Inventory Control Untuk Pendataan Stok Yang Optimal

inventory control

Inventory control bisa pula disebut dengan istilah pengelolaan inventaris. Istilah ini sebenarnya cukup familiar di dunia perusahaan atau lembaga dan instansi. Sebab inventaris tentu saja turut menjadi bagian pada sebuah perusahaan atau lembaga. Adanya inventaris ini juga tentu saja memerlukan pengelolaan khusus sehingga penggunaan inventaris bisa tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya pengelolaan inventaris merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan penggunaan inventaris di suatu perusahaan. Dengan adanya pengelolaan inventaris perusahaan ini maka penggunaan inventaris diharapkan agar dapat memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Tidak hanya itu saja tetapi penggunaan inventaris di perusahaan juga diharapkan agar dapat meminimalkan kerugian yang bisa saja terjadi.

Strategi Inventory Control

Kategorikan persediaan barang

Seluruh stok barang di perusahaan Anda bisa digolongkan hingga menjadi beberapa macam kategori. Maka kategorikan barang Anda mulai dari sekumpulan barang atau stok yang perlu diperhatikan hingga yang tidak membutuhkan perhatian lebih. Maka Anda akan lebih mudah mengatur barang.

Aturlah tingkat stok minimum

Pada dasarnya tingkat stok minimum bisa Anda tentukan dengan tepat. Penentuan inibisa didasarkan pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjual suatu produk atau barang. Maka jika produk yang dijual cepat habis tentunya Anda bisa mengisi ulang stok saat stok mulai berada di tingkat minimum yang telah Anda tentukan.

Gunakan software

Penggunaan software untuk membantu perusahaan dalam melakukan inventory control merupakan suatu pilihan yang tepat. Sebab dengan ada software maka Anda bisa melakukan stock barang dengan lebih optimal. Penggunaan software juga bisa membuat proses pengelolaan inventaris perusahaan bisa menjadi lebih praktis dan tentu saja optimal. Maka hasilnya akan menjadi lebih baik lagi.

Simpan inventaris

Inventaris perusahaan bisa saja mengalami kerusakan. Atau bisa juga inventaris ini mengalami pembusukan. Hal ini bisa saja terjadi jika penyimpanan stok tidak dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu Anda perlu melakukan penyimpanan stok dengan tepat. Simpanlah stock barang perusahaan di tempat yang memang dianjurkan untuk menyimpannya. Tempat penyimpanan yang layak akan menghindarkan stok Anda dari kerusakan.

Implementasi FIFO dan FEFO

FIFO merupakan singkatan dari First In First Out. Sedangkan FEFO merupakan singkatan dari First Expired First Out. Jadi FIFOmenekankan adanya penjualan barang yang masuk ke ggudang terlebih dahulu. Sedangkan FEFO lebih menekankan penjualan terlebih dahuluuntukproduk yang paling cepat kadaluwarsa. Strategi ini tentu dapat membantu pengelolaan inventory di sebuah perusahaan. Maka strategi ini perlu untuk diterapkan di sebuah perusahaan.

Optimalkan pemesanan stok

Persediaan atau stokperlu diperhatikan secara lebih lanjut. Termasuk pula dalam hal pemesanan stok. Sebisa mungkin pemesanan stok dilakukan dengan lebih otimal. Untuk itu Anda mungkin perlu memperkirakan perhitungan stok dengan tepat. Selain itu perkiraan pembelian stok juga harus dialkukan dengan tepat. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga harus memastikan bahwa pembayaran beberapa stok yang telah dibeli sudah beres.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Audit inventaris

Audit inventaris merupakan hal yang juga tak kalah penting untuk dilakukan. Sebaiknya hal inidilakukan secara berkala atau secara teratur. Maka jumlah stok akan selalu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Fungsi Inventory Control

Penyimpanan data terjamin

Stok yang semakin bertambah banyak bisa saja membuat Anda bingung dan kewalahan. Maka pengelolaan bisa saja menjadi semakin sulit. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan inventory sehingga Anda dapat mengetahui ketersediaan stok dengan lebih mudah. Pengelolaan ini tentunya bisa menggunakan bantuan dari sistem komputasi sehingga data mengenai stock bisa tersimpan dengan baik.

Kontrol penyediaan stok

Sudah seharusnya penyediaan stok oleh perusahaan dilakukan dengan disesuaikan pada permintaan konsumen. maka dengan adanya pengelolaan inventory yang tepat tentunya Anda dapat selalu mengawasi ketersediaan stok di perusahaan. Pastikan bahwa stok yang tersedia bisa mencukupi kebutuhan konsumen. Dengan adanya tindakan kontrol ini maka Anda bisa segera melakukan pemesanan ulang jika stokmemang mulai habis atau menipis.

Efektif dan efisien

Sebenarnya pengelolaan inventory bisa dilakukan dengan lebih sederhana. Memang setiap proses yang berkaitan dengan inventaris ini cukup kompleks. Namun hal ini bisa lebih disederhanakan jika pengelolaan dilakukan dengan tepat. Jadi inventory control di perusahaan dapat membantu Anda untuk menghasilkan laporan bulanan secara lebih singkat dan tentunya lebih efektif. Tidak hanya itu saja tetapi proses yang dilakukan juga tentu saja lebih efisien.

Produktivitas optimal

Jika pengelolaan inventaris di perusahaan bisa dilakukan dengan metode yang lebih otomatis maka tentunya pe,usatan fokus oleh karyawan bisa semakin meningkat. Maka karyawan akan menjadi semakin produktif. Produktivitas karyawan bahkan bisa dilakukan secara lebih maksimal.

Kepuasan pelanggan

Pengelolaan inventaris perusahaan yang baik cenderung meningkatkan kinerja para karyawan di perusahaan. Dengan adanya kinerja karyawan yang baik maka layanan yang diberikan oleh perusahaan akan meningkat. Maka pelanggan akan merasa puas dengan kinerja perusahaan Anda sehingga Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan setia.

Perencanaan akurat

Dengan adanya pengelolaan inventaris perusahaan yang baik dan tepat maka ke perencanaan stok untuk ke depannya jadi lebih mudah. Perencanaan memang perlu untuk dilakukan agar Anda bisa memprediksi kebutuhan inventaris. Maka persediaan stokbisa dilakukan dengan tepat dna tidak sampai kekurangan ataupun kelebihan. Tentunya untuk melakukan perencanaan seperti ini dibutuhkan laporan inventaris yang akurat dan juga lengkap.

Hemat biaya

Adanya inventory control sebenarnya dapat membantu perusahaan Anda untuk terhindari dari kerugian finansial. Beberapa contoh hal yang bisa merugikan bagi perusahaan misalnya persediaan stok yang berlebihan dan pembelian stok yang sebenarnya tidak diperlukan. Maka dengan adnaya pengelolaan dan kontrol inventaris tentunya biaya akan lebih dihemat karena pembelian stok akan dilakukan sesuai dengan permintaan pasar.

Penerapan Inventory Control

Inventory control umumnya diterapkan di berbagai perusahaan. Mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar menerapkan sistem ini untuk melakukan kontrol terhadap inventaris yang dimilikinya. Dengan adanya kontrol atau pengelolaan inventaris maka diharapkan agar perusahaan bisa menjalankan aktivitasnya degan baik dan lancar tanpa adanya hambatan.

Tentunya hal tersebut sama halnya dengan menggunakan sistem payroll terbaik untuk perusahaan. Salah satunya yang layak dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Berkat produk yang satu ini maka pembayaran payroll dapat diatur secara otomatis. Bukan hanya itu saja tetapi juga dapat membantu cetak slip gaji otomatis dan perhitungan payroll yang akurat.

Hal ini berkat beberapa fitur yang diselipkan pada JojoPayroll. Sebut saja fitur Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis serta fitur integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini. Sehingga tentu tidak perlu khawatir jika ingin memilih produk tersebut. Ayo, segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dan buktikan sendiri kemudahan payroll bersama JojoPayroll.