu namai “Grup Maka”.
  • Semua “jika grup” diperlukan untuk menulis kata yang dimulai dengan “jika”.
  • Semua “kelompok” kemudian diminta untuk menulis kata-kata sejak saat itu.
  • Batasi waktu menulis, 2-3 menit.

Mulailah permainan pemecah es:

  • Sukarelawan untuk bertanya kepada 1 orang dari grup “jika” dan kemudian 1 orang dari grup “kemudian”, dan semua orang berdiri dan bersiap untuk membaca dengan lantang.
  • Anda memberi tahu peserta: “Jika saya mengatakan BACA !, maka” jika orang yang ditentukan dalam grup membaca tulisan tersebut, maka segera diikuti oleh “orang yang ditentukan dalam grup”.
  • Selain itu, untuk game ini, ada partner yang cocok untuk diberi reward (kalimat “jika-maka” konsisten).
  • Saat Anda siap, ucapkan “baca!”.
  • Ulangi pencarian untuk pasangan peserta lainnya sampai Anda selesai atau sampai Anda merasa cukup.

catatan:

Permainan pemecah kebekuan ini akan mengundang tawa, karena pernyataan “jika-maka” yang dibacakan oleh peserta mungkin tidak ada hubungannya. Oleh karena itu, jika ada keterkaitan “jika-maka”, perlu diberikan hadiah agar acara lebih meriah. Dengan berhadiah, setiap peserta akan saling memberikan kesempatan untuk membaca karyanya.

Contoh Ice Breaking

ice breaking

Adakah ide bagus untuk memecahkan kebekuan secara online dengan tim selama pandemi? Mungkin ini masalah besar buat Anda. Dalam tim, ice breaking memainkan peran penting dalam permainan ini. Ini dilakukan untuk membangun persatuan dan membuat kerja tim lebih nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, berikut ide-ide ice breaking yang bisa dilakukan:

Strip Seven

Bentuk lingkaran dan atur peserta. Seorang peserta ditugaskan secara acak untuk menghitung dari angka 1, lalu mengikuti temannya searah jarum jam. Sebelum hitungan ke 7, peserta tidak boleh mengatakan 7, tetapi peserta yang bersangkutan akan menggantinya dengan tepuk tangan.

Setelah bertepuk tangan, mulailah dengan angka 1, 2, 3, dll. Semakin lama angka-angka ini diucapkan, semakin cepat pula angka-angka tersebut. Denda akan dikenakan jika situasi berikut terjadi: terlambat berbicara, mengucapkan kata tabu (angka 7), mengetuk nomor biasa, dan salah mengucapkan urutan angka.

Jika sudah mahir, tingkat kesulitannya akan berangsur-angsur bertambah, misalnya saat hitungan mencapai 30, syaratnya kelipatan 7, yaitu 7, 14, 21, dan 28 tidak bisa diucapkan, tapi tepuk tangan harus digunakan. Selanjutnya, tingkatkan tingkat kesulitan dengan menambahkan kelipatan 7, dan angka 7 (yaitu 7, 17, 27) tidak dapat dikatakan, tetapi diganti dengan tepuk tangan. Terakhir, arah putarannya berlawanan arah jarum jam. Selanjutnya, tuan rumah mempelajari pelajaran dari pertandingan sebelumnya dari para peserta.

Harimau makan harimau

Peserta membentuk lingkaran dan mengangkat tangan ke satu sisi. Tangan kanan terbuka, seolah-olah menanyakan sesuatu, dan tangan kiri sepertinya sedang menunjuk. Letakkan tangan kiri di tangan kanan teman di samping teman, dan seterusnya.

Kunci dari permainan ini adalah ketika pembicara menyebutkan kata macan dalam cerita, peserta harus memegang jari telunjuk di atas tangan kanan peserta lain. Selain itu, ia harus meletakkan tangan kirinya di atas tangan kanan peserta lain secepat mungkin agar tidak dimakan. Peserta yang jarinya terjebak dalam permainan dapat dihukum atau dianggap kalah, dan permainan akan dilanjutkan.

Game bebek

Sampai saat ini kita sering menyebutnya permainan Bebek, permainan ini unik dan dapat menumbuhkan konsentrasi. Metode pemutarannya adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk lingkaran yang bisa terdiri dari banyak orang, idealnya bisa terdiri dari puluhan orang. Anda masing-masing berdiri di lingkaran ini, dan Anda sebagai instruktur ada di tengah.
  2. Perintah untuk membuat kepalan tangan kiri dan mengangkatnya hingga sejajar dengan bahu kiri. Buka kepalan tangan Anda sehingga telapak tangan Anda menghadap ke atas. Saat jari telunjuk tangan kanan diletakkan di telapak kanan tangan kiri teman. Pernahkah Anda memikirkannya, bukan? Tangan kiri kita terbuka, dan ada tangan kanan orang lain. Saat jari telunjuk tangan kanan kita berada di telapak tangan kiri orang lain.
  3. Setelah Anda siap, Anda dapat memulai permainan. Aturannya adalah Anda sebagai pelatih akan memberi tahu Anda tentang bebek. Gunakan kata bebek untuk mengarang cerita apa pun. Dalam cerita, ketika menyebut kata bebek, peserta harus memegang jari telunjuk teman berikutnya ke kiri dan kanan, sekaligus mengangkat jari telunjuk tangan kanan agar tidak tertangkap oleh orang lain.
  4. Lebih baik lagi jika Anda mencobanya terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan aturan permainan. Ambil percobaan sebagai contoh: katakan “bebek” dan kemudian semua orang meraih dengan tangan kiri mereka dan mengangkat tangan kanan mereka.
  5. Ketika terbiasa dengan keadaan ini,kita dapat mensimulasikan cerita, seperti: “Suatu hari, ibu saya meminta saya pergi ke pasar untuk membeli keranjang. Setelah itu, saya bertemu dengan penjual b … bebek!” Sekarang, ketika Anda menyebut kata bebek Pada saat itu, peserta harus menggenggam jari orang lain, tetapi pada saat yang sama menghindari pandangan orang lain.
  6. Bagi peserta yang terjepit jarinya harus menjadi dosen dan berdiri di tengah lingkaran, serta harus mulai bercerita. Pelatih baru dapat memberi tahu Anda apa saja dengan kata kunci apa pun.

Kesimpulan

ice breaking

Demikianlah beberapa contoh ice breaking yang bisa anda terapkan kepada rekan atau bawahan anda saat mereka melakukan seminar. Pentingnya pengawasan terhadap karyawan anda. HRD sangat direkomendasikan untuk menggunakan software JojoTimes.

Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati uji cobanya!