Manfaat Komunikasi Eksternal Bagi Perusahaan Adalah…

komunikasi eksternal adalah

Komunikasi eksternal adalah bagian dari cara perusahaan menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak luar. Pihak-pihak luar yang dimaksud antara lain: masyarakat, perusahaan lain, calon konsumen/klien, pemerintah, investor dan lain sebagainya.

Peran komunikasi eksternal sangat penting bagi perusahaan. Misalnya, komunikasi eksternal digunakan menyampaikan nilai produk/jasa kepada calon konsumen/klien. Kemudian, komunikasi eksternal juga bisa dijadikan cara untuk menarik investor agar bersedia menyuntikkan dananya untuk menunjang perkembangan perusahaan.

Masih ada banyak manfaat komunikasi eksternal selain yang disebutkan di atas. Nah, di bawah ini kami paparkan jenis-jenis komunikasi eksternal berikut manfaatnya bagi perusahaan. Namun, sebelum beranjak ke pembahasan itu, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari komunikasi eksternal.

Komunikasi Eksternal Adalah…

Komunikasi eksternal adalah salah satu strategi yang sangat umum dilakukan setiap perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pihak-pihak luar untuk mencapai suatu keuntungan. Ya, komunikasi eksternal tidak hanya digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada pihak luar, melainkan ada kepentingan tertentu di dalamnya yang menguntungkan bagi perusahaan.

Seperti yang sedikit disinggung di atas. bahwa fokus utama komunikasi eksternal adalah menyampaikan nilai dari produk/jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pihak luar. Oleh karenanya, kita tidak bisa menyamakan strategi komunikasi eksternal dengan strategi pemasaran. Mengingat, fokus utama strategi pemasaran adalah mempromosikan produk/jasa secara luas ke publik untuk mendapatkan konsumen/klien.

Setiap perusahaan, pada umumnya, tidak akan ‘menempatkan’ strategi komunikasi eksternal sebagai sesuatu yang remeh-temeh. Hal ini dikarenakan benefit yang bisa diperoleh dari strategi itu juga berdampak positif pada citra perusahaan.

Nah, citra perusahaan yang baik ini bisa berdampak positif pada pemasaran produk/jasa yang akan semakin mudah menarik perhatian publik. Di sisi lain, perusahaan juga akan semakin mudah mendatangkan banyak investor.

Jenis Komunikasi Eksternal

Perusahaan saat ini dimudahkan dengan era teknologi dalam melakukan komunikasi eksternal. Ya, kini ada beragam jenis komunikasi eksternal yang bisa dilakukan perusahaan dengan mengandalkan teknologi canggih. Di antaranya sebagai berikut:

1. Website

Tidak sedikit perusahaan maupun pebisnis yang mengandalkan website untuk mempromosikan produk/jasa secara online. Memang, penggunaan website ini bisa mendatangkan ‘prospek’ yang menjanjikan bagi perusahaan, dalam hal menjangkau konsumen/klien yang lebih luas.

Di sisi lain, Anda juga bisa lho memanfaatkan website sebagai media komunikasi eksternal dengan pihak-pihak luas. Anda dapat memuat segala informasi tentang perusahaan Anda di dalam website atau membuat company profile berbasis website.

Seperti diketahui, website yang dikelola dengan baik akan berpeluang bertengger di halaman pertama mesin pencarian Google. Hal ini, tentunya, akan berdampak positif pada citra perusahaan di mata publik.

Oleh karena itu, kelola website perusahaan Anda dengan profesional. Jika perlu, gunakan tenaga-tenaga berpengalaman yang mahir dalam melakukan optimasi website.

2. Media Sosial

Selain website, media sosial juga bisa dimanfaatkan perusahaan untuk membangun komunikasi eksternal dengan pihak luar, terutama dengan konsumen/klien. Ya, di era serba teknologi ini, hanya perusahaan ‘konvensional’ yang tidak memiliki media sosial. Padahal, manfaatnya sangat banyak.

Pihak perusahaan bisa mengomunikasikan value produk/jasa yang ditawarkannya melalui postingan yang menarik. Kemudian, pihak perusahaan juga perlu membalas komentar dan direct meesage (DM) dari konsumen/kliennya yang membutuhkan informasi terkait value produk/jasa tersebut.

Dengan begitu, perusahaan juga bisa membangun citra yang baik di hadapan konsumen/kliennya dengan memanfaatkan media sosial yang dikelola dengan baik dan profesional.

3. Siaran Pers

Siaran pers atau yang biasa disebut press release juga termasuk jenis komunikasi eksternal yang bisa dilakukan perusahaan untuk menyampaikan value produk/jasanya kepada pihak luar. Sama seperti website dan media sosial, siaran pers juga dapat diandalkan untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik secara luas.

Sebagai tips, siaran pers dapat dilakukan perusahaan ketika merilis produk/jasa terbarunya. Kami menyarankan untuk menerbitkan siaran pers tersebut di media-media yang sudah dikenal secara luas oleh publik dan kredibel.

4. Live Event

Ada banyak jenis live event yang bisa digunakan perusahaan untuk melakukan komunikasi eksternal dengan pihak luar. Dua di antaranya adalah seminar dan launching produk.

Live event ini dapat dijadikan sebagai ‘senjata’ untuk menarik perhatian pihak luar dari berbagai kalangan, baik konsumen, pengusaha, investor dan masyarakat biasa. Sampaikan value dari produk/jasa yang Anda tawarkan dengan profesional dan menarik.

Di samping itu, Anda juga perlu menyampaikan perkembangan dan pencapaian gemilang perusahaan. Ini bisa memengaruhi investor agar bersedia bekerja sama dan menyuntikkan dananya untuk perkembangan perusahaan Anda.

5. Newsletter

Newsletter tidak hanya digunakan untuk mempromosikan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan, melainkan juga menyampaikan value dari produk/jasa tersebut. Di sisi lain, Anda bisa memanfaatkan newsletter untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen/klien dan masyarakat pada umumnya.

Sebagai tips, di dalam newsletter, Anda bisa menyuguhkan informasi terupdate mengenai perusahaan dan produk/jasa yang Anda tawarkan. Anda juga boleh lho mengucapkan selamat atau memberikan kata-kata pujian untuk pelanggan di newsletter pada momen spesial. Misalnya, mengucapkan selamat ulang, selamat Lebaran, selamat hari Natal dan lainnya.

Dengan cara ini, hubungan perusahaan Anda dengan konsumen/klien akan terjalin semakin erat.

Manfaat Komunikasi Eksternal Adalah…

Setidaknya ada dua manfaat yang diperoleh perusahaan yang menerapkan komunikasi eksternal dengan baik. Di antaranya sebagai berikut:

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen/Klien Baru

Seperti dipaparkan di atas, komunikasi eksternal bisa dilakukan melalui cara online maupun offline. Ini memungkinkan perusahaan menjangkau lebih banyak konsumen/klien baru yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apalagi, kecanggihan internet membuat jarak seperti tidak berarti lagi. Konsumen/klien yang jauh pun bisa dijangkau dengan mudah dengan menggunakan internet.

2. Membangun Persepsi Publik

Seperti dijelaskan di atas, fokus utama komunikasi eksternal adalah menyampaikan value produk/jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pihak luar. Ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal produk/jasa dari perusahaan yang bersangkutan.

Jika produk/jasa yang ditawarkan memberikan benefit yang menguntungkan, maka masyarakat akan memberikan persepsi yang baik terhadapnya. Sehingga, mereka tertarik untuk membeli/menggunakan produk/jasa tersebut dan tidak segan-segan mempromosikannya kepada orang lain baik secara langsung maupun media sosial.

Itulah pembahasan tentang apa itu komunikasi eksternal, apa saja jenisnya dan manfaatnya bagi perusahaan. Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi eksternal adalah salah satu strategi yang wajib diterapkan perusahaan untuk membangun citra yang baik di mata pihak-pihak luar, seperti investor, perusahaan lain, investor, konsumen/klien dan masyarakat secara luas.

Selain menerapkan komunikasi eksternal, perusahaan juga perlu menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan dapat menikmati fitur-fitur unggulan meliputi: mobile check in & check out, permantauan real-time secara akurat, sistem kehadiran terintegrasi dan lainnya, yang dapat membantu meningkatkan efektivitas kinerja karyawan.

Aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic dapat memudahkan perusahaan dalam mengatur semua proyek dengan baik sehingga dapat dieksekusi dengan akurat. Di sisi lain, perusahaan juga bisa memantau aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar kantor dalam menjalankan pekerjaannya. Karyawan pun bisa menjalankan tugasnya masing-masing dengan optimal karena tidak lagi disibukkan dengan laporan kehadiran yang manual.

Tunggu apa lagi? Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga. Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini!