Manfaat Hak Kekayaan Intelektual Dalam Bisnis

manfaat hak kekayaan intelektual

Manfaat Hak kekayaan intelektual adalah hak yang didapatkan seseorang berkat hasil pemikiran atau kretifitas dalam membuat suatu produk. Dimana didalamnya termasuk berisikan kreativitas seseorang dalam menciptakan produk yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya. Karena itu hak kekayaan intelektual merupakan salah satu hal penting dalam berbisnis.

Anda perlu ketahui bahwa dari hak kekayaan intelektual yang anda miliki, dapat menghasilkan paten, hak cipta yang didalamnya juga terdapat desain dan merek dagang anda. Sadar atau tidak hak kekayaan intelektual memiliki banyak sekali manfaat yang dapat anda dapatkan dan manfaatkan. Karena itu anda dapat memperoleh banyak informasi mengenai manfaat yang anda dapatkan dari hak kekayaan intelektual disini. Berikut ini adalah manfaat hak atas kekayaan intelektual yang dapat anda dapatkan ketika memiliki hak kekayaan intelektual.

manfaat hak atas kekayaan intelektual

Manfaat Hak Atas Kekayaan Intelektual

Hak kekayaan intelektual atau biasa disingkat sebagai HAKI. Pada umumnya memiliki 5 manfaat yang dapat didapatkan setelah memilikinya. Lima maanfaat HAKI dapat anda ketahui sebagai berikut.

Mengubah Ide Anda Menjadi Berpeluang Menghasilkan Uang

Saat ini anda dapat menjadikan ide atau hasil pemikiran anda menjadi sebuah peluang untuk anda mendapatkan uang. Lewat dari pemikiran dan ide kreatif anda yang dapat memberikan inovasi terbaru anda dapat menjadikannya sebagai peluang menghasilkan uang. Lewat hasil kekayaan intelektual yang anda miliki, anda dapat memasarkan atau melakukan kerja sama dengan perusahaan. Karena kita ketahui dari hasil ide pemikiran anda, dapat menghasilkan produk yang nantinya dapat terjual keras.

Hal yang dapat anda lakukan untuk menggunakan hak kekayaan intelektual yang anda miliki menjadi bagian dari penghasilan anda. Anda dapat memulainya dengan mempromosikan kekayaan intelektual anda tersebut kepada perusahaan atau investor yang sekiranya bergerak dalam bidang yang sesuai.

Manfaat hak atas kekayaan intelektual

Hak Kekayaan Intelektual Menambah Nilai Pasar Bisnis

Dengn anda mematenkan hak kekayaan intelektual dapat menjadikan bisnis anda mengalami peningkatan nilai pasar. Karena dari kekayaan intelektual anda tersebut dapat menjadikan anda peluang untuk menambah pendapatan. Ketika anda melakukan penjualan produk atau berupa jasa yang menjadi kekayaan intelektual anda. Atau dengan anda menyewakan hak kekayaan intelektual anda tersebut kepada perusahaan lain, sehingga anda mendapat royalti.

Yang secara tidak langsung juga akan menambah pemasukan anda dan pada akhirnya akan meningkatkan nilai pasar bisnis anda. Manfaat meningkatkan nilia pasar bisnis ini juga dapat didapatkan ketika misalnya anda melakukan akuisisi. Maka semua manfaat hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki perushaan tersebut dapat meningkatkan nilai pasar bisnis anda secara otomatis. Hal lain yang juga dapat anda lakukan yaitu misalnya dengan menjual IP anda sendiri, maka akan menghasilkan uang.

Hak Kekayaan Intelektual Meningkatkan Ciri Khas Anda

Dalam dunia bisnis tentu saja kita akan memiliki saingan yang bergerak dalam bidang yang sama dengan kita. Dimana kita akan dituntut untuk dapat membuat produk atau jasa yang sekiranya berbeda dan lebih unggul dari produk pesaing. Sehingga bisnis atau perusahaan kita bisa survive dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan, karena kalau tidak kita bisa kalah dari pesaing dan bangkrut.

Untuk dapat survive dalam menjalankan bisnis dan bersaing tentu saja kita membutuhkan ide – ide baru yang sekiranya dapat menarik minat pelanggan yang ada. Pelanggan membutuhkan produk yang sekiranya melakukan trobosan baru yang berbeda dari sebelumnya maka akan semakin menarik minat mereka. Pada dasarnya pelanggan memilih produk dari merek dan desain produk kita. Namun kekayaan intelektual akan membantu pelanggan membedakan produk anda dengan pesaing.

manfaat hak atas kekayaan intelektual

Hak Kekayaan Intelektual Untuk Mengumpulkan Keuangan

Anda akan semakin mudah dala mengatur monetisasi atau pengumpulan keuangan anda jika memiliki hak kekayaan intelektual. Dengan langkah memonetisasi IP yang anda miliki akan memudahkan anda dalam mengumpulkan uang atau dana anda. Bahkan di negara tertentu seperti misalnya India, anda bisa saja menjadikan IP untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari pemerintah setempat.

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengumpukan dana menggunakan hak kekayaan intelektual yang anda miliki yaitu dengan menjual IP anda. Atau dengan melisensi IP anda atau bahkan menadikan IP anda sebagai jaminan saat meminjam hutang. Sekali lagi hak kekayaan intelektual memiliki banyak manfaat, jika anda teliti untuk pemanfaatannya.

Hak Kekayaan Intelektual Meningkatkan Ekspor

Entah anda ketahui atau tidak, bahwa hak kekayaan intelektual memberikan kebebasan kepada bisnis anda untuk melakukan ekspor. Hak kekayaan intelektual dapat membantu anda untuk melakukan ekspor produk anda ke luar negeri. Dengan hal tersebut tentu saja akan meningkatkan prospek bisnis anda terkait ekspor. Hal ini akan memudahkan anda dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan asing.

Anda dapat mengingat bahwa dengan hak kekayaan intelektual dapat anda gunakan atau mengubahnya menjadi bisnis. Atau dengan cara lain misalnya yaitu dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan perusahaan luar untuk melakukan ekspor produk yang sudah anda patenkan tersbut. Maka tentu akan semakin menambah atau meningkatkan pendapatan bisnis anda.

Hak Kekayaan Intelektual Mengamankan Keunggulan Teknologi

Dari hasil pemikiran dan ide kreatif anda dalam menghasilkan kekayaan intelektual. Tentu salah satunya berisi pemikiran dengan menyangkut perkembangan teknologi yang ada. Tidak bisa dipungkiri adanya loncatan batu atau inovasi terbaru hampir semuanya memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan memberikan inovasi dan ide produk baru yang sejalan dengan perkembangan teknologi tentu saja semakin menambah ketertarikan pelanggan. Pelanggan atau konsumen tertarik dengan perkembangan teknologi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi mereka.

Hak Kekayaan Intelektual Meningkatkan Branding

Dengan anda memiliki hak kekayaan intelektual terhadap ide dan kreatifitas anda yang meghasilkan produk atau jasa, salah satu yang juga dilindungi adalah merek anda. Di atas sudah dijelaskan bahwa dibawah hak kekayaan intelektual ada terdapat diantaranya yaitu merek anda. Jadi dengan anda memiliki hak kekayaan intelektual atau biasa disebut sebagai HAKI maka merek atau brand anda semakin terjamin. Karena merek anda sudah terlindungi, baru setelah itu anda dapat menyesuaikan branding merek anda kearah yang anda inginkan.

Dari ulasan – ulasan manfaat yang ada di atas. Semua menyoroti pentingnya pengamanan hak keayaan intelektual anda. Dengan manfaat hak atas kekayaan intelektual yang anda miliki dapat menjadikan kemudahan atau embatan bagi bisnis anda. Selain itu hak kekayaan intelektual jika anda perhatikan lebih lanjut dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi anda dan bisnis anda. Karena itu anda perlu memperhitungkan kekayaan intelektual anda sebaik mungkin.

Bicara mengenai keuangan perusahaan, ada nih satu aplikasi yang bisa membantu anda dalam pencatatan keuangan. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah secara digital melalui gadgetmu. Khususnya dalam bidang cash advance dan reimbursement.

Namanya JojoExpense dari Jojonomics. Aplikasi tersebut terbukti dapat mencatat arus transaksi ini yang membuatmu bisa melakukan kegiatan akuntansi dimana saja dan kapan saja. Sehingga hal ini dapat dengan mudah meningkatkan efisiensi kerjamu secara signifikan dalam waktu singkat, bahkan hingga 76%. Selamat mencoba!