Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan saat Wawancara

Tidak peduli seberapa hebat wawancara kerja, pertanyaan wawancara tentang ekspektasi Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan.

“Apa yang kamu cari dalam hal gaji?” adalah pertanyaan langsung namun jawabannya sangat kompleks. Sulit untuk mengetahui apa yang harus dikatakan (dan apa yang tidak boleh dikatakan) sehingga Kamu menerima tawaran pekerjaan  yang menguntungkan bagi diri Kamu dan perusahaan.

Apa yang Ingin Diketahui Pewawancara

Mengapa pewawancara ingin mengetahui ekspektasi gaji Kamu  ? Majikan mungkin menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah mereka mampu membayar bantuan Kamu atau tidak. Mereka mungkin juga menanyakan hal ini kepada Kamu untuk melihat seberapa besar Kamu menghargai diri sendiri dan pekerjaan Kamu.

Dengan meneliti dan menyiapkan jawaban sebelumnya, Kamu dapat menunjukkan kepada atasan bahwa Kamu tidak hanya fleksibel dengan gaji Kamu, tetapi Kamu juga tahu nilai Kamu.

Mengapa Pertanyaan Gaji Rumit

Ada beberapa cara untuk menjawab pertanyaan wawancara tentang gaji, dan penting untuk menentukan cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini sehingga Kamu dapat masuk ke wawancara dengan percaya diri.

Jika kompensasi target Kamu terlalu rendah, Kamu meninggalkan ruang majikan untuk pergi lebih rendah dan Kamu bisa berakhir merasa sengsara dengan kurangnya kompensasi yang tepat.

Ini juga sulit untuk memutuskan apa yang Kamu inginkan untuk gaji bahkan sebelum Kamu tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Ini sering terjadi ketika Kamu diminta untuk mengungkapkan persyaratan kisaran gaji pada sebuah aplikasi, sebelum Kamu mengetahui tentang posisi tersebut secara mendalam.

Gaji bukanlah topik yang mudah, dan meskipun mungkin tidak ada jawaban yang benar, ada cara untuk mempersiapkan pertanyaan dan mendapatkan apa yang Kamu inginkan.

Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan pada Aplikasi

Beberapa aplikasi kertas dan elektronik mengharuskan Kamu untuk mencantumkan ekspektasi gaji Kamu. Salah satu opsi adalah dengan melewatkan pertanyaan ini.

Namun, jika itu terdaftar sebagai pertanyaan wajib dan Kamu melewatkannya, majikan mungkin berpikir Kamu buruk dalam mengikuti petunjuk. Beberapa aplikasi online tidak mengizinkan Kamu melanjutkan ke halaman berikutnya sampai Kamu menjawab semua pertanyaan. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa opsi:

  • Masukkan  kisaran gaji  berdasarkan penelitian Kamu.
  • Tulis frasa seperti “dapat dinegosiasikan” untuk menunjukkan fleksibilitas Kamu.
  • Hindari meletakkan satu gaji tertentu. Ini akan membuatnya tampak seperti Kamu tidak mau mengalah.

Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan

Untuk mempersiapkan tanggapan, Kamu harus mengetahui apa yang biasanya diperoleh seseorang di industri Kamu, dan wilayah geografis. Ini akan memungkinkan Kamu untuk menentukan kisaran gaji yang wajar untuk pekerjaan itu.

Gaji harus cukup mirip di seluruh papan, tetapi mungkin ada beberapa perbedaan berdasarkan lokasi, tingkat pengalaman, atau ukuran perusahaan. Jika Kamu punya waktu untuk melihat lebih dari satu sumber , Kamu harus melakukannya.

Sedikit riset akan membantu Kamu  menemukan kisaran gaji yang masuk akal  untuk disarankan ketika ditanya tentang harapan Kamu, tetapi ingatlah untuk mengikuti naluri Kamu. Kamu tidak ingin pergi ke manajer perekrutan dengan kisaran gaji yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Tips Memberikan Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan

Katakanlah Kamu fleksibel. Kamu dapat mencoba menjawab pertanyaan dengan jawaban yang luas.

Seperti, “Ekspektasi gaji saya sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi saya.” Atau, “Jika ini pekerjaan yang tepat untuk saya, saya yakin kita bisa mencapai kesepakatan tentang gaji.”

Ini akan menunjukkan bahwa Kamu bersedia untuk bernegosiasi.

Menawarkan rentang. Bahkan jika Kamu mulai dengan menekankan fleksibilitas Kamu, sebagian besar pemberi kerja masih ingin mendengar angka-angka tertentu. Dalam hal ini, tawarkan mereka kisaran (plus atau minus sekitar Rp10.000-Rp20.000).

Ini akan memungkinkan Kamu untuk tetap fleksibel sambil tetap memberikan jawaban yang jelas kepada majikan. Kamu dapat membuat rentang ini berdasarkan penelitian atau pengalaman Kamu sendiri di industri.

Pikirkan tentang gaji Kamu saat ini.  Selain meneliti gaji, Kamu dapat menemukan kisaran gaji dengan menggunakan gaji Kamu saat ini atau sebelumnya sebagai titik awal, terutama jika Kamu melakukan langkah lateral di industri yang sama.

Tips Selanjutnya

Kecuali jika perusahaan terakhir Kamu dikenal di industri karena upahnya yang rendah, asumsikan bahwa gaji Kamu saat ini sesuai dengan ekspektasi pasar.

Tentu saja, jika Kamu melakukan perpindahan geografis, ingatlah setiap perubahan dalam biaya hidup. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk  mengetahui nilai Kamu  di pasar kerja saat ini.

Beri diri Kamu kenaikan gaji. Pikirkan tentang apa yang Kamu anggap sebagai kenaikan gaji yang adil dari atasan Kamu saat ini, dan itu bisa menjadi titik awal yang baik untuk pekerjaan baru.

Atau tingkatkan gaji Kamu saat ini sebanyak 15% hingga 20%, yang memberi Kamu insentif untuk berpindah perusahaan, dan masih dalam kisaran yang wajar untuk industri dan tingkat pengalaman Kamu.

Hanya berikan nomor yang Kamu senangi. Hanya menawarkan rentang yang memberi Kamu sarana untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga Kamu.

Sorot keterampilan Kamu. Dalam jawaban Kamu, Kamu dapat secara halus menekankan mengapa Kamu cocok untuk posisi itu.

Kamu dapat mengatakan sesuatu seperti, “Berdasarkan 10 tahun pengalaman saya di bidang ini, saya mengharapkan gaji dalam kisaran RpY hingga RpZ.” Sebelum menyebutkan angka apa pun, ingatkan pewawancara mengapa dia harus menawarkan gaji kepada Kamu.

Bersiaplah untuk bernegosiasi. Banyak kandidat ragu-ragu untuk meminta lebih banyak uang karena mereka khawatir hal itu dapat merugikan mereka karena tawaran pekerjaan.

Namun, Kamu mungkin dapat  menegosiasikan cara Kamu untuk mendapatkan gaji awal yang lebih tinggi . Jangan bertanya sampai Kamu benar-benar memiliki tawaran untuk dipertimbangkan.

Apa yang Tidak Dikatakan saat Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan?

Hindari memberikan jumlah yang ditentukan. Jika Kamu dapat menghindari menyebutkan gaji tertentu sampai setelah majikan menyebutkannya, negosiasi akan lebih menguntungkan Kamu.

Jangan harga diri Kamu keluar dari pekerjaan. Jangan meminta gaji Rp 100.000 jika penelitian Kamu menunjukkan bahwa pekerjaan itu bernilai setengah dari itu.

Kamu mungkin menghargai diri Kamu sendiri dari tawaran pekerjaan jika Kamu datang terlalu tinggi.

Jangan negatif. Bahkan jika jumlah yang Kamu tawarkan tampak sangat rendah, tanggapi dengan anggun dan tanyakan apakah ada ruang untuk bernegosiasi.

Contoh Jawaban Interview Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan

Contoh Jawaban

Kisaran gaji saya fleksibel. Tentu saja saya ingin diberi kompensasi yang adil atas pengalaman saya selama satu dekade dan rekor penjualan peraih penghargaan. Namun, saya terbuka untuk mendiskusikan nomor tertentu setelah kita membahas detail posisi.

Mengapa Berhasil: Tanggapan ini bekerja dengan baik untuk kandidat karena menyebutkan bahwa pelamar memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, tetapi juga fleksibel mengenai persyaratan gaji.

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru.

Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. 

Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan.

Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.