Inventory Turnover : Pengertian, Cara hitung, dan Batasan

Inventory Turnover

Tingkat perputaran persediaan (Inventory Turnover) adalah metode yang dapat Anda gunakan untuk mengukur efektivitas penjualan berdasarkan persediaan barang yang Anda miliki. Ada keseimbangan yang rumit antara persediaan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Terlalu banyak persediaan dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi, sementara persediaan yang terlalu sedikit dapat menyebabkan hilangnya penjualan. Bagaimana cara mengatasi perputaran persediaan? Baca selengkapnya di artikel di bawah ini.

Apa itu tingkat perputaran persediaan (Inventory Turnover)?

Inventory Turnover

Tingkat perputaran persediaan atau disebut juga dengan tingkat perputaran persediaan atau inventory turnover rate merupakan ukuran jumlah penjualan persediaan dalam satu tahun. Menurut Investopedia, perputaran persediaan mengukur seberapa cepat perusahaan menjual persediaan dan bagaimana analis membandingkannya dengan rata-rata industri.

Tingkat turnover yang rendah berarti penjualan yang lemah dan kemungkinan backlog atau backlog. Ini mungkin menunjukkan masalah dengan barang yang akan dijual atau hasil dari pemasaran yang terlalu sedikit.

Sebaliknya, tingkat perputaran yang tinggi berarti penjualan yang kuat atau persediaan yang tidak mencukupi. Tingkat turnover yang tinggi adalah rasio yang ideal. Namun, terkadang tingkat perputaran persediaan yang rendah bisa menjadi pertanda baik.

Misalnya, ketika harga diperkirakan akan meningkat, persediaan ditempatkan terlebih dahulu untuk memenuhi permintaan yang meningkat dengan cepat atau kekurangan yang diperkirakan.

Mengapa perputaran persediaan (Inventory Turnover) penting?

Inventory Turnover
  1. Membantu mengukur indikator kinerja utama (KPI)
    Vend mengatakan bahwa menurut indikator kinerja utama, perputaran persediaan adalah salah satu kunci keberhasilan penjualan. Tingkat perputaran persediaan akan menentukan apakah penjualan memenuhi sasaran kinerja yang diharapkan.
  2. Membantu Anda membuat keputusan bisnis
    Perputaran persediaan adalah cara untuk memantau perputaran persediaan dengan hati-hati. Dengan cara ini, Anda akan lebih memahami inventaris Anda. Hasilnya, Anda dapat membuat keputusan pembelian yang lebih tepat, mempertahankan sirkulasi, dan menjual lebih banyak produk yang diinginkan pelanggan.

Perputaran persediaan akan membantu Anda membuat keputusan bisnis berikut.:

  • Menentukan produk apa yang harus diproduksi atau dipesan.
  • Putuskan item mana yang perlu ditransfer ke departemen penjualan lain.
  • Buat daftar bahan baku yang harus dipesan terlebih dahulu untuk memberikan waktu yang cukup untuk pembuatan, produksi, atau pengiriman.
  • Salah satu cara untuk mengevaluasi kinerja bisnis adalah dengan memahami kecepatan penjualan produk, efektivitasnya dalam memenuhi permintaan pasar, dan kinerjanya dibandingkan dengan pesaing.

Anda dapat mengandalkan tingkat perputaran persediaan untuk mengevaluasi efektivitas produk sebagai sumber pendapatan utama. Tingkat perputaran persediaan yang lebih tinggi bermanfaat karena itu berarti produk dapat dipasarkan dan biaya penyimpanan yang lebih rendah, seperti sewa, tagihan listrik, asuransi, pencurian, dan biaya lain untuk menyimpan persediaan barang.

Tujuan lain dari pemeriksaan perputaran persediaan adalah untuk membandingkan bisnis dengan bisnis lain di industri yang sama. Anda dapat mengukur efisiensi operasional berdasarkan apakah tingkat perputaran persediaan sama atau melebihi rata-rata standar industri.

Bagaimana menghitung tingkat perputaran persediaan inventory?

Ada dua jenis rumus perputaran persediaan, yang pertama adalah: Biaya persediaan (HPP) dibagi rata-rata persediaan saat ini sama dengan HPP saat ini dibagi dengan total persediaan pada awal dan akhir periode dibagi 2.

Mengenai ketentuan rumus perputaran persediaan kedua, jumlah barang yang terjual pada saat itu dibagi dengan jumlah awal dan akhir kemudian dibagi dua.

Rumus pertama biasanya digunakan untuk perusahaan yang menggunakan analisis eksternal, dimana penjualan terus bervariasi sepanjang tahun. Rumus kedua ini biasa digunakan di banyak bisnis karena dianggap lebih masuk akal karena menggunakan biaya aktual dan mengurangi fluktuasi musiman.

Tingkat perputaran persediaan adalah rasio yang menentukan berapa banyak persediaan yang terjual dalam suatu periode waktu. Saat menghitung rasio ini, bagi harga pokok penjualan dengan persediaan rata-rata untuk periode yang sama.

Tingkat perputaran persediaan = biaya barang rata-rata

Mengukur tingkat perputaran persediaan dapat membantu Anda mencapai keseimbangan yang tepat antara tingkat persediaan dan permintaan. Banyak orang membuat kesalahan dengan memiliki terlalu banyak persediaan dan mengambil ruang persediaan tanpa menghasilkan volume penjualan yang diperlukan untuk membenarkan persediaan yang begitu besar.

Terlalu sedikit persediaan memberi pelanggan terlalu sedikit pilihan. Pelanggan dapat memilih untuk berbelanja di tempat lain yang menawarkan lebih banyak pilihan. Pemantauan ketat terhadap perputaran persediaan dapat membantu Anda menemukan solusi efektif untuk dua situasi yang tidak menguntungkan ini.

Batasan perputaran persediaan (Inventory Turnover)

Inventory Turnover

Secara umum, tingkat perputaran persediaan yang lebih tinggi seringkali merupakan rasio yang lebih baik. Tapi ini tidak selalu benar. Jika tingkat perputaran Anda terlalu tinggi, itu mungkin berarti unit Anda tidak memiliki persediaan yang cukup. Keterlambatan pengiriman dapat memperburuk masalah ini.

Selain itu, Anda hanya perlu membandingkan tingkat perputaran inventaris Anda dengan bisnis lain yang kira-kira sama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perputaran persediaan, banyak di antaranya dapat membenarkan tingkat perputaran yang lebih rendah.

Membandingkan dua perusahaan di industri yang berbeda tidak akan menemukan apa-apa. Sekalipun bisnis berada di industri yang sama, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai aspek, seperti lokasi ritel, hubungan pemasok, logistik transportasi, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi perputaran persediaan.

Kesimpulan

Tingkat perputaran persediaan adalah indikator, Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah kinerja penjualan Anda memenuhi tujuan yang diharapkan. Nah, dengan memahami metrik di atas, kamu bisa menjadi bagian dari tim sales dan BD yang mumpuni.

Jika Anda memiliki bisnis, khususnya bisnis retail dan grosir, perputaran persediaan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan terkadang barang yang dijual tidak sesuai harapan karena alasan yang tidak jelas. Hal ini akan mempengaruhi pergerakan atau perputaran persediaan. Berikut ini rumus perputaran persediaan, jika ingin menerapkannya harus memahaminya.

Rumus perputaran persediaan akan sangat membantu para pelaku bisnis meningkatkan penjualan dan dengan cepat melakukan perputaran persediaan atau inventory. Jika penjualan terus tetap tinggi dan omset barang terus berjalan dengan cepat dan mantap, keuntungan akan datang dengan sendirinya.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis.