Iklan Gratis, Sebuah Strategi Marketing yang Patut Dicoba!

Menjalankan bisnis pastinya tidak cukup dengan hanya melakukan jual beli saja. Kegiatan jual beli terjadi karena adanya strategi pemasaran atau marketing yang baik, sehingga produk dari suatu bisnis bisa tersampaikan ke banyak orang dan mengetahui tentang produk atau jasa yang dijual. Dan sekarang ini banyak sekali strategi pemasaran yang memanfaatkan iklan gratis.

Tren Pemasaran

Saat ini, pemasaran bisnis mulai berubah. Karena dulunya bisnis dipasarkan melalui iklan di koran, papan reklame, tv, dan sebagainya. Namun sekarang ini karena media sosial lebih digemari, maka pemasaran atau marketing pun bergeser ke media sosial.

Pergeseran teknik marketing tersebut terjadi lantaran mudahnya mengakses sesuatu baik media sosial bahkan melihat tayangan televisi melalui smartphone. Sehingga bisa dibilang marketing atau pemasaran lebih efektif dilakukan melalui media sosial dibandingkan di koran atau televisi.

Promosi penjualan sebagai bagian Strategi marketing

Sebagai bagian dari strategi marketing, promosi penjualan adalah salah satu hal yang bisa memberikan pengaruh dan meningkatkan pengetahuan target pasar. Terdapat tiga sifat promosi penjualan yaitu sifat komunikatif yang bertujuan untuk memberikan informasi dan menarik perhatuan konsumen, kemudian sifat insentif yang bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, serta mengundang agar pembeli terjadi saat atau setelah promosi dilakukan.

Mengenai strategi marketing, terdapat beberapa jenis strategi marketing yang dibedakan berdasarkan tujuannya, yaitu :

  • Periklanan, yang merupakan bentuk promo tidak langsung melalui berbagai media untuk konsumen agar membeli produk
  • Penjualan langsung, yang merupakan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung kepada pembeli, dan pembeli bisa melihat langsung, merasakan, dan memahami tentang produk yang dijual
  • Publikasi, yaitu langkah yang mendorong permintaan berupa konten komersial melalui berbagai media, dan
  • Promosi penjualan, yaitu langkah untuk mendorong pelanggan agar melakukan pembelian produk atau jasa.

Nah untuk kali ini, fokus kita adalah pada promosi penjualan. Seperti yang kita ketahui, promosi penjualan saat ini banyak yang lebih memilih promosi secara online melalui internet. Bahkan terdapat survey bahwa UKM yang memanfaatkan promosi online menghasilkan rata-rata penghasilan hingga 80% dibandingkan UKM konvensional. Dari sini saja kita bisa tahu betapa pentingnya melakukan promosi online.

Promosi penjualan online dengan Iklan Gratis

Strategi promosi online bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, karena memang sudah tersedia banyak media untuk promosi. Terdapat dua jenis strategi promosi online secara umum, yaitu gratis dan berbayar.

Strategi promosi online gratis biasa disebut juga strategi organik, karena bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Dan strategi kedua adalah strategi promosi online berbayar, yang memanfaatkan fitur-fitur iklan berbayar.

Namun pastinya sebagai pelaku bisnis, pasti akan meminimalisir pengeluaran seminimal mungkin namun berusaha tetap efektif. Nah strategi promosi online gratis pasti lebih banyak dipilih karena lebih menarik dan bisa mengurangi pengeluaran, apalagi untuk bisnis pemula.

Pemanfaatan Iklan Gratis

Ada banyak cara promosi online gratis yang bisa menunjang dan mengembangkan bisnis tanpa mengkhawatirkan pengeluaran. Cara ini biasa dipakai oleh UMKM dan bisnis yang memiliki anggaran pemasaran terbatas. Cara gratis ini pastinya juga tetap bisa meningkatkan penjualan dari bisnis anda. Lalu bagaimana cara agar bisa mengoptimalkan iklan gratis sehingga bisa mengurangi biaya dan menghemat anggaran ? Berikut cara-caranya.

1. Memanfaatkan Sosial Media

Media sosial saat ini haruslah menjadi salah satu strategi promosi yang wajib dimiliki sebuah bisnis. Karena di era milenial seperti sekarang ini, media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar. Sosial media yang sudah merambah banyak generasi mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga generasi tua, harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengiklankan bisnis anda.

Sebagai pelaku bisnis, media sosial bisa digunakan sebagai media promosi dan penjualan, menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat dan mudah. Anda bisa membuat beberapa media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan baru-baru ini juga banyak yang mengiklankan bisnisnya di TikTok.

Anda bisa memulai iklan gratis di media sosial dengan rajin memposting postingan barang anda dan bisa memberikan promosi seperti promo gajian, diskon akhir pekan, atau bahkan penawaran menarik seperti buy 1 get 1 free. Karena ketika melihat promo, pasti tidak sedikit orang yang tergiur untuk membeli barangnya.

2. Membuat Website Brand

Membuat website bisa jadi akan menambah kepercayaan calon pembeli dan juga bisa menambah followers di media sosial. Dalam sebuah website, anda bisa menuliskan berbagai hal secara lengkap, dan bisa membantu memasarkan bisnis anda. Jelaskan dengan detail tentang bisnis atau brand anda, produk-produk dengan detail beserta harganya, dan jangan lupa pula untuk selalu memasukkan semua dokumentasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Nah dengan website, anda bisa seperti memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang pastinya membutuhkan modal yang cukup menguras kantong untuk menyewa atau membeli tempat, dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Nah dengan website gratis, anda bisa dengan mudah membangun toko online anda di internet dan bisa mempromosikan produk anda dengan jangkauan yang lebih luas.

3. Mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) di Website yang telah dibuat

Anda mempunyai website tapi belum pengunjung website masih sedikit dan sulit ditemukan di mesin pencari? Anda butuh untuk mengoptimalkan SEO websitenya. SEO adalah sebuah teknik optimasi website secara organik sehingga nantinya bisa meningkatkan posisi website di hasil pencarian.

Saat mencari informasi tertentu di mesin pencarian, pastinya menuliskan kata kunci tertentu sehingga muncul beragai website di hasil pencarian. Nah jika SEO di website bagus, maka webstie anda berpeluang untuk muncul di halaman pertama bahkan di bagian atas. Sehingga peluang untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi. Cara mengoptimalkan SEO bisa dengan pemilihan kata kunci yang tepat, link building, dan social sharing.

4. Membuat content marketing yang menarik

Di era teknologi seperti sekarang ini, konten yang menarik sangatlah penting untuk menggaet pelanggan. Konten-konten ini bisa berupa gambar atau foto yang ditampilkan di media sosial seperti instagram atau facebook dan juga website, dan pula berupa video yang diunggah di tiktok ataupun membuat vlog review yang diunggah di Youtube. Karena saat ini visual lebih banyak menarik perhatian orang.

Dengan membuat video atau vlog, anda bisa memperlihatkan tentang detail barang yang anda jual. Sehingga hal tersebut akan menarik perhatian calon pembeli yang ingin mengetahui detail tentang produknya. Namun pastikan konten vlog tersebut menarik dan eye-catching ya!

Tidak hanya tentang review produk, content marketing yang menarik juga harus menyertakan content yang relevan dengan bisnis anda. Jangan terus-terusan mengunggah promo dan review karena pengunjung bisa saja bosan. Sehingga unggah pula konten-konten edukatif atau hiburan sehingga bisa meningkatkan minat pelanggan untuk mengikuti dan membeli produk anda.

5. Mulai Berjualan di Marketplace dan Manfaatkan fitur Iklan Gratis

Saat ini sudah banyak sekali tersedia situs belanja online atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya. Di situs tersebut, anda bisa membuka toko dan promosi secara gratis, dan terbukti mampu menarik lebih banyak pelanggan baru. Bahkan pengunjung situs marketplace bisa berkali-kali lipat dari sosial media ataupun website yang anda buat. Dan juga di dalam sistem marketplace, Anda juga bisa mengiklankan produk anda secara gratis loh!

Itulah beberapa tips iklan gratis untuk bisnis anda, baik untuk anda yang pemula ataupun yang sudah lama bergelut di bidang bisnis. Nah ketika bisnis anda berjalan dengan lancar, pastinya sebuah bisnis membutuhkan sebuah pengelolaan keuangan. Karena hal itu sangatlah penting untuk kelanjutan bisnis anda. Sekarang ini, ada cara mudah untuk mengontrol keuangan bisnis anda, yaitu dengan menggunakan aplikasi Jojo Expense.

Jojo Expense adalah sebuah software yang bisa digunakan untuk mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran, bahkan memudahkan proses pengajuan reimbursement karena dapat dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dengan aplikasi ini, seluruh manajemen perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Jadi tidak usah bingung. Yuk segera gunakan Jojo Expense supaya pengelolaan keuangan bisnis anda lebih mudah!