Unggul di Situs Pencarian Lokal dengan Local SEO

local seo

Perkembangan teknologi tidak hanya membawa dampak terhadap era revolusi industri melalui keterlibatan teknologi dalam produksi barang dan jasa. Hal tersebut juga berdampak signifikan terhadap digitalisasi laporan keuangan dan perubahan strategi pemasaran. Adapun perubahan strategi pemasaran ke ranah digital melalui jaringan internet memaksa perusahaan untuk bermitra dengan perusahaan penyedia jasa iklan online dengan metode Local SEO.

Local Search Engine Optimization atau disingkat sebagai Local SEO merupakan salah satu jenis strategi pemasaran menggunakan optimasi mesin pencari. Berdasarkan riset dari salah satu perusahaan mesin pencari, 46% pencarian bertujuan untuk mencari informasi produk dari wilayah sekitar konsumen dan 29% diantaranya berujung pada keputusan pembelian. Itulah sebabnya para pelaku industri saling berlomba untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dalam rangka memasarkan produk atau layanan.

Apa yang dimaksud dengan Local SEO?

Local SEO adalah proses optimisasi mesin pencari yang membantu para pebisnis lokal untuk menentukan peringkat penelusuran dalam situs mesin pencari. Teknik pemasaran ini sangat efektif terutama dalam memperkenalkan dan memasarkan bisnis Anda kepada para pengguna mesin pencari secara online. Bahkan tak sampai disitu, peringkat penelusuran di situs mesin pencari cukup berpengaruh dalam mendorong calon konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Dalam rangka memfasilitasi fitur Local SEO, umumnya situs mesin pencari akan mempertimbangkan faktor kedekatan dalam merumuskan algoritma penelusuran. Melalui faktor kedekatan maka diharapkan para pengguna mesin pencari dapat memperoleh informasi akurat mengenai kata kunci tertentu meskipun tanpa menyertakan tambahan kata kunci yang berkaitan dengan lokasi.

local seo

Komponen Algoritma Local SEO

Sebelumnya telah disinggung bahwa praktik Local SEO oleh penyedia informasi melibatkan algoritma penelusuran khusus, salah satunya ialah faktor kedekatan. Algoritma tersebut menjadi pembeda antara Local SEO dari SEO Standar. Namun rupanya faktor kedekatan bukanlah satu-satunya pilar dalam algoritma Local SEO. Berikut ini merupakan komponen penting dalam algoritma Local SEO yang harus Anda pahami:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Relevance

Relevansi merupakan komponen yang menentukan apakah perusahaan mesin pencari memandang bisnis Anda sebagai bisnis yang relevan dengan keyword tertentu. Hal tersebut dapat Anda siasati dengan mempertimbangkan item berikut ini:

  • Local Listing Signals. Ketika melakukan optimasi Local SEO pada perusahaan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mencantumkan informasi yang tepat.
  • On-page Signals. Optimasi website resmi perusahaan sesuai kategori yang dipilih akan meningkatkan relevansi. Ini merupakan langkah yang sederhana, namun jika melakukannya dengan baik maka bisnis Anda akan menjadi prioritas dalam algoritma Local SEO.
  • Off-page Signals. Kepercayaan dan kredibilitas adalah dua hal penting yang menentukan relevansi situs Anda terhadap kata kunci atau topik tertentu. Semakin banyak backlink yang Anda miliki maka situs Anda akan semakin dipercaya dan kredibel.

Prominence

Komponen lain yang tak kalah penting dari relevansi ialah prominence atau keunggulan merek Anda dibanding merek pesaing. Keunggulan merek Anda akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Semakin unggul suatu merek terhadap kepercayaan konsumen, maka semakin baik pula skor yang diperoleh pada algoritma lokal.

Dua hal yang dianggap mampu membangun dan mempertahankan keunggulan merek antara lain:

  • Review atau ulasan mengenai produk yang disampaikan oleh konsumen kepada perusahaan serta bagaimana perusahaan dapat merespon ulasan tersebut;
  • Citations atau referensi berupa nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon (NAP) online yang dicantumkan
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Proximity

Faktor kedekatan (proximity) timbul dari kebiasaan pengguna mesin pencari untuk mencari informasi keberadaan suatu produk atau layanan di sekitar mereka. Agar dapat mengoptimalkan local search, maka Anda perlu memahami tiga kebiasaan pengguna mesin pencari dalam mencari informasi, yakni:

  • Non-Geo Modified Search: Pengguna hanya akan memasukkan kata kunci atau topik tertentu.
  • Geo Modified Search: Pengguna akan mencantumkan kata-kata seperti nama kota atau daerah setelah kata kunci maupun topik tertentu. Misalnya, restoran di Surabaya.
  • Near Me Search: Pengguna akan memasukkan keyword atau topik dengan disertai embel-embel “terdekat” atau “dekat saya”. Misalnya, kedai kopi terdekat.
local seo

Langkah-langkah Optimasi Local SEO

Setelah memahami komponen penting yang terdapat dalam algoritma Local SEO, kini saatnya Anda melakukan optimasi Local SEO. Berikut ini merupakan langkah-langkah praktis untuk optimasi Local SEO yang berguna bagi bisnis Anda:

Lengkapi Profil Perusahaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengoptimasi Local SEO ialah mendaftarkan bisnis pada perusahaan penyedia jasa mesin pencari. Dalam mendaftarkan bisnis, Anda perlu melengkapi profil perusahaan dengan informasi yang tepat dan akurat. Adapun profil perusahaan meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telepon atau email jika perlu. Anda juga dapat menambahkan informasi terkait kegiatan bisnis Anda serta produk maupun layanan yang dihasilkan. Selain itu, pastikan Anda juga memilih kategori yang tepat sesuai dengan kegiatan usaha Anda agar informasi menjadi lebih relevan.

Riset Keyword atau Topik

Pemilihan keyword atau topik merupakan elemen penting yang mempercantik profil perusahaan Anda. Adapun keyword adalah kata kunci yang diketik oleh pengguna mesin pencari saat melakukan penelusuran. Penentuan keyword bisa disebut sebagai langkah yang cukup tricky bagi para pelaku usaha. Karena dalam pemilihan keyword atau topik Anda harus menyeimbangkan antara trend masyarakat dan relevansinya dengan kegiatan usaha. Disinilah pentingnya peranan riset keyword sebagai langkah persiapan sebelum melakukan optimasi Local SEO.

Riset keyword sangat berguna bagi Anda dalam memahami keinginan dan kebutuhan konsumen berdasarkan histori pencarian lokal yang mereka lakukan. Selain itu, riset keyword juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi sebelum melakukan ekspansi ke wilayah lain. Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai aplikasi untuk melakukan riset keyword, misalnya Google Trends. Dalam melakukan riset keyword, Anda harus memastikan bahwa kata kunci yang Anda pilih memiliki potensi volume yang tinggi.

local seo

Lakukan On-page SEO

On-page SEO umumnya dilakukan guna memudahkan mesin pencari dalam memahami konten dalam website Anda. Semakin mudah website Anda diidentifikasi oleh mesin pencari, maka semakin mudah pula website Anda muncul sebagai hasil penelusuran yang relevan. On-page SEO mengharuskan Anda untuk memasukkan keyword yang sudah ditentukan dalam meta tags, seperti URL, heading, judul, dan meta description untuk masing-masing postingan Anda di website resmi.

Lakukan Off-page SEO

Salah satu metode off-page SEO yang umum digunakan ialah membangun link yang mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan serta kepercayaan konsumen. Link sangat menentukan authority atau popularitas website Anda. Dalam konsep Local SEO, Anda harus mendapatkan link dari berbagai website lokal dan industri terkait. Oleh karena itu, selain membangun link, Anda juga perlu menawarkannya pada mitra bisnis Anda.

Berikut ini merupakan karakteristik link yang berkualitas:

  • Berasal dari halaman dengan popularitas yang tinggi atau website lain yang relevan dengan topik maupun keyword yang dibahas
  • Mengandung kata kunci yang relevan
  • Ditempatkan pada bagian atas dan isi halaman

NAP Citations

NAP Citations merupakan kutipan biodata bisnis Anda di internet yang meliputi nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon. Penting bagi Anda untuk menambah NAP Citations karena semakin sering profil bisnis Anda muncul, maka semakin eksis pula bisnis Anda. Anda dapat mulai menambahkan NAP Citations pada platform milik Anda, seperti akun media sosial, website, dan akun bisnis. Selanjutnya Anda dapat memasukkan informasi bisnis Anda pada situs-situs yang relevan seperti website marketplace, website listing, dan platform industri terkait.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manajemen Review

Review atau ulasan konsumen merupakan indikator penting dalam Local SEO. Berdasarkan riset didapati bahwa 82% konsumen mengacu pada ulasan saat mencari bisnis lokal. Hal tersebut juga berarti bahwa jumlah dan keberagaman ulasan menjadi penentu yang mendorong keputusan pembelian konsumen. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memanfaatkan fitur yang tersedia dalam situs pencarian untuk berinteraksi dengan konsumen sebagai bentuk pengelolaan terhadap ulasan. Interaksi yang baik akan meningkatkan reputasi Anda di mata konsumen.

local seo

Pergeseran era revolusi industri bukan hanya membawa dampak terhadap perubahan strategi pemasaran, melainkan juga digitalisasi laporan keuangan. JojoExpense merupakan aplikasi yang sangat mendukung digitalisasi laporan keuangan. Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan mencetak bukti transaksi yang hanya menambah pengeluaran untuk biaya kertas. Dengan JojoExpense, kini Anda dapat mencatat pengeluaran secara otomatis sehingga lebih efisien.

Tak sampai disitu, JojoExpense masih memiliki berbagai fitur andalan yang mendukung digitalisasi finansial perusahaan Anda, diantaranya:

  • Otomasi proses pelaporan expense
  • Database all-in-one yang terintegrasi dengan berbagai sistem akuntansi / ERP
  • Laporan aktivitas finansial dengan satu kali klik dalam berbagai format
local seo

Apakah Anda sudah siap untuk berpindah ke era digitalisasi finansial? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan fasilitas coba gratis aplikasi JojoExpense selama 14 hari!