Brand Image Serta Manfaatnya Dalam Penggambaran Bisnis

brand image

Brand image mungkin saja menjadi sebuah istilah yang sering Anda dengar sekalipun Anda belum paham benar dengan artinya. Sebenarnya brand image merupakan suatu persepsi atau citra brand. Citra brand ini dilihat dari sudut pandang para konsumennya. Jadi brand image atau citra brand ini bisa pula dikatakan sebagai pendapat atau anggapan konsumen mengenai bagaimana suatu brand.

Memang sebuah brand bisa menimbulkan kesan tersendiri bagi setiap konsumen. Jika konsumen merasa puas terhadap brand tersebut maka brand bisa disebut memiliki image atau citra yang baik. Namun bila konsumen merasa tidak puas pada sebuah brand maka berarti citra brand tersebut bisa saja menjadi buruk. Oleh karena itu setiap perusahaan hendaknya selalu mempertahankan citra brand yang dimilikinya agar tetap dinilai baik oleh masyarakat luas.

Faktor yang Mempengaruhi Brand Image

Pengenalan produk

Pengenalan produk oleh konsumen pada dasarnya sangat berpengaruh pada citra dari sebuah brand. Sebuah brand yang dikenal oleh masyarakat luas tentu memiliki citra yang lebih baik daripada brand yang belum dikenal. maka dari itu sebaiknya perusahaan Anda bisa mengenalkan brand dan produk ke masyarakat luas. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengenalkan brand dan produk Anda. Misalnya saja dengan cara mengadakan event atau promo harga dan lain sejenisnya.

Kualitas produk

Faktor selanjutnya yang turut berpengaruh pada brand image adalah kualitas produk. Sudah tentu setiap orang ingin membeli produk yang dikenal dengan kualitas tinggi atau bagus. maka jika produk yang dibeli oleh konsumen memiliki kualitas baik tentu saja produk menimbulkan kesan baik dalam benak konsumen. Maka konsumen akan memberikan citra yang baik pada merek produk yang dibeli.

Ukuran produk

Ada pula konsumen yang lebih merasa puas terhadap produk dengan ukuran yang lebih besar atau lebih banyak. Mungkin saja bagi konsumen tersebut suatu produk yang memiliki ukuran lebih besar atau lebih banyak berarti memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Maka saat konsumen menemukan produk tersebut tentunya konsumen akan beranggapan bahwa produk tersebut memiliki citra brand terbaik.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Daya tahan produk

Suatu produk juga dinilai berkualitas tinggi jika produk tersebut awet dan tidak mudah rusak. Tentu saja konsumen akan selalu mengingat brand produk tersebut karena pemakaiannya bisa untuk jangka panjang. Dalam hal ini terbentuklah citra brand yang baik oleh konsumen.

Desain kemasan

Desain kemasan produk sebenarnya juga turut berpengaruh pada citra brand. Kemasan yang unik dan lucu akan membuat konsumen selalu ingat pada produk tersebut. Tidak hanya produknya saja yang akan diingat oleh konsumen. tetapi merek produk tersebut tentunya juga akan selalu diingat oleh konsumen karena keunikan atau ciri khas desain kemasannya.

Warna Produk

Sampai saat ini warna juga turut menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian. Warna yang unik dan kontras serta mengesankan akan membuat produk semakin memiliki citra yang baik. Terlebih lagi bila produk tersebut hadir dengan berbagai varian warna yang memikat. Tentu konsumen akan menjadi lebih duka dengan brand produk.

Harga produk

Suatu brand perusahaan yang selalu memberikan harga diskon atau harga promo bisa saja selalu diingat oleh konsumen. Sebab kebanyakan orang cenderung lebih suka membeli produk dengan harga yang relatif terjangkau. Harga produk yang cenderung murah umumnya sangat diinginkan oleh para konsumen. Terlebih lagi bila merek produk tersebut sudah terkenal sejak lama.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Lokasi penjualan produk

Beberapa produk mungkin lebih disuka oleh konsumen karena hanya dijual di mall-mall tertentu. Jadi saat orang membelinya maka orang tersebut akan merasa bahwa harga dirinya menjadi semakin naik. Oleh karena itu lokasi penjualan produk sebenarnya turut menjadi faktor penentu citra dari sebuah merek produk.

Manfaat Brand Image

Sarana identifikasi

Sebuah merek sebenarnya memiliki fungsi sebagai sarana identifikasi. Artinya disini ialah merek sebuah produk cenderung menjadi penanda bagi produk tersebut. Karena adanya merek lah maka konsumen bisa membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Demikian pula brand image produk turut menjadi sarana identifikasi yang membedakan kualitas produk Anda dengan produk lainnya. Semakin baik citra produk Anda maka identifikasi perusahaan Anda akan semakin menonjol dan lebih mudah untuk dikenal.

Keunggulan kompetitif

Suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda bisa saja memiliki kualitas tinggi. Atau bisa juga produk Anda dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat. Hal ini tentunya akan membuat produk perusahaan Anda selalu dicari oleh konsumen. Maka konsumen akan selalu mengingat merek perusahaan Anda. Disini apa yang menjadi kelebihan dari produk Anda yang bermerek tersebut bisa menjadi sebuah keunggulan kompetitif. Tentu brand produk Anda dengan keunggulannya tersebut mampu turut bersaing di tengah pasar.

Meningkatkan omset penjualan

Jika memang citra brand perusahaan Anda sudah dikenal baik oleh masyarakat luas maka produk Anda akan banyak diburu. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan Anda. Sebab brand image perusahaan Anda yang baik akan meningkatkan omset penjualan hingga perusahaan bisa memperoleh keuntungan besar.

Pentingnya Brand Image

Brand image tentunya menjadi bagian yang penting dari sebuah perusahaan. Semakin baik citra brand yang terbentuk di benak masyarakat maka akan semakin tinggi nilai suatu brand. Dewasa ini rupanya pembelian suatu produk oleh konsumen tidak hanya dilakukan dnegan tujuan untuk mendapatkan kualitas produk yang baik saja. Selain itu pembelian suatu produk juga tidak selalu dilakukan karena adanya harga produk yang relatif terjangkau.

Tetapi di masa sekarang ini semakin banyak konsumen yang melakukan pembelian produk karena adanya penilaian khusus terhadap suatu brand atau merek. Konsumen melakukan pembelian produk bermerek karena adnaya citra brand yang tergolong tinggi di mata masyarakat. Oleh karena itu brand image tidak seharusnya disepelekan. Sebab brand atau merek sangat memilikiperan dalam menentukan reputasi perusahaan di mata masyarakat. Semakin tinggi nilai suatu merek maka reputasi perusahaan akan semakin meningkat. Demikian pula akan semakin banyak pelanggan setia terhadap perusahaan tersebut.

Hal ini sama halnya dengan mencari produk terbaik untuk keuangan perusahaan. Sebaiknya percayakan saja pada JojoExpense. Dimana produk ini dijamin dapat membantu mengatur keuangan perusahaan secara efektif dan juga optimal. Sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi penting dalam hal pemasukan maupun pengeluaran.

Hal tersebut didukung oleh fitur-fitur yang diberikan oleh JojoExpense. Di antaranya yang cukup membantu yaitu fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun serta fitur proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan. Sehingga dari sini tentu perusahaan tidak khawatir atau ragu jika ingin menggunakan produk tersebut. Demikian pula perusahaan Anda.

Jangan tunda lagi, yuk segera daftar dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan kehebatannya!